• Home
  • Berita
  • Apa itu aaPanel si Alternatif cPanel

Apa itu aaPanel si Alternatif cPanel

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Untuk cPanel mungkin kamu sudah tidak asing lagi. cPanel adalah suatu kontrol panel yang berfungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting ataupun website. Semua konfigurasi dan pengelolaan mulai dari domain hingga hosting dapat kamu lakukan di dalam cPanel.

Selain konfigurasi, kamu juga bisa melakukan instalasi beberapa platform seperti WordPress di dalam cPanel, membuat database, hingga mengatur alamat IP.

Namun seiring berkembangnya teknologi yang digunakan pada cPanel, menimbulkan biaya yang semakin tinggi atau semakin mahal. Itulah membutuhkan sosok pengganti cPanel, salah satunya adalah aaPanel. Yuk, mengenal kontrol panel yang satu ini lebih dalam, si alternatif cPanel!

Pengertian aaPanel

Sama halnya seperti cPanel, aaPanel adalah alternatif control panel hosting selain cPanel.

aaPanel adalah software yang digunakan untuk mengelola server web, seperti mengelola domain, file, email, dan database.

Kontrol panel yang satu ini menyediakan antarmuka grafis yang mudah digunakan dan memungkinkan pengguna untuk mengelola server web tanpa harus mengetik perintah.

aapanel

Selain itu aaPanel juga menyediakan fitur seperti pembuatan akun email, pengelolaan database, pembuatan backup, dan banyak lagi.

Fungsi aaPanel

Berdasarkan tujuannya, kontrol panel yang satu ini sebenarnya diciptakan untuk mempermudah dalam pengelolaan website, domain serta hosting itu sendiri. Adapun fungsi dari kontrol panel yang satu ini adalah sebagai berikut :

  • Memberikan kemudahan dalam mengelola web hosting
  • Memberikan kemudahan user dalam melakukan setting website karena dalam bentuk grafis antarmuka
  • Memberikan kemudahan dalam pengelolaan email
  • Memberikan kemudahan dalam melakukan monitoring website seperti dahsboard monitoring hosting hingga bagaimana traffic website
  • Memberikan kemudahan dalam melakukan pengelolaan file
  • Memiliki fitur Cron yang mempermudah dalam pengaturan cron job pada proses backup ataupun penjadwalan

Fitur aaPanel

Setelah kamu mengenal siapa itu aaPanel dan juga apa fungsinya, sekarang saatnya untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang ada di kontrol panel yang satu ini. Berikut ini fitur yang ada pada aaPanel, antara lain :

Manajemen Website

Setelah terdapat domain dan hosting, pasti akan ditemukan yang namanya website. Dalam mengelola website, kamu bisa menggunakan fitur yang ada pada aaPanel yaitu Manajemen Website.

Dalam fitur ini kamu akan menemukan yang namanya dashboard website menegement. Dalam dashboard ini berisikan informasi-informasi terkait website yang kamu kelola.

Pada fitur ini kamu juga bisa menambahkan website. Cukup dengan klik “Add Site”, kamu akan diarahkan ke pilihan pengaturan website. Pilihlah website yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Manajemen FTP

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Dikutip dari Wikipedia, FTP adalah salah satu protokol Internet untuk melakukan upload dan download berbagai file komputer atau website antara FTP Client dan FTP Server.

FTP bekerja menggunakan protokol TCP (Transmission Control Protocol) untuk berkomunikasi antara pihak client dan server. Secara teknis, FTP menggunakan port 21 sebagai pintu gerbang agar komunikasi dapat terbangun.

Kamu bisa melakukan pengelolaan FTP pada aaPanel. Pengelolaan FTP mudah dilakukan cukup klik Add FTP saja. Selain menambahkan FTP, kamu juga bisa mengubah port dari FTP yang digunakan

Manajemen Database

Kehadiran website tidak bisa dipisahkan dengan database. Bagi orang awam, membuat database di hosting secara manual mungkin menyusahkan. Nah, kehadiran tools pada kontrol panel yang satu ini ini akan mempermudah kamu tentunya.

