• Home
  • Berita
  • Apa itu Nest js? Kapan Harus Menggunakannya?

Apa itu Nest js? Kapan Harus Menggunakannya?

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Nest js – Sebuah teknologi, pasti memiliki dua sisi, yaitu sisi pengguna dan sisi server. Jika digambarkan dari sebuah pekerjaan, terdapat Front-End Developer dan Back End Developer. Sebuah teknologi yang selama ini kita lihat dari sisi pengguna, pasti memiliki sistem di bagian belakang atau back-end. Pada back-end, semua hal dipersiapkan untuk dapat memunculkan tampilan pengguna yang menarik dan dapat memenuhi kebutuhan manusia. 

Apakah kamu familiar dengan Back-End sebelumnya? Seperti namanya, back-end berada di balik layar seperti struktur aplikasi atau website yang mana segala transaksi penggunaan aplikasi mungkin terjadi antara pengguna dan sistem.

Namun, saat ini tidak lagi mempersiapkan struktur aplikasi dari nol. Terdapat berbagai macam framework yang dapat kamu manfaatkan untuk mendukung kinerja back-end dari sebuah aplikasi.

Kamu juga bisa menggunakan layanan VPS Terbaik DomaiNesia dalam meningkatkan performa website kamu!

Pernah mendengar Nest.js? Apa itu Nest.js? Nest.js adalah salah satu framework yang memiliki pondasi dari Node.js yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Pada artikel ini, kita akan membahas Nest.js secara detail dan lengkap, jadi simak hingga akhir artikel ini ya!

Apa itu Nest js?

Apa itu Nest js? Pengertian Nest js adalah sebuah framework yang berfungsi untuk pengembangan aplikasi dari sisi server dengan menggunakan bahasa pemrograman TypeScript.

Nest js berada di atas runtime Node.js yang dirancang untuk menyediakan struktur yang efektif dengan asinkron untuk mengoptimalkan sebuah platform dalam mengembangkan aplikasi khususnya web. Dengan skalabilitas yang mudah diatur, Nest.js hadir untuk melengkapi kapabilitas yang ada pada sisi server sebuah aplikasi.

nest js

Nest js adalah framework yang tergolong muda, Nest.js lahir pada tahun 2017. Setelah itu, dari tahun ke tahun Nest.js memperbaharui versinya untuk memperbaiki serta menambahkan fitur-fitur yang dimiliki saat ini.

Bagi sebagian developer, Nest.js ini adalah sebuah framework yang tidak mudah dipelajari oleh pemula, karena popularitasnya yang kurang dan belum banyak programmer yang menggunakannya.

Selanjutnya, kita akan membahas terkait struktur dari Nest.js dan mengapa kamu harus menggunakan Nest.js dalam mengelola back-end dari sebuah aplikasi.

Bagaimana Struktur dari Nest js?

Nest js memiliki struktur yang difungsikan untuk mempermudah programmer dalam efisiensi kode yang digunakan.

Berikut merupakan struktur dari Nest js yang harus kamu ketahui sebelum mengimplementasikan Nest.js

Module

Pada Nest.js module adalah sebuah kelas yang memfasilitasi metadata yang akan digunakan oleh Nest.js dalam mengatur struktur aplikasi yang bertujuan untuk membagi fitur menjadi unit-unit logis dan bersifat reusable serta akan mengelompokkan fitur-fitur dengan kemampuan yang berkaitan.

Sebuah module ditandai dengan decorator “@Module” yang akan memuat komponen nest seperti controller, provider, dan dependency dari module yang akan digunakan.

Pada Nest.js, Module yang digunakan bisa lebih dari satu module yang akan dipisahkan setiap use case yang di dalamnya berisikan proses pengolahan HTTP request, koneksi database, sampai penyajian response.

Controller

Pada Nest.js, Controller bertugas untuk mengelola berbagai request yang didapatkan dari HTTP request yang akan diterima untuk selanjutnya akan memberikan respon yang sesuai dengan yang harus dikirimkan ke client. Controller ini juga mengatur ecd-point yang digunakan, data apa saja yang harus dikirimkan ke server dan data yang akan dikirimkan ke server.

Provider (Service)

Selanjutnya, terdapat Provider atau Services. Provider adalah bagian dari Nest.js yang digunakan untuk mempermudah dan menyederhanakan kompleksitas dan logika dengan cara melakukan proses di luar dari bagian HTTP request.

Contohnya saat melakukan request terhadap microservices lainnya, kemudian menyambungkan koneksi ke database dan sebagainya. Providers ini juga dapat digolongkan sebagai dependency yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai object. Providers ini dimasukkan ke dalam kelas dari constructor,  untuk menandainya kamu dapat menggunakan decorator “@Injectable”.

Middleware

Seperti namanya, Middleware ini posisinya berada di tengah sebagai penjembatan. Middleware adalah fungsi yang dijalankan sebelum memasuki controller.

Middleware ini memiliki akses terhadap request dan response yang masuk ataupun keluar. Middleware ini yang berhak menentukan apakah request ini sesuai untuk diteruskan ke controller atau tidak.

Middleware ini dapat memberikan proteksi keamanan yang cukup tinggi agar request-request yang tidak valid, tidak akan diteruskan ke controller untuk mendapatkan response.

Apa Fitur dari Nest js?

Nest.js memiliki fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan komponen-komponen yang ada pada back-end sebuah aplikasi.

Fitur yang berada pada Nest.js ini juga menjadi salah satu kelebihan daripada framework-framework lainnya, berikut merupakan fitur dari Nest.js yang harus kamu ketahui. 

Dependency Injection

Fitur pertama dari Nest.js adalah penggunaan dependency injection dalam manajemen dependency yang ada pada framework. Dengan adanya dependency injection membuat baris kode lebih rapi, bersih, dan dapat mempermudah pengujian. Selain itu, penggunaan dependency injection juga dapat menambah fleksibilitas dari Nest.js karena bermanfaat untuk memastikan sebuah aplikasi bersifat scalable atau tidak.

Tingkat Keamanan yang Tinggi

Selanjutnya, Nest.js juga menawarkan tingkat keamanan yang cukup tinggil. Mengapa? Nest.JS menawarkan module dan guard sebagai tahapan autentikasi dan otorisasi dalam melindungi data privasi pengguna. Guard pada Nest.JS juga berfungsi sebagai penentu hak akses rute pada pengguna.

Mendukung Microservices

Fitur selanjutnya adalah Nest.js dapat memudahkan pengembangan serta pengelolaan pada microservices, jadi, dengan adanya microservices, Nest.js memungkinkan programmer memecah aplikasi yang memiliki kompleksitas yang tinggi menjadi komponen-komponen kecil dan lebih mudah dikelola.

Kemudahan Pengujian

Nest.js juga menawarkan fitur yang berdampak saat melakukan pengujian sebelum tahapan deployment. Nest.js memberikan modul testing dasar seperti unit test hingga end-to-end test untuk memudahkan pengujian aplikasi, yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang lebih mudah digunakan dengan meminimalisir bug.

Menggunakan Arsitektur Modular

Fitur Nest.js selanjutnya yaitu penerapan arsitektur modular. Dengan arsitektur modular, Nest.js memungkinkan pengelolaan kode program menjadi blok-blok sehingga memudahkan maintenance dan reusable code atau penggunaan ulang kode

Mengapa Harus Menggunakan Nest js?

Nest js yang berasal dari Node.js ini menggemparkan dunia pengembang sehingga memungkinkan untuk menikmati semua manfaat JavaScript dan menulis frontend dan backend dalam bahasa pemrograman yang sama.

Karena Nest js adalah framework dengan pertumbuhan tercepat untuk Node.js, mari kita bedah mengapa kamu harus menggunakan Nest.js?

  1. Proses pengembangan kode yang cepat dan efisien.
  2. Aplikasi yang sangat skalabel dan mudah dipelihara.
  3. Nest.js telah memposisikan dirinya unik antara pengembangan front-end dan tingkat menengah yang sulit ditemukan oleh beberapa bahasa.
  4. Penggunaan bahasa pemrograman TypeScript membantu memastikan bahwa Nest akan tetap relevan dalam konteks JavaScript yang berubah dengan cepat 
  5. Dokumentasi yang bagus.
  6. Pengujian unit yang mudah.
  7. Nest.js dibangun untuk proyek aplikasi berskala besar seperti perusahaan atau organisasi
  8. Struktur aplikasi di Nest.js sangat didasarkan pada Angular yang memiliki struktur yang sederhana

Kesimpulan

Jadi, dari penjelasan di atas apakah kamu sudah memahami apa itu nest.js? Dapat disimpulkan bahwa Nest.js adalah sebuah framework yang mendukung pengembangan back-end pada sisi server.

Dengan struktur yang sederhana menggunakan Angular, Nest.js memiliki berbagai fungsionalitas serta fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk mempermudah menulis kode pada saat mengelola back-end suatu aplikasi.

Beli Sertifikat SSL

Nest.js cocok digunakan saat kamu sedang mengelola proyek berskala menengah menuju besar dengan tingkat kompleksitas aplikasi yang cukup tinggi. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir untuk mempelajarinya, Nest.js telah memberikan dokumentasi-dokumentasi lengkap untuk menangani kendala-kendala yang akan kamu hadapi saat mengimplementasikan Nest.js. Jangan lupa terus berlatih dan memahami secara menyeluruh apa itu Nest.js.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds