• Home
  • Tips
  • 6 Tips Mengembangkan Audiens untuk Meningkatkan Penjualan

6 Tips Mengembangkan Audiens untuk Meningkatkan Penjualan

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Audiens dalam sebuah bisnis memiliki peran penting, diantaranya untuk brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Produk atau jasa yang kamu tawarkan harus bisa menyelesaikan masalah audiens.

Tips Mengembangkan Audiens
Sumber: Freepik

Sebagai marketer, kamu perlu memikirkan bagaimana strategi yang tepat agar banyak audiens yang mengenal dan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Enam Tips Mengembangkan Audiens yang Dapat Kamu Coba:

Search Engine Optimization (SEO)

Hampir setiap pengguna internet juga menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

Salah satu tips mengembangkan audiens adalah dengan mendapatkan trafik organik ke website melalui visibilitas di mesin pencari.

Riset kata kunci adalah bagian penting untuk memastikan bahwa websitemu mendapat peringkat tinggi untuk kata yang diketikkan audiens di mesin pencari.

Carilah keyword yang berhubungan dengan niche bisnismu di peringkat teratas Google dan perhatikan beberapa keyword suggestionnya.

Ini akan memberitahu kamu apa yang ingin diketahui oleh audiens saat membaca topik, jadi kamu bisa menyertakan keyword tersebut di artikel atau konten website.

Nama domain juga menjadi faktor penting dalam peringkat di mesin pencari.

Keyword merupakan bagian dari domain yang berperan sebagai pertanda apakah relevan atau tidak isinya dan juga dapat meningkatkan klik di websitemu dalam hasil penelusuran Google.

Misalnya ekstensi domain .MONSTER atau .XYZ dari ternyata juga diakui oleh Google dengan domain lain seperti .COM, .NET dan .ORG yang telah diverifikasi oleh Google.

Contoh lain, kamu sebagai seorang designer dan ingin membuat website yang berisi penawaran jasa serta portofolio.

Kamu bisa menyertakan namamu pada domain seperti marceldesign.monster untuk membantu menempatkan websitemu di halaman pertama Google.

Media Sosial

Biaya marketing yang fleksibel dan efektif di media sosial bisa menjadi tips mengembangkan audiens bisnismu.

Sebuah bisnis atau perusahaan bisa menyebarkan campaign marketing mereka dengan memposting konten yang relevan di media sosial.

Gunakanlah hashtag dan balas setiap komentar atau pesan audiens agar mereka tetap update dengan media sosialmu.

Setiap platform media sosial memiliki audiens yang berbeda.

Misalnya kamu memiliki blog tentang resep makanan sehat mungkin kamu bisa share di Instagram yang bisa mendatangkan banyak trafik ke websitemu.

Kalau kamu seorang entrepreneur dan ingin berbagi tips atau insight mengenai bisnis, LinkedIn adalah platform media sosial yang tepat.

Twitter dengan 140 karakter bisa kamu manfaatkan untuk berbagi berita singkat dan info terbaru mengenai topik bisnismu.

Tips Mengembangkan Audiens
Sumber: Freepik

Iklan Berbayar (Paid Ads)

Berbeda dengan tips mengembangkan audiens di poin sebelumnya, kali ini tipsnya perlu mengeluarkan uang yaitu menggunakan iklan berbayar atau paid ads.

Iklan berbayar bisa dalam bentuk online atau offline.

Apapun jenis iklannya, pastikan pesan yang kamu sampaikan itu jelas dan dapat diukur keberhasilannya.

Cara untuk mengukur pengaruh iklan berdasarkan campaign goals kamu bisa dilakukan dengan melihat klik pada iklan online, jumlah pembaca dan penayangan iklan di TV.

Influencer Marketing

Sebuah bisnis atau brand yang menggunakan influencer sebagai strategi marketingnya bisa menambah kredibilitasnya di mata audiens.

Audiens akan lebih percaya untuk mempelajari produk atau jasa dari wajah yang sudah mereka kenal.

Influencer media sosial sudah membangun hubungan dan kepercayaan dengan followers atau fansnya yang selalu menghargai konten dan rekomendasi influencer tersebut.

Bekerjasama dengan influencer yang memiliki pengaruh terhadap target audiensmu dapat meningkatkan brand awareness dan membanngun kepercayaan audiensmu.

Tips mengembangkan audiens ini agak tricky, karena kamu harus menemukan influencer yang tepat di mana sesuai dengan branding bisnismu.

Pilihlah influencer yang memiliki reputasi baik dan audiens yang sama dengan brand kamu.

Event Pameran dan Networking

Tips mengembangkan audiens selanjutnya adalah melalui interaksi langsung.

Kamu bisa menyelenggarakan berbagai acara untuk menjalin hubungan yang lebih kuat dengan calon pelanggan atau mengikuti acara pameran sebagai exhibitor.

Kamu juga bisa mempromosikan diri dengan menghadiri acara networking.

Misalnya kamu adalah seorang fashion designer, kamu bisa mengikuti berbagai pameran fashion atau mengadakan pop-up store yang bisa menjadi tempat kamu memamerkan karyamu agar lebih banyak dikenal orang.

Email dan SMS Marketing

Email dan SMS marketing merupakan cara yang tepat untuk menjaga hubungan dan komunikasi brandmu dengan audiens.

Buat daftar kontak audiens dengan cara membuat register form di website atau melalui prospek di media sosial.

Tips mengembangkan audiens dengan email dan SMS marketing bisa kamu lakukan dengan mengirimkan info mengenai peluncuran produk baru, mengirim update atau promo khusus ke audiensmu.

Misalnya kamu memiliki bisnis produk skincare, audiensmu dapat mendaftarkan dirinya melalui form di website untuk mendapatkan newsletter mingguan mengenai skincare atau promo terbaru.

Perhatikan Platform

Sebagai pihak brand atau pemilik bisnis, sebaiknya kamu memikirkan baik-baik platform marketing mana yang tepat untuk mengembangkan target audiens.

Tips Mengembangkan Audiens
Sumber: Freepik

Mengembangkan audiens dalam strategi marketing dapat dilakukan dengan mengoptimalkan SEO, media sosial, iklan berbayar, bekerjasama dengan influencer, mengikuti event dan networking serta melalui email dan SMS marketing.

Pastikan kamu bergabung dalam komunitas yang berisi target audiens bisnismu dan ukur juga apakah campaign marketingmu berhasil dalam menjangkau audiens.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!