• Home
  • Berita
  • Penjelasan Lengkap dan Fungsi Control Panel Hosting

Penjelasan Lengkap dan Fungsi Control Panel Hosting

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Sebab ketika kamu akan membangun sebuah website, maka kamu juga akan membutuhkan hosting.

Ibarat sebuah rumah, hosting akan menyimpan sekaligus memudahkan pengelolaan website, baik dari segi data atau tampilan website, agar bisa diakses oleh orang lain melalui internet.

Nah, supaya hosting tadi mudah dikelola, kamu perlu menggunakan control panel hosting.

Keuntungan menggunakan kontrol panel juga ada banyak. Salah satu yang paling penting adalah kamu bisa kontrol penuh automasi hosting website dengan cepat dan praktis.

Control Panel Hosting
Sumber: Freepik

Supaya tak berlama-lama, yuk simak artikel berikut yang akan menjelaskan secara lengkap pengertian, manfaat, dan fungsi control panel hosting.

Apa itu Control Panel Hosting?

Control panel hosting adalah alat atau perangkat bantu yang menyederhanakan pengelolaan kebutuhan situs web dan server.

Penjelasan lain dari control panel hosting adalah sebuah panel kontrol yang akan memudahkan urusan pengelolaan web hosting yang dimiliki.

Tool ini dapat membantu pengguna layanan hosting dalam mengontrol tugas administratif hosting.

Dengan hosting control panel, tugas manajemen dan administratif yang biasanya rumit akan lebih mudah diatur oleh developer dan bahkan pengguna umum.

Melalui dashboard kontrol panel, pengguna dapat menginstal sistem manajemen konten, mengelola nama domain, database, dan cadangan situs dengan cepat.

Control panel hosting menyediakan navigasi, tombol, tautan, dan grafik yang diperlukan untuk membuat hosting dan manajemen file lebih mudah dimengerti.

Keberadaan tool ini menjawab permasalahan pengelolaan website beberapa tahun yang lalu, di mana pengelolaan hosting secara manual menyulitkan pengelola website.

Hal ini dikarenakan mereka harus memiliki pengetahuan dan kemampuan teknis khusus dalam struktur kode website sehingga butuh waktu yang lebih lama.

Varian panel kontrol yang ada hingga sekarang juga bermacam-macam, mulai dari yang berbayar hingga gratis.

Fungsi Control Panel Hosting

Keberadaan panel kontrol dapat mengatasi kebutuhan pengelolaan hosting website. Oleh karena itu, beberapa fungsi control panel hosting adalah:

  1. Pengaturan file website

File yang dimaksud disini dapat berupa folder untuk tema, plugin, dan media pendukung website dapat beroperasi yang disimpan dalam server host.

Biasanya, dashboard control panel hosting menyediakan fitur pengaturan file ini untuk backup dan editing.

Selain itu, fungsi control panel hosting ini dapat mengurangi permasalahan pemilik situs web saat mengelola akun email, platform CMS, dan pengguna yang mengakses situs melalui FTP.

  1. One-Click Installation

Sebagian besar host memberi akses untuk kebutuhan instalasi perangkat lunak di control panel hosting dengan mudah.

Misalnya, jika kamu adalah pengguna WordPress, kamu tidak perlu mengunduh salinan WordPress secara manual.

Alhasil kamu tidak perlu repot instal perangkat pendukung dari source luar ketika mengembangkan website.

  1. Pembuatan dan pengelolaan akun email

Kali ini, fungsi control panel hosting adalah memudahkan kamu dalam mengelola akun email bisnis dengan tampilan yang profesional.

Maksud dari email profesional adalah alamat email yang menggunakan nama domain website sebagai email bisnis, contohnya sales@namaperusahaan.com.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur manajemen kelola email lainnya seperti mengelola forward email dan memfilter email spam.

  1. Pembuatan sekaligus pengelolaan domain dan subdomain website

Melalui panel kontrol, kamu bisa mengelola domain dan subdomain meliputi updating domain, forwarding domain, setting IP address website, dan editing DNS.

  1. Pencarian, pencadangan, dan pengelolaan database

Seperti yang telah diketahui bersama, database adalah tempat penyimpanan data. Sehingga pemanfaatan control panel hosting adalah jawabannya.

Dengan menggunakan panel kontrol, pengguna hosting dapat mengelola semua data agar website dapat merujuk ke suatu data kapan saja tanpa perlu menggunakan aplikasi database eksternal.

Panel kontrol juga memungkinkan kamu untuk mengawasi database dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan apakah database sedang online, bagaimana kinerja database, dan apakah ada masalah dengan data, database, atau server database yang perlu diketahui.

  1. Administrasi Akun

Tugas umum dari manajemen akun yang akan ditangani dalam panel kontrol meliputi pengubahan profil, pembaruan paket, memperbarui kata sandi web hosting, dan lain sebagainya.

cPanel, Control Panel Hosting Paling Populer

Jika membicarakan hosting control panel, maka tidak akan jauh-jauh dari cPanel.

cPanel adalah salah satu kontrol panel yang paling banyak digunakan oleh pengguna web hosting berkualitas, seperti halnya DomaiNesia.

Tool ini hanya untuk pengguna website dengan sistem operasi Linux.

Sejak resmi dirilis pada tahun 1996, pemilik hosting web yang menggunakan cPanel sebagai control panel tool menemukan berbagai strategi penggunaan dalam mengelola platform hosting.

Berdasarkan kegunaan dan fungsi control panel hosting yang mudah dan bermanfaat, tool ini bahkan dapat digunakan oleh pemilik website yang tidak paham teknologi.

Tampilan dashboard cPanel pun dirancang agar proses hosting situs web lebih diminati oleh pengguna umum.

Selain cPanel, ada beberapa panel kontrol yang bisa digunakan, yakni CloudPanel, Plesk, DirectAdmin, Webmin, dan ISPmanager.

Kelebihan Control Panel Hosting

Sebagai pengguna atau bahkan calon pengguna web hosting, kamu perlu memastikan bagaimana fasilitas layanan hosting yang ditawarkan.

Adapun kelebihan control panel hosting adalah sebagai berikut:

  1. Tampilan antarmuka pengguna yang interaktif

Pada umumnya, panel kontrol hosting memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan user-friendly agar mudah dipahami dan mudah dijalankan oleh pengguna yang bahkan belum pernah menggunakan hosting control panel sebelumnya.

Tool ini punya banyak varian tema agar tampilan panel kontrol lebih menarik sehingga pengguna antusias memakainya.

Pastinya, kamu akan difasilitasi beberapa fitur yang memudahkanmu dalam mengontrol semua fungsi terkait situs web dan server.

Control Panel Hosting
Sumber: Freepik
  1. Pengelola file yang berkualitas

Control panel yang menggunakan tampilan berbasis GUI akan lebih menarik perhatian pengguna hosting daripada mengelola file website dengan menulis kode panjang di command-prompt.

Biasanya didesain dengan sederhana sehingga tak heran jika dapat dipahami oleh seorang pemula dengan mudah.

Kamu dapat menggunakan tool ini untuk mengunggah file, mengunduh file, mengompres file, menghapus file, memodifikasi izin/kepemilikan file, dan lain sebagainya.

  1. Mudah disesuaikan dengan kebutuhan website

Selanjutnya, manfaat lain dari control panel hosting adalah tool ini sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhan identitas website.

Kamu bisa menambahkan URL tambahan sebagai strategi pemasaran website, membuat kustomisasi HTML yang bisa ditambah atau diubah, dan bahkan menambahkan logo brand kamu untuk memberikan tampilan dan nuansa yang selaras dengan website.

  1. Pengelolaan akun yang mudah

Panel kontrol ini memudahkan kamu dalam mengontrol dan mengelola semua urusan akun hosting.

Jika kamu mengelola website penjualan barang, kamu bisa mengelola harga barang jualan dengan fitur tambahan seperti pengaturan diskon otomatis dan beberapa metode pembayaran.

  1. Sebagai Akun FTP Tambahan

Akun FTP tambahan akan memungkinkan kamu untuk membatasi akses pengembang lain ke folder tertentu.

Hal ini membuat kamu tidak perlu repot membagikan detail akun control panel untuk operasi pengembangan sehingga lebih aman.

  1. Pengelolaan database

Keunggulan lain dari control panel hosting adalah pembuatan database, pembuatan akun pengguna, dan izin akses website dengan sangat mudah.

Biasanya sering ditemui control panel yang menggunakan PhpMyAdmin sebagai tool pengelola database berbasis website yang sangat user-friendly.

Kamu bisa menggunakannya untuk melakukan operasi tingkat tabel tanpa harus bergantung pada db administrator.

  1. Backups

Sebagian besar panel kontrol menyertakan semacam perangkat sebagai tempat pencadangan file bawaan yang berjalan secara teratur.

Jika tidak demikian, pengguna akan memiliki akses ke sistem pencadangan pihak ketiga.

Terlepas dari itu, control panel hosting adalah tempat kamu bisa membuat cadangan serta mengakses salah satu cadangan yang telah dibuat.

Terkadang, kontrol panel juga dapat dimanfaatkan untuk memulihkan data cadangan jika ada.

  1. Layanan bantuan

Alasan lain mengapa masih banyak yang digunakan control panel hosting adalah karena ia menawarkan dukungan luar biasa yang sangat mudah dijangkau ketika pengguna membutuhkannya.

Jika Anda sedang dalam proses mencoba menemukan panel kontrol hosting web yang solid, faktor layanan bantuan yang terpercaya harus menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.

  1. Biaya Murah, Bahkan Gratis

Yap, memang kenyataannya beberapa layanan penyedia panel kontrol menawarkan harga yang relatif murah, dan bahkan ada yang menyediakan secara cuma-cuma alias gratis.

Namun, pastikan menyiapkan dan mengelola anggaran operasional pengelolaan website kamu dengan baik agar mampu membeli control panel hosting yang dapat memenuhi kebutuhan website.

Apa Jadinya Jika Tidak Menggunakan Control Panel Hosting?

Pada dasarnya, penggunaan control panel hosting adalah opsional. Boleh pakai, boleh tidak. Kamu bisa mengakses akun dan server hosting web tanpa menggunakan antarmuka khusus.

Terutama dengan alat-alat seperti SSH (secure shell – akses baris perintah langsung) atau FTP (File Transfer Protocol).

Tetapi sebagian besar waktu dan hidup kamu akan lebih mudah — dan pekerjaan akan selesai lebih cepat — jika kamu menggunakan panel kontrol.

Semua ini ada di tangan pengguna ya!

Control Panel Hosting
Sumber: Freepik

Dari rangkuman penjelasan di atas, penggunaan control panel hosting adalah keputusan opsional masing-masing orang, khususnya pemilik website.

Terlepas dari apakah kamu memilih hosting web khusus, control panel hosting adalah bagian penting dari pengalaman pengelolaan situs web.

Jadi pastikan untuk memilih panel kontrol yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, baik dari segi fitur maupun preferensi.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!