• Home
  • Berita
  • Inilah 5++ Perbedaan Web Page dan Web Site Utama yang Harus Kamu Ketahui!

Inilah 5++ Perbedaan Web Page dan Web Site Utama yang Harus Kamu Ketahui!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Web page dan Web site adalah dua kata yang sangat familiar dengan kehidupan sehari-hari di zaman digital seperti sekarang. Kebanyakan orang menggunakannya secara bergantian saat sedang menjelajahi internet.

Web page dan web site sama-sama terhubung pada SERP (Search Engine Result Page) dan memungkinkan penggunanya menemukan informasi yang sesuai.

Walaupun keduanya terlihat sama, namun web page dan web site memiliki banyak perbedaan.

Sebelum membandingkan spesifikasi mengenai web page dan web site, kamu perlu memahami gambaran singkat diantara keduanya:  

Pengertian Web Page 

Sesuai dengan namanya, web page adalah halaman tunggal atau soliter dari sebuah situs web yang ditampilkan pada browser web dan membentuk World Wide Web (WWW).

Web page dapat diakses dengan menggunakan Uniform Resource Locators (URL). Masing-masing web page dilampirkan pada URL address yang unik.

URL address yang unik ini dapat bersifat private atau public tergantung dengan bagaimana developer mengkonfigurasinya.

Browser seperti firefox, google chrome, opera, dan browser lainnya dapat digunakan untuk menavigasikan URL yang juga dapat disalin dan dibagikan oleh pengguna.

Sebuah web page dapat dibangun dengan berbagai bahasa pemrograman web seperti HTML, PHP, Python, Perl, dan lainnya.

Sumber : Elements Envato

Web Page yang menggunakan Hypertext Markup Language(HTML) biasanya memiliki kecepatan loading yang lebih tinggi dan memiliki tampilan yang lebih simple dan clear terutama saat digunakan untuk membuat struktur dasar web page.

Sedangkan Cascading Style Sheet(CSS) dapat membantu web page terlihat lebih interaktif dengan warna dan desain.

Disisi lain, JavaScript dapat membantu membuat halaman web menjadi lebih dinamis dengan rules atau validation. Biasanya web page selalu memuat berbagai tipe resource untuk membuat tampilannya lebih interaktif dan eye-catching. 

Berikut ini adalah ciri-ciri web page: 

  • Web page merupakan bagian dari web site yang berisi beberapa topik yang ditautkan pada web site.
  • Web page yang berbeda dapat menggunakan nama yang sama (title name), tetapi harus berada di dokumen berbeda yang memiliki URL address yang berbeda.
  • Web page membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk dikembangkan dibandingkan dengan web site.
  • Web page relatif mudah untuk dikembangkan

Pengertian Web Site

Web site adalah kombinasi atau kumpulan dari beberapa web page yang dihubungkan bersama menggunakan hyperlink.

Website mengacu pada lokasi pusat di bawah satu domain unik untuk mengidentifikasi web site tersebut.

Hampir sama dengan web page, pengguna juga dapat dengan mudah menavigasi web site dengan menggunakan web browser dengan memasukkan domain addressnya.

Web site juga dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web seperti web page. Namun, proses pembuatan web site yang bagus membutuhkan waktu dan pengetahuan yang lebih banyak.

Web site terdiri dari 2 tipe utama yaitu statis dan interaktif. Web site statis dirancang untuk menyediakan informasi atau resource tanpa melibatkan atau berinteraksi dengan pengunjung web.

Sebaliknya, web site interaktif memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dengan menggunakan chat boxes, comment boxes, article submissions, dan lain sebagainya.

Terdapat berbagai kategori web site, tergantung dengan fungsinya seperti social networking web site, dating website, affiliate website, e-commerce web site, non-profit, government website, dan lain sebagainya.

