Home  »  Permulaan   »   Cara Custom Domain WordPress ke Hosting

Cara Custom Domain WordPress ke Hosting

Last Update:


Kamu punya website wordpress.com? Ingin dilakukan custom domain juga seperti halnya blogspot? Bisa kok! Namun, untuk wordpress.com, ada persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya yaitu memiliki akun WordPress Premium. Pada panduan ini akan dijelaskan cara custom domain WordPress untuk para pemula.

Bagaimana Cara Custom Domain WordPress?

Untuk melakukan custom domain WordPress, yang harus dipersiapkan yaitu:

  1. Akun DomaiNesia
    Apakah sudah memiliki akun di DomaiNesia?
    Jika belum, silahkan signup dulu : https://www.domainesia.com/signup/
  2. Domain yang sudah diaktifkan
    Apakah kamu sudah memiliki domain aktif untuk custom domain WordPress? jika belum, maka kamu perlu order dan aktifkan domainnya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan cara order domain
  3. Akun WordPress Premium
    Akun WordPress Premium ini diperlukan untuk syarat blog pada WordPress dapat melalukan custom domain WordPress.
    Apakah kamu sudah upgrade akun WordPress menjadi premium? Akun Premium terdiri dari beberapa plan yaitu Personal, Premium, Business, atau eCommerce, silakan pilih plan sesuai kebutuhan melalui https://wordpress.com/pricing/.

custom domain WordPress

Domain Mapping

Baik, jika persiapan sudah terpenuhi selanjutnya melakukan domain mapping berikut ini:

Jika Anda memiliki lebih dari satu situs, buka My Sites → Ganti Situs dan pastikan untuk memilih situs yang ingin Anda tambahkan domain sebelum mengikuti langkah-langkah ini.

  1. Pilih Domain Page dengan memilih My Site → Manage→ Domains.
  2. Pilih Add Domain
    custom domain WordPress
  3. Pilih Use a domain I own
    custom domain WordPress
  4. Pilih select Map Your Domain
    custom domain WordPress
  5. Inputkan domain yang ingin dilakukan custom domain WordPress kemudian klik tombol Add.
  6. Setelah menyelesaikan langkah 1 sampai 5, untuk memastikan domain diarahkan ke WordPress dengan mengubah name server.

Mengganti Nameserver

Untuk custom domain WordPress maka domain perlu diarahkan ke WordPress dengan cara mengganti name server menjadi

ns1.wordpress.com
ns2.wordpress.com
ns3.wordpress.com

Adapun caranya sebagai berikut ini:

1. Login Client Area DomaiNesia

Silakan buka https://my.domainesia.com pada web browser. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat mendaftar di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

custom domain WordPress

2. Memilih Domains

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman client area. Pada halaman ini kamu dapat mengelola semua produk yang telah dibeli. Karena kali ini akan dilakukan custom domain, maka silahkan klik Menu Domains pada bagian sidebar (bagian sebelah kiri). Kemudian beri tanda centang dan klik pada domain yang dipilih.

3. Mengarahkan Nameserver ke WordPress

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman kelola domain. Pertama kali yang harus di cek yaitu Name Server. Silahkan klik tab Nameserver, untuk melakukan custom domain WordPress, pastikan kamu pilih Use custom nameservers (enter below) kemudian input manual dengan mengisi name server WordPress dibawah ini.

ns1.wordpress.com
ns2.wordpress.com
ns3.wordpress.com

custom domain WordPress

Nah, apabila bingung dalam setting name server, silahkan ikuti Panduan Mengubah Name Server. Setelah selesai, silahkan klik Change Nameservers. Selanjutnya menunggu propagasi domain ke WordPress maksimal 72 jam.

Kesimpulan

Bagaimana? Cara custom domain WordPess sangatlah mudah. Memang, WordPress telah meminjamkan server mereka untuk digunakan para user, namun untuk melakukan custom domain WordPress diwajibkan upgrade akun WordPress premium. Sebenarnya akan lebih mudah jika menggunakan Hosting WordPress dan lebih fleksibel untuk mengelolanya, kami menyediakan paket khusus hosting WordPress yang dapat membantu memaksimalkan website WordPress milikmu!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!