• Home
  • Tips
  • 15+ Instagram Tools Terbaik Untuk Kebutuhan Marketing

15+ Instagram Tools Terbaik Untuk Kebutuhan Marketing

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Namun, selama beberapa tahun ke belakang, Instagram juga dikenal sebagai platform digital marketing yang cukup menjanjikan.

Bagaimana tidak, dalam sehari seseorang pasti mengakses Instagram.

Faktor inilah yang membuat para pebisnis, khususnya yang fokus bergerak di bidang digital berlomba-lomba memasarkan bisnisnya melalui Instagram.

Dan tak sedikit pula mereka memanfaatkan berbagai Instagram tools agar konten marketing mereka bisa menarik pelanggan.

Instagram tools
Sumber: Envato

Tetapi menemukan Instagram tools atau bisa kamu sebut IG tools yang bagus tidaklah mudah.

Coba deh cari kata kunci “Instagram” di App Store (iOS) atau Google Play Store (Android).

Kamu pasti akan ditampilkan ratusan hasil IG tools yang kemungkinan bikin kamu bingung harus download yang mana.

Nah, beruntunglah kamu karena kami, DomaiNesia, sudah membuat daftar IG tools yang recommended dan pastinya tools resmi sehingga keamanannya terjamin.

Terlebih tools di artikel ini cocok digunakan untuk pelaku bisnis yang ingin meningkatkan brand awareness terhadap calon pelanggan.

Instagram Tools Untuk Editing Foto

  1. Adobe Lightroom

Hingga kini, sudah ada banyak sekali aplikasi edit foto dan video yang bisa kamu gunakan.

Namun, Adobe Lightroom masih menjadi andalan banyak orang untuk meningkatkan kualitas kontennya, tak terkecuali untuk kebutuhan bisnis.

Dengan IG tools ini, kamu bisa lebih mudah editing foto yang kualitasnya ditingkatkan dengan menyesuaikan hue, saturation, exposure, shadows, dan lainnya.

Jika kamu belum terlalu jago mengedit foto, Adobe Lightroom menyediakan banyak pilihan filter preset yang bisa disesuaikan dengan suasana foto.

  1. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi editing foto milik Google yang secara konsisten menawarkan opsi pengeditan selektif menggunakan 29 tools dan fitur sehingga kamu bisa hanya mengubah bagian-bagian foto yang perlu diperbaiki.

Misalnya, menghapus elemen (misal gambar orang) dari foto, menyesuaikan bentuk geometri bangunan, mencerahkan saturasi gambar, dan menyempurnakan bentuk gambar dengan presisi luar biasa.

Snapseed bisa membantu kamu mengolah file gambar berekstensi JPG dan RAW sehingga menjadikannya aplikasi yang andal untuk kebutuhan fotografer profesional.

  1. VSCO

VSCO adalah salah satu aplikasi edit foto orisinal dan terpopuler yang pernah ada.

VSCO memiliki berbagai filter preset yang bisa kamu gunakan secara gratis dan beberapa diantaranya berbayar untuk tampilan foto yang lebih bervariasi.

Selain itu terdapat pula berbagai tools pengeditan foto yang tersedia untuk membantu meningkatkan kualitas foto kamu, seperti contrast dan saturation untuk menyempurnakan foto, grain untuk menambahkan tekstur pada foto, dan tools crop dan skew yang mengubah perspektif foto.

  1. Photoshop Express

Selain Adobe Lightroom, Photoshop juga bisa menjadi pendukung Instagram tools dalam kebutuhan editing foto yang lebih bagus.

Meskipun aplikasi Photoshop versi mobile tidak memiliki fitur selengkap Photoshop versi desktop, tapi kamu masih bisa menemukan beberapa fitur yang cukup powerful.

Contohnya fitur pembuat kolase (collages), filter, dan text tool.

  1. Canva

Sebenarnya Canva dapat digunakan untuk kebutuhan pembuatan konten di seluruh platform media sosial dan bahkan website.

Tetapi Canva terkenal memiliki banyak template keren untuk Instagram feed dan stories.

IG tools ini menawarkan akses ke lebih dari 8.000 template dan element gratis yang dapat kamu sesuaikan berdasarkan kebutuhan konten visual.

Canva juga selalu mengupdate pilihan template dan element seasonal sehingga penggunanya tak akan mudah bosan dengan template yang ada.

Instagram Tools Untuk Editing Video

  1. InShot

InShot adalah salah satu aplikasi Instagram tools terbaik untuk mengedit video karena sangat komprehensif.

Dengan InShot, kamu bisa trimming, cut, split, merge, dan crop suatu klip video.

Selain itu, IG tools ini membuat kamu sangat mudah menyesuaikan pengaturan seperti kecerahan dan saturasi.

Tak ketinggalan, InShot memiliki fitur untuk menambahkan musik ke video.

Khusus untuk kebutuhan konten Instagram, kamu bisa mengatur tampilan video agar sesuai ukuran feed Instagram.

  1. GoPro

Jika kamu merekam konten video luar ruang yang epik untuk Instagram menggunakan kamera GoPro, aplikasi GoPro akan membuat hidup kamu lebih mudah.

Saat proses merekam, gunakan handphone kamu untuk menyesuaikan pengaturan video atau time lapse sehingga kamu akan mendapatkan preview yang jelas dari hasil rekaman.

Setelah perekaman video selesai, barulah gunakan aplikasi GoPro untuk melakukan pengeditan seperti transisi, mempercepat atau melambatkan durasi video, mengatur perspektif dan warna video.

  1. CapCut

Beberapa waktu yang lalu, pengguna media sosial diramaikan dengan aplikasi editing video serbaguna bernama CapCut.

Rekomendasi Instagram tools ini sangat populer karena open source alias gratis dan cocok digunakan untuk editor pemula hingga expert.

CapCut memiliki segudang fitur dan efek transisi yang unik dan mudah diaplikasikan ke video.

Misalnya, pengaturan background, filter effect, adding music, dan lain sebagainya. Alhasil konten video kamu terlihat outstanding dan mudah menarik perhatian penonton konten.

  1. Magisto

Magisto adalah salah satu Instagram tools untuk editing video yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Sederhananya, aplikasi ini menggunakan AI untuk menemukan bagian terbaik dan paling menarik dari rekaman mentahan kamu untuk membuat video yang sesuai dengan penonton.

Magisto juga menggunakan algoritma tertentu untuk menggabungkan beberapa rekaman video, menambahkan efek dan transisi untuk meningkatkan kualitas konten video kamu ke level berikutnya.

Instagram tools
Sumber: Envato

Instagram Tools Untuk Otomatisasi Marketing

  1. Hootsuite

Hootsuite adalah tools penjadwalan yang memudahkan kamu dalam memposting konten di Instagram.

Gambar, video, dan Stories dapat di posting langsung dari dashboard Hootsuite di desktop atau smartphone.

Penerbit Hootsuite mencakup akses ke pustaka konten, komposer, editor gambar, dan built-in planner.

Bahkan setelah konten diterbitkan, kamu bisa memeriksa analitik dan menanggapi komentar langsung dari dashboard Hootsuite.

  1. Panoramiq Multiview

Selain berfokus pada kualitas konten, kamu juga bisa memantau siapa saja yang mention, comment, dan tag postingan Instagram kamu dengan menggunakan Panoramiq Multiview ke dalam dashboard Hootsuite.

Seperti namanya, IG tools ini membantu kamu untuk memonitor bagaimana orang-orang terlibat dengan akun bisnis kamu.

Selain itu, tools disebut multiview karena kamu bisa menambahkan beberapa akun ke dalam satu pengaturan sehingga bisa menghubungi orang lebih cepat.

  1. Mentionlytics

Mentionlytics merupakan tools yang dapat melacak siapa saja yang mention akun perusahaan kamu, akun kompetitor, dan keyword yang kamu gunakan di setiap postingan.

IG tools ini kompatibel dengan Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, dan Pinterest, serta sumber web lain seperti blog.

Dengan Mentionlytics, kamu bisa melihat di mana saja brand bisnis kamu paling banyak disebutkan atau di mention.

  1. Milkshake

Milkshake yang didirikan oleh Cyan dan Collis Ta’eed, pendiri Envato bertujuan untuk membantu usaha kecil dan solo entrepreneur (terutama wanita) dalam menghubungkan dan mengarahkan pelanggan ke link penting dari bisnisnya.

IG tools gratis ini memungkinkan pengguna dapat menyesuaikan template landing page yang menarik untuk berbagai tautan konten digital.

Misalnya link website online shop, e-commerce bisnis, foto atau video profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Dibuat oleh mitra resmi Instagram Iconosquare, Omnilink diluncurkan pada Mei tahun ini.

Seperti Milkshake, Omnilink menyatukan link bisnis atau link penting lainnya sehingga pelanggan bisa mendapatkan kumpulan informasi penting dalam satu tampilan landing page.

Selain itu, fitur analitik Omnilink dapat dilacak dari dasbor yang dapat dihubungkan dengan beberapa akun.

  1. Linktree

Linktree adalah IG tools yang menjawab permasalahan Instagram yang mana hanya bisa mencantumkan satu link di bio profil.

Linktree menggabungkan banyak link dari bisnis kamu ke dalam satu tampilan halaman sederhana sehingga orang lain bisa mengakses berbagai informasi berbeda melalui satu link.

Kamu bisa menautkan berbagai link, seperti link media sosial bisnis kamu selain Instagram, official website bisnis, situs e-commerce, dan lain sebagainya yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Instagram Tools Untuk Analitik Marketing

  1. Iconosquare

Iconosquare menawarkan audit gratis untuk akun bisnis Instagram kamu.

Instagram tools ini melakukan audit dengan mengevaluasi postingan konten kamu selama 30 hari terakhir.

Analisis dan evaluasi yang dilakukan aplikasi tersebut berdasarkan impression, engagement, dan performa konten di Instagram.

Dengan Iconosquare, kamu bisa mengetahui kinerja profil akun bisnis secara keseluruhan dan memberikan beberapa solusi dan tips untuk konten yang perlu ditingkatkan.

Selain tools audit, Iconosquare memiliki tools berbayar lain, terdiri dari tools analitik dan penjadwalan yang penggunaannya khusus Instagram dan Facebook.

  1. Ads Manager

Ads Manager adalah platform milik Facebook (yang kini telah berganti nama menjadi Meta) dan Instagram untuk membuat dan melacak perkembangan iklan (ads) yang dipasang pada konten tertentu.

IG tools untuk bisnis ini memberi pengiklan atau advertiser akses ke target iklan dan sekaligus menjalankan campaign iklan di kedua platform.

Setelah meluncurkan iklan, selanjutnya kamu bisa melakukan penyesuaian (adjustment), menanggapi komentar, dan melacak kinerja konten iklan berdasarkan jumlah orang yang mengakses iklan dan impresinya.

Lacak berapa banyak keuntungan yang kamu dapatkan dari iklan di bagian Amount spent dan Cost per result.

  1. Sprout Social

IG tools bisnis dan marketing terakhir yang bisa kamu coba adalah Sprout Social.

Aplikasi web dan mobile ini membantu kamu menganalisis performa konten bisnis di Instagram dan engagement penonton atau follower terhadap konten.

Sprout Social juga bisa berfungsi untuk memonitor perkembangan hashtag dan topik yang sedang trending di tengah pengguna media sosial.

Instagram Tools: Solusi Ampuh Mempercantik Konten Instagram Kamu

Eits, kamu tak perlu terburu-buru untuk mendownload semua Instagram tools yang kami rekomendasikan.

Tapi pada dasarnya aplikasi-aplikasi di atas adalah jenis-jenis IG tools yang paling banyak digunakan oleh influencer dan pelaku bisnis untuk mendukung kebutuhan marketing.

Kamu bisa lihat testimoni dan tutorial tiap IG tools tersebut di Youtube atau blog review untuk melihat kegunaan dan cara kerjanya.

Dengan memanfaatkan berbagai Instagram tools, kamu bisa buat konten bisnis kamu lebih rapi dan menarik.

Walaupun kamu harus menguasai skill tambahan dan meluangkan waktu lebih untuk membuat penyajian konten yang beda daripada lainnya.

Instagram tools
Sumber: Envato

Selain itu, kami sarankan untuk tingkatnya marketing bisnis di platform lain. Salah satunya dengan membuat website.

Jika kamu sudah punya website bisnis, tingkatkan terus promosi dan berbagai strategi marketing lainnya. Kira-kira, adakah IG tools yang kamu cari-cari dan butuhkan selama ini?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!