Web site biasanya mencakup hyperlink ke halaman seperti hompe page, about us, contact us, services, products dan lainnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri web site: 

  • Web site adalah pusat dari kumpulan web page yang berbeda yang mencakup teks, media, dan konten lainnya.
  • Tiap web site memiliki alamat domain yang unik.
  • Web site relatif kompleks dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk dikembangkan daripada web page

Baca Juga : 5 Jurus Jitu Membuat Website Dari Nol

Perbedaan utama antara Web page dan Web site

Setelah mengetahui gambaran singkat mengenai masing-masing web page dan web site, tentu kamu sudah sedikit memahami apa perbedaan diantara keduanya.

Perbedaan web page dan web site akan lebih jelas di bawah ini :

Definisi Singkat

Perbedaan web page dan web site yang pertama terletak pada definisinya. Web page adalah bagian kecil dari web site yang memuat teks, media, dan hyperlink ke web page lainnya. Sedangkan Web Site adalah kumpulan web page yang ditautkan di bawah domain tunggal yang unik. 

Tipe Entitas

Perbedaan web page dan web site yang kedua terletak pada tipe entitasnya. Apabila web page biasanya berisi konten tentang satu jenis entitas dan dapat diakses dengan URL Address. Sedangkan web site biasanya berisi konten mengenai beberapa entitas dan diakses melalui Domain Address.

Kegunaan

Perbedaan web page dan web site yang ketiga terletak pada tipe kegunaannya. Web Page digunakan untuk mnyimpan konten atau resources yang akan ditampilkan di web site. Sedangkan web site sebagai lokasi pusat yang digunakan untuk menampilkan konten.

Ekstensi URL

Perbedaan web page dan web site yang keempat terletak pada ekstensi URLnya. URL web page menyertakan ekstensi yaitu the path of the file. Sedangkan URL web site tidak menyertakan ekstensi apa pun.

Kompleksitas Pengembangan

Perbedaan web page dan web site yang kelima terletak pada kompleksitas pengembangan kode pemrograman. Untuk web page Tidak terlalu kompleks untuk dikembangkan. Sedangkan web site Relatif kompleks.

Sumber : Elements Envato

Address Dependency

Address web page dari web site tertentu secara langsung bergantung pada web site address yang bersangkutan (domain). Artinya, jika domain sedang down, web page tidak akan berfungsi. Sedangkan Address web site (domain) tidak tergantung pada address web page. Jika web page dihapus karena alasan apa pun, web site akan terus berfungsi. Semua web page tertaut lainnya juga akan berfungsi seperti biasa.

Contoh Web Page

Brikut ini merupakan contoh web page yang bisa kamu jadikan referensi saat ingin membangun web page :

Contact Page

Contact page merupakan web page yang paling umum pada sebuah web site.

Halaman ini memungkinkan pengunjung untuk menghubungi organisasi atau individu yang menyediakan web site yang bersangkutan.

Pada konteks organisasi besar, contact page dapat menyediakan informasi untuk beberapa kantor (kantor pusat, kantor cabang, dan lain sebagainya) dan departemen yang mereka miliki (departemen customer support, penjualan, hubungan inverstor, pers, dan lainnya).

Contact page umumnya terdiri dari beberapa item berikut  : 

  • Alamat email organisasi atau individu penyedia web site
  • Nomor telepon
  • Alamat pos (terkadang disertai dengan peta yang menunjukkan lokasi)
  • Tautan ke media sosial
  • Formulir kontak untuk pesan teks atau pertanyaan

Registration Page

Sign up page atau yang juga dikenal sebagai registration page merupakan sebuah halaman yang memungkinkan pengguna untuk mendaftar secara independen dan mendapatkan akses ke sebuah sistem.

Registration page biasanya memiliki beberapa halaman registration tergantung pada jenis orang dan organisasi yang ingin kamu daftarkan.

About page

About page adalah wep page yang digunakan sebagai tempat pengunjung mencari tahu lebih lanjut tentang situs yang mereka buka.

Pembaca akan mengunjungi bagian about us sebab berbagai alasan dan berbagai pertanyaan yang ingin mereka temukan jawabannya.

perbedaan web page dan web site
Sumber : Elements Envato

Situs about page ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah web site yang memungkinkan kamu untuk mengubah pengunjung menjadi users, memperoleh kesempatan untuk bekerja dengan mereka, dan memberikan apresiasi yang lebih mendalam mengenai apa yang dilakukan pada situs kamu. 

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menuliskan bagian about page dengan baik.

Contoh Website

Diatas sudah melihat contoh penggunaan web page, sekarang saatnya kamu mengetahui contoh penggunaan website :

Amazon.com

Amazon (Amazon.com) adalah perusahaan teknologi multinasional milik Amerika yang berfokus pada e-commerce, cloud computing, digital streaming, online advertising, dan artificial intelligence.

Amazon telah disebut sebagai “salah satu kekuatan ekonomi dan budaya paling berpengaruh di dunia” dan merupakan salah satu brand paling berharga di dunia.

Platform ini adalah salah satu dari Big Five Perusahaan American Information Technology bersama Alphabet, Apple, Meta, dan Microsoft. Amazon menyediakan Web site khusus untuk negara tertentu seperti amazon.com untuk AS dan amazon.fr untuk Prancis.

Walaupun demikian, beberapa platform tersebut menawarkan pengiriman internasional.

Wikipedia.org 

Wikipedia adalah ensiklopedia online gratis yang ditulis multibahasa dan dikelola oleh komunitas sukarelawan melalui open collaboration dan sistem penyuntingan berbasis wiki.

Editor web site ini dikenal sebagai Wikipediawan. Wikipedia adalah karya referensi terbesar dan paling banyak dibaca dalam sejarah.  Situs ini secara konsisten menjadi salah satu dari 10 situs web paling populer.

JavaTpoint.com

Javatpoint adalah web site yang berisikan panduan teknis dan non teknis, tutorial dan referensi gratis untuk Computer science, Information Technology, Programming, Java, Ajax, HTML, dan lain sebagainya.

Bagian terbaik dari javaTpoint adalah tutorialnya yang terstruktur dengan baik dengan sistem menu yang mudah digunakan.

Dengan begitu, kamu dapat dengan cepat menemukan semua yang kamu butuhkan.

Kumpulan tutorialnya mencakup ilustrasi, bagan, dan contoh code yang sangat bermanfaat. javaTpoint juga memiliki bagian terpisah untuk pemrograman Android dan framework Java populer seperti Struts 2, Hibernate, dan Spring.

Kapan Menggunakan Web Page & Web Site

Web page adalah dokumen di internet. Web page dapat berisi salah satu dari berbagai jenis konten, termasuk teks, gambar, materi video, atau jenis code lainnya, dan juga bisa juga kosong.

Web page dapat berupa sumber berita online, media sosial, postingan resmi, iklan, atau berbagai hal lainnya.

Sedangkan Wweb site adalah kumpulan web page yang saling terhubung.

Web site biasanya menggunakan nama domain yang sama untuk semua web page yang ada di dalamnya.

Biasanya sebuah web site terdiri dari banyak web page yang berbeda namun tetap menjadi bagian dari penjelasan konten dari web site.

Cara Testing Website

Sebelum memikirkan tentang optimasi web site, kamu harus menghitung current loading time dan mengidentifikasi apa yang mengakibatkan web site kamu menjadi lambat.

Oleh karena itu, kamu perlu menetapkan website performance goals kamu. 

Pada tahun 2018, rekomendasi untuk page load time adalah dibawah 3 detik. Namun, menurut penelitian Google, average mobile speed pada seluruh sektor industri hanya ada sebagian kecil web site yang mampu mendekati kecepatan yang direkomendasikan tersebut.

Jika kamu mampu mengoptimalkan kecepatan web site ke tingkat acceptable level, kamu akan mendapatkan keunggulan significant rangking dibanding dengan kompetitor kamu.

Terdapat berbagai cara pengoptimalan web site, namun sebelum kamu mengetahuinya, ada baiknya kamu menganalisis kecepatan web site kamu terlebih setelah tiap perubahan yang dilakukan untuk menentukan tindakan apa yang dapat memberikan hasil terbaik.

Ada beberapa alat evaluasi atau testing tools yang dapat kamu coba seperti :

Google Pagespeed Insights 

Google Pagespeed Insights adalah free tool dari Google yang menjalankan performance test pada di web site kamu dan memberikan rekomendasi tentang cara meningkatkan performancenya.

Tools ini dapat bekerja untuk kedua versi desktop dan mobile.

Pingdom 

Pingdom juga merupakan tool yang hebat untuk web site speed testing dengan sejumlah fitur yang amat berguna.

Tool ini melacak performance history web site kamu, memberikan rekomendasi berbasis data tentang cara meningkatkan kecepatan web site, dan menghasilkan laporan yang mudah dipahami.

Pingdom juga menyediakan aplikasi untuk website speed testing untuk Android dan iOS. Keduanya menawarkan opsi monitoring yang free maupun berbayar. 

YSlow 

Yslow adalah open-source tool yang dapat digunakan untuk web site speed testing dan juga memberikan rekomendasi tentang cara meningkatkan performa page, menggambar statistik, dan merangkum semua komponen. 

Performance Budget Calculator 

Performance Budget Calculator adalah free tools yang membantu mengetahui jenis konten apa yang dapat kamu gunakan agar situs kamu tetap berjalan optimal.

Tools ini juga berfungsi untuk mengkalkulasi performance budget web site kamu.

Tips Optimasi Website

Optimasi web site merupakan serangkaian langkah yang dilakukan untuk meningkatkan user experience, aksesibilitas, search performance, traffic, dan tingkat konversi. Implementasi optimasi website akan membantu kamu menentukan hal-hal yang berfungsi meningkatkan performa web site kamu.

Web site yang dioptimasi dengan baik juga akan mengurangi web site maintenance costs dalam jangka panjang. 

Tujuan utama dilakukan optimasi web site adalah untuk menarik lebih banyak pengunjung dengan menciptakan user experience yang lebih smooth, mendorong konversi dan menciptakan repeat visits.

Berikut akan dipaparkan sepuluh strategi optimasi web site yang berfokus pada dua elemen yaitu 

User experience yang akan membantu pengunjung menavigasi konten web site kamu dengan mudah melalui desain yang ramah pengguna, mobile responsiveness, dan aksesibilitas yang baik.  

Growth yang akan meningkatkan rangking pada Search Engine Result Pages (SERPs) untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan meningkatkan branding.

1. Mengimplementasikan UI/UX Web Design 

Mengoptimalkan User Interface (UI) dan User Experience (UX) saat mendesain situs web kamu akan membantu meningkatkan conversion rate.

Biasanya konsumen akan lebih banyak spend more pada sebuah website untuk user experience a yang lebih baik. Praktik desain UI/UX mencakup optimasi usability, aksesibilitas, dan performance web site.

Kamu juga perlu mempertimbangkan tujuan bisnis kamu saat menerapkan praktik desain UI/UX sebab desain web site kamu harus mendukung customer journey yang selaras dengan tujuan web site kamu.

Misalnya situs desain online store, haris membantu pengunjung web site melakukan pembelian dengan mudah.

Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan desain user experience web site kamu :

  • Optimalkan menu : Kamu dapat mengoptimalkan desain UI/UX dengan menggunakan tool optimasi seperti plugin yang digunakan untuk penyesuaian lanjut. Bantu pengguna menemukan halaman utama kamu dengan mudah dengan menambahkan menu langsung di header dan menu lengkap di bagian footer.
  • Sertakan call-to-action (CTA) : Pandu pengunjung web site kamu untuk menemukan informasi yang lebih lanjut atau buat mereka melakukan pembelian dengan menggunakan call-to-action (CTA). Lokasi keduanya harus terlihat dengan jelas dan memiliki tampilan visual yang selaras dengan desain web site secara keseluruhan.
  • Improve the sales funnel : Kamu perlu menyertakan langkah-langkah yang jelas untuk mengubah pengunjung situs web menjadi paying customers. Kamu dapat menambahkan panduan cara dan menyediakan transisi yang jelas pada tiap bagian transaksi

2. Optimalkan Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi pengoptimalan web site yang dapat membantu attract traffic pada situs.

