• Home
  • Berita
  • Memahami HTTP Adalah Protokol Penting Dalam Komunikasi Internet

Memahami HTTP Adalah Protokol Penting Dalam Komunikasi Internet

Oleh Ratna Patria

Sebab, pada dasarnya semua website dan web resource lain terhubung dengan protokol yang kini kamu kenal sebagai HTTP.

Sejatinya istilah HTTP adalah istilah yang tak asing di telinga banyak pengguna internet.

Nah, jika kamu analogikan seperti orang yang menelepon customer service, maka HTTP adalah seperti mesin telepon yang mengatur dan menghubungkan komunikasi antara pelanggan (client) dengan pihak customer service (server).

Si customer service akan menjawab segala pertanyaan pelanggannya dengan bantuan mesin telepon sebagai protokol.

Jika kamu memahami konsep analogi itu, maka kamu sudah tahu gambaran garis besar apa itu HTTP untuk perangkat jaringan online seperti internet.

HTTP Adalah
Sumber: Envato

Tapi apakah kamu bakal bisa menjelaskan apa itu HTTP secara teknis?

Pada artikel ini, DomaiNesia akan mencoba membahas secara lengkap apa itu HTTP, bagaimana cara kerjanya, dan karakteristik HTTP dalam dunia internet yang mudah kamu pahami.

Dengan begitu, kita semua semakin memahami dan menyadari betapa pentingnya protokol tersebut dalam komunikasi antar jaringan.

Apa Itu HTTP?

Hypertext Transfer Protocol atau HTTP adalah dasar dari World Wide Web (WWW) yang digunakan untuk memuat halaman web menggunakan tautan hypertext.

HTTP adalah dasar dari setiap pertukaran data di web dan merupakan protokol client-server yang berarti permintaan diinisiasi oleh penerima, biasanya web browser.

Dengan HTTP, client dan server dapat saling berkomunikasi dengan bertukar pesan.

Pesan yang dikirim oleh client, biasanya web browser, disebut requests dan pesan yang dikirim oleh server sebagai jawaban disebut responses.

HTTP adalah protokol yang dapat diperluas yang telah berkembang dari waktu ke waktu sejak rancangan pertamanya pada awal tahun 1990-an.

HTTP adalah protokol lapisan aplikasi yang dikirim melalui TCP atau melalui koneksi TCP yang terenkripsi TLS.

Karena ekstensibilitas nya, kita memahami apa itu HTTP berdasarkan kegunaannya yang tidak hanya untuk mengambil dokumen hypertext, tetapi juga gambar dan video atau untuk mengirim konten ke server, misalnya hasil formulir HTML.

HTTP juga dapat digunakan untuk mengambil bagian dokumen untuk memperbarui halaman web sesuai permintaan.

Cara Kerja HTTP Dalam Web

Setiap kali kamu mengunjungi suatu halaman di web, komputer akan menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) untuk mengunduh halaman itu dari komputer lain di suatu tempat di internet.

Dengan begitu, browser sebagai client akan menyajikan tampilan web yang kamu minta.

Berikut ini pemahaman apa itu HTTP berdasarkan cara kerjanya di internet ketika mengakses suatu halaman web.

  1. Browser langsung ke URL

Misalnya, saat kamu ingin browsing di web, kita bisa menggunakan banyak jenis komputer (seperti laptop, desktop, dan ponsel), selama komputer tersebut memiliki aplikasi browser yang diinstal.

Nah, pengguna bisa mengakses web dengan mengetikkan Uniform Resource Locator (URL) di browser, contohnya http://www.contoh.com.

Seperti yang bisa kamu lihat, dalam URL tersebut terdapat HTTP. Di sinilah kita bisa mengetahui fungsi apa itu HTTP adalah membantu web client mencari resource web di browser.

  1. Browser Mencari IP

Setelah itu, nama domain dari URL http://www.contoh.com diubah ke dalam format alamat IP untuk mencari resource web terkait.

Pencarian alamat IP berdasarkan nama domain ditangani oleh Domain Name System (DNS). Browser menggunakan resolver DNS untuk memetakan domain ber-HTTP ke alamat IP.

  1. HTTP Request Dari Browser

Setelah browser mengidentifikasi alamat IP komputer yang menghosting URL yang diminta, browser akan mengirimkan HTTP request.

Apa itu HTTP request? HTTP request adalah cara platform komunikasi internet seperti browser web meminta informasi yang mereka butuhkan untuk memuat website.

Setiap HTTP request yang dibuat di internet membawa serangkaian data berbagai jenis informasi. HTTP request umumnya terdiri dari tipe versi HTTP, URL, HTTP method, header HTTP request, dan badan HTTP opsional.

Supaya lebih memahami apa itu HTTP, browser akan memproses HTTP request dengan format seperti berikut:

GET /index.html HTTP/1.1

Host: www.contoh.com

Kata pertama dari format request HTTP adalah kata kerja HTTP: ‘GET’. Selain GET, ada kata kerja lain yang berfungsi untuk jenis tindakan lain di web, seperti mengirimkan data formulir (‘POST’).

Bagian selanjutnya menentukan jalur: ‘/index.html’. Komputer host menyimpan konten seluruh website, jadi browser harus spesifik tentang halaman mana yang akan dimuat.

Bagian terakhir dari baris pertama yang menentukan protokol dan versi protokol: ‘HTTP/1.1’.

Sedangkan baris kedua menentukan domain dari URL yang diminta. Hal ini berguna jika komputer host menyimpan konten untuk beberapa situs web.

HTTP Adalah
Sumber: Envato
  1. HTTP Responses Dari Host

Setelah komputer host menerima HTTP request, komputer host yang sama juga akan mengirimkan kembali respons dengan memuat konten dan metadata yang merupakan resource web.

Hasil HTTP responses dituliskan seperti berikut:

HTTP/1.1 200 OK

Respons resource web mulai ditampilkan melalui format protokol dan versi, ‘HTTP/1.1’.

Angka berikutnya, 200, adalah kode status HTTP yang sangat penting karena mewakili pengambilan dokumen yang berhasil yang dinotasikan dengan status ‘OK’.

Jika server gagal mengambil dokumen, kode status memberikan informasi kegagalan karena kesalahan pengguna atau kesalahan server.

Misalnya, kode status paling terkenal yaitu 404 File Not Found yang terjadi setiap kali kamu mengunjungi halaman web di server yang tidak sesuai dengan dokumen apa pun.

Tak jarang pengguna memiliki kebiasaan salah mengetik URL sehingga kode error 404 sering terjadi.

Bagian selanjutnya dari respons HTTP adalah header yang berfungsi memberikan detail halaman web tambahan kepada browser dan membantu browser merender konten.

Kamu bisa memahami apa itu HTTP header berdasarkan isinya yang terdiri dari informasi teks yang disimpan dalam pasangan key-value dan disertakan dalam setiap HTTP request dan HTTP responses.

Header ini mengkomunikasikan informasi inti, seperti browser apa yang digunakan klien hingga data apa yang diminta.

Berikut ini contoh header yang umum dihasilkan sebagian besar permintaan:

Content-Type: text/html; charset=UTF-8

Content-Length: 208

Kata “Content-Type” memberitahu browser jenis dokumen apa yang dikirim kembali.

Misalnya, yang paling umum dihasilkan HTTP adalah ‘teks/html’ karena pada dasarnya semua halaman web adalah file teks HTML.

Selain HTML, browser juga bisa menampilkan format lain, seperti gambar (‘gambar/png’), video (‘video/mpeg’), script (‘aplikasi/javascript’) dan apa pun yang dapat kamu muat di browser.

“Content-Length” memberi informasi panjangnya dokumen dalam satuan byte yang membantu browser mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh file.

Hasilnya, HTTP response akan menampilkan dokumen sebenarnya yang diminta.

Karakteristik Dasar HTTP

Berdasarkan peran pentingnya dalam pertukaran data di web antara client dan server, karakteristik HTTP adalah sebagai berikut.

  • Sederhana

Para ahli komputer memahami apa itu HTTP agar dirancang sesederhana mungkin sehingga dapat dibaca manusia, bahkan dengan kerumitan lain yang diperkenalkan di versi HTTP/2 yang mengenkapsulasi pesan HTTP ke dalam frame website.

Pesan HTTP dapat dibaca dan dipahami oleh manusia sehingga memberikan proses pengujian yang lebih mudah bagi developer dan mengurangi kompleksitas bagi developer pemula.

  • Dapat diperluas

Diperkenalkan dalam HTTP/1.0, header HTTP membuat protokol ini mudah untuk diperluas dan dicoba.

Fungsionalitas terbarunya bahkan dapat diperkenalkan dengan kesepakatan sederhana antara client dan server tentang semantik header baru.

  • Stateless, Tapi Bukan Sessionless

HTTP adalah stateless atau tidak memiliki tautan antara dua request yang dilakukan secara berurutan pada koneksi yang sama.

Karakteristik HTTP ini malah menjadi masalah bagi pengguna yang mencoba berinteraksi dengan halaman tertentu secara koheren.

Misalnya saat mengakses e-commerce untuk mencari suatu barang secara online.

Tapi sementara inti dari apa itu HTTP adalah stateless, sementara cookie HTTP memungkinkan penggunaan session web yang stateful.

Berdasarkan ekstensibilitas header, cookie HTTP ditambahkan ke alur kerja yang memungkinkan pembuatan session pada setiap HTTP request untuk berbagi konteks atau status yang sama.

  • Koneksi

Koneksi web dikendalikan pada transport layer sehingga pada dasarnya berada di luar cakupan HTTP. HTTP tidak memerlukan protokol transport yang mendasarinya untuk berbasis koneksi.

HTTP hanya diharapkan untuk dapat diandalkan atau minimal tidak menghilangkan pesan.

Di antara dua protokol transport yang umum ditemukan di internet, TCP adalah protokol yang dapat diandalkan, sedangkan protokol UDP tidak.

Oleh karena itu, HTTP bergantung pada standar TCP yang berbasis koneksi.

HTTP adalah Bagian yang Tak Bisa Lepas Dari Internet

Bila kita tarik kesimpulan, HTTP adalah protokol lapisan aplikasi (application layer) yang membantu satu perangkat jaringan (komputer) mentransfer atau melakukan pertukaran suatu informasi ke perangkat lain.

Pertanyaan apa itu HTTP secara teknis tak akan jauh-jauh dari konsep keterlibatan client membuat permintaan ke server lalu server mengirimkan pesan atau hasil respons ke client.

Pada dasarnya, HTTP bukanlah protokol jaringan yang paling aman sehingga masih bisa mendapatkan ancaman kebobolan sistem.

Maka dari itu, peran HTTPS menjadi sangat penting dalam komunikasi jaringan yang lebih aman.

HTTP Adalah
Sumber: Envato

Kamu bisa mentransformasikan HTTP menjadi HTTPS melalui penambahan sistem keamanan website dengan SSL berkualitas terbaik dari DomaiNesia, lho!

Dengan SSL, proses transfer data dalam internet akan lebih aman dan mengurangi potensi kehilangan data karena human error atau usaha hacking.

Oke, semoga artikel penjelasan apa itu HTTP dari DomaiNesia ini senantiasa menambah wawasan kamu dalam dunia digital ya. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah