• Home
  • Berita
  • Nextcloud adalah Aplikasi Open Source, Inilah Fitur dan Manfaatnya

Nextcloud adalah Aplikasi Open Source, Inilah Fitur dan Manfaatnya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Kamu pengguna layanan cloud storage seperti Google Drive, One Drive, atau Dropbox? Tentunya jika iya, batasan yang diberikan ketiga layanan tersebut kadang membatasi kebutuhan yang harus kamu penuhi. Misalkan saja Google Drive yang memberikan batasan penyimpanan 15GB untuk satu akun biasa (non business), One Drive yang malah hanya memberikan 5GB untuk pengguna biasa, dan Dropbox yang mengharuskan berlangganan minimum hampir $12 per bulan.

Tenang, masalah ini bisa kamu atasi dengan beralih ke Nextcloud! Apa itu Nextcloud dan bagaimana bisa Nextcloud menjadi solusi dari batasan yang diberikan layanan mainstream cloud storage? Nextcloud adalah sebuah aplikasi open source yang memberikan layanan manajemen cloud storage. Yuk, baca penjelasan lebih lengkap tentang Nextcloud dan fitur Nextcloud di artikel berikut ini.

nextcloud adalah
Sumber: Envato

Nextcloud adalah aplikasi Cloud Storage Management

Sebagian besar orang bisa dibilang belum mengetahui tentang aplikasi ini. Tak perlu dipermasalahkan karena memang aplikasi ini tergolong baru jika dibandingkan dengan aplikasi cloud storage pendahulunya yang sudah sempat di singgung tadi. Nextcloud adalah aplikasi cloud storage yang baru mulai mengudara pada tahun 2016. 

Jika ditarik benang merah mengenai pengertiannya, Nextcloud adalah aplikasi open source yang memungkinkanmu untuk menyimpan dan berbagi file secara online. Ya, berfungsi sama seperti Google Drive dan para kompetitornya. Singkatnya, ini adalah solusi cloud storage open source yang memungkinkan akses gratis dan mampu melakukan sinkronisasi data antara perangkat yang berbeda (ponsel atau komputer), atau pertukaran informasi dengan beberapa orang (pengguna atau bukan).

Dengan aplikasi ini, kamu memiliki kontrol penuh atas data kamu, di mana disimpan, bagaimana dibagikan, dan bagaimana data itu dihapus. Mengacu pada website nya, Nextcloud adalah aplikasi cloud storage yang berfokus pada user terutama pada keamanan data user. Bahkan mereka menyebut bahwa itulah keunggulan mereka dari kompetitor lainnya. 

Mengapa mereka menjamin keamanan data kamu jika menggunakan Nextcloud? Ini karena data yang kamu simpan akan masuk ke server yang kamu punya. Ya, untuk dapat menggunakan Nextcloud, kamu diharuskan memiliki server sendiri sehingga Nextcloud adalah sebuah aplikasi interface atau management cloud storage dari server yang kamu miliki. Untuk kebutuhan servernya, kamu harus menggunakan server dengan sistem operasi linux. Tenang, kamu bisa berlangganan server vps murah Indonesia dari Domainesia yang pastinya bisa kamu gunakan untuk menginstal Nextcloud. Lalu apa saja fitur nextcloud yang membuatnya lebih handal dari kebanyakan aplikasi cloud storage

Produk dan Fitur Nextcloud

Nextcloud adalah aplikasi yang menawarkan banyak produk untuk berbagai kebutuhanmu. Setiap produk yang ditawarkan memiliki fitur yang cukup lengkap. Berikut ini adalah produk dan fitur Nextcloud yang perlu kamu ketahui

Nextcloud Hub

Ini merupakan produk yang memberikanmu keleluasaan untuk kolaborasi, terutama kolaborasi dalam penggunaan beragam tools dalam satu kebutuhan aktivitasmu. Nextcloud Hub mengintegrasikan empat produk utama yaitu Nextcloud, File, Talk, Groupware, dan Office ke dalam satu platform untuk mengoptimalkan aliran kolaborasi. Kamu akan menghilangkan campur aduk yang membingungkan dari berbagai tools (SaaS misalnya) dan masalah ketentuan layanan, keamanan, biaya, dan produktivitas yang menyertainya dan standarisasikan pada satu solusi dengan Nextcloud Hub ini. Berikut ini adalah empat produk utama Nextcloud Hub:

Nextcloud files

Dengan Nextcloud Files, kamu dapat dengan mudah mengakses, berbagi, dan berkolaborasi pada file, foto, dan dokumenmu di mana pun kamu berada. Semua itu tanpa ada kebocoran data ke pihak ketiga. Fitur Nextcloud dari produk file pada nextcloud adalah antarmuka web, klien desktop, dan aplikasi seluler yang modern dan mudah digunakan sehingga kolaborasi secara real time dan akses cepat ke semua file dari perangkat apa pun, di mana pun! 

Nextcloud groupware

Nextcloud Groupware menawarkan email web, kalender, dan kontak yang mudah digunakan yang membantu tim mu menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat, mudah, dan tentunya terintegrasi dengan File Nextcloud. 

Nextcloud office

Nextcloud Office adalah produk yang serupa dengan kantor online yang handal dengan pengeditan kolaboratif. Ini mendukung semua format file dokumen, spreadsheet, presentasi, dan lainnya. Fitur Nextcloud Office menawarkan pengeditan dokumen, spreadsheet, presentasi dan gambar dan dapat membaca dan menulis semua format dokumen utama seperti DOCX, PPTX dan XLSX serta berbagai format terbuka. Semua dokumen ini dapat diedit bersama dengan rekan kerja dan dari smartphone atau browser.

nextcloud adalah
Sumber: Envato

Nextcloud talk

Dengan menggunakan produk ini, kamu bisa rapat dengan kolega, pelanggan, dan mitra. Fitur utama dari produk ini adalah menurunkan hambatan komunikasi dan memungkinkan tim mu terhubung kapan saja, di mana saja, di perangkat apa pun, dengan satu sama lain, baik itu pelanggan, atau mitra.

Keunggulan yang ditawarkan Nextcloud

Keunggulan yang menonjol dari Nextcloud tentu terkait ruang penyimpanannya. Nextcloud adalah aplikasi yang menjadi interface dari cloud storage server yang kamu miliki sehingga tidak dibatasi oleh penyedia seperti Google drive yang dibatasi 15GB atau One Drive yang hanya 5GB. Kapasitas penyimpanan Nextcloud tentu akan ditentukan dengan kapasitas server yang kamu miliki. Tentunya kamu bisa mengatur besarnya sesuai dengan kebutuhanmu. Ada beberapa keunggulan lain yang ditawarkan oleh Nextcloud, diantaranya adalah

Government

Pemerintah saat ini bisa dibilang mulai menjauh dari penyedia cloud asing di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang kedaulatan data digital. Nextcloud telah muncul sebagai solusi cloud pribadi yang dihosting sendiri yang paling banyak digunakan di pemerintahan. Pemerintah perlu selalu meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan kerja jarak jauh, kolaborasi secara real time, dan pertukaran dokumen yang cepat namun aman dengan organisasi lain. 

Enterprises

Di tengah dorongan untuk meningkatkan efisiensi dan memfasilitasi kerja jarak jauh melalui teknologi kolaborasi secara online, perusahaan mengatasi peningkatan ketentuan, biaya, dan risiko kebocoran data dengan penerapan strategis menggunakan Nextcloud.

Nextcloud adalah aplikasi yang menawarkan platform kolaborasi konten yang modern dan mudah digunakan yang dapat diakses melalui antarmuka smartphone, desktop, dan web. Tim kamu dapat berkolaborasi secara real time pada dokumen, mengobrol, dan terlibat dalam panggilan video, mengakses email, atau merencanakan rapat di kalender. 

Keunggulan Lainnya

Keunggulan lain yang dimiliki Nextcloud adalah sebagai berikut:

  • 100% open source 
  • Di-host sendiri sehingga tidak ada kebocoran metadata
  • Panggilan audio/video peer-to-peer terenkripsi
  • Integrasi dengan File Nextcloud dan Groupware
  • WebRTC untuk dukungan lintas platform
  • Kemampuan menjembatani yang kuat dengan platform lain
  • Perintah untuk mengaktifkan integrasi dengan alat lain
  • Panggilan dan obrolan individu maupun grup
  • Webinar & rapat web publik dengan lobi (membutuhkan Nextcloud Talk High Performance Backend)
  • Aplikasi smartphone untuk Android dan iOS
  • Pratinjau audio dan video Anda ditampilkan sebelum bergabung dengan panggilan
  • Kaburkan latar belakang Anda
  • Bereaksi terhadap pesan obrolan
  • Jajak pendapat atau survei cepat dan mudah

Mulai dengan Uji Coba!

Mulai tertarik dengan Nextcloud? Kamu bisa melakukan ujicoba terlebih dahulu jika masih ragu. Untuk melakukan ujicoba, kamu bisa mengisi form yang telah disediakan oleh Nextcloud melalui tautan ini

Selanjutnya jika kamu telah yakin dengan Nextcloud, segera install Nextcloud sebagai aplikasi cloud storage management di server kamu. Panduan instalasi Nextcloud pada server dapat kamu pelajari di artikel cara install Nextcloud di cloud VPS.

nextcloud adalah
Sumber: Envato

Saatnya beralih ke Nextcloud

Nah itulah aplikasi Nextcloud yang dapat membantu kamu untuk melakukan manajemen cloud storage mu. Nextcloud adalah aplikasi open source yang memungkinkanmu untuk menyimpan dan berbagi file secara online. Ya, berfungsi sama seperti Google Drive dan para kompetitornya.

Singkatnya, ini adalah solusi cloud storage open source yang memungkinkan akses gratis dan mampu melakukan sinkronisasi data antara perangkat yang berbeda (ponsel atau komputer), atau pertukaran informasi dengan beberapa orang (pengguna atau bukan). Nextcloud adalah aplikasi yang memberika berbagai keuntungan untuk beragam bidang pekerjaanmu. Nextcloud adalah alternatif untuk aplikasi cloud storage mainstrem yang telah ada dan terdapat banyak batasannya. Yuk saatnya coba Nextcloud!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah