• Home
  • Berita
  • Perbedaan Cloud VPS Managed dan Unmanaged

Perbedaan Cloud VPS Managed dan Unmanaged

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Perbedaan Cloud VPS Managed dan Unmanaged – DomaiNesians pernah dengar istilah Managed dan Unmanaged pada Cloud VPS? Mungkin kedua istilah tersebut belum begitu dikenal oleh banyak orang. Hal ini karena memang tidak banyak orang yang menggunakan Cloud VPS. Dilihat dari fungsinya, sebenarnya Cloud VPS hampir sama dengan hosting yaitu sama- sama sebagai tempat menyimpan semua kebutuhan pada website. DomaiNesia memiliki produk Cloud VPS murah yang akan membuat website kamu lebih stabil, aman, cepat, dan optimal. Untuk lebih detailnya, kamu bisa baca Mengenal Cloud VPS DomaiNesia. Selain itu, apabila dilihat dari pengelolaannya, terdapat 2 jenis pengelolaan pada Cloud VPS. Kedua jenis pengelolaan Cloud VPS adalah Cloud VPS Managed dan Cloud VPS Unmanaged. Apa sih Cloud VPS Managed? Apa itu Cloud VPS Unmanaged? Apa perbedaan Cloud VPS Managed dan Unmanaged?

Apa itu Cloud VPS Managed?

Cloud VPS Managed merupakan suatu Cloud VPS dimana semua pengelolaannya diserahkan kepada penyedia Cloud VPS secara keseluruhan. Pengelolaan seperti instalasi sistem operasi, mengatasi permasalahan teknis pada server, mengatasi sebab website tidak bisa diakses (lemot), memantau kondisi traffic server, dan lainnya. Jadi gampangnya, kamu hanya memiliki Cloud VPS tanpa perlu bingung atau pusing-pusing untuk mengatur dan mengelola semua yang ada di Cloud VPS. Keuntungan jika kamu menggunakan Cloud VPS Managed antara lain :

  • Pengelolaan Cloud VPS mulai dari instalasi sistem operasi hingga permasalahan teknis adalah tanggung jawab penyedia Cloud VPS. Kamu tidak perlu khawatir lagi.
  • Penyedia Cloud VPS biasanya akan melakukan backup semua data yang ada di Cloud VPS secara berkala.
  • Support oleh penyedia Cloud VPS dilakukan selama 24 jam

Buat kamu yang tidak memiliki kemampuan teknis untuk mengelola server, instalasi sistem operasi, dan lainnya, sebaiknya kamu menggunakan Cloud VPS Managed.

Apa itu Cloud VPS Unmanaged?

Berbeda dengan Cloud VPS Unmanaged, dimana user diberikan akses root secara total agar bisa mengelola dan mengatur Cloud VPS sendiri. Pada Cloud VPS Unmanaged ini penyedia Cloud VPS tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi di Cloud VPS. Jadi semua proses dari instalasi sistem operasi, memantau traffic server, hingga menjamin kelancaran website itu adalah tugas user. Di DomaiNesia Cloud VPS bersifat Unmanaged. Walaupun Unmanaged, DomaiNesia memberikan fitur dashboard intuitif yang mempermudah user untuk mengelola Cloud VPS. Selain itu, DomaiNesia juga memberikan dokumentasi penyelesaian kemungkinan masalah yang akan terjadi pada Cloud VPS.

perbedaan cloud vps managed dan unmanaged
Sumber: Freepik

Perbedaan Cloud VPS Managed dan Unmanaged

Aduh, saya bingung nih mau pilih Cloud VPS Managed atau Unmanaged! Jangan bingung DomaiNesians, sebelum membeli Cloud VPS sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang Cloud VPS. Perbedaaan Cloud VPS Managed dan Unmanaged meliputi :

  • Dari sisi harga, Cloud VPS Unmanaged lebih murah daripada Cloud VPS Managed. Karena Cloud VPS Unmanaged tidak memerlukan biaya tambahan untuk pengelolaan. DomaiNesia menyediakan banyak macam produk Cloud VPS murah yang bisa memenuhi kebutuhanmu.
  • Dari sisi pengelolaan, Cloud VPS Managed dikelola oleh penyedia Cloud VPS. Kamu hanya perlu memberitahukan kepada penyedia Cloud VPS apa yang perlu diinstalasi atau diupdate. Sedangkan Cloud VPS Unmanaged tidak.
  • Dari sisi backup data, semua data yang ada di Cloud VPS Managed akan dibackup oleh penyedia Cloud VPS. Sedangkan tidak semua penyedia Cloud VPS Unmanaged membantu melakukan backup data. Di Cloud VPS DomaiNesia, akan secara otomatis melakukan replikasi data sebanyak 3 kali secara real time sehingga jika terdapat data yang hilang bisa dikembalikan kembali.
  • Dari sisi kemudahan user, Cloud VPS Managed memang terlihat lebih mudah karena user tidak melakukan apapun. Semua proses yang bekerja di Cloud VPS adalah tanggung jawab penyedia Cloud VPS. Tidak bagi Cloud VPS Unmanaged. Namun Cloud VPS DomaiNesia memberikan kemudahan kepada user untuk mengelola Cloud VPS.

Cloud VPS Terbaik : Cloud VPS DomaiNesia

Cloud VPS DomaiNesia merupakan Cloud VPS Murah dan Terbaik di Indonesia. Salah satunya karena Cloud VPS DomaiNesia menggunakan teknologi cloud modern yang meliputi High Avaibility, Distributed Storage, dan Scalable. Cloud VPS DomaiNesia menggunakan cluster server. Sehingga, kalau ada kerusakan pada salah satu server fisik, data yang ada pada Cloud VPS masih aman dan dapat berjalan seperti biasa. Hal ini dikarenakan pada Cloud VPS DomaiNesia terdapat 3 kali proses replika data secara real-time dan akan didistribusikan ke 3 drive secara synchronous. Tidak hanya itu ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Cloud VPS DomaiNesia, untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca Mengapa Harus Memilih Cloud VPS DomaiNesia?. Walaupun Cloud VPS DomaiNesia bersifat Unmanaged, kami tetap akan memastikan beberapa hal untuk mendukung agar Cloud VPS kamu dapat berjalan dengan lancar. Beberapa hal yang kami pastikan seperti :

  • Memastikan sistem operasi atau OS terinstall dengan baik di Cloud VPS
  • Memastikan Network akan berjalan dengan baik. Jika terdapat kendala Network pada Cloud VPS kamu, Tim DomaiNesia akan membantu melakukan pengecekan Network
  • Membantu melakukan reinstall sistem operasi atau OS jika ada request dari pelanggan
  • Membantu update package default OS jika mengalami kendala

Baca Juga : Konfigurasi Dasar Cloud VPS

Bagaimana Cara Membuat Blog di Cloud VPS?

Seperti halnya hosting, kamu juga bisa membuat blog di Cloud VPS. Misalnya membuat blog WordPress di Cloud VPS. Karena Cloud VPS tidak memiliki interface untuk mengelola service seperti cPanel di hosting, maka buat blog di Cloud VPS ada beberapa konfigurasi atau setting yang harus kamu lakukan. Cara membuat blog WordPress di Cloud VPS hampir sama dengan di hosting. Hanya saja kalau di Cloud VPS harus menyesuaikan sistem operasi yang digunakan, apakah menggunakan Ubuntu atau Debian. DomaiNesia memberikan panduan cara membuat blog WordPress di Cloud VPS untuk masing-masing jenis sistem operasi.

Kesimpulan

Bagaimana? Perbedaan Cloud VPS Managed dan Unmanaged sudah jelas bukan? Intinya adalah pada siapa yang mengelola Cloud VPS. Apabila Cloud Managed dikelola oleh penyedia Cloud VPS. Sedangkan pengelolaan pada Cloud VPS Unmanaged dilakukan oleh user secara total. Cloud VPS Unmanaged juga lebih murah sehingga menghemat biaya pengelolaan website. Jangan khawatir jika kamu tidak bisa melakukan instalasi sistem operasi pada Cloud VPS. Di DomaiNesia memberikan dashboard intuitif yang memudahkan kamu agar bisa mengelola sistem operasi dengan mudah dan user friendly.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!