• Home
  • Tips
  • Inilah Cara Membuat dan Contoh Website Berita Menarik

Inilah Cara Membuat dan Contoh Website Berita Menarik

Oleh Mila Rosyida

Berterimakasihlah kepada peran internet yang membuat proses penyebaran dan pencarian informasi menjadi lebih mudah yaitu melalui sebuah website. 

Tidak hanya itu saja, secara khusus kita bisa mendapatkan berbagai informasi berita terkini setiap harinya pastinya dengan mengakses website berita.

Eits, tapi tahukah kamu kalau sebenarnya siapapun atau organisasi manapun bisa membuat portal beritanya sendiri? 

Iya, sekarang ini web berita tidak harus dibuat oleh perusahaan media besar. Hal ini sebagai antisipasi bagi wilayah yang belum banyak terjamah oleh pihak media padahal warga disana juga perlu mendapatkan berita terkini secara akurat dan cepat.

website berita
Sumber : Elements Envato

Selain itu, pembuatan website berita juga bisa dimanfaatkan untuk memberitakan suatu topik atau isu tertentu, misalnya isu sosial budaya, teknologi, kesehatan, otomotif, dan olahraga. 

Untungnya, sekarang cara membuat website berita sudah jauh lebih mudah berkat website builder seperti platform WordPress. 

Dan DomaiNesia akan mengupas cara yang paling mudah agar kamu bisa membuat portal berita terbaik. 

Kami juga akan berikan referensi contoh website berita yang mungkin bisa jadi inspirasi kamu. Yuk, mari baca artikel blog ini sampai habis!

Baca juga: Cara Membuat Website dengan WordPress

Cara Membuat Website Berita Dengan WordPress Instant Deploy DomaiNesia

Pada artikel ini, Kami menyarankan untuk menggunakan platform WordPress sebagai website builder yang akan memudahkan pembuatan contoh website berita. 

Walaupun kamu bukanlah web developer atau tidak memiliki pengalaman dalam pengembangan website secara teknis, kamu tidak terlalu banyak khawatir. 

Dengan beberapa langkah di bawah ini, kamu bisa membuat web berita sendiri. Yuk simak!

1. Tentukan Jenis Berita

Pada dasarnya, jenis berita yang akan kamu fokuskan dalam contoh website berita akan menentukan seperti apa rencana pembuatan konten berita kedepannya. 

Sehingga kamu perlu mengetahui secara spesifik niche/topik apa yang menjadi fokus konten website kamu. 

Kamu perlu menemukan ide topik yang menarik sekaligus memiliki peluang pasar untuk mendapatkan atensi dari pembaca.

Cara paling mudah adalah dengan melakukan riset awal terkait target topik.

Misalnya kamu mendapatkan informasi data melalui Google Trend atau Ubersuggest bahwa topik teknologi sedang diminati dan banyak perkembangan. 

Ingat! Topik yang menarik tidaklah harus unik, tapi juga tidak terlalu mainstream, kecuali berita breaking news. Pastikan bahwa kamu menyajikan konten berita yang fresh, aktual, dan juga dekat dengan pembaca.

Oh iya, ada satu hal lagi yang sangat penting untuk kamu perhatikan, yaitu memahami target audience. 

Maksudnya adalah kamu harus mencari tahu kebiasaan audience terkait platform media apa saja yang mereka biasa pakai untuk mendapatkan berita. 

Apakah website berbasis mobile apps atau hanya web sederhana. Baru setelah itu, kamu pikirkan dan pertimbangkan bagaimana platform media tersebut bisa memuat contoh website berita beserta konten-konten kamu.

2. Tentukan Platform Pengembangan Website

Jika kamu belum pernah mencoba untuk membuat website, bisa jadi kamu akan bingung untuk memilih tools pembuatan website terbaik.

Nah, melalui artikel ini, Kami sarankan untuk menggunakan platform WordPress. Hal ini dikarenakan WordPress merupakan platform yang banyak digunakan dan dimanfaatkan sebagai website yang menerapkan sistem manajemen konten (CMS) website, tak terkecuali website berita. 

Selain itu, WordPress memiliki keunggulan sebagai platform yang user friendly, affordable, dan mudah dalam pengelolaannya sehingga siapapun bisa memulai dan menjalankan fungsi manajemen konten dengan baik.

Jangan khawatir jika kamu tidak punya pengetahuan dasar dalam pemrograman (coding). 

Sebab, WordPress menyediakan berbagai jenis template dengan pengaturan yang mudah (drag & drop) dan bisa kamu modifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan.

3. Gunakan Website Builder Instant Deploy DomaiNesia

Untuk membuat contoh website berita berbasis WordPress, tentu saja kamu harus memiliki akun admin WordPress. 

Kamu bisa membangun website WordPress dengan cepat yaitu menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia. 

Hanya dengan sekali klik, kamu sudah bisa mendapatkan semuanya, mulai dari akun admin panel yang lengkap hingga pemesanan layanan hosting dan domain. 

Penasaran Bagaimana caranya? Baca selengkapnya di bawah ini.

1) Buka Website DomaiNesia

Pertama, kamu akses website DomaiNesia di www.domainesia.com. Setelah itu, kamu akan melihat halaman utama website yang lengkap dengan macam-macam layanan DomaiNesia.

Kami sarankan agar kamu sign in dengan akun DomaiNesia terlebih dahulu dengan tujuan mempermudah pemesanan Instant Deploy nantinya. 

Caranya, tekan tombol bertuliskan sign in yang berada di pojok kanan atas halaman website DomaiNesia. Jika belum punya akun DomaiNesia, kamu bisa pilih tombol sign up untuk mendaftar akun.

2) Pilih Menu Fitur Web Apps

Apabila sudah masuk ke website DomaiNesia, maka tampilannya akan seperti ini.

Selanjutnya, kamu bisa mulai melakukan pemesanan hosting indonesia beserta domain untuk contoh website berita berbasis WordPress melalui menu Web Apps yang ada di atas halaman website.

Setelah itu akan muncul halaman fitur Instant Deploy.

3) Pilih Platform WordPress

Untuk menemukan web builder WordPress, kamu perlu sedikit scroll ke bawah halaman web untuk menemukan tabel kategori website. Sampai sini kamu pilih kategori Blog.

Pilih web builder WordPress dengan menekan tombol Activate pada box WordPress.

4) Tentukan Hosting dan Domain

Sampai sini langkah untuk menciptakan contoh website berita kamu sendiri sudah semakin dekat.

Kamu akan diarahkan ke halaman pemesanan hosting dan domain. Isilah beberapa bagian seperti lokasi server, siklus langganan hosting, nama domain beserta ekstensinya, dan tentukan username dan password untuk akun admin panel WordPress yang nantinya akan kamu gunakan untuk website berita.

5) Selesaikan Pembayaran

Apabila segala data sudah kamu isi, lanjutkan pemesanan dengan menekan tombol Masukkan Troli. 

Ikuti arahan pemesanan yang mana nantinya kamu akan diberikan Proforma Invoice untuk menyelesaikan pembayaran layanan hosting dan domain DomaiNesia.

4. Pilih Tema dan Plugin

Jika kamu sudah menyelesaikan pembayaran pesanan layanan hosting dan domain, maka selamat! Kamu sudah punya akun WordPress untuk membangun contoh website berita kamu sendiri. 

Kamu bisa mengakses admin panel WordPress melalui http://namawebsite.com/wp-admin. 

Ekstensi domain akan bervariasi tergantung ekstensi domain yang kamu beli untuk situs berita kamu.

Lakukan login dan jika berhasil kamu akan ditampilkan dashboard admin WordPress. 

Sampai sini kamu bisa menentukan tema dan plugin untuk pengembangan contoh website berita sesuai keinginan. 

Tema dan plugin berperan penting dalam membangun estetika dan fungsi website di internet.

Untuk memilih tema, kamu bisa pilih menu Appearance lalu tekan submenu Themes. 

Cari template yang sesuai dengan kebutuhan web berita atau upload template website kamu sendiri dengan menekan tombol Upload Theme. 

Dan pastikan pula jangan terlalu banyak menginstal plugin website karena itu akan mempengaruhi performansi dan load time website. 

Kamu bisa instal plugin penting seperti plugin SEO, keamanan, hingga plugin backup data.

5. Buat Konten

Jika persiapan teknis dan desain contoh website berita sudah selesai, maka kamu sudah bisa mulai membuat konten berita yang berkualitas. 

Tulislah artikel berita yang terbaru lengkap dan akurat dengan bahasa yang sesuai dengan target audience. 

Supaya konten artikel berita kamu mudah ditemukan oleh pembaca di search engine (Google), pastikan konten menerapkan strategi optimasi SEO.

6. Tambahan: Monetisasi Website

Sebenarnya selain menggunakan strategi optimasi SEO dalam rangka visibilitas contoh website berita di search engine, kamu juga perlu memonetisasi website selagi konten kamu mendapatkan banyak traffic. 

Tujuan memonetisasi website adalah untuk mendapatkan keuntungan tambahan atau untuk menutupi biaya operasional website itu sendiri. 

Apalagi kamu menggunakan layanan hosting dan domain yang setiap bulan atau setiap tahun perlu diperpanjang masa berlangganannya.

Cara memonetisasi website cukup bervariasi dan beberapa di antaranya bisa kamu lakukan secara bersamaan. 

Misalnya dengan menggunakan Google AdSense, bekerja sama dengan perusahaan marketing dengan strategi afiliasi, atau bahkan menyelipkan fitur toko online kecil-kecilan di halaman website. 

Di DomaiNesia sendiri, kamu bisa memanfaatkan strategi afiliasi. Melalui afiliasi DomaiNesia, kamu akan mendapatkan hasil komisi sampai dengan 40% dari produk hosting yang dibeli oleh user melalui websitemu.

Apabila kamu tertarik untuk melakukan afiliasi dengan DomaiNesia, langsung saja mengaktifkan akun afiliasi DomaiNesia.   

Dengan begitu, kamu jadi tahu bahwa ada berbagai alasan mengapa contoh website berita juga bisa menjadi peluang bisnis kecil yang menguntungkan.

Baca juga: Cara Membuat Website Profesional dengan Google Bisnisku

Contoh Website Berita Untuk Inspirasi Desain

Apabila kamu masih bingung seperti apa website berita yang baik dan menarik, berikut ini kami beri rekomendasi beberapa contoh website berita yang mungkin bisa menginspirasi kamu.

1. IDN Times

Contoh website berita pertama datang dari portal berita Indonesia yang diberi nama IDN Times. 

Website tersebut memiliki layout yang konsisten, terstruktur dengan baik, dan modern untuk memuat berbagai kategori konten menarik dan informatif dari seluruh dunia. 

IDN Times menggunakan hero image yang tidak terlalu besar tapi eye catching karena disajikan dengan model slider. 

Yang tak kalah penting, mereka menggunakan sticky header menu agar pembaca bisa menavigasi website dengan lebih mudah dan praktis.

2. Sindonews.com

Dibandingkan dengan website IDN Times, contoh website berita selanjutnya milik Sindonews.com terkesan lebih penuh tapi juga terlihat mementingkan sifat informatif tiap berita. 

Pasalnya, setiap headline berita dilengkapi dengan deskripsi singkat yang mewakili pembahasan penting dalam berita. 

Mereka juga menyediakan spot khusus untuk memuat berita terkini dari seluruh dunia. Penyajian header menu juga terlihat sederhana dan spesifik menyebutkan setiap kategori berita.

3. Liputan6.com

Seperti contoh website berita lainnya, website Liputan6.com menyediakan konten artikel berita yang ditulis dengan baik tentang berbagai peristiwa di dunia. 

Di samping itu, desain websitenya secara umum tampil rapi, bersih, dan komprehensif yang cocok untuk memuat berbagai gambar dan tulisan konten berita. 

Karena portal berita ini punya kerjasama dengan dua stasiun TV lokal yaitu SCTV dan Indosiar, Liputan6.com menyediakan spot khusus untuk memberitakan jadwal acara mereka.

4. The New York Times

Kami juga akan membahas contoh website berita dari luar negeri, salah satunya milik portal berita terbesar di Amerika, The New York Time. 

Tidak seperti web berita di Indonesia kebanyakan, The New York Time tampil familiar dengan layout seperti koran. 

Iya, sebagian besar artikel berita ditulis dalam format hitam putih dengan penggunaan gambar minimalis. 

Tapi justru itulah daya tarik terbaik dari The New York times. Mereka memanfaatkan visualisasi yang familiar bagi mayoritas pembaca dari kalangan orang dewasa yang gemar membaca koran.

5. Forbes

Apabila kamu kurang suka dengan portal berita yang menayangkan banyak kategori dalam satu layar, mungkin kamu bisa contoh website berita milik Forbes. 

Pada header utama website hanya terdiri dari hamburger menu, nama brand Forbes, dan dua tombol untuk berlangganan (subscribe) dan sign in. 

Nah, kategori-kategori berita bisa kamu temukan pada hamburger menu tersebut. 

Konsep layout seperti ini membuat tampilan website secara keseluruhan lebih simple tanpa menghilangkan kelengkapan berita yang ingin ditayangkan. 

Apalagi Forbes menggunakan hero image untuk beberapa judul berita di samping konten berita lain yang memiliki gambar headline berukuran sedang.

Sumber : Elements Envato

Sudah Siap Buat Website Berita Sendiri?

Jadi itulah beberapa langkah-langkah cara membuat website berita sendiri menggunakan layanan Instant Deploy dari DomaiNesia. 

Selain platform web builder, kamu juga bisa sekaligus mendapatkan layanan hosting dan ekstensi domain terbaik untuk website kamu. 

Setelah website sudah siap, kini saatnya kamu buat konten berita yang berkualitas dan tampil baik di search engine.

Dengan sampainya kamu pada bagian ini, maka berakhirlah pembahasan kami tentang cara membuat dan contoh website berita terbaik. 

Jangan lupa subscribe atau berlangganan blog DomaiNesia untuk mendapatkan informasi terbaru seputar website, hosting, dan domain Indonesia. Sampai jumpa!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!