Pentingnya Backup Data Untuk Bisnis Kamu4 min read

5/5 (1)

Siapapun yang punya website pasti tahu seberapa pentingnya backup data. Backup data akan memastikan hal-hal penting di web kamu tetap aman. Layanan backup dan pemulihan data adalah hal yang vital untuk bisnis dan website untuk menjamin uptime level. Tapi hal apa aja sih yang perlu di back up? Banyak lho, DomaiNesians. Plugin, kode-kode, database, script dan masih banyak lagi. Things like this, data dasar yang kamu perlu untuk kelanjutan website dan bisnis harus di back up. Konten-konten media seperti gambar dan video, mengingat berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk membuat gambar dan video tersebut, lalu hilang karena tidak di backup. It’s a big loss. Jadi, penting untuk melakukan backup secara reguler atau beberapa waktu sekali.

Kelebihan backup data otomatis

pentingnya backup data

Sumber: Pixabay

Pentingnya backup data seringkali dipandang sebelah mata, karena memiliki service provider yang bisa diandalkan, sehingga tidak ada sesuatu apapun terjadi. Itu memang hal yang baik, tapi tidak ada salahnya juga untuk bersiap sebelum hal-hal buruk terjadi. Membackup data bukan hal sulit untuk dilakukan. Ada layanan backup otomatis yang bisa kamu pakai. Layanan dan tools backup otomatis ini akan mempermudah kamu dalam backup dan memulihkan data. Sistem backup dan pemulihan otomatis akan menghemat uang dan waktu jika sesuatu yang buruk terjadi, seperti, website kena hack atau tidak sengaja terhapus. Umumnya ada dua cara untuk backup data, manual dan otomatis. Di artikel ini, akan dibahas secara khusus tentang backup data otomatis. Apa saja kelebihan backup data otomatis? Let’s check this out.

  1. Backup data otomatis lebih mudah dan aman

    Kamu tidak perlu susah-susah mengingat kapan terakhir kali membackup data. Backup data otomatis akan secara reguler membackup data. Kamu akan mendapatkan notifikasi setelah backup data selesai dilakukan atau ketika backup data gagal dilakukan. Hasil backup data akan didistribusikan ke cloud, tempat yang aman dan mudah untuk diakses. Kamu bisa me-restore data kapan saja. Kamu juga bisa menjadwalkan beberapa backup dalam satu hari. Ada beberapa orang yang membackup datanya di komputer atau harddisk eksternal. Itu sah-sah saja dilakukan, namun masih kalah aman dibandingkan dengan membackup data otomatis. Harddisk eksternal dan komputer bukan tempat yang ideal untuk tempat mendistribusikan backup data.

  2. Pemulihan instan bisa dilakukan segera setelah terjadi bencana

    Ini merupakan solusi yang sangat diandalkan. Solusi yang ditawarkan oleh backup otomatis ini akan sangat membantu ketika kamu kehilangan data secara tiba-tiba. Bisa jadi kamu juga tidak tahu data tersebut hilang karena apa atau terhapus kemana. Pemulihan instan bisa kamu terapkan. Hanya dengan beberapa klik, website akan kembali seperti semula. Inilah salah satu alasan pentingnya backup data website kamu.

    Baca juga: Panduan Backup Website Melalui cPanel

  3. Backup otomatis memungkinkan kamu menyinkronkan data

    pentingnya backup data

    Sumber: Pixabay

    Beberapa orang memiliki lebih dari satu device untuk mereka bawa, untuk di kantor atau di rumah. Bisa mengakses data terbaru yang sama kapan saja dan dimana saja adalah hal penting. Dan hal itu mungkin dengan menggunakan backup otomatis. Backup otomatis akan membantu kamu terkoneksi dan keep up dengan data terbaru website kamu. Sudah banyak hosting provider yang menyediakan layanan ini dengan harga murah bahkan gratis. Yang kamu perlukan hanya meminta mereka mengatur backup otomatis untuk website.

  4. Backup data otomatis akan lebih menghemat waktu

    Harus mengingat kapan terakhir kali membackup data adalah hal yang merepotkan. Backup otomatis akan menghemat waktumu sekian menit. Tapi ada hal yang lebih dari itu. Ketika website mengalami configuration error, kamu akan paham betapa cepat backup data otomatis memulihkannya kembali. Jika tidak, mungkin akan berhari-hari untuk membangun kembali website sampai kembali seperti semula.

  5. Backup data otomatis dengan menginstall plugin

    Buat kamu yang punya WordPress atau Joomla, ada banyak plugin yang bisa kamu install untuk backup otomatis. Jangan khawatir, beberapa plugin ini gratis untuk kamu install. Cukup install plugin yang kamu mau, ikuti langkah-langkah install dan pengaturannya, and done! Sekarang kamu bisa menjadwalkan backup otomatis sesering yang kamu perlu. Website kamu akan aman dan terhindar dari kehilangan data.

Baca juga: Panduan Backup Otomatis di Softaculous

Kesimpulan

Tidak semua orang mengerti pentingnya backup data otomatis. Biasanya karena mereka sudah puas dengan layanan hosting provider dan tidak pernah mengalami gangguan. Namun, bencana bisa terjadi kapan saja. Apalagi buat kamu yang punya bisnis online, tentu akan sangat bergantung pada hosting provider. Data yang bisa diamankan bukan hanya konten seperti video atau gambar, namun data pelanggan, data transaksi, atau pengaturan website juga akan diamankan. Tahu kan sekarang pentingnya backup data? Yang paling penting, dengan adanya backup data otomatis, bisnis kamu tidak akan terkena dampak ketika hal-hal buruk terjadi di website kamu.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

1 komentar

  1. Avatar Hary berkata:

    Backup data otomatis dengan menginstall plugin apa ya kak?

Komentar