Home  »  Hosting   »   Cara Menggunakan SSH di Hosting (SSH Keys)

Cara Menggunakan SSH di Hosting (SSH Keys)

Last Update:


Hi DomaiNesians! Sudah berhasil kontrol server menggunakan SSH? Bagi yang belum tahu, kamu bisa baca di Cara Akses SSH di cPanel. SSH atau Secure Shell adalah aplikasi pengganti remote login ke server melalui koneksi terenkripsi. Dengan SSH kamu bisa melihat aktivitas server, melakukan instalasi aplikasi, melihat direktori file website, mengelola server bahkan memonitor server. Untuk lebih jelas tentang SSH, silahkan baca Apa itu SSH. Bagi para pengguna Windows, kamu bisa gunakan puTTy. Untuk pengguna Linux dan MacOS, bisa gunakan Terminal. Nah, SSH ini sangat berfungsi ketika kamu bisa mengakses server hosting tanpa harus berinteraksi secara fisik. Bayangkan saja, jika server hosting yang kamu punya ada di Singapura ataupun Amerika. Apakah kamu harus kesana untuk melakukan restart server? Tentu tidak! Untuk itu dengan hadirnya teknologi SSH ini, kamu bisa meremote dan login ke cPanel Hosting layaknya berada di depan monitor server sungguhan. Cara menggunakan SSH di Hosting ada berbagai macam. Kamu bisa gunakan password ketika login atau menggunakan SSH Key. Pada panduan ini akan dijelaskan tentang cara menggunakan SSH di Hosting menggunakan metode SSH Keys.

Apa itu SSH Keys?

SSH Keys berfungsi agar kamu tidak kesulitan ketika ingin melakukan akses SSH ke Hosting. Kamu hanya perlu membuat public key dan private key terlebih dahulu di komputer kamu. Dan nantinya, public key akan disalin ke server. Sehingga, kamu tidak perlu lagi memasukkan password dan sebagainya.

Cara Menggunakan SSH di Hosting (SSH Key)

Untuk menggunakan SSH di hosting, kamu harus tahu beberapa command Linux terlebih dahulu. Minimal mengerti bagaimana cara mengoperasikan Terminal Linux ya. Adapun cara menggunakan SSH di hosting yaitu,

1. Membuat Private Key dan Public Key

Pertama-tama kamu harus membuat SSH Key terlebih dahulu. SSH Key sering juga disebut dengan RSA Key karena SSH menggunakan teknologi kriptografi asimetris RSA. Dikutip dari Wikipedia, RSA adalah sebuah algoritma pada enkripsi public key yang cocok untuk digital signature dan sering digunakan pada ecommerce. RSA memiliki 3 tahapan yaitu pembuatan kunci (key), enkripsi pesan dan dekripsi pesan. Nah, yang ingin dilakukan kali ini yaitu pembuatan kunci Private Key dan Public Key terlebih dahulu. Proses inilah yang menjadi inti dari cara menggunakan SSH di hosting dengan bantuan SSH Key. Ingat! Pembuatan Private Key dan Public Key ini dilakukan di komputer kamu ya!

ssh-keygen -t rsa

Silahkan tekan “enter” saja hingga proses pembuatan kunci (key) selesai. Setelah selesai terdapat informasi:
Your identification has been saved in /home/namauser/.ssh/id_rsa
Di dalam id_rsa tersebut bisa kamu temukan private key.

Your public key has been saved in /home/namauser/.ssh/id_rsa.pub
Di dalam id_rsa.pub tersebut bisa kamu temukan public_key

2. Menyalin public_key ke Hosting

Agar server hosting dapat terhubung dengan komputer kamu, silakan salin (copy) public_keys ke Hosting dengan perintah:

ssh-copy-id -p 64000 namausercPanel@namaserver.rapidplex.com

misalnya: ssh-copy-id -p 64000 websites@vaporeon.rapidplex.com

Kemudian masukkan password hosting kamu. Tunggu sebentar hingga proses selesai.

3. Melakukan Remote Hosting

Nah cara menggunakan SSH di hosting sudah selesai. Sekarang kamu bisa meremote hosting dengan cara

sshnamausercPanel@namaserver.rapidplex.com -p 64000

misalnya: ssh websites@vaporeon.rapidplex.com -p 64000

Voila! Kamu bisa masuk ke hosting secara langsung tanpa harus memasukkan password!

Kesimpulan

Cara menggunakan SSH di Hosting sangatlah mudah. Baik menggunakan password ataupun SSH Keys, semua bisa kamu ikuti sesuai panduan. DomaiNesia jagonya Hosting Murah dengan kualitas terbaik. Dengan SSH ke hosting, kamu bisa melakukan berbagai macam hal seperti melakukan instalasi Ghost, instalasi NodeJS, menghentikan service yang berjalan dan sebagainya. Merasa kapasitas hosting kamu sudah penuh? Kapan waktu yang tepat melakukan upgrade hosting? Coba baca Ciri-ciri Hosting Harus Upgrade. Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!