• Home
  • Berita
  • SEO Penting untuk Meningkatkan Traffic Bisnis Online

SEO Penting untuk Meningkatkan Traffic Bisnis Online

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Seiring berkembangnya teknologi membuat banyak orang mulai meninggalkan cara-cara yang konvensional dalam memasarkan dan memperkenalkan bisnisnya. Saat ini hampir semua pelaku bisnis telah bergeser ke platform digital sebagai media promosi seperti website, blog, media sosial, dll.

Sama halnya dengan penjualan offline dan berjualan online pun membutuhkan platform yang tepat untuk meningkatkan traffic pada situs usaha online kamu.

Nama Domain Membantu Peringkat Pencarian

Traffic dapat diartikan sebagai pengunjung yang datang ke website kamu. Traffic datang dari berbagai tempat di internet dari search engine, Facebook, Twitter, YouTube, forum online, atau website lainnya.

Biasanya semakin tinggi traffic semakin besar pula potensi pendapatan kamu. Ada banyak cara meningkatkan traffic pada situs bisnis, salah satunya adalah dengan menggunakan SEO ( Search Engine Optimisation).

Nama domain juga merupakan salah satu faktor penting yang menentukan peringkat pencarian. Jika ada user yang mencari kata kunci yang sama dengan nama domain, search engine akan menganggap domain tersebut adalah hasil yang relevan.

Sejalan dengan hal tersebut, website akan lebih banyak mendapatkan klik. Sama seperti ekstensi generik lainnya, .COM, .NET, dan .ORG, .XYZ adalah ekstensi generik yang telah terindeks dan terverifikasi oleh Google.

meningkatkan traffic
Sumber: Pixabay

Beberapa Manfaat SEO untuk Bisnis

SEO merupakan salah satu elemen penting dalam meningkatkan traffic. Karena dengan menggunakan SEO website kamu akan dengan mudah ditemukan pada berbagai mesin pencari bahkan dapat menjadi nomor 1 pada search engine. Saat ini masih banyak bisnis online yang melakukan iklan secara gencar di media sosial tetapi traffic nya masih rendah atau profitnya masih kurang.

Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor yang kurang tepat satunya kurang populernya situs tersebut. SEO dilakukan guna meningkatkan brand awareness suatu produk caranya dengan membuat situs/website berada pada jajaran teratas pada daftar mesin pencari seperti Google, Yahoo Search, Bing, Opera Mini , dll. Berikut adalah beberapa manfaat SEO untuk bisnis:

  1. Meningkatkan traffic dan penjualan usaha

Semakin banyak orang yang mengunjungi situs kamu, meskipun hanya untuk melihat produk atau mencari informasi maka akan semakin naik traffic kamu. Dengan meningkatnya traffic website, maka peluang meningkatnya penjualan kamu akan lebih besar.

  1. Hemat biaya

Ingat prinsip ekonomi, mengeluarkan modal sekecil-kecilnya dan mendapatkan pendapatan sebesar-besarnya? SEO adalah platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis kamu. Teknik SEO bisa benar-benar gratis atau tanpa biaya jika kamu mengerti bagaimana cara kerjanya.

meningkatkan traffic
Sumber: Pixabay
  1. Rekap data customer

Dengan menggunakan SEO kita akan mendapatkan data customer yang lengkap. Sehingga kita dapat mengetahui apa yang diinginkan para konsumen kita dan dapat melakukan inovasi-inovasi untuk bisnis kita kedepannya.

  1. Mendapatkan pengunjung tertarget

Pengguna internet yang mengetikan suatu keyword pada mesin pencari, sebagian besar karena memang membutuhkan banyak informasi perihal keyword tersebut. Dengan kata lain pengunjung yang berkunjung ke suatu situs melalui search engine merupakan pengunjung yang tertarget atau pengunjung potensial.

Memilih Platform yang Tepat

Salah satu hal yang membuat sebuah bisnis berjalan dengan baik adalah dengan memilih platform yang tepat sebagai media promosi. Dengan begitu, kamu dapat menekan biaya promosi namun tetap mendapatkan income sesuai yang kita inginkan.

Jika belum memiliki budget untuk menggunakan SEO dari professional, maka kamu bisa pelan-pelan mempelajari bagaimana menggunakan Teknik SEO ini. Hal ini bisa diterapkan oleh para pebisnis pemula, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

meningkatkan traffic
Sumber: Pixabay

Itulah beberapa manfaat penggunaan SEO (Search Engine Optimisation) sebagai salah satu teknik pemasaran atau promosi barang dan jasa yang kamu jual. Berbagai macam strategi marketing dengan berbagai platform media memang harus dioptimalkan guna meningkatkan brand awareness suatu produk.

Baca juga : jasa SEO terbaik indonesia

Sebagai pemilik usaha ada baiknya kita memilih dan mempelajari berbagai macam teknik digital marketing agar dapat terus meningkatkan dan mengembangkan bisnis kamu.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds