• Home
  • Tips
  • Cara Promosi di Instagram yang Benar, Jangan Sampai Salah Langkah!

Cara Promosi di Instagram yang Benar, Jangan Sampai Salah Langkah!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Bagaimana cara promosi di Instagram yang baik? Apa ada strategi khusus agar cara promosi di IG yang kamu lakukan dapat menghasilkan sesuatu yang memuaskan? 

Pada tahun 2012, publik mulai mengenal aplikasi canggih yang bernama Instagram. Berdasarkan kegunaan, awalnya aplikasi ini terkenal karena fitur foto yang dapat dibagikan kepada pengikut akun. Namun, seiring berjalannya waktu, fitur Instagram pun mulai bervariasi.

Dengan fitur yang banyak, membuat aplikasi Instagram semakin populer di kalangan penggunanya. Selain itu, Instagram ini juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk menjadi media promosi. Khususnya, bagi para pemilik toko online. Apalagi dengan cara promosi di Instagram, dapat memberikan keuntungan yang signifikan.

Cara promosi di Instagram
Sumber: Envato

Instagram memang sebuah pilihan yang tepat untuk melakukan memasarkan suatu produk, sehingga banyak pemilik toko online yang tertarik mencobanya. Cara promosi di IG sendiri memiliki strategi yang harus kamu susun dengan matang. Hal ini agar promosi berjalan dengan lancar dan dapat menarik pelanggan.

Selain toko online, banyak juga akun dengan pengikut tidak sedikit yang mengiklankan produk secara online. Berikut beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk di Instagram. 

Baca juga: 15+ Instagram Tools Terbaik Untuk Kebutuhan Marketing

Cara Promosi di Instagram

Salah satu media yang bisa kamu manfaatkan sebagai media promosi secara digital adalah dengan menggunakan sosial media. Bagi kamu yang memiliki sebuah bisnis jual beli produk, maka Instagram adalah aplikasi yang tepat untuk menunjang promosi bisnis tersebut.

Berikut ini kami berikan beberapa cara promosi di IG yang bisa kamu lakukan. Pahami dan ikuti secara benar, sehingga bisnis kamu pun bisa berkembang dengan cepat.

1. Merubah Akun Menjadi Instagram Business

Bagaimana cara untuk membedakan Instagram business dengan Instagram personal? Secara umum, Instagram business memiliki tampilan yang tertera, yakni kontak. Yang berupa alamat toko, email, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Ini bertujuan agar pengguna lainnya dapat mengkliknya langsung.

Cara promosi di Instagram yang satu ini dapat memudahkan pelanggan menghubungi kamu. Lantas, bagaimana cara untuk merubah akun Instagram menjadi Instagram business? Kamu hanya perlu menghubungkannya dengan akun Facebook.

Dengan demikian, akun Instagram kamu pun dapat berubah menjadi akun bisnis. Cara promosi di IG yang pertama ini sangatlah berguna, hal ini karena dapat memudahkan kamu memasarkan suatu produk di platform ini.

2. Membuat dan Melengkapi Profil Instagram

Agar calon pelanggan semakin percaya dengan toko online kamu, sehingga cara promosi di Instagram pun berjalan dengan mudah. Maka kamu juga perlu membuat bio pada akun dengan jelas dan lengkap. 

Beberapa teknik dapat kamu gunakan untuk membuat bio Instagram kamu semakin terlihat terpercaya, berikut tekniknya :

  • Menggunakan username yang jelas, singkat, dan mudah diingat oleh orang lain. Sehingga, ketika mereka mencarinya tidak akan terjadi kesulitan.
  • Menambahkan kata kunci tertentu.
  • Menggunakan foto profil yang terbaik, khususnya yang dapat menarik perhatian pengguna lainnya.
  • Menuliskan deskripsi secara singkat di bio.
  • Tambahkan emoji agar semakin terlihat menarik.
  • Bisa juga taruh kalimat Call to Action.
  • Jangan lupa untuk menaruh link website toko kamu.

Cara promosi di IG tidak lengkap jika profil Instagram terlihat biasa saja. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memikirkan dan menambahkan kalimat yang unik. Sehingga, pengguna lainnya dapat merasa tertarik berkunjung ke akun kamu.

3. Posting Feed dengan Tema yang Menarik

Aplikasi Instagram tidak akan pernah terlepas dari feeds. Apa yang dimaksud dengan feeds? Yakni beberapa unggahan yang berupa foto atau video beranda akun Instagram. 

Tidak sedikit pebisnis yang akan menggunakan feeds yang keren sebagai cara promosi di Instagram. Oleh sebab itu, mereka akan lebih memperhatikan segala postingan yang akan diunggah.

Kamu bisa memperhatikan beberapa akun Instagram dari brand besar, maka pasti akan memposting hal yang memiliki manfaat bagi pengikut akunnya. Jika kamu perhatikan lebih teliti, mereka juga akan selalu konsistensi dengan tema postingan yang diunggah.

Cara promosi di IG satu ini bisa kamu jadikan sebagai ciri khas dari akun Instagram business yang kamu punya. Sehingga, pengguna lain pun merasa tertarik untuk memencet tombol follow pada akun kamu.

Jangan lupa untuk memberikan waktu, agar cara promosi di Instagram ini berhasil. Kamu bisa berinteraksi dengan pengikut akunmu. Berikan konten yang mengedukasi, sehingga bermanfaat bagi para followers.

Kamu perlu membuat feeds yang menarik dengan tema konsisten. Perhatikan foto, warna, pola, dan waktu mengunggahnya, lakukan secara konsisten. Sebagai contoh, kamu memilih warna hijau untuk brand, maka kamu harus selalu konsisten ketika membuat feeds nya. Pastikan warna dan tone harus selalu sama.

Dengan melakukan cara promosi di IG yang satu ini, maka banyak audiens yang berkunjung. Tidak ada yang tahu, bisa saja mereka adalah calon pelanggan kamu.

Baca juga: Cara Membuat Akun Instagram dan Aneka Fitur yang Bisa Digunakan

Cara promosi di Instagram
Sumber: Envato

4. Buat Konten Berupa Foto Atau Video

Ketika berpikir tentang aplikasi yang dapat berbagi video dan gambar, maka Instagram adalah salah satu aplikasi yang patut dibahas. 

Dengan kekuatan visual yang memiliki daya tarik tersendiri, apalagi aplikasi ini juga efektif untuk dijadikan sebagai media promosi. Maka dari itu, kamu ketahui dan pahami cara promosi di Instagram.

Kamu wajib untuk mencoba menggunakan cara promosi di Instagram yang satu ini. Oleh sebab itu, lakukan pengambilan foto atau video yang sesuai dengan produk yang akan kamu promosikan. Sertakan juga caption pada postingan tersebut.

Cara promosi di IG tersebut, bisa kamu lakukan dengan mudah. Sebagai contoh, ketika kamu menjual sebuah produk kecantikan, maka kamu tidak hanya menjelaskan mengenai penggunaan bahan, ukuran, dan juga harga saja.

Namun, cobalah sisipkan juga kalimat menarik. Misalnya seperti, “Rasakan perawatan terbaik pada kulitmu dengan menggunakan krim ini. VK Skin, dengan bahan pilihan bahan yang berkualitas, hanya 187K”.

5. Memposting Konten dengan Rutin dan Konsisten

Cara promosi di Instagram selanjutnya adalah lakukan unggahan konten secara rutin dan juga konsisten. Ini bermanfaat untuk memudahkan kamu melihat dan berinteraksi dengan followers.

Adanya interaksi tersebut, diharapkan dapat menciptakan kegiatan jual beli berjalan dengan mudah. Selain itu, memposting konten dengan sering juga dapat meningkatkan branding bisnis. Sehingga, produk kamu pun semakin dikenal oleh orang. Namun, kamu juga perlu memperhatikan waktu terbaik untuk mempostingnya.

Upload konten secara rutin juga berfungsi untuk menjaga followers akun kamu dengan baik. Kamu bisa melakukan cara promosi di IG dengan membagikan foto maupun video setiap hari.

Dengan demikian, pengikut yang kamu miliki pun tidak akan meninggalkan bisnis kamu. Selain itu, pengikut baru pun akan muncul dan mulai mengikuti akun Instagram bisnis punyamu.

Jika nantinya kamu kehabisan stok foto dan video, maka kamu juga bisa memanfaatkan foto produk yang pernah pelanggan kirim maupun mention. Kamu juga bisa membuat konten yang berupa tulisan mutiara atau quotes, namun harus menggambarkan tentang produk.

Adanya cara promosi di IG, tentu akun Instagram bisnis kamu akan memiliki visibilitas yang terus meningkat. Oleh sebab itu, tidak heran jika nantinya pelanggan akan bertambah seiring waktu.

6. Menambahkan dan Gunakan Hashtag Khusus

Menggunakan hashtag pada postingan akan memudahkan kamu dalam melakukan cara promosi di Instagram. Hal ini karena hashtag dapat memudahkan orang ketika mencari sesuatu di media sosial, khususnya aplikasi Instagram.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan hashtag. Usahakan untuk menggunakannya tidak terlalu banyak dan menjadi spam. Selain itu, pastikan bahwa yang kamu gunakan masih berhubungan dengan konten yang akan kamu unggah.

Akan tetapi, jika ternyata akun kamu belum memiliki followers yang banyak, maka kamu dapat memanfaatkan hashtag yang sedang trend di Instagram.

Jika kamu menggunakan hashtag yang sedang trend. Maka kamu bisa membuat produk milikmu menjadi semakin terkenal dengan visibilitas konten yang meningkat dengan cara promosi di IG ini.

Dengan melalui hashtag, para calon pelanggan juga dapat dengan mudah menemukan produk kamu. Oleh karena itu, usahakan mulai sekarang untuk menambahkan hashtag (#) pada caption postingan.

Misalnya saja, jika kamu memiliki usaha fashion, maka kamu dapat menambahkan hashtag seperti, #fashionindonesia, #fashionjakarta, dan lain sebagainya.

7. Membangun Relasi dengan akun Instagram Sejenis

Cara promosi di Instagram yang berikutnya adalah membangun relasi. Kamu bisa memfollow akun Instagram yang sejenis dengan akun kamu terlebih dahulu. Setelah itu, tinggalkan komentar di postingan mereka. Namun, kamu jangan lakukan spam komentar jualan, lebih baik melakukannya secara soft selling.

Cara promosi di Instagram
Sumber: Envato

Pastikan ketika kamu melakukan cara promosi di IG yang satu ini, bahwa kamu sudah follow akun influencer. Ini bertujuan untuk menambah daftar rekomendasi followers.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti akun kompetitor sesuai produk yang kamu jual. Pastinya, kamu lihat terlebih dahulu bahwa feeds dan juga bio akun Instagram bisnis kamu lebih terlihat menarik.

Baca juga: Mudah! Ini 5 Cara Membuat Iklan di Instagram

Promosi Bisnis di Instagram Sekarang Yuk!

Itulah beberapa tips dan cara promosi di Instagram yang bisa kamu praktekkan untuk memasarkan sebuah produk atau bisnis secara digital. Dengan menggunakan cara promosi di IG tersebut, maka kamu bisa dengan mudah meningkatkan branding dan calon pelanggan. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!