• Home
  • Berita
  • Apa itu cPanel Hosting? Inilah Pengertian, Fungsi & Jenisnya

Apa itu cPanel Hosting? Inilah Pengertian, Fungsi & Jenisnya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Salah satu hal penting saat membuat website adalah memilih layanan hosting. Tapi ada hal lain yang juga tak kalah penting, yaitu memastikan bahwa layanan tersebut menggunakan cPanel hosting. Terutama, kalau kamu masih pemula.

Apa itu cPanel hosting? Gampangnya, panel yang berisi informasi untuk mengelola penggunaan sumber daya di hosting dan website dengan lebih mudah. Kamu tidak perlu repot coding untuk mengubah pengaturan dasar di website.

Jadi, bagaimana penjelasan lengkapnya tentang hosting cPanel? Artikel ini akan menjelaskan semua informasi penting yang kamu butuhkan. Jadi, mari kita terus membaca sampai selesai.

cpanel hosting
Sumber: Envato

Apa itu cPanel hosting?

cPanel adalah sebuah panel yang digunakan untuk mengatur hosting dengan cara yang lebih mudah. Itu alasan kenapa banyak orang yang menyebutnya sebagai cPanel hosting.

Dengan pengaturan yang mudah, pemilik website bisa membuat website mereka bekerja dengan baik dan membuatnya sesuai keinginan. Semua itu bisa dilakukan tanpa mengutak-atik bagian yang tidak perlu, bahkan lewat coding. Ini penting supaya website tidak rusak atau gagal diakses.

Kamu sudah mulai tahu apa itu cPanel hosting?

Coba pikirkan cPanel hosting seperti sebuah dashboard yang menampilkan semua informasi hosting di satu tempat. Kamu bisa mengakses pengaturan server yang akan mempengaruhi kinerja website.

Secara umum, di dalam cPanel kamu bisa mengatur berbagai hal seperti file management, monitoring sumber daya, email management, memeriksa keamanan website, dan lain-lain. cPanel juga digunakan untuk membuat website baru, mengatur ruang hosting, membuat akun email, dan masih banyak lagi.

Oh ya, banyak perusahaan web hosting murah memberikan cPanel kepada pelanggan mereka sebagai bagian dari paket hosting. Ini menunjukkan bahwa mereka sangat percaya pada cPanel. Selain alasan fungsi, tampilan cPanel juga ramah pemula. Itu sebabnya cPanel adalah dashboard yang sangat populer dan sudah dipakai di lebih dari 70 negara.

Nah, bagaimana kalau kita melihat fungsi cPanel hosting secara lebih jauh?

Fungsi cPanel Hosting

Inilah fungsi cpanel hosting yang perlu kamu pelajari sebelum kamu mulai menggunakannya:

1. File Management

Salah satu fungsi utama dari cPanel hosting adalah untuk mengatur file.

Di cPanel, ada sebuah alat yang disebut File Manager yang bisa membantu kamu melakukan banyak hal dengan file tersebut. Caranya mudah, masuk ke menu File dan File Manager di tampilan utama cPanel.

Dengan menggunakan cPanel, kamu bisa melakukan banyak hal dengan file-file kamu. Kamu bisa mengunggah, mengunduh, menghapus, dan mengedit file. Kamu juga bisa membuat folder baru dan mengubah izin akses file menggunakan cPanel File Manager.

Selain itu, ada fitur menarik lainnya yang disebut Web Disk di cPanel hosting ini. Fitur ini memungkinkan kamu mengakses file-file website kamu seperti drive di komputer sendiri. Keren, kan?

2. Email Management

Selain mengatur file, cPanel hosting juga memiliki fitur untuk email management.

Di cPanel, ada banyak tools untuk membantu mengelola email dengan mudah. Caranya, kamu bisa klik menu Email di tampilan utama cPanel hosting. Dengan tools pada pengelolaan email cPanel hosting, mengatur beberapa hal sebagai berikut:

  • Akun Email — membuat akun email untuk domain dan subdomain. Termasuk pengaturan kata sandi, ruang penyimpanan, dan batasan untuk setiap akun email.
  • Forward Messages — mengatur email forward dari akunmu ke alamat atau layanan lain.
  • Auto Reply — mengatur balasan otomatis untuk emailmu berdasarkan waktu, tanggal, subjek, atau pengirim. Kamu juga bisa menyesuaikan pesan dan jeda otomatis.
  • Filter Message — mengatur email yang kamu saring. Kamu bisa urutkan, edit, atau hapus pesan yang masuk berdasarkan kata kunci dan lainnya.
  • Perlindungan Spam — mengatur perlindungan dari email spam. Kamu juga bisa membuat daftar yang diizinkan atau yang diblokir.

Ingin menikmati layanan email yang memberikan gratis nama domain sendiri dan storage lega? Gunakan layanan email hosting dari Domainesia.

Baca Juga: Cara Menggunakan Manage API Tokens cPanel Hosting

3. Database Management

Melakukan database management merupakan fungsi cPanel hosting juga. Maksudnya, kamu bisa membuat dan menghapus database, serta melakukan perubahan pada database yang diinginkan.

Bukan cuma itu, tapi manajemen hosting cPanel ini juga termasuk mengelola pengguna dan perizinan, serta mengakses tool database seperti phpMyAdmin dan MySQL Wizard. Selain itu, fungsi cPanel juga mencakup impor dan ekspor data, menjalankan query SQL, serta mengoptimalkan dan memperbaiki tabel.

Secara umum, inilah fitur dari cPanel yang bisa digunakan untuk hosting:

  • MySQL Database Wizard — panduan untuk mengelola database MySQL, membuat akun pengguna, dan memberikan izin khusus sehingga mereka bisa membuka dan mengubah database.
  • Database MySQL — membuat, mengatur, menghapus database MySQL dan pengguna database-nya. Itu termasuk membuat database dan pengguna baru dan mengubah izin pengguna.
  • phpMyAdmin — mengatur data dalam database MySQL dengan mudah. Bisa juga untuk mengambil dan menyimpan data, menjalankan query SQL, dan memperbaiki tabel.
  • Remote MySQL — membolehkan perangkat lain mengakses database MySQL di akunmu secara remote. Kamu bisa menambah atau menghapus alamat IP atau nama server, dan lainnya.

    cpanel hosting
    Sumber: Envato

4. Domain Management

Fungsi selanjutnya dari cPanel hosting adalah pengaturan domain untuk website yang ada di dalam hosting tersebut.

Fungsi cPanel hosting mencakup tidak hanya domain utama, tetapi juga subdomain dan parked domains. Untuk melakukan perubahan pada DNS, mengubah alamat IP website, dan melakukan redirects, semuanya dapat dilakukan melalui menu domain yang terdapat pada tampilan utama cPanel.

Beberapa tool yang ada pada manajemen domain yang ditawarkan cPanel adalah:

  • Domain — membantu kamu untuk mengelola beberapa domain dari satu akun cPanel.
  • Subdomain — memudahkan membuat dan mengelola subdomain. Ini termasuk menetapkannya sebagai root dokumen, dan mengaktifkan atau menonaktifkan redirects.
  • Aliases — untuk membuat dan atur domain tambahan untuk domainmu. Kamu bisa bikin domain baru, aktifkan atau matikan pengalihan, dan atur status SSL domainmu dengan alat ini.
  • Redirects — untuk memudahkan pengalihan dari satu URL ke URL lainnya, cPanel menyediakan pilihan jenis pengalihan dan cara pengalihannya..
  • Zone Editor — mengatur cara domainmu bekerja dengan layanan lain di internet, seperti email atau web hosting. Bisa digunakan untuk menambah, mengedit, atau menghapus pengaturan DNS yang berbeda, seperti A, CNAME, MX, TXT, dan SRV.
  • Dynamic DNS — bisa membantumu membuat dan mengatur catatan Dynamic DNS untuk domainmu. Kamu juga bisa membuat token API dan mengatur perangkat atau layanan dengan dynamic DNS.

5. Security Management

Salah satu fungsi cPanel hosting lainnya adalah memudahkan pengelolaan keamanan hosting dan website. Dengan begitu, kualitas website security dapat ditingkatkan.Jadi, tidak mudah diakses oleh hacker.

DI dalam menu manajemen keamanan memiliki beberapa fitur perlindungan. Ada beberapa yang bersifat tambahan dan beberapa bersifat wajib. Nah, salah satu fitur wajib adalah mengaktifkan sertifikat SSL. Apa saja fitur keamanan lainnya yang tersedia di CPanel hosting?

  • SSL/TLS — membantu untuk menginstal dan mengelola sertifikat SSL untuk domain dan subdomain. Wajib diaktifkan untuk melindungi website kamu dari serangan hacker.
  • Autentikasi Dua Faktor — membantu aktivasi perlindungan ganda, untuk mengaktifkan dan mengkonfigurasi otentikasi dua faktor (2FA). Ini untuk membantu mencegah akses yang tidak diinginkan ke akun kamu ketika seseorang sudah mengetahui password-nya.
  • IP Blocker — akan memudahkan kamu untuk memblokir akses ke website kamu dari alamat IP atau range IP tertentu. Dengan cara ini bisa melindungi website dari spam dan serangan siber lainnya.
  • Akses SSH — untuk mengaktifkan dan mengkonfigurasi akses SSH untuk akun cPanel. Fungsi cPanel meliputi enable dan disable akses SSH, dan lainnya.

6. Instalasi Software

Selanjutnya, fungsi cPanel hosting adalah membantu pengguna awam  menginstal software untuk membangun website. Tanpa cPanel hosting, pengguna harus menginstal dengan coding dan mengunggah file melalui FTP.

Umumnya, kamu akan menggunakan Softaculous untuk menginstal berbagai sistem manajemen konten seperti WordPress, Drupal, Joomla, dan lainnya. Dengan Softaculous, kamu dapat menginstal berbagai jenis website seperti forum, blog, solusi e-commerce, dan lain-lain.

Beberapa instalasi software yang ditawarkan cPanel adalah:

  • Softaculous — memungkinkan instalasi lebih dari 400 paket software dan aplikasi untuk membangun website dengan beberapa klik. Umumnya menggunakan Softaculous.
  • WordPress Manager — menu khusus untuk mengelola website WordPress, mulai dari instalasi, menghapus, dan memodifikasi instalasi yang sudah dilakukan.

7. Metrics

Berapa jumlah pengunjung websitemu dalam satu bulan ini? Atau berapa banyak bandwidth yang telah kamu gunakan untuk website tersebut?

cPanel hosting akan membantumu mendapatkan informasi tersebut. Kamu bisa mendapatkannya di menu metrics yang terletak di tampilan utama cPanel. Jangan abaikan informasi ini karena berkaitan dengan performa website kamu.

Sebagai contoh, kalau jumlah pengunjungmu sudah cukup banyak, kamu mungkin perlu melakukan upgrade layanan hosting. Jadi, bisa memastikan kenyamanan pengunjung saat mengaksesnya.

Apa saja fitur menarik yang ada di menu Metrics pada cPanel hosting?

  • Visitor — melihat informasi kunjungan terakhir ke websitemu.Kamu bisa tahu IP, negara, browser, sistem operasi, dan waktu pengunjungmu di website.
  • Bandwidth — melihat berapa banyak data yang digunakan websitemu dalam waktu tertentu berdasarkan bulan, hari, atau jam. Bisa juga melihat penggunaannya berdasar jenis aktivitas
  • Errors — melihat error yang terjadi pada website kamu, termasuk melihat melihat pesan error, tanggal, dan alamat IP dari error tersebut.
  •  Awstats — melihat statistik lalu lintas dari perangkat lunak Advanced Web Statistics (AWStats). Kamu juga bisa melihat jumlah kunjungan, halaman, klik, dan jumlah byte untuk website kamu.
  • Webalizer — membantumu mengetahui berapa banyak pengunjung yang datang. Tool ini memeriksa data dari server web dan membuat laporan dengan gambar agar pengguna mudah memahaminya.
  • Analog Stats — Melihat statistik pengunjung website menggunakan software Analog. Kamu bisa tahu juga banyaknya request, halaman yang dikunjungi, dan ukuran data yang ditransfer.

    cpanel hosting
    Sumber: Envato

8. Backup and Restore

Salah satu fungsi cPanel hosting adalah kemampuannya untuk melakukan backup dan restore pada semua file website. Hal ini sangat penting untuk menjaga website dari masalah yang tidak diinginkan. Dengan melakukan backup file secara teratur, kamu dapat dengan mudah mengembalikan semuanya jika terjadi masalah.

Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah mengatur jadwal backup file dan database website kamu. Dengan begitu, jika data hilang atau rusak, kamu akan memiliki beberapa cadangan file website utama. Yang menarik, kamu juga dapat mengatur file dan folder mana saja yang akan di backup dan menentukan lokasi penyimpanan backup tersebut.

Jenis cPanel Hosting

Secara umum, jenis cPanel hosting bisa dibagi dalam dua kategori yaitu jenis server yang digunakan dan banyaknya pengguna dari lisensi cPanel tersebut. Inilah berbagai jenis cPanel hosting yang perlu kamu ketahui:

Metal cPanel

  • Kategori: Jenis Server

Jenis cPanel hosting pertama menggunakan  lisensi Metal. Ini jenis yang cocok untuk server fisik dan dedicated server. Jenis cPanel ini biasanya digunakan oleh organisasi yang mengelola website dengan dedicated server karena ingin memiliki kontrol penuh atas website itu.

Jadi, cPanel hosting ini biasanya dipilih untuk website dengan tingkat kinerja dan stabilitas tertinggi, seperti ecommerce atau website ujian online. Oh ya, Metal cPanel yang mendukung server seperti itu tentunya juga lebih mahal.

Itulah kenapa penggunaan lisensi Metal sebagai jenis cPanel hosting perlu dipertimbangkan dengan serius. Pikirkan lagi komitmen jangka panjang dalam pemeliharaan perangkat keras dan beban kerja server yang sesuai dengan jenis website.

