• Home
  • Tips
  • Tingkatkan Revenue dengan Strategi Social Media Marketing Industri Fashion

Tingkatkan Revenue dengan Strategi Social Media Marketing Industri Fashion

Oleh Ratna Patria
5/5 (1)

Di zaman sekarang, bahkan banyak industri yang memanfaatkan social media untuk keperluan marketing. Termasuk untuk industri yang bergerak dibidang fashion. Untuk kamu yang saat ini sedang menekuni bisnis dibidang fashion.

Tentu saja kamu harus memanfaatkan penggunaan social media yang tepat untuk kemajuan bisnis. Nah, berikut ini strategi social media marketing yang bisa kamu terapkan. Simak penjelasannya ya!

Sosial Media Marketing
Sumber: Freepik

Pentingnya Social Media Untuk Industri Fashion

Ternyata penggunaan media social yang tepat, akan memberikan dampak yang sangat berarti bagi industri itu sendiri. Tidak hanya sebagai sarana mempromosikan produk, tetapi ada hal lainnya yang bisa didapat jika bisa mengoptimalkan penggunaan social media.

Untuk itu, social media saat penting dan sangat direkomendasikan untuk digunakan bagi industri, terutama fashion. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan.

Membangung Brand Awareness

Brand awareness sangat berpengaruh untuk memperkenalkan brand dan mendapatkan kepercayaan calon customers sebelum mereka membeli produk dan mengenal brand lebih dalam.

Brand awareness sendiri adalah strategi menciptakan kesan dan citra yang baik sesuai dengan industri yang digeluti perusahaan. Cara mudahnya adalah dengan memposting konten yang berhubungan dengan perusahaan.

Membangun hubungan dengan customer

Sebagaimana fungsi dari social media pada umumnya, penggunaan social media yang tepat adalah yang dapat menjadikan media untuk sarana bersosial bahkan dengan customer sekalipun. Hal ini membuat komunikasi menjadi lebih intens dengan customers. Bahkan imbasnya dapat membuat loyalitas customer meningkat.

Meningkatkan traffic penjualan

Yang terakhir, penggunaan social media yang tepat tentu saja dapat meningkatkan traffic. Baik itu traffic menuju profile social media, website, atau ke produk yang ditawarkan. Semakin banyak traffic yang masuk, semakin besar pula persentase penjualan yang akan didapat.

Strategi Social Media Marketing untuk Industri Fashion

Untuk mendapatkan manfaat dari social media marketing di atas, tentu saja harus ada strategi yang harus diterapkan. Apalagi untuk kamu yang bergerak di industri fashion. Apa saja strategi tersebut? Berikut ini strategi social media marketingnya.

Gunakan Hashtags Instagram

Strategi social media marketing pertama adalah dengan menggunakan Instagram. Instagram merupakan media social yang saat ini sangat populer dan banyak digunakan oleh warga digital.

Dengan memanfaatkan Instagram, bisnis bisa menjangkau lebih banyak orang. Apalagi, Instagram adalah media social yang dirancang untuk menampilkan post berupa visual seperti gambar dan video.

Selain itu, terdapat fitur hashtags di Instagram yang bisa dimanfaatkan untuk mengkategorikan postingan yang diunggah. Jadi, hal ini dapat digunakan untuk menjangkau orang-orang yang memang tertarik dengan industri bisnis kamu.

Sosial Media Marketing
Sumber: Freepik

Misal kamu menempatkan hashtag #fashion, pengguna Instagram yang mencari hashtag tersebut tentu berpotensi melihat postingan kamu. Artinya, bisa menjangkau orang sesuai dengan target yang tepat.

Kenalkan Brand dengan Facebook

Selain Instagram, media social terbesar lainnya ada juga Facebook. Bahkan Facebook sendiri memiliki fitur yang memang diperuntukan untuk pebisnis. Sebagai media social, Facebook bisa dibilang memiliki fitur yang cukup komplit dan sangat bervariasi.

Hal inilah yang bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan brand dengan penggunaan media social marketing yang tepat. Kamu juga bisa membuat komunitas, grup, atau halaman khusus yang memang dirancang untuk membahas produk yang kamu jual.

Selain itu, kamu bisa mencoba menggunakan Facebook Ads untuk kepentingan medis social marketing kamu. Hal tersebut juga bisa menjangkau orang-orang yang sesuai dan kamu akan mendapat target audience yang tepat.

Berkolaborasi dengan Influencers dan Fashion Bloggers

Memanfaatkan social media marketing, tidak lengkap rasanya jika tidak diimbangi dengan kolaborasi brand. Media social selain tempat bertemunya orang-orang biasa, juga ada influencer atau blogger yang biasanya aktif membahas topik tertentu.

Nah, manfaatkan kesempatan tersebut untuk berkolaborasi dengan influencer dan kenalkan produk atau brand kamu dengan audience yang mereka miliki.

Buat Konten yang Berhubungan dengan Fashion

Rutin post yang berhubungan dengan fashion juga bisa meningkatkan kunjungan audience. Dengan begitu, tingkat engagement akan semakin meningkat.

Apabila konten yang dipost bagus, orang-orang yang tertarik di fashion akan follow dan bahkan kemungkinan besar tertarik dengan brand.

Membuat audience tertarik dengan brand adalah salah satu cara social media marketing untuk membuat kepercayaan terhadap pelanggan ataupun calon pelanggan.

Konten yang berhubungan dengan fashion bisa seperti tips dan trik berbusana, panduan outfits, dan sebagainya.

Adakan Giveaway

Industri Fashion adalah industri yang tidak lekang oleh waktu. Bahkan semua orang bergantung dari industri ini. Untuk meningkatkan hubungan yang semakin intens dengan audience, gunakan strategi social media marketing selanjutnya.

Yaitu dengan mengadakan Giveaway. Giveaway ini menjadi salah satu jalan untuk mencari testimoni terkait produk, mencari audience yang baru, dan memfilter audience yang loyal.

Interactive dengan Customers

Sosial media tidak hanya tentang posting dan posting. Tentu saja, berkomunikasi adalah fitur lain yang pasti dimiliki oleh setiap social media. Mulai dari kolom komentar, hingga dengan personal chat seperti Direct Message (DM).

Untuk itu, usahakan selalu merespon apa yang ditulis oleh customers. Sebagian wadah menjalin hubungan yang dekat, meningkatkan kepercayaan mereka, dan untuk mendapatkan kritik serta saran agar bisnis fashion bisa berkembang sesuai dengan tren dan keinginan pasar saat ini.

Social Media Marketing
Sumber: Freepik

Social Media Marketing di Bisnis Fashion Sangatlah Penting

Menjadi salah satu bisnis yang banyak pesaing, tentu saja memanfaatkan strategi social media marketing di industri fashion sangatlah penting. Selain karena memiliki manfaat untuk mendatangkan traffic, customer baru, dan loyalitas.

Sosial media marketing juga mampu meningkatkan kepercayaan customer yang dapat menguntungkan industri fashion itu sendiri. Dengan begitu, eksistensi brand di dunia digital akan semakin dikenali.

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


AnsettMedia
October 25, 2020

Sangat bermanfaat sekali!! Bagusss

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!