• Home
  • Berita
  • Startup adalah: Macam Hingga Contohnya di Indonesia

Startup adalah: Macam Hingga Contohnya di Indonesia

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Startup, siapa yang tidak kenal dengan istilah tersebut. Hal itu karena startup adalah jenis perusahan yang tengah menjamur di Indonesia.

Tak heran banyak sekali para pencari kerja yang ingin menjadi karyawan perusahaan tersebut. Lantas, apakah kamu menjadi salah satu orang tersebut?

Nah tahukah kamu, perusahaan startup adalah instansi yang memiliki perbedaan dengan jenis-jenis perusahan lain. Tidak hanya itu, Indonesia kini memiliki beberapa perusahaan dalam bidang ini yang sedang naik daun. 

Dengan demikian Artikel ini akan menginformasikan yang berkaitan dengan apa itu startup hingga contoh startup di Indonesia. Baca artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Apa Itu Startup?

Seperti namanya, jenis perusahaan ini mengacu kepada perusahaan yang baru.

Itu karena perusahaan startup adalah kata yang berasal dari Bahasa Inggris yang artinya bisnis rintisan. Ciri yang mencolok dari perusahaan startup adalah berfokus kepada satu penawaran layanan.

Dengan kata lain, perusahaan startup yaitu perusahaan yang masih dalam tahapan pengembangan.

Perjalanannya pun tidak selurus yang kita pikirkan. Pada awalnya, perusahaan jenis ini akan banyak didanai oleh pendirinya.

Maka tak heran, perusahaan ini akan menemukan ketidakseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan. Hal itu karena mereka membutuhkan banyak modal untuk melakukan beberapa riset pasar hingga strategi pemasaran.

Nah, buat kamu yang ingin kursus mengenai persoalan strategi pemasaran, selengkapnya kamu bisa baca artikel 15 Situs Belajar Online Untuk Kursus Marketing dan IT.

Berangkat dari fakta tersebut, perusahaan jenis ini memiliki pendapatan cenderung lebih terbatas daripada pengeluarannya.

startup adalah
Sumber : Elements Envato

Untuk meminimalisir kerugian, bisnis perintis ini mencari tambahan modal dengan cara lain. Salah satunya adalah memanfaatkan Venture Capitalist (VC).

Venture Capitalist atau pemodal ventura adalah orang atau perusahaan pemberi dana untuk jenis perusahaan rintisan. Kehadirannya sangat menentukan kesuksesan dari perusahaan jenis ini.

Pemodal ventura tidak sembarangan dalam memilih. Mereka akan memilih perusahaan rintisan baru yang berpotensi mengalami pertumbuhan. Nantinya perusahaan akan mendapatkan imbalan berupa saham ekuitas.

Kunci Keberhasilan Perusahaan Startup

Perusahaan startup memiliki beberapa indikator untuk mencapai keberhasilan. Terdapat 3 (tiga) kunci keberhasilan perusahaan startup adalah sebagai berikut

1. Lokasi

Pemilihan lokasi tidak bisa sembarangan. Hal itu menyesuaikan dengan produk atau layanan dari perusahaan startup tersebut. Jika hanya menjual produk ada sosial media, maka tidak perlu menyiapkan etalase untuk memamerkan produk jualannya.

Sumber : Elements Envato

Selain itu letak kantor perusahaan startup adalah bagian yang juga tak kalah penting. Jika perusahaan tersebut penyebarannya sudah mencapai internasional, sangat disarankan untuk ditempatkan pada pusat kota. Hal itu untuk memudahkan dalam mengurus dokumen dan perizinan penting lainnya.

2. Status Hukum

Status yang jelas dapat mengurangi resiko pelanggaran hukum yang berlaku. Namun status hukum perusahaan startup adalah menyesuaikan dengan kondisi perusahaan tersebut.

Sole Proprietorship atau Perusahaan Perseorangan adalah status hukum yang cocok untuk karyawan kunci yang merangkap sebagai pemilik sebuah perusahaan berjenis perintis.

Sedangkan Perseroan Terbatas atau PT adalah status hukum perusahaan apabila lebih dari 2 (dua) orang yang memiliki perusahaan startup tersebut.

3. Pendanaan

Venture Capitalist menjadi cara pendanaan yang paling sering digunakan. Namun perusahaan startup dapat menggunakan cara lain untuk mendapatkan pinjaman modal. Cara tersebut adalah melakukan pinjaman melalui kredit.

Akan tetapi cara tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat terjadi jika salah satu perusahaan mengalami kebangkrutan sehingga tidak dapat melunasi hutang-hutang tersebut.

Agar terhindar dari resiko tersebut, umumnya bank akan menawarkan kredit ringan. Targetnya adalah menyasar bisnis rintisan yang masih berskala kecil.

Perbedaan Perusahaan Startup Dengan Perusahaan Lainnya

Startup ternyata memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Oleh karena itu, ini adalah perbedaannya yang wajib kamu tahu.

1. Perkembangan

Bukan berarti bisnis tradisional tidak akan pernah berkembang. Namun perusahaan startup adalah instansi yang memiliki perkembangan yang cukup pesat.

Perusahaan jenis ini umumnya menawarkan produk maupun jasa yang skala pasarnya lebih besar. Dengan penyebaran yang luas tersebut membuat perusahaan ini dapat menjangkau banyak orang dalam pasar yang telah ditentukan sebelumnya.

Startup “menjual” pelayanan yang dapat melintasi ruang dan waktu. Maka dari itu, mereka kebanyakan menjual produk dan jasa yang berkaitan dengan teknologi.

2. Relasi Dengan Stakeholder

Baik bisnis tradisional dan startup sama-sama membutuhkan pemodal. Namun cara mereka memperlakukan pemodal memiliki perbedaan.

Perusahaan startup adalah badan instansi yang sangat menghargai pemberi modal. Hal itu karena mereka akan memberikan kesempatan bagi Ventura Capitalist untuk berperan aktif dalam perkembangan perusahaan tersebut.

Sayangnya hal itu berbeda dengan pemodal pada bisnis tradisional. Mereka terkadang harus memberikan laporan kepada bank ataupun pemodal individu. Maka dari itu, mereka hanya berperan sebagai pemberi bantuan saja. Akan tetapi tidak untuk membantu mengembangkan perusahaan yang telah diberikan modal.

3. Perencanaan yang Matang

Poin ini berkaitan dengan permodalan awal. Sebagai pemberi modal, Venture Capitalist tidak ingin modalnya tidak berkembang. Maka dari itu mereka harus mengetahui perencanaan akhir dari perusahaan tersebut.

Keunggulan dari perusahaan startup adalah perencanaan yang baik. Hal itu berkaitan dengan strategi akhir dari sebuah perusahaan.

Perencanaan strategi akhir yang baik berpengaruh dengan permodalan. Semakin baik maka sangat memungkinkan target perusahaan tersebut tercapai dan tidak mengecewakan para pemberi modal.

Hal itu berbeda dengan bisnis tradisional. Pemilik bisnis tidak perlu menentukan target akhir dari usahanya. Hal itu karena dia yang bertanggung jawab atas kemajuan bisnisnya sendiri. Maka dari itu strategi akhir tidak terlalu diperlukan.

3 Kategori Startup Terpopuler Indonesia

Apakah kamu semakin tertarik dengan startup? Jika iya, informasi ini tidak boleh kamu lewatkan. Berikut ini adalah daftar startup terbaru Indonesia. Mulai dari kategori kecantikan hingga investasi.

1. Bisnis

Tiga jenis perusahaan startup adalah sebagai berikut:

Sociolla

Sociolla mematahkan anggapan orang-orang bahwa startup adalah perusahaan teknologi. Di bawah naungan PT. Social Bella Indonesia, perusahaan ini menawarkan berbagai jenis produk kecantikan.

Perusahaan startup yang berdiri tahun 2015 ini menawarkan pengalaman berbelanja yang bebas dari barang palsu. Siapapun bisa membeli perlengkapan kecantikan dengan hanya mengakses internet melalui perangkat yang mendukung.

Baca Juga : 7+ Tips Sukses Jualan Online 2022, Pemula Wajib Tahu!

Mamikos

Namanya sudah mewakili layanan yang mereka tawarkan. Perpaduan teknologi website dengan permasalahan sosial yang terjadi adalah peluang yang dimanfaatkan oleh startup Mamikos ini.

Awalnya hanya berisikan informasi seputar hunian sewa seperti kost. Namun perusahaan ini juga memberikan informasi yang detail terkait kost yang mereka tawarkan.

Startup ini terbentuk pada tahun 2015. Dan terus mengalami perkembangan mitra dari seluruh Indonesia.

BukuWarung

Startup adalah jalan terbaik yang dipilih dari perusahaan ini. Para pendirinya sangat berusaha untuk go teknologi yang dimulai dari cara-cara sederhana yaitu mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Dengan BukuWarung pengguna dapat mengurangi kesalahan yang mengakibatkan adanya selisih dalam penghitungan uang. Meskipun konsepnya sederhana, namun perusahaan ini berhasil didanai oleh beberapa pemodal ventura.

Tercatat ada empat pemodal ventura yang menanamkan modal pada bisnis perintis ini. Mereka adalah AC Ventures, Golden Gate Ventures, Tanglin Ventures Partners, hingga Michael Sampoerna.

2. Pendidikan

Tak ketinggalan, pendidikan Indonesia kini mulai merambah dunia bisnis perintis. Perusahaan startup adalah awal dari perkembangan pendidikan Indonesia dengan mengandalkan internet. Ini dia 2 (dua) perusahaan tersebut:

Ruangguru

Perusahaan ini kerap kita temukan di televisi karena promonya yang menarik. Dengan mudahnya akses belajar bisa melalui website dan aplikasi, menyediakan pengajar yang profesional hingga suguhan animasi menjadi nilai tambah baginya.

Tidak hanya itu, Ruangguru telah sukses menjadi startup terbaik Indonesia pada aplikasi Linkedin. Mulai dari pertumbuhan karyawan hingga ketertarikan pencari kerja menjadi indikator keberhasilannya.

CoLearn

Perusahaan ini adalah saingan terberat Ruangguru. Perusahaan ini mendapatkan bantuan dana dari beberapa pemodal sebesar lebih dari 100 Miliar rupiah dari beberapa ventura.

Meskipun baru terbentuk tahun 2020 namun perusahaan startup adalah keberhasilannya dalam membantu siswa Indonesia dalam memecahkan permasalahan belajarnya.

Apalagi dengan adanya fitur live, CoLearn menjadi banyak dicari para pelajar saat pembelajaran jarak jauh sedang diterapkan.

3. Keuangan

Perkembangan teknologi, perusahaan startup adalah instansi bisnis yang memudahkan masyarakat dalam segi finansial. Mulai dari investasi hingga pengiriman uang. Berikut ini perusahaan yang tergolong startup dalam bidang finansial:

Ajaib

Ajaib adalah salah satu aplikasi investasi aman di Indonesia. Meskipun baru terbentuk pada 2019, namun perusahaan ini berhasil mendapatkan suntikan dana yang cukup fantastis.

Bahkan perusahaan ini berhasil menduduki peringkat ke-7 perusahaan unicorn di Indonesia. Hal itu karena bantuannya setara dengan 2,2 triliun rupiah dari DST Global. Maka dari itu startup ini memiliki predikat sebagai perusahaan fintech tercepat yang mendapatkan predikat unicorn.

Flip

Membentuk perusahaan startup adalah keputusan yang baik bagi Flip. Alasannya adalah banyak sekali investor yang menanamkan modal kepada perusahaan ini.

Hal itu wajar, mengingat Flip adalah aplikasi pencetus pengiriman uang tanpa biaya tambahan ke seluruh bank Indonesia. Pemodal ventura banyak yang tertarik dengan perusahaan ini karena pertumbuhannya yang terus membaik.

Bahkan aplikasi yang terbentuk karena “ketidaksengajaan” ini mendapatkan bantuan modal sebesar 600 miliar rupiah dan memasuki seri B. Apalagi Flip adalah satu-satunya perusahaan yang diberikan modal oleh ventura New York bernama Insight Partners.

Baca Juga : 7 Tips untuk Membuat Website Bisnis Jadi Lebih Efektif

Manakah Startup Favoritmu?

Penjelasan pada artikel ini diharapkan dapat membantu kamu dalam memahami perusahaan startup dengan baik. Perusahaan perintis di Indonesia tidak hanya terbatas pada tiga kategori tersebut.

Dengan demikian, tahun-tahun berikutnya startup akan semakin banyak dan dapat menyerap banyak tenaga kerja. Selain itu, kamu juga dapat merasakan bekerja pada perusahaan perintis sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Selamat mencoba!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Sugeng
March 23, 2022

Sangat membantu https://youtube.com/channel/UCrs9N0ja28HFs7IHIv4aRdw

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!