• Home
  • Berita
  • 15+ Inspirasi Contoh Website Penjualan Terbaik Dan Terpopuler Sebelum Membuat Website

15+ Inspirasi Contoh Website Penjualan Terbaik Dan Terpopuler Sebelum Membuat Website

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Sebelum adanya era digital seperti saat ini, peran website belum begitu menonjol di setiap tingkatan bisnis.

Hal ini dikarenakan dahulu website hanya dapat ditemukan pada bisnis- bisnis khusus atau perusahaan besar.

Selain itu juga minimnya programmer dan jaringan internet.

Dulu, tujuan pembuatan website hanya sebatas pengenalan produk, bertukar informasi, dan company profile saja.

Itulah mengapa hanya beberapa perusahaan yang memiliki website.

Nah, berbeda dengan era digital sekarang ini yang serba online dan mengandalkan jaringan internet.

Website dapat ditemui dari berbagai tingkatan bisnis mulai dari bisnis kecil, startup, hingga bisnis besar.

Mereka mulai memanfaatkan peran website tidak hanya sebagai media informasi namun juga media interaksi, misalnya melakukan pembelian produk melalui website.

Nah, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan sebelum membuat website.

Hal utama sebelum kamu membuat website adalah melakukan riset terhadap website yang berkaitan dengan bisnis yang akan kamu bangun.

Misalnya kamu ingin membuat website penjualan, maka kamu harus melakukan riset terlebih dahulu contoh website penjualan dari berbagai brand..

Riset contoh website penjualan ini dilakukan agar kamu memiliki referensi, gambaran dan wawasan apa saja yang sekiranya menjadi kebutuhan website penjualan.

Contoh Website Penjualan dari Dalam dan Luar Negeri

Sampai saat ini, website untuk penjualan atau toko online sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan brand dan penjualan. Buktinya, brand-brand kenamaan masih menggunakannya untuk berjualan. Berikut beberapa contoh website penjualan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi jika berencana membuatnya.

1. Adidas

contoh website penjualan

Contoh website penjualan sederhana yang pertama adalah milik brand ternama, yaitu Adidas. Siapa yang tidak mengetahui brand yang satu ini? Hampir semua masyarakat dari berbagai kalangan mengenal dengan brand ini. Adidas dikenal dengan produk sepatunya yang digunakan untuk keperluan olahraga. Namun selain itu, jika kamu mengakses website milik Adidas ini akan menemukan berbagai produk miliknya mulai dari tas, jersey, aksesoris, hingga pakaian olahraga.

2. Nike

Contoh website penjualan online berikutnya datang dari kompetitor Adidas, yaitu Nike. Sama seperti Adidas, Nike juga terkenal dengan produk sepatu. Adidas dan Nike berkompetisi melalui berbagai macam bentuk produk dan penawaran diskon untuk mendapatkan pelanggan.

Walaupun sama- sama merupakan brand sepatu, Adidas dan Nike memiliki pelanggan tersendiri. Karena selera pelanggan berbeda- beda. Melalui website, pengunjung juga bisa melihat katalog semua produk dari Nike. Selain itu juga bisa langsung membelinya secara online.

3. Mizanstore

Mizan merupakan salah satu penerbit buku ternama di Indonesia. Melalui website Mizanstore, kini pecinta buku terbitan dari Mizan bisa langsung membelinya secara online di website tersebut dan mencari info buku terbaru dan info penawaran menarik.

4. Traveloka

Website penjualan juga bisa kamu gunakan untuk menawarkan sebuah layanan. Contoh website penjualan yang menyediakan layanan salah satunya adalah Traveloka. Website ini menyediakan layanan pemesanan hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, hingga rental mobil.

5. Erafone/Eraspace

Saat ini, Erafone sudah berganti nama menjadi Eraspace. Website ini sangat populer sebagai toko online yang menjual ponsel smartphone dengan garansi resmi. Produk yang ditawarkannya pun tergolong banyak mulai dari Apple, Xiaomi, Samsung, dan lainnya.

6. Elzatta

Toko online berikutnya datang dari sebuah perusahaan yang menjual berbagai produk pakaian muslim. Produk yang dijualnya mulai dari scarf, tunik, gamis, kemeja, dan lainnya. Elzatta merupakan toko online muslim wear populer di Indonesia. Pastinya dengan berbagai macam item dengan kualitas yang bagus.

7. Buku Kita

Website penjualan yang menyediakan berbagai kategori buku ini dikembangkan oleh PT. Mitra Online Perkasa. Produk yang tersedia di Buku Kita adalah berbagai kategori buku dari penerbit-penerbit di Indonesia.

8. Ikea

Selain menjual produk furniture secara offline, kini Ikea juga menjualnya secara online. Melalui website penjualan milik Ikea, kamu bisa melihat dan membeli berbagai katalog produknya secara online.

9. Paragon Oak

Saat ini, website penjualan juga bisa digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang industri konstruksi. Salah satu contohnya seperti Paragon Oak. Website Paragon Oak tergolong bagus dan dapat memudahkan pengunjung untuk menemukan semua informasi penting terkait layanan perusahaan tersebut.

10. Tesla

Perusahaan kendaraan listrik asal Amerika, yaitu Tesla saat ini masuk ke dalam daftar situs bisnis atau situs penjualan terbaik. Tampilannya terlihat futuristik dan modern sesuai dengan produk yang mereka jual, yaitu mobil Tesla.

11. Babyzania

Kamu berencana untuk menjual berbagai kebutuhan dan perlengkapan bayi? Website Babyzania bisa menjadi salah satu referensi situs terbaik untuk kamu. Website ini berisi ribuan produk berkualitas jempolan yang dijual secara online. Situs ini juga sudah dilengkapi dengan fitur live chat.

12. Hijup

Hijup dikenal sebagai website yang hanya menjual berbagai busana dan baju muslim untuk wanita. Beberapa produk yang dijual di sini seperti long dress, blouse, tunik dan jilbab. Website ini didirikan oleh Diajeng Lestari yang merupakan istri Achmad Zaky pendiri Bukalapak.

13. Kartika Sari

Toko online juga sangat memungkinkan untuk menjual berbagai produk kuliner. Kartika Sari merupakan contoh website penjualan yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin membuat toko online yang menjual kuliner.

14. Rupa Rupa

Sama seperti Ikea, Rupa rupa merupakan website yang menyediakan produk furniture dan alat-alat rumah tangga. Produk furniture dan alat rumah tangga yang dijual di Rupa rupa bisa dikirimkan melalui paket atau langsung datang ke Offcial Store Rupa rupa (Informa, Ace Hardware). Jadi kamu bisa melakukan transaki online melalui website Rupa rupa, kemudian kamu tinggal ambil barang di Official Store.

15. Gojek

Pada dasarnya, website Gojek dibuat untuk brand awareness karena di situsnya Gojek tidak menyediakan layanan seperti pada aplikasinya. Pada website tersebut ada banyak informasi menarik seputar layanan yang ditawarkan hingga penawaran-penawaran menarik yang dikemas ke dalam konten yang ciamik.

16. Jago

Tidak semua website perbankan dibuat formal dan kaku. Contohnya seperti website Bank Jago yang dibuat unik dan menarik. Selain itu, website dari Bank Jago ini dibuat dengan konsep milenial sesuai dengan target pemasarannya yaitu anak muda.

17. Apple

Sesuai dengan produk yang dijualnya, website Apple memiliki tampilan yang sangat bagus dan modern. Produk-produk dari Apple pun ditampilkan di sini, mulai dari smartphone, smartwatch, MacBook dan masih banyak lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Website Penjualan

Apabila dipikirkan, membuat website memang membutuhkan jasa programmer.

Menggunakan jasa programmer juga tidak murah. Masalah ini terkadang menjadi dilema bagi usaha dengan modal yang kecil dan pas-pas an.

Berbeda dengan bagi usaha yang bermodal besar, menggunakan jasa programmer tidak menjadi masalah.

Nah, tapi tenang saja. Bagi kamu yang sedang merintis bisnis untuk pertama kali dan ingin menggunakan website sebagai website penjualan, sekarang ini banyak platform gratis yang bisa kamu manfaatkan dalam membuat website penjualan seperti TokoTalk, Berdu.id, dan Shopify.

Komponen dalam pembuatan website penjualan adalah adanya domain dan hosting.

Apabila kamu menggunakan platform e-commerce gratis, kamu akan mendapatkan hosting namun tidak dengan domain.

Itulah di beberapa platform e-commerce versi gratis terdapat keterbatasan.

Keterbatasan pada platform e-commerce versi gratis misalnya kamu tidak bisa menentukan nama domain atau URL website penjualan yang kamu bangun sendiri.

Saat kamu menggunakan TokoTalk versi gratis, URL website penjualan tidak bisa berupa tokobajumia.com, tokokuehoney.id, dan sebagainya.

Hal ini karena memang terdapat aturan yang ditetapkan oleh pihak TokoTalk bahwa pihak TokoTalk tidak menyediakan nama domain.

Jadi kamu cukup memasukkan nama website yang akan dibuat saja, misalnya tokobajumia. Kemudian URL website penjualan yang akan diakses oleh pelanggan adalah toko.ly/tokobajumia.

Nama domain atau URL website dapat menjadi branding suatu bisnis. Untuk itu, sebaiknya nama domain atau URL website dibuat se-professional mungkin.

Tidak hanya itu, nama domain atau URL website juga bisa menambahkan kepercayaan pelanggan bahwa website tidak abal- abal.

Buat kamu yang sudah terlanjur menggunakan platform e-commerce seperti TokoTalk, Berdu.id, dan Shopify, kamu bisa melakukan custom domain untuk mengubah nama domain atau URL website penjualan kamu.

Selengkapnya silakan baca panduan Cara Custom Domain ke TokoTalk.

Baca Juga : Cara Custom Domain ke Berdu

Custom domain adalah menggunakan suatu domain (domain TLD) untuk mengarahkan suatu alamat website.

Untuk melakukan custom domain, kamu hanya perlu membeli domain saja, setelah itu lakukan setting custom domain dari sisi platform e-commerce dan provider.

Nah, buat kamu yang belum menggunakan platform e-commerce seperti TokoTalk, Berd.id dan Shopify, kamu bisa gunakan fitur Instant Deploy milik DomaiNesia.

Melalui fitur Instant Deploy DomaiNesia, kamu bisa membuat website penjualan hanya dengan sekali klik.

Cukup memilih kategori website penjualan yang diinginkan, memilih jenis hosting dan domain, kemudian memasukkan email serta password yang berguna untuk pengelolaan website.

Untuk membuat website penjualan, di Instant Deploy terdapat 3 kategori toko online yang bisa kamu pilih, antara lain PrestaShop, OpenCart, dan LiteCart.

Silakan ikuti step by step pada panduan Cara Membuat Toko Online Mudah untuk membuat website penjualan dengan Instant Deploy.

Buat Website Mudah Dengan Instant Deploy

Dari penjelasan berbagai website penjualan di atas bisa kita simpulkan bahwa website bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha. Selain digunakan langsung untuk penjualan, juga bisa digunakan untuk brand awareness.

Dengan adanya Instant Deploy, membuat website penjualan menjadi mudah. Selain melalui Instant Deploy, kamu juga bisa membuat website dengan WordPress. Cara membuat website dengan WordPress saat ini pun juga terbilang mudah, cukup instalasi WordPress maka website akan langsung terbentuk. Kamu tinggal beli domain dan beli hosting, maka website sudah bisa digunakan.

Website juga bisa dibuat untuk meningkatkan kepercayaan terhadap sebuah brand. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mengarahkan audiens untuk menggunakan suatu layanan pada aplikasi seperti website milik Gojek.

Itulah beberapa contoh website penjualan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya?

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!