Content marketing mencakup perencanaan, pembuatan, dan pendistribusian konten yang mengedukasi pengunjung tentang produk, layanan, dan industri kamu.

Strategi pengoptimalan web site ini meningkatkan awareness, engagement, loyalitas, dan otoritas.

Content marketing akan memungkinkan kamu menghasilkan demand yang lebih tinggi. Beberapa strategi content marketing yang populer meliputi:

  • Social media posts : Integrasikan web site kamu dengan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter menggunakan plugin media sosial untuk menumbuhkan audiens kamu lebih cepat. Undang audiens yang lebih luas dari berbagai platform media sosial tersebut untuk mengunjungi web site kamu.
  • Landing pages : Strategi content marketing selanjutnya adalah membuat landing page statis yang dipersonalisasi. Pastikan untuk membuat call-to-action (CTA) yang menarik dan sertakan proposisi nilai langsung untuk membuat converting landing page.
  • Blogs : Blogs dapat kamu manfaatkan untuk memberikan informasi kepada pengunjung web site mengenai tren yang terkait dengan produk, layanan, atau industri kamu. Sebuah blog post harus menyertakan kata kunci yang relevan untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Ketika kamu memulai sebuah blog, ingatlah untuk memperbaruinya secara teratur.
  • Newsletters : Newsletters dapat membantu kamu untuk menjangkau pelanggan secara teratur dan meningkatkan brand awareness dengan memberikan pembaruan terkini tentang produk, layanan, atau industri kamu. Kamu dapat memanfaatkan layanan yang disediakan WordPress untuk menggunakan plugin buletin dalam mengoptimalkan email marketing campaigns bisnis kamu

3. Tingkatkan On-Page SEO

On-page SEO (Search Engine Optimization) adalah praktik mengoptimalkan konten web page pada search engine.

On-page SEO akan membantu meningkatkan ranking web site kamu pada search engine result pages (SERPs).

Berikut adalah beberapa tips SEO on-page:

  • Buat blog posts : Kelola blog posts kamu dan berikan informasi terkini secara teratur untuk meningkatkan ranking di search engines. Ikuti praktik SEO blog untuk mendapatkan lebih banyak konversi dari postingan kamu.
  • Lakukan keyword research : Hal penting yang perlu kamu pikirkan dalam meningkatkan on-page SEO adalah menyertakan keyword dalam titles, headings, teks alternatif (alt-text), dan konten. Pertimbangkan untuk menggunakan keyword yang luas dan relevan untuk beberapa konten untuk meningkatkan jangkauannya.
  • Gunakan header tags : Mengoptimalkan on-page SEO juga dapat kamu lakukan dengan mengikuti hierarki header di web page kamu.
  • Sertakan judul dan deskripsi meta : Tuliskan judul dan deskripsi meta kamu sendiri untuk semua halaman dan postingan yang kamu buat

4. Perbaiki Masalah Teknis SEO

Aspek lain dari optimasi search engine adalah technical SEO.

Teknis SEO akan mempermudah search engine untuk menemukan konten kamu dengan memperbaiki struktur web site kamu.

Search engin akan mengirim bot untuk melakukan crawl ke web site kamu dan memberi peringkat pada setiap web page saat kamu membuat web site.

Berikut beberapa cara untuk memperbaiki masalah umum teknis SEO : 

  • Tingkatkan struktur situs : Struktur URL kamu harus konsisten untuk memetakan web page kamu dengan lebih baik. Selain itu, URL yang konsisten membantu pengunjung situs memahami posisi mereka di situs. Buat peta situs XML agar search engine lebih mudah mengindeks web site kamu.
  • Optimalkan crawling and indexing : Kirim web site kamu ke search engines untuk membantu bot melakukan crawl lebih cepat dan lebih akurat.
  • Temukan tautan rusak dan duplikat konten : Kamu perlu menemukan broken link dan konten duplikat untuk mencegah search engine mengindeks halaman dengan broken link dan konten duplikat tersebut

5. Tingkatkan Kecepatan Situs

Kecepatan akses situs merupakan salah satu faktor Google’s rangking factors, yang artinya sangat mempengaruhi ranking web site kamu di SERP.

Selain itu, kecepatan akses halaman juga penting sebab rata-rata pegunjung mengharapkan web site dimuat dalam waktu kurang dari dua detik.

Lakukan evaluasi kecepatan web site kamu dengan berbagai pilihan tools pada topik cara testing website yang sudah dibahas sebelumnya.

Setelah mengevaluasi performance web site kamu, kamu dapat mengikuti beberapa cara berikut untuk mempercepat web site kamu :

  • Hapus unnecessary code : Unnecessary code atau code yang tidak perlu termasuk bagian yang dapat membuat kecepatan situs menjadi lebih lamban. Kamu dapat mengoptimalkannya dengan menghapus karakter yang tidak perlu, seperti spasi di antara baris.
  • Siapkan content delivery network (CDN)  : Paket hosting yang menawarkan opsi content delivery network (CDN) dapat meningkatkan kinerja web site dengan mereplikasi konten statis di seluruh server datanya.
  • Manfaatkan cache browser : Plugin dan aplikasi tersedia untuk membantu browser menyimpan file cache yang diunduh dari server kamu. Tindakan ini dapat meningkatkan kecepatan halaman situs web dengan banyak halaman statis.
  • Optimalkan gambar yang digunakan : Jika kamu banyak menggunakan gambar pada situs web kamu, kamu dapat mengoptimalkannya dengab menggunakan konten visual yang berkualitas tinggi. Dengan begitu, akan membuat sebuah web site hanya membutuhkan waktu lebih sedikit untuk memuatnya

6. Prioritaskan Mobile- Friendliness

Saat ini mobile device menunjukkan peringkat akses tertinggi dari semua global website traffic. 

Web site yang mobile-friendly adalah web site yang responsif di device screen apapun. Optimasi mobile tidak hanya membantu menjangkau audiens yang lebih luas, tetapi juga efektif dengan Google’s mobile-first indexing.

Berikut ini beberapa kiat mobile optimization yang dapat kamu pertimbangkan : 

  • Terapkan navigasi yang jelas : Pastikan bahwa perubahan layouts tidak menghambat mobile user menavigasi halaman web yang berbeda. Misalnya, kamu memilih untuk menggunakan menu drop-down di bagian atas web site dibandingkan dengan menggunakan link pada bagian header.
  • Buat desain yang responsif : Pilihlah tema yang dapat menyesuaikan layout dan desain web site kamu pada screen size apa pun. Pastikan konten kamu masih sama seperti yang ditampilkan pada desktop devices sebab hal tersebut dapat mempengaruhi peringkat web site kamu secara signifikan dengan mobile-first indexing.
  • Tampilkan tautan dan tombol yang jelas : Pastikan bahwa web site kamu memiliki call-to-action yang jelas dan link yang mudah diketuk di mobile device.
  • Gunakan accordions : Tips mobile optimization yang terakhir yaitu kamu perlu membuat headings dan menggunakan accordions untuk menyederhanakan web page pada harus membuat listing pada semua konten sekaligus

7. Lakukan Pengujian dan Eksperimen Secara Teratur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu optimasi web site adalah memprioritaskan customer journey.

Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana performa customer journey web site kamu adalah dengan melakukan pengujian dan eksperimen dengan konten kamu secara teratur.

Hal ini juga akan membantu personalisasi web site dengan memastikan bahwa web site kamu cukup menonjol dari persaingan web site lainnya.  Beberapa elemen untuk menguji dan menjalankan eksperimen meliputi:

  • Tombol call-to-action (CTA) : Kamu dapat melakukan sedikit perubahan styledan lokasi untuk memengaruhi tingkat konversi web site kamu.
  • Layouts : Lakukan eksperimen untuk menemukan lokasi terbaik untuk menu, gambar, teks, dan konten lainnya.
  • Penempatan Social sharing : Pastikan kamu memilih style terbaik dan lokasi paling efektif untuk tombol social sharing web site kamu. Pertimbangkan apakah kamu akan menggunakan icon atau nama platform media sosial bisnis kamu dan lain sebagainya.
  • Landing pages : sebagai strategi pengoptimalan yang penting, desain dan tata letak laman landas Anda harus menghasilkan lebih banyak konversi.

Setelah memutuskan pendekatan pengujian konten web site kamu, pertimbangkan tips berikut saat menguji dan menjalankan eksperimen di situs kamu:

  • Hindari cloaking : Cloaking adalah metode yang memberi kesan pada search engines bahwa situs web membawa konten yang berbeda dari yang sebenarnya dilihat pengguna. Hal tersebut dapat membuat situs Anda di demosikan atau dihapus dari SERP.
  • Tetapkan preferred URL : Kamu dapat menggunakan atribut tautan rel=”canonical” pada semua URL pengujian untuk menunjukkan bahwa URL asli adalah preferred version. Menggunakan noindex untuk halaman pengujian kamu juga dapat merusak peringkat web site kamu, jadi kamu harus menghindarinya.
  • Gunakan 302 redirects : Pada saat pengujian, tentunya kamu harus mengalihkan pengunjung web site dari URL asli ke URL pengujian. Sebaiknya kamu menggunakan 302 redirect dibanding melakukan permanent 301 redirect.

8. Ikuti Praktik Terbaik Aksesibilitas Web

Aksesibilitas web site akan membuat online content tersedia untuk semua orang dan membantu search engine bots menemukan web pages kamu lebih cepat.

Mengikuti web content accessibility guidelines (WCAG) akan mendorong lebih banyak traffic ke web site kamu.

Ikuti praktik terbaik berikut untuk membuat web site kamu lebih mudah diakses : 

  • Gunakan teks alternatif : Penggunan teks alternatif akan membantu kamu untuk membuat gambar yang kamu sertakan lebih mudah diakses dan meningkatkan visibilitas konten kamu pada search engine result.
  • Sisipkan keterangan : Keterangan konten audio atau video dapat membantu pengunjung web site memahami konten apapun yang ada. Kamu dapat memanfaatkan tools untuk melakukan insert captions dengan lebih cepat dengan Happy Scribe atau VEED.
  • Kontras warna : Pastikan kamu memperhatikan kombinasi kontras warna yang kamu terapkan pada web site kamu. Sebaiknya kamu mengikuti rasio kontras minimal 4:5:1 yang akan meningkatkan keterbacaan dan membuatnya lebih mudah diakses oleh orang yang buta warna.
  • Tambahkan page titles dan headings : Cara selanjutnya adalah dengan menambahkan page titles dan heading. Hal ini penting kamu perhatikan sebab page title dan heading akan ditampilkan pada cuplikan hasil pencarian. Sebaiknya kamu menambahkan page titles dan headings di setiap halaman untuk menjelaskan isinya.
  • Ganti nama file media : Praktik untuk meningkatkan accessible selanjutnya adalah mengganti media files web site kamu. Pastikan kamu sudah menghindari penggunaan huruf dan angka acak

9. Berinvestasi dalam Link-Building

Link-building adalah proses membuat web site lain menautkan pengunjung mereka ke web site kamu.

Cara ini merupakan salah satu aktor peringkat terpenting karena Google menafsirkan web site lain yang membagikan konten kamu sebagai bentuk otoritas.

Kamu dapat memeriksa status backlink web site kamu dengan alat pengoptimalan gratis bernama Ahrefs Backlink Checker.

Beberapa cara untuk membantu link-building meliputi:

  • Kemitraan afiliasi : Mitra afiliasi adalah kemitraan (web site) lain yang mengarahkan traffic ke web site kamu melalui tracked links dan mendapatkan potongan saat lalu lintas tersebut dikonversi. Mitra afiliasi adalah bagian dari mitra pemasaran atau marketing partners.
  • Buat tautan eksternal : Tautan eksternal adalah hyperlink yang mengarah ke (target) domain apapun selain domain tempat tautan berada (sumber). Dalam istilah awam, jika web site lain menautkan ke web site kamu, ini dianggap sebagai tautan eksternal ke situs kamu.
  • Jangkau komunitas : Bergabung dengan komunitas sesuai dengan industri yang kamu jalankan akan mendatangkan banyak keuntungan bagi kamu. Kamu dapat memanfaatkan komunitas untuk merujuk artikel kamu di konten mereka

