Apa Itu VPS Hosting? Kenali Sebelum Menggunakannya5 min read

5/5 (1)

vps hosting

VPS Hosting adalah sebuah mesin virtual yang digunakan sebagai layanan hosting internet. VPS hosting juga punya istilah lain yaitu Virtual Dedicated Server. Sebuah VPS hosting mampu menjalankan sistem operasinya sendiri, yang membuat seorang customer harus memiliki akses dengan level superuser untuk menggunakanya.

VPS merupakan opsi lain untuk kamu yang ingin memperoleh space yang lebih besar dan privat. Dengan memperoleh space yang lebih besar ini tentunya kamu, yang memiliki kebutuhan besar, atau kebutuhan skala korporasi tidak akan terganggu kecepatannya. VPS memiliki kekuatan serta fleksibilitas dikarenakan memiliki server sendiri dan cenderung lebih hemat karena tidak memerlukan biaya mengurus hardware.

Apa itu VPS?

VPS atau Virtual Private Server adalah sebuah layanan server virtual. Namun, VPS berbeda dengan hosting karena pada VPS kamu bisa menambahkan sistim operasi atau OS sendiri sekaligus menambahkan beberapa software yang kamu butuhkan. Harga layanan ini tentunya berbeda dengan harga hosting pada umumnya.

Baca Juga: Cara Install SSL di VPS

Hal ini dikarenakan pada VPS kamu seolah olah memiliki satu komputer virtual sendiri. Sedangkan pada hosting kamu membagi komputer tersebut dengan beberapa pengguna lainnya.

Bagaimana VPS Bekerja?

Secara sederhana VPS bekerja seperti komputer pada umumnya. VPS berjalan pada sebuah server didalam sebuah server. Satu server fisik mampu menampung beberapa virtual server namun saling terisolasi satu sama lainnya. Ini mungkin dilakukan dengan sebuah software yang bernama hypervisor.

virtual machine

source: Pexels

Setiap satu virtual server menjalankan sistim operasi miliknya sendiri, dan berbeda dengan yang lainnya. Ini membuat masing masing virtual server seakan menjadi satu buah server sendiri. Bahkan sebuah VPS bisa direboot secara mandiri tanpa memberi efek pada virtual server lainnya.

VPS Linux atau VPS Windows

Terdapat dua jenis VPS yang bisa digunakan sebagai host website anda. Yang pertama adalah VPS Linux dan yang kedua adalah VPS Windows. Keduanya tidak hanya berbeda dari segi sistim operasi saja namun juga terdapat bebedapa perbedaan sebagai berikut:

  • VPS Windows cenderung lebih mahal daripada VPS Linux karena lisesnsi Windows yang mahal. Berbeda dengan Linux karena Linux membebaskan lisensinya.
  • VPS Linux memiliki garansi uptime 100% sehingga dapat menambah daya kerja secara maksimal. Berbeda dengan VPS Windows yang tidak bisa di up hingga 100%
  • VPS Linux lebih mudah digunakan karena memiliki cPanel Management Tool yang membantu untuk mengelola pengguna FTP dan SSH. Sedangkan VPS Windows memiliki kemudahan karena dapat diremote dengan desktop remote menggunakan GUI.
  • Dari segi keamanan, hanya seorang administrator yang bisa merubah dan menggunakan hak independen atas semuanya. Sedangkan di VPS Windows seorang user dapat menyembunyikan file dari tampilan administrator.
  • VPS Linux memiliki kemudahan untuk menggunakan berbagai macam control panel seperti cPanel dan Web Host Manager. Sedangkan Windows tidak, dengan hanya menggunakan Plesk.

VPS atau Shared Hosting

VPS dan shared hosting masing masing memiliki satu sumber server. Namun shared hosting memiliki perbedaan dari jumlah user didalamnya. Yang masing-masing user harus berbagi dengan yang lainnya. Hal ini berarti bandwidth mereka saling terbagi, dan tidak memiliki kontrol atas besaran bandwidth masing masing.

