LiteSpeed Web Server VS Apache

Oleh Mila Rosyida

LiteSpeed Web Server VS Apache – Sempat bingung untuk memilih LiteSpeed Web Server atau Apache pada VPS? Tenang saja, kamu tidak perlu bingung apalagi sampai galau. LiteSpeed Web Server dan Apache memang sama- sama sebagai web server.

Maka dari itu di ada artikel kali ini akan membahas tuntas mulai dari pengertian hingga LiteSpeed Web Server VS Apache.

Pengertian LiteSpeed Web Server

LiteSpeed Web Server adalah salah satu web server seperti Apache dan Nginx bertanggungjawab untuk menerima, mencari, dan meneruskan request URL website ke client.

LiteSpeed Web Server dirilis tahun 2003 oleh George Wang. LiteSpeed Web Server memiliki keunggulan yang bisa menandingi web server lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca artikel Pengertian LiteSpeed Web Server dan Keunggulannya.

Baca Juga : Tips Memilih Web Server Terbaik

Pengertian Apache Web Server

Apache Web Server adalah salah satu web server yang paling populer di dunia.

Dikutip dari Wikipedia,  Apache dirilis tahun 1995 dan bulan pada Mei 1999 lebih dari 57% web server di dunia menggunakan Apache.

LiteSpeed Web Server VS Apache
Sumber : Apache Web Server

Apache merupakan web server yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi meliputi Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya.

Apache bertugas untuk melayani dan memfungsikan situs web. Mengapa Apache menjadi populer di dunia? Hal ini karena untuk menggunakannya tanpa dipungut biaya alias gratis. Tidak hanya itu, Apache juga bersifat open source serta memiliki performa bagus.

LiteSpeed Web Server VS Apache

Setelah mengetahui pengertian dari masing- masing web server, sekarang saatnya menambah wawasan mengenai LiteSpeed Web Server VS Apache. Apabila dilihat dari pengertian dan fungsinya,

LiteSpeed Web Server dan Apache sama- sama digunakan sebagai web server.

Tentunya web server berfungsi untuk mentransfer file permintaan melalui protokol HTTP.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui apa saja LiteSpeed Web Server VS Apache sebagai bahan pertimbangan. Yuk, langsung saja!

  • Dari segi popularitas. Apache lebih populer dan banyak digunakan di dunia daripada LiteSpeed Web Server. Hal itu dibuktikan dengan survei yang dilakukan oleh Wikipedia yang semula 57% mengalami kenaikan sebesar 71%.
  • Dari segi performa. Apache dan LiteSpeed memiliki performa web server yang sama- sama bagusnya. Mengapa begitu? Karena pembuatan LiteSpeed Web Server ini didasarkan pada Apache Web Server. Sehingga keduanya sama- sama memiliki performa yang baik apabila digunakan sebagai web server. Hanya terdapat sedikit perbedaan pada fitur saja.
Sumber : Elements Envato
  • Dari segi harga. Apache bersifat gratis. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Berbeda dengan LiteSpeed Web Server yang bersifat berbayar.
  • Dari segi support OS. Pada Apache Web Server, lebih banyak support dengan berbagai sistem operasi meliputi Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware. Sedangkan LiteSpeed Web Server support Linux, FreeBSD, MacOSX, dan Solaris.
Sumber : Elements Envato
  • Dari segi keamanan. Apache menyediakan banyak fasilitas keamanan untuk web server seperti menerapkan aturan keamanan, memblokir akses pengguna, atau menghapus modul yang tidak perlu. Sedangkan LiteSpeed Web Server dapat mencegah serangan brute force dan DDoS.
  • Dari segi support. Apache dan LiteSpeed Web Server sama- sama memiliki dokumentasi sebagai support untuk pengguna. Jadi apabila kamu mengalami kendala dapat melihat solusinya yang telah dijadikan satu dalam dokumentasi.

Mana Yang Terbaik, LiteSpeed Web Server atau Apache?

Setelah melihat pengertian dan perbedaan antara LiteSpeed Web Server dengan Apache, pastinya kamu bisa menyimpulkan mana yang harus kamu pilih.

Namun, pada dasarnya baik LiteSpeed Web Server maupun Apache sama- sama memiliki fungsi sebagai web server.

Jadi sebenarnya kamu tidak perlu sampai galau untuk menentukan mana yang terbaik. Di Cloud VPS DomaiNesia, kamu bisa melakukan instalasi Apache dan LiteSpeed.

Selain itu jika kamu pengguna Nginx, di Cloud VPS DomaiNesia juga support. Sebaiknya jika kamu ingin membuat website di Cloud VPS, segera install web server.

Untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti step by step pada panduan Cara Install web Server di Cloud VPS.

Kesimpulan

Lebih dari 5 poin diatas adalah LiteSpeed Web Server VS Apache. Baik LiteSpeed Web Server maupun Apache.

Memiliki keunggulan masing- masing. Apabila kamu seorang pemula yang ingin menggunakan web server, akan lebih baik jika kamu memilih Apache sebagai web server.

Selain populer di dunia, pengelolaan dan instalasi Apache juga mudah dilakukan.

Di Cloud VPS DomaiNesia, kamu bisa melakukan instalasi Apache dengan mudah.

Hanya dengan menjalankan 1 perintah saja, maka kamu akan berhasil menginstall Apache di Cloud VPS. Tidak hanya itu, Apache Web Server dapa Cloud VPS murah DomaiNesia juga support di berbagai OS seperti Ubuntu, CentOS, dan Debian.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Rik Musikal Official
September 12, 2022

Mampir di channel ku Rik Musikal Official

Rik Musikal Official
September 12, 2022

Mampir ke channel ku ( Rik Musikal Official )

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!