• Home
  • Tips
  • 9 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik yang Tepat

9 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik yang Tepat

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Tak lain dan tak bukan karena tersedianya jasa pembuatan website.

Jadi untuk kamu yang tidak punya basic dalam pemrograman, punya website profesional, cantik, dan dapat menarik banyak pengunjung bukan lagi jadi mimpi di siang bolong.

Faktanya sekarang sudah cukup banyak jasa pembuat website yang tersedia di Indonesia.

Walau begitu, kamu tidak boleh sembarangan asal memilih jasa pembuat website.

Siapa tahu yang kamu pilih adalah jasa abal-abal yang membuat hasil akhir website tidak sesuai harapan.

Jasa pembuatan website
Sumber: Envato

“Lalu bagaimana cara atau tips memilih jasa pembuatan website yang terpercaya?”

Nah, tenang saja DomaiNesians! Kami akan memberikan beberapa tips memilih jasa pembuatan website yang perlu kamu pahami.

Tapi walaupun pada akhirnya kamu menggunakan jasa mereka, kamu juga perlu paham bagaimana ciri-ciri desain dan penerapan website yang kurang baik sesuai tren website sekarang.

Kami juga akan membahas sedikit tentang permasalahan tersebut. Selengkapnya baca artikel ini sampai habis!

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Untungnya, kamu bisa memilih agensi pembuatan website secara online atau melalui internet, mulai dari media sosial hingga website bisnis.

Berikut ini kami paparkan semua tips memilih jasa pembuatan website yang benar.

  1. Ketahui Profil Agensi

Pastinya agensi pembuat website memiliki website profilnya masing-masing dan mereka berusaha menampilkan semua sisi baiknya dalam tiap halaman-halaman website.

Biasanya para agensi pembuat website profesional akan membuat tampilan web company profilenya semenarik mungkin, walaupun tak menutup kemungkinan mereka bisa membuat website sederhana.

Bisa saja website sederhana mereka punya keunggulan di sisi lain, seperti load page ringan atau SEO friendly.

Dari situ saja kamu sudah bisa menilai keseriusan suatu agensi sebelum benar-benar memilih mereka.

Setelah itu, kamu bisa cari informasi profilnya berdasarkan visi dan misinya, profil setiap web developer sekaligus pemilik agensi, serta informasi kontak dan alamat agensi.

Kamu perlu melakukan tips memilih jasa pembuatan website ini sebagai tahap awal mengenal siapa mereka dan apa tujuan mereka menyediakan jasa tersebut.

Selain itu, tips ini juga bisa sebagai tahap antisipasi ketika ada masalah selama proses pembuatan hingga hasil akhir website.

  1. Amati Portofolio Karya Pembuat Website

Karena kamu mencari agensi pembuat website secara online, tips memilih jasa pembuatan website selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah mengamati portofolio perusahaan.

Umumnya, agensi profesional akan menyediakan halaman khusus portofolio untuk menampilkan hasil karya terbaik dalam website perusahaannya.

Dengan begitu, kamu bisa menilai apakah style website mereka sesuai dengan kriteria website yang ingin kamu buat.

Tapi ingat, jangan terlalu terpaku pada kuantitas atau jumlah karya yang mereka pajang dalam website.

Fokuslah pada kualitas website buatannya, misalnya tampilan dan performa dominan tiap fitur website.

  1. Lihat Testimoni dan Demo

Selain mengamati dari sisi agensi, kamu juga perlu pertimbangkan kualitas pembuat website melalui testimoni yang klien sebelumnya berikan.

Testimoni klien umumnya berupa komentar, kritik, dan saran terkait aspek tertentu.

Misalnya kualitas pelayanan marketing, proses develop website, hingga maintenance setelah proyek website selesai.

Dengan tips memilih jasa pembuatan website ini bisa menjadi bahan rujukan kamu dalam mengetahui seberapa baik agensi tersebut.

Ibaratnya seperti ketika kamu melihat review konsumen lain sebelum membeli suatu barang di toko online.

Tak hanya itu, terkadang beberapa agensi profesional akan mencantumkan demo website yang pernah mereka buat dalam satu halaman website perusahaan khusus.

Syukur-syukur mereka mencantumkan demo website karena keberadaan demo menjadi faktor penilaian lain seberapa baik kualitas agensi.

  1. Pilih Agensi dengan Customer Support Profesional

Tips memilih jasa pembuatan website kali ini agak sedikit nakal.

Pasalnya, kamu bisa menguji kelayakan perusahaan melalui kemampuan berkomunikasi customer support yang mereka sediakan, contohnya live chat.

Apabila jangka waktu dalam merespon pertanyaan dan keluhan yang kamu berikan terlalu lama atau merespon dengan cepat tapi menggunakan bot, maka kamu perlu pertimbangkan kembali untuk memilih agensi tersebut.

Kamu pasti tidak mau menunggu jawaban terlalu lama atau berkomunikasi dengan bahasa yang kaku dan tidak mudah dimengerti bukan?

Cobalah cara ini jika memang kamu punya waktu luang, kesempatan, dan ingin mendapatkan kepastian yang lebih meyakinkan dalam pemilihan jasa pembuat website terbaik.

  1. Tersedia Garansi Produk Website

Agensi atau perusahaan penyedia jasa pembuat website yang profesional akan tidak segan-segan memberikan garansi, klaim, atau jaminan dalam memberikan rasa aman untuk kliennya.

Misalnya, ketika hasil akhir website tidak sesuai harapan, seperti ada error atau ingin merubah bagian website tertentu, agensi akan memperbaikinya.

Tips memilih jasa pembuatan website ini juga bisa menilai apakah agensi benar-benar bisa kamu andalkan ketika ada permasalahan teknis.

Namun, jika agensi target tidak menjelaskan dengan gamblang bentuk garansi yang mereka sediakan, jangan malu atau takut untuk bertanya, ya.

Sebab, itu adalah sebagian dari hak kamu dalam menggunakan jasa mereka.

  1. Kredibilitas dan Legalitas

Ini dia tips memilih jasa pembuatan website yang paling penting agar terhindar dari agensi abal-abal, yaitu legalitas dan kredibilitas perusahaan.

Agensi yang legal biasanya pasti kredibel. Maksudnya adalah agensi yang sudah terdaftar sebagai perusahaan jasa resmi seperti CV atau PT (lebih baik) umumnya akan mudah dipercaya oleh para klien.

Faktor ini bisa menjadi bukti nyata bahwa agensi tersebut benar-benar profesional dalam menjalankan bisnisnya sekaligus menarik banyak klien dengan mudah.

Apalagi untuk mendapatkan kepercayaan klien tidaklah mudah karena mereka harus membuktikan kinerjanya dan tanggung jawab.

Tak heran jika agensi yang sudah punya legalitas dan nama akan berusia lebih dari 5-10 tahun.

Jasa pembuatan website
Sumber: Envato
  1. Amati Fitur atau Fasilitas yang Disediakan

Jika suatu agensi pembuat website menawarkan beberapa paket web development, maka amati setiap fitur atau fasilitas yang akan website kamu dapatkan.

Mulai dari penggunaan bahasa pemrograman, panel kontrol, hosting, framework, hingga kemampuan teknis website dalam search engine seperti SEO optimized.

Jangan sampai hanya karena konsep “menggunakan jasa mereka”, kamu sepenuhnya menyerahkan semua proses pengembangan kepada mereka.

Takutnya agensi tersebut menggunakan fitur apa adanya dengan tujuan “sesuai keinginan klien”.

Tips memilih jasa pembuatan website kali ini juga membantu permasalahan kebingungan kamu dalam memilih salah satu dari dua agensi mana yang terbaik untuk kebutuhan website.

Hingga saat ini, persaingan di antara agensi sangat terlihat pada seberapa lengkap fitur atau fasilitas yang tersedia.

Jadi perbanyaklah bertanya kepada customer service setiap agensi sebelum memutuskan akan memilih agensi yang mana.

  1. Keamanan Data

Poin tips memilih jasa pembuatan website ini ada kaitannya dengan ketersediaan garansi atau jaminan.

Agensi yang ingin dicap profesional harus menyediakan jaminan keamanan data agar data penting website tidak terekspos ke dunia luar yang bisa merugikan klien dan perusahaan.

Sebab, mau secanggih dan seketat apapun sistem keamanan data yang website pakai, pasti ada celah untuk bug hingga peretasan masuk ke dalam sistem website.

Lagi-lagi kamu perlu bertanya kepada customer service agensi terkait apa saja bentuk pelayanan dan tanggung jawab mereka dalam upaya keamanan data.

Jangan takut dianggap cerewet karena keamanan data adalah bagian pengembangan website yang perlu mendapat perhatian khusus dan sekaligus sebagai investasi jangka panjang website kamu.

  1. Harga dan Kualitas Sebanding

Kalau berbicara soal harga, kamu akan berusaha mencari harga jasa yang paling affordable, betul tidak?

Meskipun begitu, jangan sampai kamu termakan rayuan harga murah dengan sebatas melihat harga jasa dengan embel-embel “mulai dari”. Mengapa demikian?

Pada dasarnya, tak ada yang salah dengan penggunaan kata-kata promosi seperti itu.

Tapi, kelemahannya adalah membuat kamu sebagai calon klien bingung dengan patokan harga yang jelas, apakah sudah mencakup semua fitur dan fasilitas yang akan didapatkan.

Walaupun sepele, tapi hal ini cukup penting, lho, DomaiNesians.

Pasalnya terkadang ada agensi yang mencantumkan harga tambahan ketika proses dealing penggunaan jasa yang membuat kamu berpikir “Kenapa tidak dikasih tahu dari awal?”. Bikin jengkel bukan?

Untuk itu, lakukan tips memilih jasa pembuatan website ini dengan mencari informasi atau bertanya langsung kepada agensi secara detail perihal fasilitas yang akan kamu dapatkan dengan nominal harga yang ditawarkan.

Jika agensi yang kamu tanyai tidak menjelaskan secara detail, lebih baik kamu mencari alternatif agensi lain karena takutnya itu adalah bentuk penipuan karena tidak transparan dalam masalah invoice.

Ciri-Ciri Website yang Kurang Baik

Seperti yang sudah kami singgung pada pembukaan di atas, dengan menggunakan agensi jasa pembuat website, kamu tidak serta merta langsung menyerahkan semua aspek dan kebutuhan pengembangan web pada web developer mereka.

Selain melakukan tips memilih jasa pembuatan website tadi, kamu juga perlu punya bayangan apa saja kriteria website yang baik dan profesional di mata pembaca website kamu nantinya.

Disini kami akan jelaskan beberapa aspek yang kurang baik jika diimplementasikan pada website kamu.

  1. Website Tidak Responsive

Hampir semua web apps zaman sekarang punya kemampuan responsive untuk bisa diakses melalui semua perangkat atau device.

Nah, jika website hasil buatan agensi pilihan kamu ternyata tidak atau belum responsive, kamu berhak untuk meminta mereka agar website dibuat lebih responsive.

Hal ini sejalan dengan pernyataan tips memilih jasa pembuatan website poin fitur dan fasilitas yang harus sesuai dengan trend website saat ini.

  1. Tema Website Tidak Sesuai Dengan Tema Bisnis

Apabila kamu menggunakan agensi pembuat website untuk kebutuhan pembuatan website bisnis, perhatikan apakah sistem CMS yang digunakan sesuai dengan gaya bisnis kamu.

Jika agency pembuat website tidak memilihkan tema CMS yang cocok dengan profil bisnis kamu, maka akan berakibat buruk untuk proses marketing bisnis keseluruhan nantinya.

Sebab, pengguna website bisa menilai siapa pemilik website, apa keunikan bisnis, dan bagaimana kinerjanya dalam memenuhi kebutuhan pengguna hanya dengan melalui desain website.

  1. Tidak Memperhatikan Readability Konten Web

Berdasarkan tips memilih jasa pembuatan website pada poin portofolio, pertimbangkan apakah desain yang mereka gunakan mudah dipahami orang awam sehingga keterbacaannya bagus.

Biasanya faktor keterbacaan (readability) suatu konten dapat dinilai berdasarkan ukuran, jenis, dan warna font yang digunakan, apakah kontras dengan desain background website atau tidak.

Selain font, kamu juga bisa memperhatikan layout template dan fitur menu-menu yang digunakan.

  1. Page Load dan Server Lambat

Yap, punya website menarik adalah idaman semua pemilik website.

Kamu pasti ingin punya website yang interaktif, atraktif, berdesain modern, dan punya fitur unggulan lainnya.

Tapi dari beberapa sifat website profesional tersebut, kamu juga perlu analisis seberapa kencang page load website ketika ditambahkan unsur desain yang interaktif tersebut.

Percuma saja jika punya tampilan website yang bagus tapi malah membuat jengkel pengguna karena harus menunggu lama hanya untuk mengakses satu halaman website.

Itulah kegunaan agensi yang punya layanan demo untuk membantu kamu meyakinkan diri sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka.

  1. Website Tidak SEO Friendly

Jika kamu terjun ke dalam dunia marketing menggunakan website, maka kamu juga harus paham terkait konsep SEO (Search Engine Optimization).

Hal ini senada dengan uraian tips memilih jasa pembuatan website berdasarkan fitur yang agensi sediakan bahwa kemampuan SEO dapat membuat website terlihat profesional karena website mudah pengguna temukan dalam search engine.

Jika agensi tidak menambahkan fitur SEO itu, maka sama saja mereka tidak mendukung usaha kamu agar tampil di depan calon pelanggan.

Jasa pembuatan website
Sumber: Envato

Punya Website Bukan Lagi Impian Dengan Menggunakan Jasa Pembuatan Website!

Harapannya, dengan beberapa tips memilih jasa pembuatan website tadi, kamu bisa jadi lebih selektif dan matang agar terhindar dari kerugian materiil dan immateriil.

Walaupun iming-iming harga murah sangat menggiurkan, tapi kamu perlu waspada bahwa apakah mereka juga menawarkan kualitas hasil akhir website terbaik.

Kamu bisa menilainya berdasarkan beberapa ciri-ciri yang sudah kami sebutkan di atas.

Rajin-rajinlah mencari informasi tentang perusahaan penyedia pembuatan website secara mendalam, misalnya dengan melihat testimoni dari pelanggan sebelumnya.

Bila perlu lakukan survey dan bandingkan 2-3 tempat perihal layanan, fasilitas, dan harga yang mereka tawarkan.

Luangkan waktu untuk melakukan perbandingan kecil-kecilan agar terhindar dari kerugian besar jika menggunakan jasa abal-abal.

Semoga tips memilih jasa pembuatan website dari DomaiNesia bisa menjawab kebingungan kamu ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!