VPS menawarkan kelebihan dari segi akses dan kontrol untuk data dan penggunaan bandwidth. Ketika anda memilih server VPS, anda bisa menentukan seberapa besar penggunaan RAM, bandwidth, dan space. Dan tentunya menjadi milik anda sepenuhnya tanpa terbagi dengan orang lain.

beda vps dan dedicated hosting

source: Bloggingdotcom

VPS atau Dedicated Hosting

Dedicated hosting sesuai namanya adalah sebuah hosting yang memang dikususkan untuk website anda saja. Namun karena masih dalam satu server anda tidak bisa menentukan berapa besaran yang bisa digunakan untuk website anda tersebut. Sedangkan disisi lain, VPS mendedikasikan sejumlah sumber daya khusus untuk situs anda dari server utama. Yang mana akan memberikan porsi lebih besar dibandingkan dedicated hosting.

Keunggulan VPS Hosting

Domainesia berani memberikan jaminan bahwa kami memberikan layanan VPS Hosting terbaik. Namun sebagai pertimbangan lanjutan, apa saja keuntungan menggunakan VPS ini? Apakah memang VPS lebih unggul jika dibandingkan hosting biasa?

  • Lebih fleksibel dibandingkan dedicated server. Dengan menggunakan VPS, pengguna dapat mengatur sendiri hardware dan software yang ingin digunakan, sekaligus menjalankan aplikasi yang diinginkan.
  • Lebih aman jika dibandingkan shared hosting. Hal ini karena pengguna tidak membagi space nya dengan pengguna lain. Juga yang termasuk didalamnya adalah kesalahan yang mungkin pengguna lain lakukan, kegagalan script yang tentunya akan berimbas pada kecepatan dan aksesibilitas website anda.
  • Root access: Karena VPS berfungsi sebagai sebuah server mandiri, pengguna akan mendapatkan akses root yang berguna untuk mengatur dan menginstall sistim operasi sendiri dan aplikasi lainnya. Jika dibandingkan dengan shared hosting yang hanya menberikan akses ke directory shared hosting, yang tentunya tidak memberikan hak untuk mengatur software sendiri.
jumlah bandwidth vps

source: Pexels

Kapan Anda Mulai Butuh VPS Hosting?

Mungkin memang tidak semua orang harus memilih VPS secara langsung ketika pertama kali membuat sebuah website. Namun anda harus mulai mempertimbangkan berpindah pada layanan VPS ketika:

  • Bisnis anda mulai berkembang dan mulai memperoleh traffic yang besar. Berbicara rencana jangka panjang, jika bisnis anda sudah berkembang dan mulai dibanjiri traffic maka anda akan membutuhkan media penyimpanan yang lebih besar. Tidak terbatasi dan dapat dikembangkan sesuai bisnis anda adalah keunggulan menggunakan VPS dengan pengeluaran yang tidak jauh berbeda.
  • Ingin menjalankan aplikasi yang tidak disediakan di shared hosting.
  • Ingin meningkatkan keamanan. Dengan banyaknya situs yang menempati satu hosting akan membuat situs anda lebih rentan terhadap serangan apabila salah satu website tersebut terkena serangan. Dengan menggunakan VPS maka anda memiliki kemanan anda sendiri dan memiliki kontrol penuh atasnya.
  • Butuh porsi lebih atas hosting dan uptime. Jika sudah berurusan dengan maximum bandwidth, maka seorang pengguna shared hosting harus rela berbagi dengan pengguna lainnya. Sedangkan pengguna VPS tidak perlu berbagi dengan pengguna lainnya, karena dia adalah satu-satunya pengguna.

Namun ada baiknya anda menggunakan VPS ketika sudah benar benar paham mengenai hosting, hal ini karena sifatnya yang unmanaged. Sehingga maksimum support yang diberikan adalah memberikan link panduan. Sedangkan untuk anda yang baru di dunia hosting disarankan menggunakan shared hosting untuk layanan 24/7 dari kami.

Baca Juga: Panduan Menggunakan VPS Domainesia Untuk Pemula

Kesimpulan

VPS Hosting atau bisa disebut juga dengan virtual machine atau virtual server adalah komputer server yang sama seperti komputer pada umumnya. Yang membedakan adalah cara kerjanya dengan menggunakan teknologi virtualisasi untuk menghasilkan performa yang lebih cepat untuk hosting website. Menggunakan VPS dapat memberikan akses root dan dan keuntungan dari segi keamanan yang lebih terjamin karena hanya memiliki satu IP address yang dikelola pemiliknya. Untuk layanan VPS terbaik dan memiliki support prima, anda bisa menggunakan layanan VPS terbaik Domainesia. Salam!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar