Mengenal 7 Jenis Virus Komputer Berbahaya3 min read

Mengenal 7 Jenis Virus Komputer Berbahaya

Dalam mengoperasikan komputer ataupun laptop, selalu ada resiko terkena virus yang bisa membuat Anda mengalami kerusakan kinerja software anda. Bahkan ada beberapa virus yang bisa membuat Anda kehilangan data data penting secara permanen. Karenanya anda harus mengenal dengan baik apa saja jenis virus komputer yang akan membahayakan komputer anda. Berikut ini 7 virus paling berbahaya yang harus anda eksekusi dengan segera.

Mengenal 7 Jenis Virus Komputer Berbahaya

Sumber Unsplash

Baca Juga : Harga Domain Murah Di Indonesia

  1. Virus Trojan

Trojan adalah virus komputer yang sudah sangat lama menjadi momok menakutkan bagi komputer. Terutama bagi mereka yang bekerja secara online. Virus satu ini memiliki kemampuan untuk mencuri data dari komputer Anda dan mengontrolnya. Jadi kalau tiba tiba data-data penting di komputer Anda mendadak hilang, mungkin si trojan inilah pelakunya. Untuk mengatasi komputer yang terinfeksi virus trojan, gunakanlah Trojan Remover.

  1. Worm Virus

Virus berbahaya yang kedua adalah virus jenis worm. Virus komputer satu ini memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dan terus menginfeksi data data di komputer anda hingga habis. Parahnya, virus satu ini juga membuat penyimpanan komputer anda menjadi penuh karena mereka ini akan terdeteksi sebagai sampah oleh Operating System. Untuk mengatasinya, cukup instalkan aplikasi antivirus dan melakukan scan secara menyeluruh pada komputer anda.

  1. Virus Memory Resident

Sebagaimana namanya, jenis virus komputer satu ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi memory pada komputer atau laptop Anda. Dampaknya komputer Anda akan menjadi sangat lambat dalam membuka aplikasi. Untuk mengatasi virus satu ini, anda cukup menginstalkan antivirus pada komputer anda dan melakukan scanning. Lakukan beberapa kali agar virus benar benar terpangkas habis.Sangat direkomendasikan untuk menggunakan AVIRA karena kinerjanya sangat bagus.

  1. Multipartite Virus

Sama dengan memory resident, multipartite virus juga “terbiasa” tinggal di RAM atau hardisk komputer Anda. Dampak yang diberikan juga tidak berbeda jauh, komputer anda akan menjadi sangat lambat dan tidak maksimal kinerjanya. Untuk menghindari virus satu ini, lakukan scan dengan anti virus secara rutin dan lakukan disk defragment dengan fitur defragmenter pada komputer anda. Hal ini akan membantu menghambat perkembangan virus.

  1. FAT Virus

FAT Virus adalah satu jenis virus yang akan merusak file-file penting yang anda simpan pada direktori khusus di komputer anda. FAT atau File Allocation Table Virus biasanya akan menyembunyikan file file yang sudah terinfeksi oleh mereka. Untuk mengatasinya, biasanya diperlukan reinstalling windows supaya komputer anda kembali normal. Jika menggunakan anti virus, dikhawatirkan data data akan terhapus.

Baca Juga : List Harga Hosting Indonesia Termurah

  1. Directory Virus

Berbeda dengan jenis virus lain yang menginfeksi semua data, Directory Virus hanya akan menginfeksi data data dengan ekstension .exe. Karenanya jangan heran jika beberapa sotware anda tidak akan bisa terbuka atau menutup secara otomatis pada saat terinfeksi virus satu ini. Jika komputer ada sudah terinfeksi, sebaiknya ditangani dengan cepat karena virus satu ini sangat cepat pergerakannya. Gunakan antivirus original dan lakukan scanning secara menyeluruh pada komputer Anda.

  1. Macro Virus

Hampir sama dengan directory virus, macro virus juga memiliki kapasitas untuk menginfeksi file dengan satu rumpun yang sama yakni macro. Biasanya jenis virus komputer satu ini akan dengan mudah menginfeksi file dengan ekstension .doc, .xls, .pps, dan jenis ekstension macro lainnya. Penyebaran virus satu ini biasanya melalui email yang anda terima.

Untuk menghindari komputer Anda terinfeksi, jangan pernah membuka email yang tidak berasal dari sumber yang terpercaya untuk menghindari virus satu ini.

 

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar