• Home
  • Berita
  • 10 Text Editor Terbaik Untuk Memudahkan Kerja Web Developer

10 Text Editor Terbaik Untuk Memudahkan Kerja Web Developer

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Apakah kamu seorang web developer yang sedang mencari text editor online terbaik untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kinerja selama pengembangan web?

Di artikel ini, DomaiNesia akan rekomendasikan beberapa text editor online yang akan menyederhanakan dan memudahkan kamu ngoding tanpa masalah pemformatan yang membingungkan.

Editor teks tidak hanya sederhana tetapi juga fungsional dan bagus untuk digunakan.

Sebab, tugas utamanya adalah membantu web developer dapat menyusun barisan source code untuk membangun aplikasi atau website yang handal dengan cara mudah dan cepat.

text editor
Sumber: Envato

10 Daftar Text Editor Online Terbaik 2021

  1. Notepad++

Banyak diperdebatkan sebagai editor teks canggih yang paling populer di pasaran, Notepad++ hadir sebagai platform text editor online gratis dengan beragam tools pengeditan yang sangat serbaguna.

Notepad++ adalah pengganti Notepad yang telah mendukung lebih dari 80 bahasa.

Namun, Notepad++ hanya dapat dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows dan ia menggunakan daya komputasi (salah satunya daya CPU) yang lebih sedikit daripada text editor online lainnya.

Tools yang Notepad++ miliki sangat membantu para web designer dan front-end developer untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Jika kamu seorang pemula, Notepad++ bisa kamu coba pertama karena platform ini jauh lebih mudah dipahami daripada beberapa opsi lain dalam daftar ini.

Kelebihan Notepad++:

  • Tampilan editor multi-view dengan highlighting dan folding sintaks.
  • Tools yang disesuaikan dengan kebutuhan yang mana mudah dimengerti dan cukup powerful bahkan untuk developer ahli.
  • Pengaturan auto-completion memastikan kamu dapat menyelesaikan fungsi, parameter, dan kata-kata tanpa harus ketik berulang-ulang.
  • Ia menawarkan antarmuka multi-document untuk mempermudah perpindahan antar tab dan mengelola beberapa proyek sekaligus.
  • Daftar plugin untuk meningkatkan fungsionalitas editor teks atau berintegrasi dengan program lain.
  • Fitur autosave untuk fungsi penyimpanan file sementara secara otomatis.
  • Kamu dapat membuka daftar fungsi yang mengungkapkan garis besar semua fungsi pemrograman yang ditemukan di file. Fitur ini juga termasuk mendukung mesin pencari untuk menemukan fungsi dengan cepat dalam dokumen besar.
  1. Sublime Text

Sublime Text adalah text editor online kaya fitur untuk mengedit kode yang mengutamakan user experience.

Platform ini menawarkan versi gratis untuk uji coba dasar, tetapi pengguna harus membayar beberapa rupiah agar fungsi semua tools di dalamnya dapat digunakan secara optimal.

Sublime Text memiliki API Python sehingga berbagai macam plugin dapat diintegrasikan dengan solusi text editing lainnya.

Editor teks ini dapat dijalankan di berbagai platform seperti Mac, Windows, Linux dan bisa lintas platform sehingga satu lisensi Sublime Text dapat berfungsi di semua device tanpa harus membeli berulang kali.

Kelebihan Sublime Text:

  • Platform yang sangat ringan karena menggunakan sumber daya rendah walau memiliki fitur yang jauh lebih canggih.
  • Tools shortcuts dan search yang berguna untuk pencarian fungsi tertentu dan membuat perubahan pada beberapa baris kode sekaligus.
  • Menyediakan split editing untuk mengelola dan mengedit file dengan membuka banyak windows dan menempatkannya di monitor yang berbeda.
  • Sublime memiliki repositori yang sangat aktif yang akan menambahkan fitur baru lama setelah kamu melakukan pembaruan.
  • Tersedia dalam beberapa tema.
  1. Visual Studio Code

Sebagai salah satu text editor online termuda yang ada pada daftar ini (diluncurkan pada tahun 2015), Visual Studio Code berusaha menjadi sebuah platform editor kode dengan komunitas yang stabil dan memastikan bahwa pengguna mendapatkan fitur yang mereka butuhkan.

