• Home
  • Berita
  • Apa Itu Adware: Definisi dan Penjelasan Lengkapnya Ada Disini

Apa Itu Adware: Definisi dan Penjelasan Lengkapnya Ada Disini

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Pernah mendengar atau membaca istilah adware? Wajar saja jika belum, istilah ini memang tidak banyak orang yang mengetahui. Tapi tahukah kamu kalau itu merupakan salah satu jenis perangkat lunak komputer yang cukup mengganggu performa device mu? Kamu perlu mengetahui lebih lanjut mengenai perangkat lunak ini dan cara membersihkan adware agar terhindar dari bahayanya.

Pengertian Dasar

Adware, juga dikenal sebagai perangkat lunak yang didukung iklan, menghasilkan pendapatan bagi pengembangnya dengan membuat iklan secara otomatis di layar kamu, biasanya di dalam web browser. Perangkat lunak ini biasanya dibuat untuk komputer tetapi juga dapat ditemukan di perangkat seluler. Beberapa bentuk adware sangat manipulatif dan menciptakan pintu terbuka untuk program jahat.

adware
Sumber: Envato

Adware adalah

Adware adalah perangkat lunak yang menampilkan iklan pop-up yang tidak diinginkan (dan terkadang menjengkelkan) yang dapat muncul di komputer atau perangkat seluler kamu. Perangkat lunak ini biasanya berakhir di perangkat pengguna melalui salah satu dari dua cara berikut: 

  • Menginstal program atau aplikasi komputer gratis tanpa menyadari bahwa itu berisi perangkat lunak tambahan yang mengandung itu. Hal ini memungkinkan pengembang aplikasi menghasilkan uang tetapi berarti kamu dapat mengunduh adware ke sistem kamu tanpa harus menyetujuinya. 
  • Mungkin ada kerentanan pada perangkat lunak atau sistem operasi kamu yang dieksploitasi oleh peretas untuk memasukkan malware, termasuk beberapa jenis adware, ke dalam sistem kamu.

Melansir dari SpiceWorks, ketika adware pertama kali menjadi populer pada tahun 1995, beberapa profesional industri menganggapnya sebagai spyware, yaitu perangkat lunak yang memungkinkan seseorang memperoleh data rahasia dari komputer tanpa sepengetahuan orang tersebut. Saat kredibilitasnya meningkat, statusnya diturunkan ke “aplikasi yang mungkin tidak diinginkan” (PUA). Akibatnya, sedikit yang dilakukan untuk memastikan legalitasnya meskipun penggunaannya tinggi.

Apa Saja Jenisnya

Penting untuk membedakan antara adware yang tidak berbahaya dan berbahaya. Contoh adware adalah meliputi: 

Legal

Legal atau sah memungkinkan kamu menyetujui iklan dan promo software, mengimbangi biaya developer sehingga mereka dapat menawarkan software mereka secara gratis. Pengguna rela mengunduh perangkat lunak jenis ini untuk mendapatkan produk gratis. Selain itu, kamu dapat memilih untuk mengizinkannya mengumpulkan informasi pemasaran. 

Adware yang sah dibuat oleh semua jenis pengembang, termasuk yang memiliki reputasi baik. Ini adalah cara yang valid dan sah untuk memberikan produk gratis kepada pelanggan dengan mendapatkan imbalan berupa iklan yang mereka klik.

adware
Sumber: Envato

Aplikasi Yang Mungkin Tidak Diizinkan

Aplikasi yang mungkin tidak diinginkan mencakup program apa pun yang mungkin tidak kamu pilih untuk diinstal ke perangkat kamu. Jenis ini dapat jatuh ke area “abu-abu”, di mana itu berbahaya atau ilegal bergantung pada tujuan perangkat lunak dan mereka yang mendistribusikannya. Pembuat dan distributor dengan sengaja menyebarkan ancaman ini dan mungkin menggunakan metode kasar untuk mencapainya.

Ketika orang berbicara tentangnya, mereka cenderung mengartikan program yang menyalahgunakan iklan dan membuka pintu bagi malware. Adware dapat membuat frustasi terlepas dari legalitasnya dan dapat dengan mudah tidak terdeteksi untuk waktu yang lama. Untuk menghindari perangkat lunak invasif atau membosankan, kamu harus tahu cara menghindari dan cara membersihkan adware saat sudah terinfeksi.

Dari Mana Asalnya?

Biasanya hadir dalam perangkat lunak atau sistem yang kamu unduh dari internet dan biasanya yang bersifat freeware atau shareware atau peretas yang secara diam-diam menginstal sendiri ke perangkat kamu tanpa sepengetahuan kamu. Perangkat lunak gratis yang berisi beberapa iklan mungkin mengganggu tetapi tidak ilegal. Namun, jika program pihak ketiga menambahkan perangkat lunak iklan jahat ke perangkat kamu tanpa persetujuan kamu, maka itu ilegal.

Bagaimana Cara Kerjanya

Ini bekerja dengan menginstal sendiri secara diam-diam ke perangkat kamu, berharap kamu akan secara sengaja atau tidak mengklik iklan yang ditampilkannya kepada kamu. Ini karena pada akhirnya ada untuk menghasilkan uang. Pembuatnya dan vendor distribusi menghasilkan uang dari pihak ketiga melalui: 

  • Bayar per klik (PPC) — mereka dibayar setiap kali kamu membuka iklan.
  • Pay-per-view (PPV) — mereka dibayar setiap kali iklan ditampilkan kepada kamu.
  • Bayar-per-instal (PPI) — mereka dibayar setiap kali perangkat lunak yang dibundel diinstal pada perangkat. 

Adware juga dapat melacak riwayat penelusuran dan penjelajahan kamu untuk menampilkan iklan yang lebih relevan bagi kamu. Setelah pengembang mengetahui lokasi dan riwayat browser kamu, mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan menjual informasi tersebut kepada pihak ketiga. 

Ciri-ciri Device Terinfeksi

Pada Komputer

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang kamu alami pada komputermu yang terinfeksi:

  • Perubahan tak terduga di browser web kamu 
  • Halaman web yang kamu kunjungi tidak ditampilkan dengan benar 
  • Kewalahan dengan iklan pop-up, kadang-kadang bahkan jika tidak bisa menjelajah internet 
  • Performa perangkat lambat 
  • Freezing
  • Mengurangi kecepatan internet 
  • Tampilan acak dari toolbar baru atau add-on browser

    adware
    Sumber: Envato

Pada Smartphone

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang kamu alami pada smartphone yang terinfeksi:

  • Ponsel kamu lambat 
  • Aplikasi membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat 
  • Baterai kamu cepat habis 
  • Ponsel kamu tiba-tiba ada aplikasi yang tidak pernah kamu unduh 
  • Ada banyak pop-up iklan

Cara Membersihkan Adware

Penghapusan perangkat ini akan membantu memperbaiki masalah seperti pop-up yang menjengkelkan yang terus-menerus muncul dan spyware tersembunyi. Penghapusan manual tidak menjamin kamu akan menemukan semua komponen. Untuk solusi ini, perangkat lunak keamanan siber akan membantu kamu membersihkan apa pun yang tidak kamu temukan sendiri. .

  • Uninstall Aplikasi Inang, untuk menghilangkan virus yang dibawa oleh aplikasi atau software bawaannya, kamu perlu menghapus aplikasi tersebut. Biasanya kamu mendapatkan aplikasi ini secara gratis (pahadal seharusnya menggunakan lisensi berbayar) di internet. Artinya, aplikasi tersebut disusupi virus sehingga untuk menghilangkannya kamu harus menguninstal dan menghapusnya dari direktori device mu.
  • Menginstal produk yang memiliki kemampuan “anti-adware”, ini akan menjadi langkah pertama. 
  • Aktifkan deteksi, memeriksa apakah setelan deteksi adware perangkat lunak keamanan kamu selalu aktif adalah langkah selanjutnya. Perangkat lunak keamanan kamu mungkin tidak mendeteksi dan menghapusnya secara default. Seringkali, program adware yang sah tidak memiliki prosedur penghapusan komponen. Beberapa dapat menggunakan teknologi yang serupa dengan yang digunakan oleh virus untuk menembus komputer dan berjalan tanpa disadari.

Banyak program freeware dan shareware berhenti menampilkan iklan setelah kamu mendaftar atau membeli program tersebut. Namun, beberapa program menggunakan utilitas pihak ketiga bawaan. Utilitas ini dapat tetap terinstal di komputer setelah kamu mendaftar atau membeli program tersebut. Jika kamu menghapus komponennya, itu dapat menyebabkan kegagalan fungsi program.

adware
Sumber: Envato

Tetap Waspada Untuk Menghindari Adware

Adware adalah perangkat lunak yang menampilkan iklan pop-up yang tidak diinginkan (dan terkadang menjengkelkan) yang dapat muncul di komputer atau perangkat seluler kamu. Berhati-hatilah dan praktikkan panduan aman dalam dunia maya. Itu berarti berpikir dua kali sebelum mengunduh dan menginstal perangkat lunak baru apapun terutama perangkat lunak gratis. Baca syarat dan ketentuan dan keluar dari proses pengunduhan jika ada yang berbau izin untuk memuat adware. Hindari situs torrent, unduhan ilegal, dan jangan pernah membuka aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah