• Home
  • Berita
  • Perlu Usaha Sampingan? Berikut 5 Situs Freelance Terpopuler

Perlu Usaha Sampingan? Berikut 5 Situs Freelance Terpopuler

Oleh Ratna Patria
3.75/5 (4)

Seiring bekembangnya kemajuan teknologi, gaya hidup pun ikut berubah. Dalam dunia pekerjaan pun kita akan melihat banyak jenis pekerjaan yang memang belum pernah kita temui sebelumnya.

Saat ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah seseorang tidak harus pergi kekantor dan bekerja 8 jam perhari. Jika kamu orang yang muda bosan, apalagi harus bekerja di balik meja selama berjam-jam mungkin kamu bisa mencoba menjadi seorang freelancer.

Dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas kamu bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Akan tetapi para pekerja freelance tetap memiliki deadline yang harus dipenuhi.

Apa itu Situs Freelance?

Untuk kamu para pemula, mungkin kamu masih bingung bagaimana menemukan pekerjaan freelance yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Don’t worry! Disini akan dibahas beberapa rekomendasi situs freelance yang mungkin bisa membantu kamu menemukan pekerjaan sesuai dengan bidang yang kamu kuasai.

Situs Freelance
Sumber: Pixabay

Pada era digital saat ini banyak sekali situs freelance yang bisa kamu temui, akan tetapi setiap situs Freelance memiliki layanan dan manfaat yang berbeda-beda.

Situs Freelance adalah platform digital dimana di situs tersebut tersedia banyak sekali jenis pekerjaan paruh waktu. Bekerja sebagai Freelance adalah cara yang cerdas untuk mengetahui potensi diri kamu selain tentunya mencari uang melalui hobi atau skill yang kamu miliki.

Situs Freelance ini dapat sangat membantu kamu untuk membangun karir freelance kamu. Selain itu Situs-situs freelance tersebut dapat sangat membantu kamu menemukan klien dan dengan mudah mendapatkan kepercayaan dari pengguna jasa.

5 Rekomendasi Situs Freelance Terpercaya

Berikut beberapa situs freelance yang mungkin bisa membantu kamu menemukan jenis pekerjaan yang ingin kamu ambil sesuai dengan skill kamu.

Upwork

Untuk kamu yang sudah berkecimpung di dunia freelance tentu sudah mengetahui situs freelance satu ini. Upwork adalah situs freelance yang berbasis cloud yang terkenal dengan jumlah client dan freelancer terbesar.

Di situs ini kamu bisa menemukan berbagai macam pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kamu. Menariknya Upwork memiliki fitur yang membantu mendeteksi apakah klien yang yang mendaftarkan pekerjaan palsu atau tidak.Upwork sering disebut-sebut sebagai situs freelance terbaik karna menyediakan layanan berkualitas tinggi.

Situs Freelance
Sumber: Pixabay

Sribulancer

Sribulancer adalah salah satu situs freelance yang populer di Indonesia. Di platform ini kamu dapat menemukan berbagai pekerjaan freelance dari mulai jasa pembuatan website, desain grafis, penulis lepas, data entry dan masih banyak lagi. Situs freelance ini tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris dan sistem pembayarannya pun bisa dalam IDR dan USD.

Freelance Indonesia

Freelance Indonesia termasuk situs freelance populer dan banyak dikunjungi oleh para freelancer. Pada situs freelance ini tentu saja tersedia banyak pekerjaan yang mungkin salah satunya sesuai dengan skill yang kamu miliki.

Pada situs ini kamu dapat melihat deskripsi pekerjaan seperti 3 keahlian yang dibutuhkan, deadline, berapa banyak orang yang sudah melamar dan berapa bayaran untuk pekerjaan tersebut.

Namun jika kamu berniat melamar pekerjaan freelance di situs ini kamu harus memiliki kartu kredit atau akun Paypal. Karna situs freelance ini melakukan transaksi pembayaran melalui kedua platform tersebut.

Projects

Projects.co.id juga termasuk salah satu website freelance terbesar dan populer di Indonesia. Di Projects, kamu dapat menemui pekerjaan freelance untuk IT, social media, digital marketing, SEO dan lain sebagainya.

Tidak hanya pekerjaan, situs ini juga menyediakan transaksi jual beli, lho. Banyak sekali produk yang yang tersedia seperti ebook, template website, desain kaos dan lain sebagainya.

Salah Satu fitur yang menarik yang ditawarkan oleh situs freelance ini adalah program affiliate. Apa itu program affiliate? Program affiliate adalah, ketika seseorang ikut membagikan website ini dengan URL yang telah disediakan dan ada orang yang mendaftar, maka kamu akan mendapatkan komisi dari hasil projek orang tersebut.

Sribu.com

Sribu.com adalah situs freelance yang menyediakan pekerjaan khusus untuk desainer seperti pembuatan logo, desain kaos, banner, dan lain sebagainya. Situs ini adalah sister company dari Sribulancer.com. Bedanya situs Sribu.com memang dikhususkan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis.

Situs Freelance
Sumber: Pixabay

Wajib Pilih Situs Terpercaya

Mungkin bekerja secara freelance memang menyenangkan akan tetapi banyak hal yang harus di pertimbangkan khususnya untuk kamu para pemula sebaiknya harus benar-benar mengecek terlebih dahulu perusahaan yang membutuhkan jasa freelance. Tidak sedikit freelancer yang tertipu karena tidak semua pemberi kerja berlaku jujur, terkadang freelancer tidak mendapatkan bayaran atas kerja kerasnya karena sang pemberi kerja ingkar janji. Itulah kenapa selain mengecek perusahaan yang membutuhkan jasa freelancer, sebaiknya kamu melamar di situs-situs freelancer yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


DENI
May 12, 2020

BANG GOKIL YT

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!