Hal ini terlihat pada library plugin yang kian hari kian bagus.

Platform yang biasa disebut VSCode oleh para penggunanya ini merupakan text editor online open-source buatan Microsoft yang bisa kamu unduh langsung ke banyak device seperti mac OS, Windows, atau Linux secara gratis.

Kelebihan Visual Studio Code:

  • Menyediakan perintah Git bawaan sehingga kamu dapat mengambil atau mengirimkan tools dari semua layanan SCM yang dihosting.
  • Memiliki terminal dan debugger sendiri dan berintegrasi dengan segala macam source control tools sehingga banyak yang menganggap VS Code menjadi salah satu IDE terbaik untuk programmer Python.
  • Fitur IntelliSense untuk meningkatkan fitur syntax autocomplete dan highlighting standar. Pada dasarnya, fitur ini membuat penyelesaian cerdas berdasarkan definisi fungsi dan tipe variabel.
  • Dapat men-debug kode pemrograman langsung di editor.
  • Melalui ekstensi VS Code, kamu bisa menginstal banyak fitur dan melakukan semua pekerjaan yang dapat dilakukan melalui IDE.
  1. Brackets

Platform editor kode Brackets dibuat oleh pengembang Adobe dalam upaya menawarkan solusi text editor online open source yang lebih modern, ringan, dan powerful dalam pengembangan web.

Brackets adalah editor teks gratis yang lengkap dengan beberapa tools visual menarik untuk melihat pratinjau program dan memungkinkan web designer dan front-end developer untuk memeriksa perubahannya.

Brackets tersedia di platform Mac, Linux, dan Windows dengan antarmuka yang cukup sederhana dan memiliki berbagai fitur unggulan.

Kelebihan Brackets:

  • Terintegrasi dengan Photoshop sehingga Brackets dapat mengambil potongan file PSD dan men-generate-nya menjadi kode untuk program web kamu.
  • Terhubung dengan GitHub.
  • Tersedia beberapa extension untuk memperluas performa fitur text editor saat ini dan menyesuaikan tampilan interface editor.
  • Fitur editor inline, preview langsung di browser, dan penyusunan file yang baik untuk memenuhi kebutuhan penulisan kode yang lebih mudah.
  • JSlint untuk memeriksa kode JavaScript setelah disimpan lalu hasilnya ditampilkan sebagai panel di bawah layar main editing.
  1. Atom

Atom adalah kode dan teks editor open-source yang dapat digunakan platform Linux, macOs, OS X, dan Microsoft Windows.

Platform editor kode ini menawarkan tools pendukung yang rapi, tampilan editor yang ringkas, dan beberapa tools organisasi hebat untuk menjaga program web kamu tetap terkendali.

Dengan Atom, semua progres program web kamu dapat dibagikan dan diedit secara real-time, membantu tim yang berjauhan tetap bisa memonitoring perkembangan program.

Platform ini akan cocok digunakan untuk programmer yang juga suka bekerja dengan WordPress.

Hanya saja, ukuran file instalasi Atom lebih besar dibandingkan editor kode lainnya.

Kelebihan Atom:

  • Mendukung embedded Git Control dan plugin yang ditulis dalam JavaScript.
  • Menyediakan paket GitHub untuk mengintegrasikan dan melakukan permintaan dan menyelesaikan permasalahan pemrograman.
  • Dapat mencari paket dan tema baru langsung dari platform editor teks.
  • Fitur smart autocompletion, sistem pencarian file, dan fitur find and replace untuk kemudahan pengeditan kode program.
  • Menawarkan visualisasi beberapa panel yang digunakan untuk membandingkan dan mengedit kode secara berdampingan.

    text editor
    Sumber: Envato

  1. Vim

Dengan dukungan untuk Windows, Linux, dan Mac, Vim adalah text editor online stabil dan andal yang terintegrasi dengan banyak tools populer.

Vim dirancang untuk digunakan oleh Command-Line Interface (CLI) dan sebagai aplikasi mandiri dalam Graphical User Interface (GUI).

Vim sudah ada sejak tahun 1991 dan dianggap sebagai salah satu editor teks paling terkenal yang memungkinkan developer menghasilkan pembaruan dan skrip dengan serangkaian perintah.

Banyak developer menjadikannya sebagai salah satu text editor online tertua yang masih digunakan oleh developer di seluruh dunia hingga saat ini.

Namun, platform editor kode ini kurang cocok digunakan untuk programmer pemula karena Vim memiliki sistem lama dengan antarmuka yang ketinggalan jaman.

Selain itu, kamu harus meluangkan waktu lebih untuk mempelajari shortcuts keyboardnya untuk menguasai Vim secara menyeluruh.

Kelebihan Vim:

  • Koleksi plugin yang banyak untuk memperluas fitur editor teks ini.
  • Addons untuk menambahkan fungsionalitas, seperti replace syntax dan autocomplete yang dapat membantu programmer menulis kode dengan lebih mudah.
  • Memiliki komunitas online yang besar untuk bertukar tips sekaligus belajar tentang tools baru untuk memperluas performa dasar sebagai text editor.
  • Mendukung ratusan bahasa dan beberapa jenis format file yang berbeda.
  1. Komodo Edit

Komodo Edit adalah text editor online gratis yang sangat populer di kalangan developer untuk membangun aplikasi Windows, Linux, dan macOS yang menarik dan luar biasa.

Keberadaan Komodo Edit sebagai editor kode yang kuat dengan tingkat kesederhanaan tertentu sehingga bahkan pemula pun dapat memahaminya.

Platform ini menawarkan opsi extension yang powerful untuk pengkodean yang lebih nyaman dan lebih baik.

Komodo Edit menjadi platform yang sempurna untuk tugas perancangan web karena mendukung berbagai bahasa scripting.

Kelebihan Komodo Edit:

  • User interface yang mudah diubah.
  • Multi-window editing.
  • Split view.
  • Autocomplete.

Jika kamu butuh tools yang lebih canggih seperti debugging, pembuatan profil kode, atau unit testing, kamu bisa upgrade ke Komodo IDE.

Platform ini memiliki tools kolaborasi kode real-time untuk terhubung dengan developer lain dan berbagi serta mengedit file bersama-sama.

Pilihan fitur Komodo IDE juga sudah banyak integrasi dengan Gulp, Grunt, Yarn, dan Vagrant.

Preview langsung di Komodo IDE memastikan bahwa kamu dapat merender visual HTML sambil menyesuaikan kode fungsi pemrograman lainnya.

  1. UltraEdit

Ultraedit adalah editor teks kuat yang cocok untuk mengedit file teks besar bergiga-gigabyte. Namun, sayangnya text editor online ini tidak gratis.

Bahkan, kamu harus membayar setidaknya Rp 1,5 juta untuk mendapatkan fasilitas editor kode UltraEdit standar dan segala upgrade gratis di masa mendatang.

Selain sebagai editor teks, UltraEdit dapat digunakan untuk mengedit berbagai bahasa pemrograman, mulai dari PHP dan Javascript hingga HTML.

Kamu dapat menginstal platform ini di komputer Windows, Mac, atau Linux.

Kelebihan UltraEdit:

  • Text editor online tercepat dalam hal mengganti dan menemukan file serta memilih dan mengedit beberapa bit kode.
  • Memiliki interface berbasis kolom yang sangat dapat disesuaikan untuk membantu kamu mengelola program yang sedang dikerjakan.
  • Live preview HTML untuk menampilkan tampilan program selama proses pemrograman.
  • Ada beberapa template hebat yang secara otomatis menyelesaikan beberapa pengetikan kode pemrograman.
  • Fitur autocomplete, find in files, dan debugging.
  1. BBEdit

Dilengkapi dengan beberapa fitur profesional untuk pengkodean, BBEdit adalah pilihan text editor online menarik bagi pengguna mac OS yang dapat menangani proyek pengkodean sederhana.

Banyak programmer memilih BBEdit karena kecepatan dan kemudahannya dalam membantu pekerjaan developer.

Dengan BBEdit, kamu punya kontrol penuh atas teks dan kode di editor, lalu sangat mudah untuk mencari dan menemukan item karena interface yang rapi, bersih, dan alur kerja yang lancar.

Kelebihan BBEdit:

  • Terintegrasi Git dan Subversion, memungkinkan kamu untuk bekerja secara transparan dengan sumber file yang terorganisir.
  • Auto-completion.
  • Tools search and replace.
  • Tools automated completion.
  • Highlighting dan pencarian syntax secara cepat.
  • Code folding untuk kemudahan membaca file dengan menyembunyikan beberapa bagian kode.
  • Layar editor yang bisa di split up untuk mempermudah penulisan dan editing kode pemrograman.
  • BBEdit bekerja dengan berbagai macam bahasa dan memiliki fitur pemeriksaan sintaks untuk beberapa skrip.
  • Semua file dapat diakses dan dimanipulasi melalui SFTP dan FTP.
  1. CodeShare

Platform CodeShare mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda sebagai text editor online.

CodeShare dibuat untuk developer untuk memberi kesempatan mereka dapat berbagi kode program secara real-time dan berbicara satu sama lain melalui video chat.

Jadi, pada dasarnya CodeShare adalah editor kode real-time yang dikombinasikan dengan layanan komunikasi seperti Skype.

Editor teks ini sangat berguna bagi rekruter untuk melakukan proses wawancara kerja dari jarak jauh sekaligus melihat kemampuan coding mereka secara face to face.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk sesi debugging atau untuk meninjau semua jenis kode untuk program kamu.

Perlu diingat bahwa semua kode pemrograman yang ditulis di CodeShare hanya disimpan di text editor selama 24 jam.

Untuk menghindari kemungkinan kode program kamu terhapus setelah 24 jam, kamu harus mendaftar akun di CodeShare.

Walaupun proses pendaftaran tidak secara teknis diperlukan, tetapi hal tersebut memberi kesempatan untuk kamu bisa menyimpan kode program dengan aman.

Selain itu, tidak ada biaya untuk memulai CodeShare alias editor text yang gratis dan open source.

Yang harus kamu lakukan adalah membuat akun dan kemudian kamu akan menerima akses ke fungsi video chat serta real-time coding.

Text Editor Online Mana yang Jadi Pilihanmu?

Ibaratnya, text editor itu seperti alat perkakas bangunan yang lengkap.

Di sana kamu akan menemukan banyak tools yang akan membantu kamu membangun aplikasi atau website impianmu.

Tampilan text editor online mungkin terlihat membosankan bagi sebagian orang.

text editor
Sumber: Envato

Tetapi ia adalah sumber kehidupan banyak programmer di seluruh dunia.

Tak hanya terbatas ditujukan untuk programmer pemula, rekomendasi beberapa platform editor teks terbaik ini bisa jadi bahan pertimbangan developer berpengalaman yang ingin mencari ‘suasana baru’ dalam proses pemrograman.

Semoga artikel ini bisa menjawab kebingungan kamu terhadap pemilihan editor teks programming. Pilihlah platform yang menurutmu terbaik untuk kebutuhan pekerjaan kamu.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!