• Home
  • Tips
  • Mudah! Ini 5 Cara Membuat Iklan di Instagram

Mudah! Ini 5 Cara Membuat Iklan di Instagram

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Fitur iklan sangat membantu para pelaku bisnis untuk mempromosikan bisnis atau produk. Apa saja jenis iklan Instagram? Bagaimana cara membuat iklan di Instagram?

cara membuat iklan di Instagram
Sumber: Freepik

Apa Itu Iklan Instagram

Iklan Instagram adalah postingan feeds atau story berbayar dari sebuah akun bisnis untuk dipromosikan ke timeline pengguna, biasanya ditandai dengan label Sponsored dan tombol CTA (Call to Action).

Jenis Iklan Instagram

Sebelum mengetahui cara membuat iklan di Instagram, kamu perlu mengetahui jenis iklan yang bisa disesuaikan dengan goals iklan, diantaranya stories, foto, video, carousel, collection, explore, IGTV dan Instagram shopping.

Iklan stories adalah postingan stories dengan CTA swipe up di bawah. Manfaatkan fitur stories seperti filter wajah, efek video dan teks untuk membuat promosi lebih menyenangkan dan kreatif.

Iklan foto dengan visual yang baik bisa membantu brand menampilkan produk dan layanan yang ditawarkan.

Jangan lupa untuk memperhatikan CTA yang akan mendukung goals beriklan, apakah ingin mengarahkan ke website atau profile? Atau ingin mendorong pengguna melakukan pembelian?

Iklan video Instagram berdurasi sampai satu menit, sehingga kamu bisa memberikan gambaran lebih dekat tentang brand ke pengguna.

Agar video yang kamu iklankan lebih efektif mencapai goals, utamakan branding di beberapa detik pertama untuk membuat pengguna tertarik melihatnya.

Iklan carousel bisa menampilkan maksimal 10 foto produk atau cerita dalam satu kali postingan.

Iklan collection menawarkan fitur e-commerce di mana pengguna bisa membeli produk langsung dari iklan. Pengguna akan diarahkan ke etalase Instagram ketika mengklik iklan.

Iklan explore akan muncul ketika pengguna mengklik foto atau video dari halaman explore mereka.

Setelah beriklan, jangan lupa untuk cek Insight untuk melacak iklan yang sudah berjalan agar bisa mengevaluasi dan merencanakan strategi untuk iklan selanjutnya.

Cara Membuat Iklan di Instagram

Ada dua cara membuat iklan di Instagram, yaitu dengan langsung mempromosikan di aplikasi dan menggunakan Facebook Ads Manager.

Mempromosikan postingan yang memiliki engagement tinggi di aplikasi Instagram adalah cara yang paling mudah dan cepat. Kamu harus memiliki akun Instagram bisnis dan menghubungkannya dengan Facebook Business Page.

Kemudian buka postingan yang akan diiklankan dan klik Promote di bawah postingan. Lengkapi targeting audiens, tombol CTA, budget iklan dan durasi iklan. Setelah itu, klik Create Promotion.

Cara Membuat Iklan di Instagram menggunakan Facebook Ads Manager

Fitur iklan untuk Facebook dan Instagram saling terintegrasi. Cara membuat iklan di Instagram yang kedua adalah menggunakan Facebook Ads Manager dengan menargetkan audiens dan memantau performa iklan.

Kamu wajib membuat Facebook Page dan menghubungkannya dengan akun Instagram dan Facebook Ads Manager.

cara membuat iklan di Instagram
Sumber: Freepik

Langkah 1: Pilih Tujuan Beriklan

Cara membuat iklan di Instagram dengan Facebook Ads Manager yang paling awal, buka Ads Manager dan klik +Create. Ada dua pilihan yaitu Guided Creation dan Quick Creation. Bagi pemula, Guided Creation adalah pilihan yang tepat. Kamu akan dipandu dengan langkah-langkah untuk membuat campaign iklan. Sedangkan Quick Creation, cocok untuk kamu yang sudah pernah membuat iklan Facebook. Untuk menggunakan ini, klik Switch to Quick Creation.

Sekarang, kita gunakan Guided Creation. Selanjutnya kamu memilih tujuan beriklan yang ada di Facebook Ads Manager, diantaranya:

  • Brand Awareness: Meningkatkan kesadaran terhadap bisnis atau produkmu diantara pengguna Instagram yang belum pernah mendengar tentang bisnismu.
  • Reach: Menampilkan iklan pada sebanyak mungkin pengguna.
  • Traffic: Agar pengguna Instagram mengklik ke website, aplikasi atau URL bisnismu.
  • App installs: Mendorong pengguna Instagram mendownload aplikasi bisnismu.
  • Engagement: Meningkatkan jumlah komentar, likes, share, event response dan claim offer.
  • Video views: Menayangkan video iklan ke para pengguna.
  • Lead generation: Mengumpulkan data dari pengguna yang mengklik iklan.
  • Messages: Mendorong pengguna mengirim pesan ke akun bisnismu.
  • Conversions: Mendorong penjualan dan konversi pendaftaran di website atau aplikasimu.
  • Catalog sales: Mempromosikan produk dari katalog toko onlinemu.
  • Store traffic: Mengarahkan pengguna ke lokasi toko offlinemu.

Setelah memilih tujuan iklan, kamu akan diminta memberi nama campaign. Kamu bisa memilih nama yang lebih spesifik selain “brand awareness” agar lebih mudah melacak campaign.

Langkah 2: Menargetkan Audiens

Cara membuat iklan di Instagram selanjutnya adalah menargetkan siapa yang akan melihat iklanmu. Target audiens ini meliputi lokasi, usia, jenis kelamin dan minat.

Langkah 3: Pilih Penempatan Iklan

Di bagian penempatan, kamu bisa memilih dimana iklanmu akan muncul di Facebook dan Instagram. Ada dua pilihan:

  • Automatic Placements: Iklan akan tampil di manapun tempat yang dianggap iklan akan berjalan dengan baik.
  • Manual Placements: Iklan akan hanya muncul di story atau feeds.

Langkah 4: Pilih Biaya dan Jadwal Iklan

Biaya iklan Instagram dipengaruhi banyak faktor diantaranya penargetan, penempatan iklan, format iklan dan lama beriklan.

Kontrol biaya iklan Instagram dengan menetapkan batas pengeluaran, anggaran harian dan strategi penawaran (bidding). Semakin banyak biaya yang dikeluarkan, akan semakin banyak audiens yang menjangkau iklan.

Kamu bisa memilih anggaran harian, anggaran harian maksimum atau anggaran seumur hidup. Kamu juga bisa memilih iklan berjalan secara terus menerus atau hanya pada waktu tertentu.

Facebook Ads Manager memiliki opsi pengoptimalan dan bid strategi yang dapat disesuaikan dengan tujuan campaign.

Saat kamu memilih ini, Estimated Daily Reach di kolom sebelah kanan akan memberi info berapa banyak orang yang akan menjangkau iklanmu.

Langkah 5: Buat Iklan

Cara membuat iklan di Instagram yang terakhir adalah memilih jenis iklan. Setelah di awal tadi sudah menentukan tujuan beriklan, pada tahap ini kamu bisa menentukan jenis konten yang menarik dan bisa mendapatkan respon terbaik dari pengguna.

Setelah memilih gambar atau video, buat copy iklan, pilih opsi pembayaran, review iklan dan klik konfirmasi. Kamu juga bisa memilih CTA dan URL tujuan yang akan dibuka orang ketika pengguna mengklik iklanmu.

Pada bagian Tracking, kamu bisa melacak konversi melalui Facebook Pixel di websitemu. Ini akan memberi info bagaimana audiensmu berinteraksi dengan bisnismu setelah mengklik iklan.

Setelah klik Confirm, iklanmu siap tayang!

cara membuat iklan di Instagram
Sumber: Freepik

Tips Beriklan di Instagram

Setelah mengetahui cara membuat iklan di Instagram, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar iklanmu menarik. Hal tersebut antara lain mengenali audiens, caption yang singkat tetapi bisa mengajak audiens mengklik CTA, menanggapi setiap pertanyaan di kolom komentar, serta mengevaluasi iklan untuk mendapatkan hasil maksimal dari anggaran iklan dan strategi iklan selanjutnya. Selamat beriklan!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!