Cloud cPanel License

  • Kategori: Jenis Server

cPanel Cloud adalah jenis cPanel yang dibuat khusus untuk lingkungan virtual. Saat digunakan di kondisi itu, cPanel membutuhkan lisensi yang bisa berubah sesuai dengan kebutuhan sumber daya itu. Ini jenis layanan sama yang ditawarkan oleh  AWS, GCP, atau Azure.

Lisensi cloud membuat website lebih fleksibel dan mampu menangani perubahan banyaknya pengunjung. Jadi, kamu bisa meningkatkan sumber daya server dengan lisensi cloud cPanel. Setting sederhana, dan fitur otomatis dari banyak penyedia layanan hosting yang pakai cPanel bisa menghemat waktu dan keahlian teknis dalam mengatur dan mengelola server.

Solo cPanel

  • Kategori: Banyaknya Pengguna
  • Harga: $17.49/bulan

Sesuai namanya, lisensi Solo dirancang untuk administrator atau bisnis kecil yang membutuhkan satu akun cPanel. Inilah jenis cPanel hosting untuk pemula.

Jenis lisensi ini sangat cocok digunakan pada virtual private  (VPS)  dengan satu akun pengguna. Alasannya, cPanel hosting in cukup ekonomis karena tidak memerlukan fitur manajemen akun banyak pada lisensi cPanel yang lebih mahal.

cpanel hosting
Sumber: Envato

Admin cPanel

  • Kategori: Banyaknya Pengguna
  • Harga: $29.99/bulan

Kalau kamu berencana menggunakan cPanel untuk lima akun, jenis cPanel hosting ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Biasanya, Admin cPanel adalah pilihan yang ideal bagi reseller web hosting kecil atau agensi yang mengelola beberapa website klien.

Selain itu, jenis ini juga cocok untuk website yang cukup besar yang membutuhkan akun cPanel individual untuk tujuan administratif.

Pro cPanel

  • Kategori: Banyaknya Pengguna
  • Harga: $42.99/bulan

Ada jenis cPanel hosting lain yang disebut Lisensi Pro. Jenis ini dibuat untuk bisnis kecil hingga menengah yang ingin mengelola beberapa akun pengguna di Virtual Private Server (VPS) . Untuk berapa banyak?

Dengan lisensi Pro, kamu bisa mengelola hingga 30 akun cPanel. Itulah kenapa jenis cPanel ini cocok untuk bisnis tingkat menengah dan agensi besar.

Premier cPanel

  • Kategori: Banyaknya Pengguna
  • Harga: $60.99/bulan

Kalau semua jenis cPanel hosting di atas bisa dilayani dengan Cloud cPanel, Premier hanya bisa dinikmati oleh pengguna dengan lisensi Metal. Jenis ini adalah yang terbaik dari semua produk cPanel. Siapa yang bisa pakai?

Pada dasarnya, perusahaan atau penyedia layanan yang mau pakai lisensi untuk server khusus atau pusat data.

Kelebihan cPanel Hosting

Lalu, apakah kamu perlu menggunakan layanan cPanel hosting? Ya, apabila kamu membutuhkan semua kelebihan cPanel hosting ini:

  • Kemudahan penggunaan — Kamu membutuhkan panel kontrol untuk layanan hosting yang memiliki tampilan yang mudah digunakan oleh pemula
  • Fiturnya lengkap — Mengelola akun web hosting itu tidaklah mudah, tanpa cPanel hosting yang punya fitur lengkap, proses pengelolaannya bisa perlu waktu dan tenaga besar.
  • Integrasi pihak ketiga — Untuk menambah fungsi dan kemudahan penggunaan dengan aplikasi lain, integrasi itu penting. Nah, cPanel punya kelebihan dalam hal ini.
  • Skalabilitas — Mau website kecil atau besar dengan pengguna akun banyak, cPanel hosting siap. Ia mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan hosting dengan berbagai jenis server.
  • Keamanan Bisa Diandalkan— Sertifikat SSL/TLS, filter spam, pemindai malware, dan sistem backup bisa kamu temukan di dalam cPanel untuk menjaga keamanan website kamu.

    cpanel hosting
    Sumber: Envato

cPanel Hosting adalah Panel untuk Mengelola Hosting dengan Mudah

cPanel hosting adalah sebuah panel kontrol untuk bisa mengelola hosting dengan mudah dari satu tempat terintegrasi. Kamu bisa mengatur file, domain, keamanan dan juga backup dengan hosting cPanel yang disediakan.

Meskipun ada pilihan kontrol panel lain, cPanel tetap menjadi pilihan banyak orang. Itu semua karena kemudahan penggunaannya, fitur yang lengkap dan skalabilitas untuk mendukung website berkembang.

Nah, semoga dengan semua informasi di atas kamu makin paham apa itu cPanel hosting?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds