Memulai Bisnis Online dengan Domain .STORE, Sekarang!5 min read

memulai bisnis online
Hi DomaiNesians! Pengguna internet di Indonesia semakin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Para pelaku bisnis sudah memulai bisnis online sedari dini. Dikutip dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), persebaran pengguna internet secara total di Indonesia tumbuh hampir 8 persen. Dari semula sebesar 132,7 juta jiwa, menjadi 143,26 juta jiwa atau 54,68% dari total populasi 262 juta orang. Dari sekian pengguna internet tersebut, sebanyak 32,19% adalah aktivitas beli barang dan 8,12% adalah aktivitas jual barang. Untuk pemanfaatan internet di bidang ekonomi sendiri sebanyak 45,15% untuk cari harga, 37,82% untuk informasi membeli, 32,19% untuk beli online dan 16,83% untuk jual online.

memulai bisnis online

Sumber: APJII

Menurut WeAreSocial, pada laporan Global Digital Report 2018, pada tahun 2017 sebanyak 1,77 milyar pengguna toko online membeli barang via toko online atau ecommerce. Itu artinya, pertumbuhan ecommerce di Indonesia dan di dunia terus berkembang. Kita yang terbiasa berdagang di pasar, penjual dan pembeli bertatap secara fisik serta transaksi secara langsung mungkin akan terasa sulit untuk memulai bisnis online. Namun di era sekarang, bisnis online adalah sesuatu hal yang menjanjikan. Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah tentu saja membuat toko online.

Sumber: WeAreSocial

Ayo Buat Toko Online Sendiri!

Membangun sebuah kerajaan bisnis online terpercaya harus dibekali dengan niat dan usaha. Adapun yang harus dipersiapkan yaitu:

1. Niat

Ya! Pastikan kamu benar-benar punya niat untuk memulai bisnis online. Jangan pernah mengeluh atas semua kegagalan dan jalan berliku yang ada.

2. Modal

Modal bukan hanya berbentuk materi saja lho DomaiNesians! Kamu juga perlu memikirkan jenis usaha yang akan kamu buat, bagaimana proses bisnisnya, metode pembayaran hingga model toko online yang diinginkan. Pastikan semuanya “pas” dengan produk yang ditawarkan. Kamu bisa lakukan research market terlebih dahulu jika perlu.

3. Buat Toko Online Kamu!

Nah, inilah yang menjadi kendala para pelaku bisnis. Membuat toko online adalah hal yang dirasa cukup sulit. Apalagi yang bukan berasal dari backgroud IT dan tidak mengerti bagaimana cara membuat website/ toko online. Namun jangan khawatir! Buat kamu yang tidak bisa membuat toko online dari nol, kamu dapat menggunakan CMS. Ada berbagai CMS WordPress, Prestashop atau OpenCart yang bisa kamu gunakan. Kamu dapat membuat Tutorial Cara Buat Website Untuk Pemula dan Cara Membuat Toko Online dengan Mudah.

Memulai Bisnis Online dengan Domain .STORE, Sekarang!

Untuk membuat toko online, kamu perlu sebuah domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting? Apa hubungan website, domain, hosting serta SSL? Kamu bisa baca di Apa itu Domain, Hosting, Website dan SSL. Lebih mudahnya begini, website dianggap sebagai sebuah bangunan. Bangunan tersebut akan didirikan pada kavling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Nah, sepetak tanah tersebut dapat disebut Hosting. Lalu apa itu domain? Domain adalah alamat dari bangunan tersebut (website). Domain akan menuntun pengunjung untuk menuju ke sepetak tanah (hosting), yang sudah didirikan suatu bangunan (website). domain biasanya berbentuk nama domain beserta ekstensinya. Misalnya websitesaya(dot)com, websitesaya(dot)id dan sebagainya.

Nah untuk kebutuhan toko online, ada ekstensi domain antimainstream yang bisa jadi pilihan kamu yaitu .STORE. Apa keunggulan ekstensi domain tersebut? Yuk cari tahu!

1. Ekstensi Domain Anti Mainstream

Domain adalah alamat yang menunjukkan lokasi website di hosting. Domain bersifat unik dan hanya dimiliki oleh satu pengguna saja. Ada beragam ekstensi domain yang bisa kamu pilih seperti .COM, .NET, .ID, .ORG dan sebagainya. Coba baca Jangan Bingung Pilih Ekstensi Domain. Selain ekstensi domain tersebut ada juga beberapa domain murah antimainstream yang bisa jadi pilihan. Domain ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan misalnya untuk keperluan jurnalistik, website pribadi, website startup, blog, event perlombaan bahkan toko online. Untuk lebih jelasnya, coba baca 9 Domain Murah AntiMainstream Yang Bisa Jadi Pilihan Kamu Selain .COM atau .NET. Nah untuk memulai bisnis online, kamu bisa gunakan domain antimainstream seperti .STORE.

2. Cocok Untuk Toko Online

Dari namanya, sudah terlihat bahwa domain .STORE adalah ekstensi domain yang digunakan untuk membuat toko online. Kamu dapat membuat toko online, website pengenalan produk, toko merchandise, branding produk, website katalog produk, bisnis lokal, website startup di bidang ecommerce, retail dan sebagainya. Karena domain  .STORE ini mudah dikenali, maka sangat mudah untuk menarik pembeli.

memulai bisnis online

Sumber: Pexels

3. Digunakan oleh 16.380 Website Aktif

Dikutip dari Radix, domain .STORE telah digunakan oleh 16.380 website aktif di seluruh dunia. Domain .STORE telah didaftarkan untuk 197,427 nama domain. Domain .STORE dapat kamu dapatkan di DomaiNesia hanya dengan 44 ribu rupiah. Coba cek Domain Murah dan ikuti Panduan Order Domain Murah di DomaiNesia.

4. Ramah SEO (Search Engine Optimization)

Selain beberapa keunggulan tadi, ternyata domain .STORE sangat ramah SEO lho. SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu hal yang mempelajari tentang menaikkan traffic serta membuat website ada di peringkat pertama Google. Domain .STORE ini dirasa memiliki keyword yang pas untuk toko online karena spesifik. Coba bandingkan dengan domain lainnya seperti .COM atau .NET.

memulai bisnis online

Sumber: Pexels

5. Simpel dan To The Point

Domain ini sangat simpel dan to the point. Sebagai contoh misalnya DomaiNesia ingin menjual berbagai merchandise. DomaiNesia akan lebih menggunakan domainesia(dot)store daripada domainesiastore(dot)com. Dikutip dari Infografik Domain Store Radix, adapun beberapa contoh ekstensi domain menggunakan email .STORE yaitu www.F1.store, www.emirates.store, www.magazine.store, www.kindle.store dan sebagainya.

6. Dapat Membangun Email Profesional

Dengan domain .STORE, kamu tetap dapat membangun email profesional. Apa itu email profesional? Email profesional adalah email dengan menggunakan domain sendiri tanpa menggunakan @gmail(dot)com ataupun @yahoo(dot)com. Kamu dapat membangun email dengan nama perusahaan atau nama diri sendiri. Misalnya support@domainesia(dot)store, email@baju(dot)shop dan sebagainya. Dengan membangun email profesional, para pengunjung menjadi lebih percaya bahwa website kamu bukan termasuk website penipuan. Kamu bisa buat dengan mengikuti Cara Membuat Email Perusahaan dengan Domain Sendiri

memulai bisnis online

Memulai bisnis online dengan domain .STORE dapat kamu mulai dari sekarang. Memang tidak gampang, namun semua butuh proses. Kamu bisa tingkatkan penjualan dengan membaca 5 Tips Cara Agar Toko Online Laris. Agar toko online kamu bisa ada di halaman pertama Google, baca aja Pengen Website Kamu Muncul di Halaman Pertama Google? Ini Kuncinya! Nah, buat yang masih pemula dan belum punya domain hosting, kamu bisa mulai dengan order hosting murah DomaiNesia. Kemudian lakukan instalasi toko online dan masukkan konten yang diperlukan darimulai harga, detail produk serta gambar produk. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia ya!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!
>