Berikut beberapa elemen yang perlu diperhatikan saat membangun backlink :

  • Quality over quantity : Quality over quantity pada dasarnya berarti memilih hal-hal dengan standar kualitas yang tinggi lebih penting daripada jumlah yang dimiliki. Satu backlink yang berkualitas tinggi lebih kuat daripada seratus backlink yang berkualitas rendah. Oleh karena itu, backlink dari situs web terpercaya dan populer lebih berharga daripada tautan dari situs web mirip spam.
  • Jangan membeli backlink : Google akan menghukum web site  yang membeli backlink sebab bertentangan dengan Webmaster Guidelines. Tentunya hal ini dapat merusak peringkat search engine kamu.
  • Industri terkait : Industri terkait berarti bidang umum yang sama dengan bisnis yang dimiliki oleh seseorang atau bisnis yang melakukan kontrak dengan bisnis lain.Google memeriksa apakah situs yang tertaut ke situs kamu berada di industri serupa atau tidak

10. Gunakan Customer Feedback

Customer feedback akan membantu kamu untuk berbagi informasi dan ide dalam meningkatkan produk, layanan, dan branding secara keseluruhan.

Hal ini juga merupakan cara yang bagus untuk memahami customer experience dan mengenali fitur mana yang harus disimpan atau dihapus.

Memanfaatkan customer feedback juga akan membantu menciptakan lebih banyak konten, produk, dan layanan yang berorientasi pada pelanggan.

Informasi yang terkandung dalam customer feedback juga membantu meningkatkan brand loyality.

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan customer feedback pada website kamu:

  • Net promoter score (NPS) : Net Promoter Score (NPS) adalah pengukuran loyalitas dan kepuasan pelanggan yang diambil dari survei yang diberikan kepada pelanggan mengenai seberapa besar kemungkinan mereka akan merekomendasikan produk atau layanan kamu kepada orang lain pada skala 0-10.
  • Survei On-site : Survei On-site (juga dikenal sebagai on-page survey) adalah survei yang digunakan untuk mengajukan pertanyaan dan mengumpulkan feedback saat orang mengunjungi halaman web site kamu. Survei On-site biasanya berbentuk sederhana, singkat, dan dapat digeser dari tepi halaman agar tidak mengganggu customer journey. Biasanya opsi ini membantu mendapatkan feedback dengan memasukkan formulir menggunakan widget, plugin, atau pop-up.
  • Newsletter : Kamu juga dapat menggunakan pemasaran email untuk menghubungi pelanggan untuk mendapatkan feedback. Seringkali, metode ini menyertakan hadiah atau diskon sebagai insentif.
  • Izinkan review : Sertakan review pelanggan di web site kamu, sehingga pelanggan dapat memberikan feedback langsung pada halaman produk atau layanan tertentu.

Jadi, Membangun Web Page atau Web Site ?

Mau web page atau web site sebenarnya harus menyesuaikan kebutuhan kamu. Saat kamu hanya membutuhkan halaman statis seperti about page, web perusahaan, kamu bisa membangun web page. Sedangkan apabila kamu ingin membuat toko online, sebaiknya kamu membangun web site.

Nah, dalam membangun web page atau web site, kamu akan membutuhkan nama domain sebagai alamat web. Suatu nama domain membutuhkan ekstensi domain.

Kamu bisa menggunakan ekstensi domain .xyz untuk web page atau web site mu. Domain .xyz sangat fleksibel untuk kebutuhan jenis website apapun. Mulai dari travel blog, journal blog, toko online, dan masih banyak lagi.

Selain itu apabila kamu menggunakan domain .xyz, ketersediaan nama domain sebagai branding bisnis juga mudah. Kamu tidak perlu pusing- pusing memutar otak untuk mencari nama domain, karena ketersediaan domain .xyz masih banyak. Itulah mengapa domain .xyz sebagai alternatif domain lainnya.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah