• Home
  • Tips
  • Tingkatkan Cuan Bisnismu dengan Strategi Website Marketing!

Tingkatkan Cuan Bisnismu dengan Strategi Website Marketing!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media digital. Digital marketing sendiri terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah website marketing.

Website marketing adalah strategi untuk mempromosikan bisnis agar dapat dengan mudah untuk menjangkau pasar lebih lebar. Mengapa kamu harus memanfaatkan website marketing? Karena website marketing adalah pemasaran online yang dapat dilakukan dengan praktis dan juga hemat biaya jika dibandingkan strategi marketing yang lain.

Sebab itu, banyak perusahaan yang memanfaatkan marketing ini. Apakah kamu pemilik usaha? Simak artikel ini untuk informasi lebih lengkapnya! 

Apa itu Website?

Pokok pembahasan kali ini akan mengarah pada website. Namun apa sih sebenarnya website itu? Website adalah sekumpulan halaman yang terkait yang dapat diakses melalui internet dengan mengetikkan alamat URL (Uniform Resource Locator) tertentu.

Website dapat berisi teks, gambar, video, musik, atau informasi lainnya yang ditampilkan dalam format yang dapat dibaca oleh mesin pencarian. Beberapa website juga dapat menyediakan fitur interaktif seperti formulir, forum, atau aplikasi web.

Website bisa digunakan untuk berbagai hal seperti personal branding, bisnis, dll. Tujuan utama dari sebuah website untuk bisnis adalah meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, dan mempermudah komunikasi dengan pelanggan.

website marketing
Sumber : envato

Website juga dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan, memberikan layanan pelanggan, dan menyediakan platform untuk melakukan transaksi bisnis secara online.

Selain itu, website juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran untuk menarik perhatian calon pelanggan dan meningkatkan lalu lintas situs web. Kini kamu sudah siap untuk membahas tentang website marketing kan? Yuk lanjut ke poin berikutnya!

Apa itu Website Marketing?

Website marketing adalah proses menggunakan website sebagai sarana untuk mencapai tujuan pemasaran. Selain itu, tujuan dari strategi ini adalah bisa mengubah pengunjung website menjadi pelanggan bisnis.

Hanya bermodalkan website yang Ini meliputi berbagai aktivitas yang difokuskan pada meningkatkan trafik situs web, meningkatkan brand awareness, atau meningkatkan penjualan. Hanya menggunakan platform website saja ada banyak strategi website marketing yang bisa dilakukan seperti:

  • Penerapan SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu aktivitas yang penting dalam website marketing. Penerapannya berfokus pada meningkatkan posisi situs web di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. SEO dapat dilakukan dengan optimasi konten, link building, dan teknik lainnya untuk meningkatkan relevansi situs web. 
  • Mengiklankan website dengan tujuan menarik trafik menggunakan PPC. PPC (Pay Per Click) adalah cara lain untuk meningkatkan trafik situs website dengan melibatkan pemasangan iklan di mesin pencari atau jaringan iklan lainnya dengan biaya yang dibayar setiap kali iklan diklik. 
  • Menciptakan konten pemasaran. Konten pemasaran adalah aktivitas yang berfokus pada menciptakan konten yang berkualitas dan bermanfaat yang dapat menarik pengunjung dan meningkatkan kesadaran merek. 
Sumber : envato

Pada intinya, website marketing adalah proses yang terus berlangsung yang difokuskan pada meningkatkan visibilitas situs web dan meningkatkan konversi penjualan melalui berbagai aktivitas yang dipilih sesuai dengan tujuan pemasaran.

Baca Juga: Ketahui Cara Jitu Menggunakan Rumus Harga Jual, Dijamin Cuan!

Manfaat Website Marketing

Kini saatnya kamu memahami manfaat dari website marketing untuk bisnismu. Perhatikan penjelasannya agar kamu tahu apa saja manfaat yang akan didapat ya DomaiNesians!

Manfaat website marketing dapat bervariasi tergantung pada tujuan pemasaran dan jenis aktivitas yang dilakukan, tapi beberapa manfaat umum dari website marketing yaitu: 

Meningkatkan brand awareness 

Brand awareness adalah tingkat kesadaran masyarakat tentang keberadaan dan reputasi sebuah merek atau produk. Selain itu, brand awareness juga dapat mengukur seberapa banyak orang yang mengenal merek atau produk tersebut dan memiliki pendapat positif tentangnya.

Brand awareness dapat ditingkatkan melalui berbagai aktivitas pemasaran seperti website marketing, iklan, promosi, dll. Semakin tinggi tingkat brand awareness, semakin besar kemungkinan bahwa orang akan membeli produk atau menggunakan jasa dari merek tersebut.

Salah satu cara meningkatkan brand awareness adalah dengan menyebarluaskan konten yang berkualitas dan informatif sehingga dapat membuat situs website dan bisnis yang kamu miliki lebih dikenal lagi.

Meningkatkan angka penjualan

Menggunakan teknik pemasaran yang tepat dapat meningkatkan tingkat konversi dari pengunjung menjadi pelanggan. Manfaat website marketing dalam meningkatkan angka penjualan seperti: 

Platform e-commerce

Website dapat digunakan sebagai platform e-commerce untuk menerima pemesanan dan pembayaran secara online. 

Pemasaran Produk

Website juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dengan menyediakan informasi dan gambar yang menarik. 

Call-to-Action

Selanjutnya, website yang kamu bangun juga dapat ditambahkan u tombol call-to-action seperti “Beli sekarang” atau “Daftar sekarang” untuk mengajak pelanggan melakukan tindakan yang kamu inginkan. 

Retargeting

Menampilkan iklan produk kepada pelanggan yang telah mengunjungi website sebelumnya yang dapat meningkatkan tingkat konversi juga menjadi upaya untuk meningkatkan angka penjualan dengan menggunakan website marketing. 

Email Marketing

Yang terakhir, website dapat kamu manfaatkan juga untuk mengirimkan email promosi dan pemasaran ke pelanggan yang sudah terdaftar dan memberikan tawaran khusus untuk mempromosikan produk.

Sumber : envato

Pemasaran yang efisien

Website marketing adalah cara yang efisien untuk menjangkau audiens yang luas dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Hanya bermodalkan website saja kamu bisa menjalankan berbagai strategi marketing  sekaligus seperti penerapan SEO untuk mendapatkan peringkat teratas, PPC untuk meningkatkan trafik website, dll.

Selain itu, konten yang informatif dan berkualitas juga dapat mengundang pengguna internet untuk berkunjung ke website mu selama 24 jam. Dengan cara seperti itu, maka proses pemasaran jauh lebih efektif dan juga menjadi lebih ringan.  

Memperluas jangkauan pasar

Manfaat dari website marketing adalah dapat memperluas jangkauan pasar. Seperti yang kita tahu bahwa hampir semua orang di berbagai wilayah dan negara menggunakan internet. Maka dari itu, apabila kamu memanfaatkan website untuk marketing dapat menjangkau lebih banyak pengguna internet dan membuat mereka lebih mudah menemukan bisnis milikmu, yang otomatis dapat juga memperluas jangkauan pasar.  

Membantu memahami pelanggan

Manfaat website marketing adalah dapat membantu memahami pengguna. Artinya kamu dapat menggunakan website sebagai alat untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengimplementasikan informasi tentang pelanggan mu. Dengan begitu, memungkinkan kamu untuk mengetahui kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan. Sehingga dapat menyesuaikan konten website, produk, atau layanan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu juga dapat membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan memahami pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Strategi Website Marketing

Untuk melakukan strategi website marketing, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan: 

Menentukan tujuan pemasaran

Pertama, penting untuk menentukan tujuan pemasaran yang ingin dicapai seperti meningkatkan trafik, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan kesadaran merek.

Menentukan tujuan pemasaran sangat penting karena memberi arahan dan fokus pada strategi dan kegiatan pemasaran yang akan dilakukan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menentukan tujuan pemasaran antara lain: 

  • Analisis pasar, melakukan analisis pasar untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan mengenai bisnis yang kamu kembangkan.
  • Mengenali kompetitor, mengetahui kompetitor juga penting untuk dilakukan agar mengerti tujuan dan juga strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Membuat konten yang berkualitas

Strategi berikutnya untuk website marketing adalah membuat konten berkualitas. Membuat konten website yang berkualitas sangat penting karena dapat mempengaruhi tingkat engagement dan interaksi dengan pengunjung, serta dapat membantu mencapai tujuan pemasaran yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat juga dapat membantu menarik pengunjung ke situs web dan meningkatkan kesadaran merek. Seperti apa konten yang berkualitas itu?

Sumber : envato

Konten yang dimaksud adalah konten yang informatif, konten yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung, dan juga konten yang disajikan secara menarik. Jika ketiga hal tersebut sudah kamu penuhi, maka peluang untuk mendapatkan trafik dan peringkat pada mesin pencarian juga makin besar. 

Menciptakan website yang responsif

Menciptakan website yang responsif artinya website dapat diakses dan ditampilkan dengan baik pada berbagai perangkat seperti desktop, laptop, tablet, dan smartphone.

Website yang responsif akan menyesuaikan ukuran dan layoutnya sesuai dengan ukuran layar perangkat yang digunakan, sehingga membuat pengguna websitemu akan merasa lebih nyaman.

Penerapan responsif untuk website marketing juga dapat membantu dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari karena Google menganggap website yang responsif sebagai prioritas dalam peringkat hasil pencarian.

Menciptakan website yang responsif bisa menggunakan template website atau bahkan bisa menggunakan html5. Jadi meskipun kamu baru belajar membuat website, kamu tidak perlu khawatir karena sudah banyak cara membuat website bagi pemula yang bisa kamu ikuti.

Melakukan optimasi SEO

Optimasi SEO (Search Engine Optimization) adalah proses yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas website pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo.

Alasan Optimasi SEO sangat penting dalam website marketing adalah dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung website dan konversi penjualan. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam melakukan optimasi SEO untuk website marketing antara lain: 

  • Menentukan kata kunci yang relevan dengan website dan produk/jasa yang kamu tawarkan. 
  • Optimasi SEO on page dengan melakukan optimasi pada halaman website seperti judul halaman, meta deskripsi, dan struktur konten. 
  • Backlink, mendapatkan backlink dari website lain yang relevan dan berkualitas untuk meningkatkan autoritas website. 
  • Optimasi gambar dengan memperkecil ukuran gambar dan menambahkan tag alt untuk mempercepat loading website dan meningkatkan SEO. 
  • Optimasi URL dengan menggunakan struktur URL yang jelas dan sederhana untuk memudahkan mesin pencari dalam mengidentifikasi konten website.

Memperhatikan kecepatan website

Kecepatan website juga harus kamu perhatikan ya DomaiNesians! Jangan sampai kamu memiliki website marketing tapi performanya kurang memadai sehingga pengunjung harus membutuhkan waktu yang lama untuk mengaksesnya.

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan kecepatan website agar lebih optimal? Caranya yaitu dengan optimasi gambar pada website, menghapus plugin yang sudah tidak digunakan, dan juga gunakan layanan hosting terbaik

Sumber : envato

Lakukan promosi website

Apabila semua strategi website marketing di atas sudah kamu lakukan, kini saatnya untuk melakukan promosi. Misalnya dengan mempromosikan melalui sosial media, forum diskusi, atau email marketing.

Salah satu contohnya yaitu dengan memberikan link website pada profil sosial media atau dengan memberikan informasi yang nantinya akan diarahkan ke website tersebut. 

Tips Efektif Menjalankan Strategi Marketing 

Strategi website marketing sudah kamu pahami kan? Selain itu, kamu juga harus mengetahui cara agar website marketingmu bisa berjalan efektif. Tenang saja, DomaiNesia akan memberikan tipsnya khusus untuk kamu!

Lakukan analisis performa website

Analisis performa website adalah proses yang digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja website. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana website berperforma dan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja website.

Analisis performa website dapat memberikan wawasan yang berguna untuk meningkatkan SEO, konten, desain, dan pengalaman pengguna. Kamu bisa menggunakan tools seperti Google Analytics untuk mengukur jumlah pengunjung, tingkat bounce rate, dan konversi pengunjung.

Sumber : envato

Memaksimalkan penggunaan email marketing

Email marketing adalah salah satu cara untuk menjangkau audiens dan mempromosikan bisnis kita dan juga memberikan informasi terbaru misalnya ada diskon produk. Selain itu, penggunaan email marketing juga dapat kamu manfaatkan untuk tetap terhubung kepada pengguna websitemu.

Beli Email Hosting

Pastikan tampilan website responsive

Saat ini lebih banyak orang yang lebih senang mengakses website menggunakan smartphone dari pada menggunakan perangkat lain dengan alasan lebih praktis. Jadi pastikan bahwa website marketing kamu sudah mobile friendly ya DomaiNesians! Jika kamu kesusahan maka manfaatkan plugin wordpress gratis yang tersedia. 

Memetakan alur pengunjung website

Memetakan alur pengunjung adalah proses untuk mengidentifikasi dan menganalisis jalur yang diambil oleh pengunjung saat mengunjungi website milikmu. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengunjung menggunakan website, apa yang mereka cari, dan apa yang membuat mereka tetap atau pergi dari website.

Memetakan alur pengunjung dapat memberikan insight yang berguna untuk meningkatkan kinerja website. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan tools seperti Google Analytics untuk mengidentifikasi jalur yang diambil oleh pengunjung saat mengunjungi website.

Dengan begitu kamu bisa tahu bagian website mana saja yang kurang optimal kinerjanya.

Sudah Siap Menerapkan Website Marketing?

Saat ini kamu sudah paham kan apa itu website marketing? Juga bagaimana cara menerapkannya? Nah jika kamu sudah paham, saatnya kamu menerapkan strateginya mulai dari menentukan tujuan pemasaran, menciptakan konten relevan, hingga melakukan promosi website.

Agar strategi yang sudah kamu bangun tersebut berjalan efektif, kamu harus menerapkan tips-tips yang sudah dijelaskan di atas ya! Selamat menerapkan email marketing untuk bisnis lebih maju!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds