• Home
  • Berita
  • Memanfaatkan Platform adalah Kunci Sukses Strategi Digital Marketing

Memanfaatkan Platform adalah Kunci Sukses Strategi Digital Marketing

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Platform adalah salah satu elemen penting dalam strategi digital marketing. Dalam era digital yang semakin maju, platform-platform online telah menjadi wahana utama bagi perusahaan dan individu untuk berinteraksi dengan audiens. Platform digital menyediakan berbagai alat dan layanan yang memungkinkan untuk mempromosikan produk, membangun brand, dan mencapai tujuan pemasaran dengan lebih efektif. Dalam artikel ini, kamu akan tahu apa itu platform dan apa itu platform digital serta mengeksplorasi betapa pentingnya memanfaatkan platform sebagai kunci sukses dalam strategi digital marketing.

platform adalah
Sumber: Envato

Pengertian Platform

Platform Adalah

Apa itu platform? Platform adalah merujuk pada suatu sistem atau infrastruktur yang menyediakan fondasi untuk membangun dan menjalankan aplikasi, layanan, atau produk. Dalam konteks digital, platform seringkali mengacu pada suatu lingkungan online yang menghubungkan pengguna dengan penyedia layanan atau konten. Platform memberikan kerangka kerja yang dapat digunakan untuk berinteraksi, berbagi informasi, atau melakukan transaksi.

Platform Digital Adalah

Apa itu platform digital? Platform digital adalah platform yang beroperasi secara online dan memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam kegiatan digital seperti berbagi konten, berkomunikasi, atau melakukan transaksi secara virtual. Platform adalah dapat berupa situs web, aplikasi mobile, media sosial, pasar online, dan lain sebagainya. Melalui platform digital, individu dan perusahaan dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai layanan, informasi, atau kesempatan yang disediakan dalam ekosistem digital.

Baca juga: Tingkatkan Cuan Bisnismu dengan Strategi Website Marketing!

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan secara online menggunakan berbagai platform dan kanal digital untuk mencapai target audiens. Digital marketing melibatkan penggunaan internet, media sosial, mesin pencari, email, dan berbagai teknologi digital lainnya untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand. 

Dalam digital marketing, tujuan utamanya adalah untuk membangun kehadiran online yang kuat, meningkatkan visibilitas, menghasilkan lalu lintas (trafik), dan mendorong interaksi serta konversi dari target audiens. Digital marketing melibatkan berbagai strategi seperti optimasi mesin pencari (SEO), iklan digital (seperti iklan display dan iklan berbayar per klik), pemasaran konten, media sosial, email marketing, dan analisis data. 

Dengan semakin berkembangnya teknologi digital dan meningkatnya penggunaan internet, digital marketing menjadi lebih penting dan relevan dalam mencapai tujuan pemasaran. Digital marketing memberikan keunggulan dalam hal segmentasi audiens yang lebih presisi, pengukuran hasil yang lebih akurat, interaksi yang lebih langsung, dan potensi untuk mencapai target audiens yang lebih luas secara global.

platform adalah
Sumber: Envato

Hubungan Platform Digital dengan Digital Marketing

Platform adalah memiliki peran yang sangat penting dalam digital marketing. Platform digital menyediakan wadah atau sarana bagi para pemasar untuk berinteraksi dengan target audiens branda secara online. Dalam konteks digital marketing, platform digital merujuk pada berbagai kanal atau media digital yang digunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand.

Dalam konteks digital marketing, platform adalah sarana utama untuk mencapai target audiens, membangun interaksi, dan mempromosikan produk atau layanan. Memahami potensi dan karakteristik platform digital menjadi kunci penting dalam merancang strategi pemasaran yang efektif dan relevan dengan kebutuhan pasar.

Beli Domain Murah

Fungsi Platform Dalam Digital Marketing

Platform memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam digital marketing. Fungsi utama platform adalah sebagai berikut dalam konteks digital marketing: 

1. Menjangkau target audiens

Fungsi platform adalah memungkinkan pemasar untuk menjangkau target audiens secara luas dan tepat sasaran. Melalui platform seperti situs web, media sosial, atau mesin pencari, pemasar dapat menampilkan iklan, konten, atau pesan promosi kepada audiens yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. 

2. Membangun brand awareness

Platform digital memungkinkan pemasar untuk membangun brand awareness atau kesadaran brand secara efektif. Dengan memanfaatkan platform seperti media sosial, konten digital, atau influencer marketing, pemasar dapat meningkatkan eksposur brand branda, memperluas jangkauan, dan meningkatkan tingkat kesadaran audiens terhadap brand tersebut. 

3. Mendorong interaksi dan keterlibatan

Fungsi platform adalah memungkinkan pemasar untuk mendorong interaksi dan keterlibatan dari target audiens. Melalui fitur-fitur seperti komentar, like, share, atau reaksi pada media sosial, pemasar dapat berinteraksi langsung dengan audiens branda, menghasilkan pembicaraan, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan branda. 

4. Mengumpulkan dan menganalisis data

Platform digital menyediakan alat dan fitur analitik yang memungkinkan pemasar untuk mengumpulkan dan menganalisis data terkait kampanye pemasaran branda. Dengan memahami data seperti perilaku konsumen, preferensi, atau tren pasar, pemasar dapat mengoptimalkan strategi digital marketing branda, membuat keputusan yang lebih cerdas, dan meningkatkan hasil kampanye. 

5. Meningkatkan konversi dan penjualan

Fungi platform adalah dapat membantu pemasar dalam meningkatkan tingkat konversi dan penjualan. Dengan memanfaatkan platform seperti situs web, media sosial, atau iklan online yang disesuaikan dengan target audiens, pemasar dapat mengarahkan pengunjung atau prospek potensial untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk, mengisi formulir, atau berlangganan.

platform adalah
Sumber: Envato

Baca juga: Cara Membuat Blog Pribadi yang Menarik dan Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Contoh Platform Digital

1. Situs Web

Contoh platform digital pertama adalah situs web. Situs web atau website adalah platform digital yang paling umum digunakan dalam digital marketing. Ini adalah tempat di mana bisnis atau brand dapat membangun kehadiran online branda dan menyediakan informasi tentang produk, layanan, konten, dan interaksi dengan pengguna. Situs web juga dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas, mengumpulkan data pengguna, dan menjalankan kampanye pemasaran khusus.

2. Media Sosial

Media sosial adalah platform digital yang memungkinkan interaksi dan berbagi konten antara pengguna. Contoh media sosial yang populer termasuk Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan YouTube. Bisnis dapat memanfaatkan media sosial untuk membangun hubungan dengan audiens, mempromosikan produk atau layanan, mengumpulkan umpan balik, dan meningkatkan visibilitas brand.

3. Mesin Pencari

Contoh platform selanjutnya adalah mesin pencari. Mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo! digunakan oleh pengguna untuk mencari informasi online. Platform mesin pencari memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan strategi optimasi mesin pencari (SEO) dan iklan berbayar (SEM) untuk meningkatkan peringkat branda dalam hasil pencarian dan meningkatkan visibilitas online branda. Ini membantu bisnis menjangkau audiens yang sedang mencari produk atau layanan yang relevan.

4. Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile adalah platform digital yang berjalan di perangkat seluler seperti smartphone dan tablet. Aplikasi dapat digunakan untuk membangun pengalaman pengguna yang disesuaikan, mengirimkan notifikasi, memfasilitasi transaksi, dan membangun loyalitas pelanggan. Bisnis dapat mengembangkan aplikasi mobile branda sendiri atau beriklan melalui aplikasi populer untuk menjangkau audiens yang menggunakan perangkat seluler.

5. Email Marketing

Email marketing adalah platform digital yang melibatkan pengiriman pesan pemasaran langsung melalui email. Ini dapat digunakan untuk mengirimkan penawaran khusus, informasi produk, konten berguna, atau buletin kepada pelanggan atau prospek. Email marketing memungkinkan personalisasi pesan, pelacakan kinerja kampanye, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

6. Blog

Contoh platform adalah blog. Blogging platform seperti WordPress, Blogger, atau Medium adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola blog pribadi atau perusahaan. Blogging merupakan bentuk konten yang populer dalam digital marketing karena memberikan ruang bagi bisnis untuk berbagi informasi, pemikiran, dan cerita yang relevan dengan audiens branda.

7. Platform Video

Contoh platform terakhir adalah Platform video seperti YouTube, Vimeo, atau TikTok, Ini menyediakan tempat untuk berbagi dan menonton video. Video telah menjadi bagian penting dari strategi digital marketing karena memiliki daya tarik yang kuat terhadap audiens. Bisnis dapat menggunakan platform video untuk mengunggah konten video promosi, tutorial, testimoni, atau konten yang berhubungan dengan produk atau layanan branda. Video juga dapat diintegrasikan dengan platform lain seperti situs web atau media sosial.

platform adalah
Sumber: Envato

Manfaatkan Platform Digital Untuk Marketing

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan platform adalah menjadi kunci sukses dalam strategi digital marketing (platform digital). Platform digital menyediakan berbagai alat dan sarana untuk berinteraksi dengan audiens, mempromosikan produk dan layanan, serta membangun kehadiran online yang kuat. Melalui platform-platform ini, bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan, dan memperluas jangkauan brand brand.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds