Mengenal Softaculous Apps Installer

apa itu softaculous

Apa itu Softaculous?

Softaculous adalah auto installer yang ada di Hosting dan berfungsi untuk mempermudah instalasi berbagai cms (content management system) serta beragam aplikasi website yang bersifat open source. Aplikasi akan terinstall secara otomatis dan user tidak perlu melakukan instalasi secara manual via konsol. Pernah mendengar kata “softaculous” sebelumnya kan? Biasanya ketika sudah memiliki hosting dan ingin menginstall suatu aplikasi, banyak yang menyarankan untuk menggunakan Softaculous. Misalnya, install WordPress melalui Softaculous, install Prestashop di Hosting melalui Softaculous dan sebagainya. Sebenarnya apa itu Softaculous ini? Apa keunggulannya? Aplikasi apa saja yang bisa diinstal di hosting melalui Softaculous? Bagaimana menggunakan Softaculous? Coba baca artikel berikut agar kamu mengerti tentang apa itu softaculous!

Softaculous adalah

Softaculous adalah auto installer yang terdapat di panel Hosting untuk mempermudah user dalam menginstal aplikasi. Apa itu Softaculous? Dikutip dari Softaculous, Softaculous adalah auto installer terbaik dengan 4444 script terbaik, 1115 class PHP dan masih banyak lagi. Softaculous sangat ideal untuk penyedia layanan web hosting karena sifatnya yang mempermudah user. User bisa melakukan instalasi aplikasi hanya dengan sekali step saja. Dikutip dari Wikipedia, Softaculous akan menghandle semua proses instalasi seperti membuat tabel database, melakukan instalasi software, mengatur data login admin, mengatur konfigurasi web server hingga melakukan proses backup. Dengan Softaculous, kamu juga bisa melihat fitur, tampilan aplikasi, rating serta review dari beberapa pengguna.

Keunggulan Softaculous

Softaculous memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan auto installer lainnya. Dikutip dari Softaculous Apps Installer, Softaculous memiliki keunggulan antara lain:

1. Integrasi Kontrol Panel Hosting

Softaculous dapat digunakan diberbagai macam kontrol panel hosting seperti cPanel, Plesk, H-Sphere, ISPmanager, DirectAdmin, InterWorx, Centos Web Panel, ISPConfig serta Hosting Controller.

2. Automatisasi dengan WHMCS

Dengan softaculous kamu bisa melakukan Auto Installation dari beberapa scripts menggunakan WHMCS.

3. Banyak Pilihan Bahasa

Bagi yang kurang bisa berbahasa Inggris, Softaculous menyediakan beberapa pilihan bahasa.

4. Backup dan Auto Upgrade

Dapat melakukan backup website dan Auto Upgrade dengan sekali klik

5. Membangun Website dengan Mudah dan Cepat

Dengan Softaculous, kamu bisa membuat website dengan cepat tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Tidak perlu melakukan instalasi manual seperti download file zip, membuat database lalu upload file website. Dengan Softaculous, semua proses instalasi akan serba otomatis. Kamu juga bisa membuat toko online dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Prestashop ataupun OpenCart.

Memiliki fitur search yang akan mempermudah user dalam mencari aplikasi/ CMS yang ingin digunakan

7. Selalu Update!

Jangan khawatir, Softaculous akan selalu update. Kamu akan diberikan versi terbaru dari aplikasi, patch, serta update security. Kamu bisa melakukan update via cron atau admin softaculous.

8. Memiliki Beragam Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin membuat blog, kamu bisa menggunakan WordPress, Open Blog, Serendipity dan sebagainya. Jika ingin membuat portal website, kamu bisa menginstall Joomla, Drupal, Mambo dan sebagainya. Untuk pengguna framework, kamu bisa gunakan Laravel, CodeIgniter, Yii, Bootstrap dan lain-lain.

9. Support HTTPS

Kamu bisa melakukan instalasi aplikasi/ CMS langsung di domain yang memiliki protokol HTTPS. Ingat! Selalu gunakan protokol HTTPS agar proses transfer data kamu lebih aman. Untuk menggunakan HTTPS, silahkan pasang SSL murah terlebih dahulu.

10. Memiliki Ratings, Review dan Demo

Sebelum menentukan aplikasi mana yang dipilih, kamu bisa melihat ratings dan review dari para pengguna. Kamu juga bisa mencoba aplikasi dengan fitur demo yang dimiliki Softaculous.

11. Digunakan oleh Ribuan Web Hosting di Dunia

Karena Softaculous memiliki berbagai kemudahan, maka Softaculous telah digunakan oleh ribuan web hosting di seluruh dunia. Kehadiran Softaculous ini mempermudah user khususnya pemula dalam membuat website secara instan.

Aplikasi Apa Saja Yang Ada di Softaculous?

Ada sekitar 4444 script atau aplikasi di Softaculous yang bisa kamu install di Hosting. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi https://www.softaculous.com/softaculous/apps .

Ada berbagai kategori yang bisa kamu pilih. Misalnya:

Blogs: WordPress, Open Blog, Serendipity, Dotclear, b2evolution, Textpattern, Nibbleblog, LifeType, Pixie, Nucleus, Chyrp, eggBlog, HTMLy, PivotX, FlatPress, Leafpub, Movable Type
Micro Blogs: StatusNet, PageCookery, Storytlr
Portals/ CMS: Joomla, Open Real Estate, PHP-Fusion, Concrete5, MODX, e107, CMS Made Simple, Xoops, Zikula, Composr, Drupal, Website Baker, PHP-Nuke, Mambo, Subrion, dan sebagainya
Forums: phpBB, SMF, MyBB, AEF, Vanilla
Image Galleries: Gallery, Piwigo, Coppermine, Zenphoto, TinyWebGallery
Wikis: DokuWiki, PmWiki, WikkaWiki, MediaWiki
Social Networking: Dolphin, pH7CMS, Oxwall, Jcow, Elgg, dan sebagainya
Ad Management: Yclas, OSClass, Revive Adserver, GPixPixel
Calendars: WebCalendar, Booked, ExtCalendar, phpicalendar, LuxCal, SuperCali
Gaming: BlackNova Traders, Shadows Rising, Multiplayer Checkers, Word Search Puzzle, Nuked Klan
Mails: Roundcube, phpList, WebMail Lite, poMMo, SquirrelMail
Polls and Analytics: LimeSurvey, Matomo, LittlePoll, phpESP, Aardvark Topsites, Advanced Poll, Simple PHP Poll

Project Management: qdPM, Feng Office, eyeOS, Collabtive, dotProject, ProjectPier, Mantis Bug Tracker, Rukovoditel
E-Commerce: AbanteCart, PrestaShop, CubeCart, OpenCart, osCommerce, Open eShop
ERP: YetiForce, Vtiger, Dolibarr, SugarCRM, EPESI, X2CRM, Zurmo dan sebagainya
Guest Books: Advanced Guestbook, Lazarus, BellaBook, phpBook, VX Guestbook
Customer Support: Vision Helpdesk, osTicket, HESK, Mibew Messenger, Live helper chat, Help Center Live, phpOnline, Sales Syntax
Frameworks: Laravel, CodeIgniter, yii, Bootstrap, CakePHP, Zend, Symfony, Kohana
Educational: Chamilo, Moodle, Claroline, eFront, Dokeos, DoceboLMS, TCExam
DB Tools: SIDU, phpMyAdmin, MyWebSQL, Adminer, SQLiteManager
Music: kPlaylist, Podcast Generator, AmpJuke, Impleo, Ampache
Video: ClipBucket, VidiScript, CumulusClips
RSS: Gregarius, Tiny Tiny RSS, Feed On Feeds, selfoss
File Management: ownCloud, ProjectSend, Pydio, PHPfileNavigator, Nextcloud
Others: Seo Panel, phpFreeChat, WeBid, SLiMS, YOURLS dan sebagainya
Libraries: jQuery, AngularJS, script.aculo.us, Dojo, Ext JS, Raphael, MooTools, DHTMLX, Modernizr

Cara Menggunakan Softaculous

Sekarang sudah tahu apa itu softaculous, keunggulan softaculous serta aplikasi apa saja yang ada di softaculous. Nah sekarang, bagaimana cara menggunakan softaculous? Silahkan ikuti cara berikut:

1. Pastikan kamu sudah memiliki hosting. Bagaimana mau menggunakan Softaculous kalau kamu belum memiliki hosting? Jika belum, silakan beli hosting murah di DomaiNesia. Ada beragam jenis hosting yang bisa kamu gunakan.

2. Buka Softaculous Apps Installer. Setelah memiliki hosting, maka kamu akan mendapatkan akun cPanel. Silahkan login cPanel Hosting lalu tulis “softaculous” pada kolom pencarian yang telah tersedia.

3. Setelah itu akan diarahkan ke dashboard Softaculous Apps Installer. Kamu bisa mencari aplikasi pada kategori yang ingin kamu install. Untuk mempermudah, kamu bisa gunakan kolom pencarian pada Softaculous. Silahkan tulis aplikasi apa yang diinginkan lalu klik aplikasi tersebut. Misalnya, kamu ingin melakukan instalasi WordPress. Silahkan tulis “wordpress” pada kolom pencarian.

4. Tunggu sebentar hingga muncul halaman aplikasi yang tadi dipilih. Kamu bisa langsung klik Install Now untuk langsung melakukan instalasi aplikasi. Kamu juga bisa melihat fitur, tampilan aplikasi, demo, ratings dan review dari aplikasi.

5. Selanjutnya, kamu bisa isi kolom sesuai panduan Cara Instal WordPress di cPanel Melalui Softaculous. Terdapat kolom Software Setup, Site Settings, Admin Account, Choose Language dan Advanced Options yang harus kamu isi.

6. Jika kamu benar dan sesuai dengan panduan, maka instalasi akan berhasil!

Bagaimana? Sudah tahu kan apa itu softaculous, keunggulan softaculous serta cara menginstall aplikasi di Softaculous? Sekarang, kamu bisa menginstall semua aplikasi open source yang diinginkan menggunakan Softaculous Apps Installer tanpa perlu instal manual. Cocok sekali untuk para pemula yang ingin membuat website sendiri tanpa bahasa pemrograman. Cari, klik dan proses instalasi selesai! Agar lebih aman, kamu bisa menambahkan SSL murah di website. Salam DomaiNesia!

 

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!