Cara Mengatasi Remote Host Identification Has Changed Pada SSH

Oleh Mila Rosyida

Cara Mengatasi Error Pada SSH – Saat ingin remote server melalui SSH, pernahkah kamu menemukan error yang bertuliskan “WARNING : REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED”? Padahal kamu merasa sudah memasukkan password server dengan benar. Selain itu, kamu juga mengulangi remote server beberapa kali tapi masih saja muncul pesan error “WARNING : REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED”. Sebenarnya itu apa sih? Terus cara mengatasinya bagaimana? Nah tenang DomaiNesians, pada panduan kali ini akan membahasa cara mengatasi “WARNING : REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED” pada SSH.

Sekilas Tentang Secure Shell (SSH)

Dengan SSH kamu dapat melihat aktivitas server, memonitor server, melihat direktori server, merestart server, melihat job server, serta melakukan instalasi software pada server. Jadi intinya dengan melalui SSH ini, kamu dapat melakukan segala aktivitas di server. Tidak peduli server tersebut berada di belahan dunia manapun. Sepanjang server kamu terhubung dengan internet, kamu dapat mengaksesnya dengan mudah melalui SSH.

Masih penasaran tentang SSH ? Silahkan baca Kenalan dengan SSH yuk!

Remote Server Menggunakan SSH

Remote Cloud VPS dapat dilakukan melalui akses SSH ke server.Nah pada dasarnya, remote Cloud VPS via SSH sama halnya ketika Anda melakukan akses SSH ke Hosting. Apabila melalui Linux, Anda dapat menggunakan Terminal. Jika menggunakan Windows, dapat menggunakan Software PuTTy. Remote Cloud VPS berguna agar Anda dapat melakukan konfigurasi dan pengaturan di Virtual Server sesuai kebutuhan. Kamu bisa baca panduan Cara Remote Cloud VPS ya DomaiNesians.

Baca Juga : Cara Menggunakan SSH di Hosting (SSH Keys)

Cara Mengatasi Remote Host Identification Has Changed Pada SSH

Salah satu error yang biasa ditemukan saat kamu melakukan remote server adalah “WARNING : REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED”. Akibatnya kamu tidak bisa masuk ke server. Walaupun beberapa kali kamu mencoba untuk masuk server, kamu akan menemui error lagi. Mengapa begitu? Hmm, jadi error “WARNING : REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED” muncul karena kamu pernah melakukan remote ke Cloud VPS atau server melalui SSH sebelumnya. Sehingga IP server sebelumnya sudah tersimpan di dalam file known_hosts. Ditambah lagi apalagi jika kamu melakukan install ulang sistem operasi pada Cloud VPS atau server. Karena melakukan install ulang maka terdapat perubahan key dari SSH Server. Nah ada 2 cara mengatasi “WARNING : REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED” yaitu mengedit file known_hosts dan menjalankan command ssh-keygen.

Mengedit File known_hosts

Untuk mengedit file known_hosts, pertama- tama kamu harus masuk ke folder .ssh.  Kamu bisa lihat path file known_hosts di pesan error seperti gambar berikut.

Kemudian silahkan jalankan command di bawah ini :

Catatan : Sesuaikan path file known_hosts yang ada di pesan error

Setelah itu silahkan mencari baris di pesan error yang bertuliskan Offending ECDSA key. Maka kamu akan menemukan baris yang harus kamu hapus. Misalnya seperti gambar di bawah ini. Terdapat angka 62, itu artinya kamu harus menghapus baris ke-62. Jika sudah menemukan barisnya, silahkan langsung saja menghapusnya.


Setelah itu, lalu coba kembali untuk melakukan remote server melalui SSH.

Menjalankan Command ssh-keygen

Cara kedua yaitu menjalankan command ssh-keygen. Silahkan jalankan command berikut :

Ketika kamu menjalankan command diatas, maka riwayat IP server akan dihapus. Setelah itu, lalu coba kembali untuk melakukan remote server melalui SSH.

Kesimpulan

Untuk mengatasi error “WARNING : REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED” sangat mudah dilakukan. Cukup menghapus riwayat IP server sebelumnya. Lalu coba kembali untuk melakukan remote server melalui SSH. Nah buat kamu yang menginginkan Cloud VPS, silahkan order Cloud VPS DomaiNesia. Cloud VPS DomaiNesia menggunakan teknologi cloud modern yang membuat Cloud VPS stabil, aman, optimal, dan cepat. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca Mengenal Cloud VPS DomaiNesia.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!