• Home
  • Berita
  • Tutorial Integrasi Facebook Shop for WooCommerce Untuk Meningkatkan Penjualan

Tutorial Integrasi Facebook Shop for WooCommerce Untuk Meningkatkan Penjualan

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Facebook Shop for WooCommerce – Meningkatkan jangkauan pasar penjualan pada toko online adalah kunci untuk pertumbuhan dan kesuksesan dalam suatu bisnis. Beberapa strategi dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya dengan mengoptimalkan sosial media dan juga platform marketplace. Optimalisasi sosial media dalam meningkatkan penjualan bisa dari sisi konten. Kamu bisa membuat konten yang menarik dan relevan untuk audiens target di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Marketplace. Kamu bisa menggunakan WooCommerce dan mengintegrasikannya ke sosial media. Bagaimana cara integrasi Facebook Shop ke WooCommerce pada WordPress? Simak tutorial berikut ini ya DomaiNesians!

Apa itu Facebook Shop for WooCommerce?

Plugin Facebook Shop for WooCommerce adalah plugin atau tools yang memungkinkan pemilik toko online yang menggunakan WooCommerce di platform WordPress.

Plugin ini digunakan untuk mengintegrasikan dan menyinkronkan produk bisnis yang ada pada WooCommerce dengan Facebook Shop.

Dengan plugin ini, produk dari toko WooCommerce dapat ditampilkan langsung di halaman Facebook. Hal ini tentu akan memudahkan pelanggan untuk menemukan, melihat, dan membeli produk melalui platform media sosial Facebook.

facebook shop for woocommerce

Kelebihan Menggunakan Plugin Facebook Shop for WooCommerce

Plugin Facebook Shop for WooCommerce menawarkan berbagai keunggulan yang dapat membantu pemilik toko online memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan. Berikut beberapa kelebihan utamanya:

Integrasi Lancar dengan Facebook Shop

Plugin ini memungkinkan sinkronisasi otomatis antara produk di toko WooCommerce dan Facebook Shop, memudahkan pengelolaan inventaris dari satu tempat.

Peningkatan Jangkauan dan Target Pasar

Dengan menghubungkan toko WooCommerce ke Facebook Shop tentu akan memperluas jangkauan pasar dengan mengakses jutaan pengguna Facebook. Sehingga secara otomatis bisnismu juga dapat meningkat penjualannya.

sumber : envato

Sinkronisasi Produk Otomatis

Produk penjualan yang ditambahkan atau diperbarui pada WooCommerce secara otomatis akan diperbarui di Facebook Shop. Sehingga kamu tidak perlu lagi untuk menambahkannya. Tentu menghemat waktu dan tenaga dalam pengelolaan inventaris.

Pengalaman Belanja yang Lebih Baik

Apabila kamu penggunakan plugin ini, pengguna Facebook dapat melihat dan membeli produk langsung dari halaman Facebook bisnismu. Hal tersbeut tentu memberikan pengalaman belanja yang lebih nyaman dan langsung.

sumber : envato

Fitur Checkout Cepat

Karena produk yang kamu tawarkan sudah langsung terkoneksi dengan Facebook, memungkinkan pelanggan untuk menyelesaikan pembelian langsung di Facebook. Namun bisa juga diarahkan kembali ke situs WooCommerce bisnismu untuk menyelesaikan transaksi. Hal tersebut tentu dari sisi pelanggan lebih efektif dalam proses checkout.

Tutorial Menghubungkan Facebook Shop for WooCommerce Pada WordPress

Menghubungkan plugin Facebook Shop for WooCommerce bisa menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk toko onlinemu. Berikut adalah tutorial langkah demi langkah untuk menghubungkan plugin ini:

Tahap Persiapan

Sebelum mulai untuk menghubungkan Facebook Shop for WooCommerce, pastikan kamu sudah memiliki website WordPress dengan WooCommerce yang terpasang dan terkonfigurasi.

Nah tenang, buat kamu yang belum memiliki WordPress, kamu bisa memilih hosting WordPress dan juga mengikuti Panduan Instalasi WooCommerce untuk memasang WooCommerce pada WordPress.

Selain itu pastikan kamu telah memiliki Akun Facebook, Akun Facebook Business Manager, dan Halaman Facebook Shop. Buat kamu yang belum memiliki halaman Facebook Shop, silakan masuk ke Akun Facebook Business Manager dan buat halaman Facebook Shop.

Install Plugin Facebook for WooCommerce

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, sekarang saatnya untuk install Plugin Facebook Shop for WooCommerce. Pertama-tama, kamu bisa mengakses dashboard WordPress kamu. Lalu pilih menu Plugin dan klik Add New Plugin.

Kamu bisa ketik Facebook for WooCommerce pada kolom pencarian dan klik Install Now, dilanjutkan klik Activate untuk mengaktifkan plugin.

Melakukan Konfigurasi Integrasi Plugin

Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi integrasi plugin Facebook for WooCommerce. Kamu bisa klik menu Marketing yang ada di menu sebelah kiri, dan klik Facebook. Untuk memulai konfigurasi kamu bisa klik Get Started.

Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman login Facebook. Silakan masuk ke akun Facebook. Jika sudah, kamu akan melihat tiga pilihan antara lain , Facebook Shop, Facebook Ads, dan Instagram Shopping.

Silakan pilih Facebook Shop dan klik Get Started. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih, membuat akun bisnis baru atau menggunakan akun yang sudah ada. Karena sebelumnya kamu sudah memiliki akun, kamu bisa memilih opsi yang kedua dan klik Continue.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang diberikan, setujui persyaratan, dan klik Done untuk menyelesaikan proses konfigurasi. Yeay, kamu sudah berhasil mengintegrasikan situs WooCommerce bisnismu dengan Facebook Shop menggunakan plugin Facebook for WooCommerce.

sumber : envato

Kesimpulan

Tantangan pada bisnis toko online adalah salah satunya bagaimana cara meningkatkan jangkauan pasar dan penjualan. Nah kamu bisa menggunakan Plugin Facebook Shop for WooCommerce sebagai solusinya. Adanya sinkronisasi otomatis semua produk toko online WooCommerce ke Facebook Shop, tentu akan meningkatkan jangkauan pasar bisnismu. Dengan plugin Facebook Shop for WooCommerce, toko online dapat memanfaatkan platform media sosial untuk meningkatkan penjualan, interaksi dengan pelanggan, dan juga menghemat waktu dan tenaga dalam pengelolaan inventaris dan pemasaran.

Baca Juga : Kumpulan Plugin WooCommerce Terbaik Untuk Toko Online-mu!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds