• Home
  • Berita
  • 20+ Situs Freelance Terbaik bagi Kamu yang Kerja dari Rumah

20+ Situs Freelance Terbaik bagi Kamu yang Kerja dari Rumah

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.

Situs Freelance Terbaik – Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Bagi kamu yang dulu pernah menjadi para jobseeker pasti sudah paham bagaimana tantangan dalam mencari pekerjaan. Apalagi dalam masa pandemi sekarang ini.

Banyak kendala yang dilalui para jobseeker, mulai dari banyaknya PHK massal yang terjadi, hingga jobseeker yang hampir tidak mungkin menghadiri proses seleksi karyawan baru dikarenakan banyaknya daerah yang sudah menjadi daerah terlarang untuk dikunjungi. Oleh sebab itu, pilihan Work From Home (WFH) adalah pilihan yang paling dicari saat ini.

Namun, tidak semua jenis pekerjaan dapat menawarkan sistem kerja WFH ini. Akibatnya, banyak jobseeker yang mengubah arah untuk menjadi freelancer.

Situs Freelancer terbaik

Freelancer sendiri adalah kata dalam Bahasa Inggris yang diartikan sebagai para pekerja lepas, atau pekerja independen yang tidak memiliki perjanjian kerja dengan sang pemberi kerja. Ada berbagai jenis pekerjaan untuk para freelancer mulai dari fotografer, pemandu wisata, barista, proofreader, guru les, hingga skill IT.

3 Situs Freelance Terbaik Indonesia

Ada beberapa Situs Freelance Terbaik di Indonesia yang terkenal, baik dari Indonesia ataupun luar negeri. Seperti layaknya kolom iklan bagi pencari kerja di koran, di dalam Situs Freelance Terbaik ini akan ditemui banyaknya permintaan pekerjaan dari sang pencari freelancer, yang nantinya akan dimunculkan sesuai dengan kategori skill yang ingin dipilih oleh para jobseeker.

Bukan hanya bermacam-macam jenis pekerjaan akan ditampilkan di situs ini, website ini juga akan memberikan para jobseeker pengalaman bekerja dari mana saja, bahkan hingga luar negeri. Para jobseeker diharapkan dapat mencoba, dan menyelesaikan banyak pekerjaan yang nantinya akan disimpan dalam bentuk portofolio.

Dengan adanya portofolio ini, freelancer akan terbantu untuk membangun karir freelance mereka. Para pencari freelancer semakin yakin untuk memberikan pekerjaan kepada mereka, bahkan menambahkan tarif dalam setiap proyek yang mereka kerjakan.

Berbicara soal website freelance, di bawah ini adalah beberapa pilihan website freelance yang berasal dari Indonesia yang dapat dijadikan acuan bagi para jobseeker:

  1. Sribu

Sribu atau SribuDesign adalah Situs Freelance Indonesia yang hanya menawarkan pekerjaan jenis desain grafis. Disinilah tempat berkumpul para Graphic Designer, mulai dari yang pemula hingga yang sudah ahli dalam bidang desain grafis.

Situs Freelance sribu

Di website ini, para pemula juga diberikan banyak kesempatan, banyaknya jenis desain yang ditawarkan seperti desain yang simple untuk membuat sebuah logo, hingga desain interior yang pengerjaannya lumayan rumit. Bukan hanya itu, Sribu juga mengadakan kontes, yang nantinya bisa ditambahkan di dalam portofoliomu.

Jika kamu berhasil memenangkan kontes tersebut, maka tidak hanya desain kamu dipilih oleh client, tetapi juga akan mendapatkan hadiah dari Sribu. Jadi, tunggu apalagi nih? Buat kamu yang berbakat sebagai desainer grafis, website ini patut dicoba untuk menguji keberuntunganmu.

  1. Sribulancer

Sribulancer adalah salah satu Situs Freelance di Indonesia yang juga masih satu manajemen dengan Sribu. Sebagai Situs Freelance Terbaik di Indonesia, berbagai jenis pekerjaan ditawarkan di dalam website ini. Hal lainnya yang perlu kamu ketahui adalah Sribulancer menyediakan pembayaran melalui transfer bank.

Situs Freelance

Hal ini akan mempermudah sebagian besar pengguna di Indonesia, karena kebanyakan warga Indonesia belum menggunakan kartu kredit. Sribulancer juga sudah mulai memperluas jangkauannya, client dari luar negeri juga dapat menggunakan website ini.

Penyebabnya adalah Sribulancer tidak hanya membayar menggunakan IDR saja, melainkan juga membayar menggunakan USD (American Dollar). Jadi, buat kamu yang ingin memperluas jangkauan hingga mancanegara, website ini sangat cocok untuk dicoba.

  1. Projects

Salah satu website yang juga tidak kalah terkenalnya di Indonesia adalah Projects.co.id. Banyak sekali pekerjaan yang ditawarkan di dalam website ini.

Mulai dari pengembangan website, pengembangan iOS dan Android, programming, desain grafis dan logo, hingga penulisan artikel dapat kamu jumpai dengan mudah di website ini. Uniknya, di dalam website ini kamu bisa melihat secara langsung siapa top workers pada saat ini tepat di sebelah kolom new projects, dan user activities.

Mulai dari rating hingga jumlah proyek yang sudah diselesaikan para top workers dapat dilihat oleh semua pengunjung website ini. Bagi yang berminat dapat langsung mengunjungi website dan register, agar dapat segera bergabung menjadi freelancer di Projects.

Baca Juga : Cara Membuat Website Mudah Bagi Pemula

9 Situs Freelance Terbaik Dunia

Bukan hanya dari Indonesia, beberapa Situs Freelance Terbaik juga ada yang berasal dari mancanegara. Beberapa website ini pasti juga pasti pernah kamu dengar, berikut adalah website-website tersebut:

  1. Upwork

Situs Freelance terbaik ini awalnya diberi nama dengan Elance-oDesk. Pada tahun 2015, Elance-oDesk berganti nama menjadi Upwork Global Inc. Upwork adalah situs freelancer yang berasal dari Amerika.

Upwork sudah menjadi Situs Freelance Terbaik di dunia, dengan jumlah freelancer yang mencapai 12 juta orang, dan jumlah client yang mencapai 5 juta orang. Dengan jumlah freelancer, dan client yang sangat banyak, Upwork menyediakan 3 juta pekerjaan freelance per tahun.

Jenis-jenis pekerjaan yang ditawarkan di Upwork sangat beragam, mulai dari proyek dengan kontrak jangka pendek, hingga proyek yang memakan waktu lama, dan rumit. Upwork lebih berfokus dengan software, dan digital marketing.

Banyak perusahaan yang juga menggunakan Upwork untuk mencari para freelance seperti, Airbnb, General Electric, hingga Microsoft, dan biasanya perusahaan-perusahaan besar seperti ini mencari freelancer yang bekerja pada bidang-bidang tertentu yang membutuhkan keahlian khusus.  Ada dua sistem pembayaran yang ditawarkan Upwork, mulai dari kontrak per-jam, hingga kontrak per-proyek.

  1. Guru

Guru atau yang awalnya bernama eMoonlighter.com dibentuk pada tahun 1998, dan berpusat di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika. Guru membuat sebuah gagasan baru yang bernama SmartMatch technology pada tahun 2002 yang secara langsung akan mencocokan data di dalam resume dengan pekerjaan yang dilamar oleh para freelancer.

Website ini juga menggunakan teknik khusus dari Industrial and organizational psychology untuk lebih memahami sifat, dan dapat menempatkan para freelancer pada sebuah pekerjaan yang tepat. Pekerjaan yang ditawarkan di website ini sangat beragam mulai dari marketing, sales, penulis, penerjemah, hingga desain.

Di dalam website yang memiliki 3 juta orang pengguna ini, freelancer akan secara langsung diberikan feedback yang nantinya akan mempermudah para client untuk menilai sang freelancer itu sendiri. Semakin banyak review baik, maka freelancer tersebut akan semakin dicari oleh para client lainnya.

  1. Toptal

Toptal adalah salah satu website freelance yang bergengsi. Hanya  freelancer yang memenuhi kriteria top 3% yang akan dipilih, dan mendapatkan kerja dalam kurun waktu 48 jam.

Proses seleksi yang sangat ketat membuat Toptal hanya diisi oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Toptal menawarkan pekerjaan mulai dari pengembangan software, desainer, ahli finance, dan product manager.

Perusahaan-perusahaan besar juga mencari freelancer  di Toptal untuk mengerjakan proyek-proyek yang penting, seperti Airbnb, Duolingo, Shopify, Bridgestone, USC, dan lain-lain. Apabila kamu memiliki skill yang ahli dalam bidangmu, sangat disarankan mencari tambahan uang dari situs ini.

  1. PeoplePerHour

PeoplePerHour adalah perusahaan yang berasal dari Inggris. Dibentuk pada tahun 2007, dan sudah menjadi website freelance yang pertama di UK.

Website ini sudah dipercaya di seluruh dunia dengan jumlah freelancer yang hampir mencapai 3 juta orang, dan menyediakan 1 juta pekerjaan. Lebih dari £137 juta sudah didapatkan dari para freelancer. Pekerjaan yang ditawarkan mulai dari 3D printing, asset management, Facebook consultant, hingga penerjemah.

  1. Fiverr

Perusahaan yang berkantor pusat di Tel Aviv, Israel, ini sudah dibentuk sejak tahun 2010. Beberapa pekerjaan yang ditawarkan di website ini seperti desainer grafis, programmer, editor video, penulis, hingga penerjemah.

Freelancer yang terdaftar di website ini biasanya dibayar dengan rate awal USD 5, dan bisa bertambah seiring dengan bertambahnya gigs. Setiap servis yang ditawarkan diberi nama gigs di website ini.

Pertumbuhan website ini sangat cepat, tercatat pada 2012, website ini sudah menyediakan pekerjaan sebanyak 1.3 juta. Sejak tahun 2011, jumlah transaksi di website ini terus bertambah hingga 600%. Oleh sebab itu, Fiverr masuk menjadi top 100 website yang populer di Amerika Serikat, dan pada tahun 2013 masuk menjadi top 200 website yang populer di dunia.

  1. Freelancer

Freelancer adalah website freelance yang lebih dikhususkan untuk jenis bisnis kecil yang membutuhkan freelancer yang memiliki skill mulai dari pengembangan software, desain logo, penulis, hingga marketing. Namun, perusahaan seperti Microsoft, SAP, dan Intel juga masih mencari para freelancer di website ini.

  1. 99designs

Seperti namanya, 99designs adalah Situs Freelance yang dikhususkan bagi freelancer yang memiliki skill  dalam bidang desain. Website ini memungkinkan para desainer untuk bekerja sama dengan desainer lain, dan saling membagi hasil saat mereka sudah menyelesaikan pekerjaannya.

Uniknya, setiap 2 detik desain-desain baru akan bermunculan di website ini,  desain ini sengaja dibuat oleh para freelancer untuk client-nya. Pekerjaan desainer mulai dari merancang sebuah logo, mendesain website, mendesain cover buku, dan lain-lain akan dengan mudah kamu jumpai di website ini.

  1. PubLoft

Bagi kamu para content marketer, PubLoft adalah salah satu situs freelance yang menyediakan kebutuhanmu. Website yang memang dikhususkan untuk penulis freelance ini berfokus untuk membuat para freelancer menyelesaikan tugasnya daripada hanya untuk menawarkan jasa mereka.

Fakta yang lebih menguntungkan dari menggunakan website ini adalah semakin lama kamu bekerja disini, maka semakin tinggi pula gaji yang kamu dapat. Pembayaran gaji biasanya dibayarkan setiap dua minggu.

  1. Aquent

Jangan khawatir bila sebelumnya kamu sering sekali tidak cocok dengan pekerjaanmu, hal itu tidak akan terulang lagi di website ini. Aquent siap membantu kamu, dan akan secara otomatis mencarikanmu client yang sesuai dengan skill yang kamu miliki.

Aquent adalah perusahaan dengan jumlah staf yang paling banyak dalam industry kreatif, dan marketing di Amerika Serikat. Aquent dikhususkan pagi para pekerja kreatif, dan yang memiliki kemampuan marketing.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!