Cara Custom Domain ke Berdu

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara custom domain ke Berdu – Untuk kamu yang pengen membuat website, sekarang ini sudah banyak platform digital yang menyediakan kemudahan dalam membuat website. Kamu bisa membuat website melalui hosting atau platform website. Jika melalui hosting, untuk detailnya kamu bisa baca Cara Membuat Toko Online Mudah. Sedangkan melalui platform website, kamu bisa menggunakan platform website toko online seperti TokoTalk dan Berdu. Nah pada panduan kali ini akan dijelaskan mengenai cara custom domain ke Berdu.

Hosting vs Platform Website Toko Online

Banyak dari kamu yang bertanya “Kalau mau buat website kenapa harus pakai hosting?”, “Apa kelebihan hosting?”, “Bukannya kalau pakai platform website toko online saja sudah bagus?”. Nah untuk menjawab pertanyaan itu, kamu perlu tau beberapa perbedaan dalam membuat website dengan hosting dan platform website toko online.

1. Email Domain

Pertama, email domain. Email domain adalah suatu alamat email yang memuat nama domain. Biasanya email domain ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang telah memiliki nama. Email domain ini bermanfaat bagi suatu bisnis supaya terkesan lebih profesional sehingga konsumen atau pelanggan tidak menganggap bahwa perusahaan kamu adalah perusahaan abal-abal. Selain itu, dengan menggunakan email domain kamu akan dengan mudah mendapatkan kepercayaan. Nah, bagi kamu yang memulai bisnis toko online, email domain sangat disarankan untuk memberikan kesan yang baik kepada pelanggan. Email domain ini dapat dibuat ketika kamu memiliki hosting. Nah itulah mengapa membuat website dengan hosting banyak digemari oleh para pebisnis online.

Baca Juga : Membuat Email dengan Domain Sendiri di cPanel

2. Pengelolaan yang Tidak Terbatas

Ketika membuat website melalui hosting, kamu akan mendapatkan fasilitas untuk mengatur semua file di website. Mulai dari mengelola file, memasang accelerator supaya performa website cepat, meningkatkan keamanan misalnya memasang antivirus dan antimalware, memasang fitur-fitur tambahan misalnya chat, hingga mengetahui traffic pengunjung. Sedangkan melalui platform website toko online, fasilitas pengelolaan file website terbatas. Karena website yang digunakan memang memiliki tujuan untuk penjualan, penawaran, promosi, hingga kepentingan yang menunjang dalam penjualan. Untuk fasilitas bagian dalam website seperti keamanan, performa website tidak didapatkan.

Apa itu Berdu ?

Berdu adalah platform digital yang berbasis website toko online. Beberapa keuntungan jika kamu menggunakan Berdu untuk membuat toko online meliputi :

  • Berdu mensupport pengiriman COD dari beberapa jenis ekspedisi.
  • Untuk mengubah desain website, kamu hanya melakukan Drag & Drop
  • Website selalu responsive. Sehingga menyesuaikan jika diakses dengan jenis device apapun.
  • Kamu bisa membuat website menjadi aplikasi di Google PlayStore
  • Pelacakan resi pengiriman akan dilakukan otomatis oleh Berdu
  • Halaman admin Berdu bisa diakses lewat smartphone

Cara Custom Domain ke Berdu

Kalau kamu punya toko online di Berdu dan domain di DomaiNesia, kamu bisa melakukan custom domain supaya website terlihat lebih elegan. Adapun cara custom domain ke Berdu yaitu :

1. Login Akun Berdu

Langka pertama, pastikan kamu memiliki akun Berdu terlebih dahulu. Kemudian login menggunakan email dan password yang telah didaftarkan melalui https://berdu.id/.

2. Memilih Menu Pengaturan

Setelah berhasil login, kamu akan masuk ke halaman dashboard toko onlinemu di Berdu. Misalnya pada panduan ini nama toko online adalah tokokain dengan URL tokokain.berdu.pw. Kamu bisa klik menu pengaturan untuk mengatur custom domain ke Berdu.

3. Memasukkan Domain

Selanjutnya, silahkan klik tombol Nama Domain dan tombol Masukkan Domain yang ada di kanan atas.

Lalu tulis nama domain atau subdomain yang akan dituju untuk custom domain ke Berdu. Panduan ini akan menggunakan alamat tokokain.websitesaya.net. Kemudian klik Masukkan Domain.

Kamu akan mendapatkan pilihan A Record dan CNAME Record dari Berdu yang akan digunakan saat mengatur DNS Record pada domain. Kamu bisa diamkan halaman ini terlebih dahulu. Ingat, jangan meng-klik tombol Verifikasi dulu di tahap ini !

Catatan : Custom domain ke Berdu bisa dilakukan ketika akun Berdu sudah Premium

4. Login Client Area DomaiNesia

Sekarang saatnya login pada client area DomaiNesia melalui https://my.domainesia.com/signin/. Kamu bisa tuliskan alamat email dan password untuk login ke client area DomaiNesia.

5. Memilih Menu Domains

Silahkan pilih menu Domains dan pilih nama domain untuk melakukan custom domain ke Berdu. Panduan ini menggunakan domain websitesaya.net.

6. Mengatur Default Nameserver

Untuk melakukan custom domain, kamu perlu mengubah nameserver menjadi Default Nameserver terlebih dahulu. Caranya pilih menu Nameserver , kemudian klik Use default nameservers, dan klik Changes nameservers

7. Mengatur DNS Record Domain

Kemudian pilih menu Addon , klik DNS Zone Manager dan Manage. Nah, untuk melakukan custom domain ke Berdu bisa dilakukan dengan menggunakan domain utama atau subdomain.

a. Menggunakan Domain Utama

Jika kamu menggunakan domain utama, kamu perlu melakukan setting 2 DNS Record meliputi A Record dan CNAME Record. Pertama, silahkan tambahkan DNS Record baru dengan menuliskan @ pada Host Name, memilih A pada kolom Type, dan tuliskan alamat IP yang telah disediakan oleh Berdu. Pada panduan ini memilih alamat IP server Tango. Kemudian klik Save Changes.


Kedua, lakukan langkah yang sama yaitu menambahkan DBS Record baru dengan menuliskan www pada kolom Host Name, memilih CNAME pada kolom Type, dan tuliskan nama domainmu. Kemudian klik Save Changes.

b. Menggunakan Subdomain

Jika kamu menggunakan subdomain, kamu hanya perlu mengatur A Record saja. Kamu bisa menambahkan DNS Record baru dengan menuliskan namasubdomain di kolom Host Name, memilih A pada kolom Type, dan isikan alamat IP yang disediakan oleh Berdu pada kolom Address/Value. Pada panduan kali ini misalnya subdomain tokokain.websitesaya.net akan diarahkan ke Berdu. Kemudian klik Save Changes.

Setelah setting DNS Record selesai dilakukan, selanjutnya kembali ke halaman dashboard Berdu yang tadi sempat didiamkan. Kemudian klik Verifikasi.

Kamu akan mendapatkan konfirmasi verifikasi domain seperti gambar di bawah ini. Silahkan centang Saya akan menunggu 1-24 jam dan klik Saya akan menunggu.

8. Mengubah Domain Menjadi Alamat Utama

Kamu bisa klik Utamakan pada domain atau subdomain yang dituju agar alamat url toko online Berdu kamu menjadi alamat domain atau subdomain yang dimasukkan.

Kamu akan mendapatkan konfirmasi seperti gambar di bawah ini, silahkan centang Ya dan klik Utamakan.

9. Custom Domain ke Berdu Berhasil !

Terakhir, kamu bisa cek apakah custom domain ke Berdu berhasil dilakukan dengan cara menuliskan alamat domain atau subdomain pada browser.

Kesimpulan

Mau membuat website apakah melalui hosting atau platform website adalah pilihan dan sesuai kebutuhan masing-masing individu. Jika kamu hanya membutuhkan website toko online sebagai media jual beli saja, kamu bisa membuat website melalui platform website toko online. Namun, kika kamu membutuhkan website yang bisa mengelola hingga meningkatkan keamanan website, kamu bisa melalui hosting. Ayo, segera daftar hosting di DomaiNesia dan dapatkan promo dan penawaran yang menarik!

Baca Juga : Cara Custom Domain ke TokoTalk

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!