Dalam kontrol panel yang satu ini memiliki fitur manajemen database. Kamu bisa membuat database MySQL, membuka phpMyAdmin, remote MySQL, hingga root password.

Baca juga : domain .ORG

Manajemen File

Dengan adanya kontrol panel yang satu ini, kamu tidak perlu masuk ke server untuk hanya sekedar memindahkan file, membuat file baru, melakukan upload file website dan sebagainya.

Dengan menu Manajemen File, kamu bisa melakukan semua hal tersebut dengan mudah. Ada juga menu Backup dan File Restoration yang memudahkan kamu dalam proses backup restore.

Manajemen Cron

Menurut Wikipedia, cron merupakan suatu software utility yang bertugas sebagai sistem penjadwalan pada komputer/ server berbasis Linux. Yaps, sebagai sistem penjadwalan.

Apa sih maksudnya? Maksudnya, kamu dapat mengatur perintah (shell script) yang dijalankan pada waktu tertentu. Misalnya, melakukan backup file setiap pukul 5 sore, melakukan download file setiap pukul 7 pagi atau mengirim email setiap periode tertentu.

Dalam kontrol panel yang satu ini tentu sudah menyediakan pengelolaan Cron. Tidak hanya menjalankan task penjadwalan, tapi juga bisa melakukan backup.

Manajemen Monitor

Selain urusan setting dan konfigurasi, kamu bisa melakukan monitoring data website dan juga bagaimana kondisi hosting atau VPS. Kamu bisa mengetahui penggunaan memory, penggunaan CPU, penggunaan disk, hingga melakukan pembersihan logs.

Manajemen Security

Di tools ini kamu juga bisa melakukan kontrol terhadap server dengan menggunakan SSH Access. Untuk lebih tahu mengenai SSH, silahkan baca Cara SSH Server.

Dalam manajemen security, kamu bisa melakukan pengelolaan block (security blocker). Kamu bisa memblokir IP tertentu yang melakukan indikasi spamming website menggunakan IP Blocker.

Manajemen Software

Salah satu fitur unggulan dari kontrol panel yang satu ini adalah dari sisi manajemen software. Dalam manajemen ini aaPanel menyediakan beberapa software sebagai penunjang pengembangan websitemu.

Software unggulan yang ditawakan oleh aaPanel adalah Docker. aaPanel sudah menyedia modul Docker. Berbeda dengan control panel yang lain, karena tidak semua control panel menyediakan software docker.

Selain docker, kontrol panel yang satu ini juga sudah support MongoDB, Memcached, Redis, dan lain-lain.

Perbedaan aaPanel dengan cPanel

Baik cPanel atau aaPanel, secara fungsionalitas memiliki kegunaan yang sama yaitu mempermudah pengelolaan web hosting dan juga VPS melalui GUI (Graphic User Interface).

Dengan adanya antarmuka inilah sangat berguna bagi mereka yang baru mengenal hosting dan web, karena menyederhanakan proses penyiapan dan pengelolaan situs web.

Selain memberikan kemudahan penggunaan, panel kontrol hosting juga memberi pengguna kontrol yang lebih besar atas environment hosting mereka.

Pengguna dapat mengelola situs web mereka dengan lebih efektif, memecahkan masalah yang muncul, dan mengkonfigurasi pengaturan hosting mereka untuk memenuhi kebutuhan yang lebih spesifik.

Ini memungkinkan pengguna untuk merampingkan alur kerja mereka, efisiensi waku, dan meningkatkan kinerja situs web. Pada akhirnya menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung situs.

Buat kamu yang bingung dengan panel control apa yang akan digunakan, langsung saja simak artikel Bingung Memilih cPanel? Simak Tips Memilih Control Panel Hosting!.

Berikut ini perbedaan aaPanel dengan cPanel antara lain :

Aspek Desain Antarmuka

Apabila dilihat dari aspek desain antarmuka atau GUI, baik cPanel dan aaPanel memberikan antarmuka yang mudah dipahami. Selain itu juga memiliki masing-masing kategori sesuai dengan fitur yang ditawarkan.

Desain cPanel mungkin terlihat lebih familiar dibandingkan kontrol panel yang satu ini. Hal ini memang cPanel lebih dulu eksis daripada aaPanel. Antarmuka cPanel memiliki tata letak yang terorganisir dengan baik. Sedangkan antarmuka aaPanel dirancang lebih sederhana dan ramah pengguna.

Aspek Sistem Operasi

Aspek yang kedua adalah sistem operasi. cPanel dan aaPanel sama-sama menggunakan server berbasis Linux dan beberapa distribusi khusus seperti CentOS, Ubuntu, Fedora, dan lain-lain.

Sedangkan aaPanel juga berfokus pada server berbasis Linux terutama distribusi CentOS.

Aspek Biaya

Untuk biaya sudah dijelaskan diawal artikel. Biaya menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus menggunakan aaPanel daripada cPanel.

Seperti yang kamu ketahui, apabila kamu ingin menggunakan cPanel di web hosting atau VPS, kamu harus mengeluarkan biaya untuk cost cPanel.

Sedangkan kontrol panel yang satu ini sampai saat ini masih gratis.

Buat kamu pemula dan pertama kali mulai mengelola website atau VPS, aaPanel bisa menjadi pilihan.

Aspek Kompatibilitas (Docker)

Docker merupakan project open source yang dibuat untuk membantu developer dan administrator agar bisa membangun, mengemas serta menjalankan berbagai aplikasi dimanapun dengan konsep sebuah kontainer yang bersifat ringan.

Buat kamu yang belum mengetahui apa saja kelebihan dari docker, segera baca artikel kelebihan docker. Saat ini cPanel belum mendukung penggunaan Docker.

Apabila ingin menggunakan docker pada cPanel, kamu harus menambahkan plugin untuk mengelola kontainer Docker. Berbeda dengan aaPanel, aaPanel sudah support untuk pengelolaan Docker.

Ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan mengontrol kontainer Docker dari dalam panel.

Aspek Komunitas

Karena cPanel lebih dulu rilis daripada kontrol panel yang satu ini, maka secara komunitas memang lebih banyak cPanel.

Namun jangan khawatir, semakin lama aaPanel juga mengalami perkembangan.

Aspek Integrasi

cPanel memiliki ekosistem yang sudah berkembang sejak lama, sehingga cPanel menyediakan banyak plugin dan integrasi dengan platform yang lain.

Sedangkan aaPanel masih berkembang dan mungkin memiliki opsi integrasi yang lebih terbatas dibandingkan dengan cPanel.

Cloud VPS DomaiNesia Support aaPanel

Sekarang Cloud VPS sudah support aaPanel. Jadi buat kamu yang ingin menggunakan panel control dengan gratis, kamu bisa pilih aaPanel sebagai alternatif cPanel.

Untuk mendapatkan aaPanel di DomaiNesia, mudah sekali. Cukup order Cloud VPS melalui website DomaiNesia, kemudian kolom Kontrol Panel silakan pilih aaPanel.

Setelah itu masukkan username dan password akun DomaiNesia kamu untuk melanjutkan prosesnya dan dilanjutkan melakukan pembayaran sesuai dengan invoice yang kamu dapatkan.

Baiklah, sekarang kamu sudah berhasil menggunakan aaPanel di VPS. Tertarik menggunakan kontrol panel VPS yang gratis? Langsung saja pilih paket Cloud VPS DomaiNesia yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Dapatkan Cloud VPS dengan discount 50% di DomaiNesia.

Beli Cloud VPS

Jadi tunggu apa lagi, segera miliki VPS dengan kontrol panel aaPanel, agar kamu mudah dalam mengelola website mulai dari mengelola file, database, mengelola keamanan, hingga melakukan monitoring aktivitas website.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds