• Home
  • Tips
  • 10+ Manfaat One Drive for Business yang Cocok Untuk Pebisnis

10+ Manfaat One Drive for Business yang Cocok Untuk Pebisnis

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
10+ Manfaat One Drive for Business yang Cocok Untuk Pebisnis

Semakin canggihnya teknologi, tentunya akan memengaruhi berbagai jenis bidang yang ada di dunia ini. Contohnya seperti dunia pekerjaan yang secara perlahan menggunakan jejaring internet untuk menyimpan data-data bersama. Salah satu media penyimpanan online yang lazim digunakan ialah One Drive for Business. Hadirnya layanan ini tentu memudahkan banyak pihak.

Onedrive sendiri berbeda dengan OneDrive for Business. Jika OneDrive digunakan untuk menyimpan data pribadi, OneDrive for Business merupakan penyimpanan berbasis online yang di tujukan untuk bidang bisnis. OneDrive for Business ini akan dikelola oleh Anda dan rekan kerja, sebagai suatu tim dalam orgaisasi.

Fitur One Drive for Business

Sebelum menggunakannya, Anda perlu mengenal fitur-fitur yang ditawarkan oleh One Drive. OneDrive for Business sendiri merupakan salah satu bagian dari Microsoft yang memanfaatkan layanan dari Cloud untuk berbagi, menyimpan dan juga menyinkronkan berbagai file kerja milik organisasi atau perusahaan Anda. Layanan OneDrive for Business juga tidak jauh berbeda dengan SkyDrive Pro.

Salah satu fitur yang ditawarkan ialah, layanan ini dapat diakses dari browser dimanapun itu berada. Selain itu layanan ini juga dapat diakses menggunakan device apapun, seperti Windows 8.1, Windows 10, Windows Phone, Android dan juga iOS. OneDrive Business memang sangat bersahabat.

10+ Manfaat One Drive for Business yang Cocok Untuk Pebisnis

Dengan menggunakan One Drive for Business, Anda dapat mengerjakan suatu dokumen office secara bersamaan dengan tim Anda. Layanannya memang terkesan sederhana, cocok untuk para penggiat bisnis kecil, namun fiturnya dapat digunakan untuk menyinkronkan berkas, serta dapat menjadi tempat penyimpanan yang aman untuk berkas penting bisnis Anda.

Keuntungan Menggunakan One Drive for Business

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, mengapa harus menggunakan OneDrive for Business, sedangkan di internet banyak sekali tawaran untuk menggunakan layanan penyimpanan online untuk data-data penting Anda. Namun jarang layanan yang ditujukan untuk para pebisnis seperti Anda. Berikut keuntungan jika Anda memilih One Drive for Business untuk data-data penting Anda.

  • Dapat diakses di manapun Anda berada

Layanan One Drive for Business jelas dapat diakses dimanapun Anda berada. Jadi Anda tidak perlu repot-repot ke kantor hanya untuk sekadar mengakses data penting untuk bisnis Anda. Tentunya butuh koneksi internet ya. Perhatikan pula ada atau tidaknya limitasi yang diterapkan perusahaan.

  • Akses berkas dengan jenis perangkat apapun

Keuntungan kedua yang Anda peroleh ketika menggunakan One Drive for Business ialah, kemudahan akses yang ditawarkan. Pasalnya, layanan ini dapat diakses dengan menggunakan perangkat jenis apapun. PC, Smartphone atau tablet, akan membantu Anda untuk mengunduh dan juga mengedit berkas yang ada.

Baca juga : Anti-malware Service Executable Pada Windows 

  • Tampilan yang amat User Friendly

Jika Anda baru saja merintis sebuah usaha dan membutuhkan layanan penyimpanan data secara online, tampaknya One Drive for Business tepat untuk dipilih. Tampilannya yang user friendly akan memudahkan Anda dalam mengoperasikan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan. Tentu Anda tidak akan kesulitan untuk memulainya.

  • Akses secara bersama

Dapat diakses dimana pun serta menggunakan perangkat apapun, tentunya juga dilengkapi oleh fitur kolaborasi, alias Anda dan tim dapat mengakses berkas yang sama secara bersamaan. Tentu dengan fitur tersebut, keuntungan yang diperoleh ialah Anda dapat mengerjakan suatu file secara bersamaan, sangat memudahkan bukan?

  • Sharing dokumen atau berkas

Dengan menggunakan One Drive for Business, Anda tentu dapat berbagi berkas dengan orang lain diluar lingkup kantor atau perusahaan Anda, seperti klien Anda contohnya. Yap, tidak perlu khawatir, Anda dapat membatasi akses terhadap file tersebut sebelum dibagikan kepada klien Anda. Read only atau bebas edit?

  • Melakukan Sinkronisasi

Keuntungan lain dari One Drive For Business ialah sinkronisasi. Sungguh, dengan keunggulan yang satu ini, Anda tidak kehabisan waktu hanya untuk mengunggah berkas yang telah diubah. Layanan ini memberikan fitur agar file yang telah diubah untuk tersinkronisasi secara otomatis.

  • Fitur Keamanan

Mengenal One Drive for Business yang Cocok Untuk Pebisnis

Keuntungan terpenting yang tentu Anda cari dari awal bukan? Yap tidak perlu khawatir, One Drive for Business menjamin keamanan data para penggunanya. Mulai dari scanning virus, enkripsi data, juga fitur limit akses khusus koneksi secara kolaborasi dan juga remote. Jadi dapat dipastikan, data bisnis Anda sangat aman.

Tips Mengoptimalkan One Drive for Business

One Drive for Business merupakan layanan yang cukup populer di kalangan pebisnis, juga Anda. Selain keuntungannya yaitu dapat diakses dimanapun, kapanpun dan menggunakan perangkat apapun, layanan ini memang memiliki kapasitas yang tergolong besar. Anda dapat memanfaatkan layanan ini secara optimal, tidak ada salahnya bukan? Berikut tips untuk mengoptimalkannya.

Baca juga : Web Hosting Gratis backup otomatis

  • Penggunaan pada semua Perangkat

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkannya, ialah mengoperasikan layanan One Drive for Business pada semua perangkat yang ada. Melakukan login dengan menggunakan satu akun yang sama untuk semua perangkat, akan memudahkan untuk semua berbagi data serta informasi satu sama lain.

  • Sharing File

Ketika Anda menggunakan akun yang sama dalam banyak perangkat yang ada, maka data serta informasi yang tersimpan pada layanan One Drive for Business akan dibagi antar satu sama lain. tentu akan memudahkan Anda untuk melihat data yang tersimpan pada satu aplikasi. Tidak perlu repot-repot membuka satu perangkat khusus bukan?

  • Mengupload foto secara otomatis

Fitur yang dapat optimalkan lainnya ialah, One Drive for business mampu melakukan upload foto secara otomatis. Tentu akan sangat berguna untuk menyalin foto-foto yang terdapat pada perangkat yang Anda miliki. Dengan fitur tersebut, memudahkan Anda untuk mengakses foto melalui perangkat manapun tanpa perlu melakukan transfer data.

  • Menjadi Album Foto

Langkah optimalisasi layanan One Drive for Business lainnya ialah menjadikannya sebagai album foto. Hal ini juga mudah dilakukan karena terdapat fitur Album yang diberikan oleh layanan ini. Tentu Anda juga dapat membagikan album tersebut kemanapun sesuai kehendak Anda, baik email, social media, dan lainnya.

  • Backup Data

Khusus untuk pengguna Windows dan juga Windows Phone, Anda bisa mengatur untuk melakukan backup segala data ke One Drive for Business. Dengan adanya fitur ini, akan dapat mengamankan data-data penting Anda untuk lebih terjaga bukan?

  • Tambahan kapasitas penyimpanan

Untuk awal pemakaian, Anda akan diberikan memori sebesar 7GB, lalu naik menjadi 15GB. Paket tersebut tentu akan mendapat bonus sebesar 15GB jika Anda mengaktifkan fitur penyimpanan roll camera. Bonus-bonus lainnya juga tentu dapat Anda peroleh dengan cara lain. Anda juga dapat membeli paket tertentu dengan cara berlangganan tiap bulannya.

Layanan One Drive for Business tentu adalah layanan menarik untuk Anda para pebisnis. Mulai dari penggunaannya yang mudah, keamanan data yang terjamin, juga fitur lainnya yang menunjang pekerjaan Anda untuk lebih profesional. Layanan ini patut Anda manfaatkan secara baik dan juga maksimal.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!