• Home
  • Tips
  • 7 Tips Membuat Website untuk Side Project ala Domain XYZ

7 Tips Membuat Website untuk Side Project ala Domain XYZ

Oleh Ratna Patria

Agar semakin berkembang, sebaiknya side projek beserta segala portofolionya kamu kumpulkan dalam sebuah website.

Tips Menambah Income dengan Side Project

Artikel ini akan memberikan kamu tips membuat website untuk side projek dengan domain XYZ dari pengguna yang sudah berpengalaman.

domain XYZ
Sumber: Freepik

Buat Pusat Informasi untuk Komunitas

Berbagai keahlian yang kamu miliki di industri atau hobi tertentu adalah cara yang bagus untuk berbagi pengalaman kepada orang lain.

Saat kamu menggunakan website untuk membagikan apa yang kamu ketahui dan kuasai, ini akan memberi kebebasan untuk membagikan berbagai jenis konten.

Konten dapat berupa dokumentasi dan informasi yang sudah kamu kumpulkan selama bertahun-tahun.

Kamu bisa memulainya dengan membuat blog di website kemudian membagikannya melalui media sosial.

Konten video juga tidak kalah menarik, buatlah video yang berisi tips dan insight mengenai keahlianmu itu.

Buatlah website dengan domain yang mudah dicari oleh komunitasmu seperti domain XYZ. Dengan adanya website, kamu bisa membangun komunitas lebih luas lagi dengan saling berbagi wawasan di dalamnya.

Website Pribadi untuk Berbagi Hal Kreatif

Membuat website untuk kegiatan kreatif memberikan kamu tempat untuk berbagi sudut pandang dengan banyak orang.

Website bisa menjadi tempat untuk berbagi hal saat kamu memiliki waktu luang seperti berbagi cerita pendek atau mungkin hasil gambarmu.

Kamu memiliki kebebasan untuk menampilkan website sesuai dengan selera gaya dan kepribadianmu.

Mendokumentasikan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan minatmu bisa menjadi cara untuk membuat followers FOMO dan kamu bisa berperan dalam menginfluence orang-orang di komunitasmu.

Blogger Katie Novack membagikan cerita mengenai perjalanan, kesehatan dan kecantikan serta kuliner di websitenya dengan menggunakan domain XYZ bernama TheWonderList.XYZ.

Cerita dan pengalaman yang Katie bagikan memberi banyak insight untuk pembacanya dan membangun engagement yang baik dengan komunitasnya di website.

Mengupdate kegiatan kreatif di sebuah website dengan nama domain XYZ adalah cara yang tepat agar karyamu bisa diperhatikan dan dihargai banyak orang.

domain XYZ
Sumber: Freepik

Baca Juga : Cara Membuat Website Mudah Bagi Pemula

Buat Koleksi dari Berbagai Hobi

Kalau kamu suka mengerjakan side proyek dan sudah banyak karya yang kamu hasilkan, kamu bisa membuat portofolionya dalam sebuah website.

Karyamu bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang yang barangkali juga sedang mengerjakan proyek serupa denganmu.

Kamu bisa menggunakan nama domain XYZ untuk menampilkan berbagai karya dari side job. Semakin banyak karya side proyek yang kamu upload, semakin besar orang melihat dan mengajakmu untuk berkolaborasi atau menawarkan pekerjaan.

Dokumentasi Pribadi

Apakah kamu suka berpetualang ke berbagai tempat? Pasti kamu memiliki banyak dokumentasi pribadi dari berbagai tempat yang pernah kamu kunjungi.

Menggunakan website sebagai jurnal online adalah cara yang tepat untuk mengupdate dan track perjalananmu.

Website pribadi ini juga bisa menjadi album foto digital yang menyimpan berbagai kenangan dan pengalaman selama perjalananmu. Kamu bisa membukanya kapan saja dan dari mana saja.

Bagikan cerita mengenai pelajaran apa yang kamu dapat selama perjalanan, misalnya berkenalan dengan suku tertentu atau belajar bahasa dan budaya baru.

Website perjalanan ini nantinya bisa menjadi informasi jika ada orang lain yang ingin berkunjung ke tempat yang pernah kamu ceritakan.

Menghubungkan Komunitas

Website bisa menjadi tempat untuk menghubungkan komunitasmu melalui diskusi berbagai topik.

Melalui komunitas ini, kamu bisa berbagi ide mengenai politik, teknologi, olahraga, seni, perjalanan atau topik lainnya.

Misalnya kamu berada di komunitas yang mendiskusikan mengenai feminis dan kesetaraan gender, pemilihan nama domain pun harus diperhatikan agar audiens bisa mudah mengingatnya.

Kamu bisa gunakan domain XYZ di mana terdapat huruf X dan Y yang merupakan kromosom manusia. Ini bisa menjadi alasan unik yang kamu ceritakan ke komunitasmu.

domain XYZ
Sumber: Freepik

Buat Kompetisi

Website tidak hanya sebagai portofolio dan penghubung untuk komunitasmu, kamu juga bisa membuat kegiatan lain seperti kompetisi.

Buatlah kompetisi online yang dapat memberikan kamu insight tentang sebuah cara berpikir atau metode baru di industrimu.

Kompetisi dapat memotivasi peserta untuk berpikir out of the box agar karya mereka terlihat menarik diantara yang lain.

Para peserta dapat mengumpulkan ide dan karyanya di website kompetisi yang kamu buat. Dengan kompetisi, akan banyak inspirasi dan ide baru di komunitasmu.

Berjualan Online

Mungkin kamu memiliki potensi membuat produk baru dan banyak diminati oleh teman-teman, kamu bisa mengembangkannya menjadi bisnis online melalui website. Toko online dapat menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai lokasi.

Membuat website untuk bisnismu tidak hanya meningkatkan awareness, tetapi juga sebagai platform untuk mempromosikan produk atau jasa. Karena ini websitemu, jadi kamu dapat mengontrol strategi promosinya.

Buatlah toko online dengan domain XYZ kemudian berikan penawaran yang menarik untuk audiens. Jangan lupa berikan penjelasan mengapa bisnismu berbeda dari kompetitor.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet Bagi Pemula

Buat Website untuk Side Projek

Sebelum memulai side projek, ada baiknya kamu juga menyiapkan sebuah website agar projekmu banyak dilihat orang. Dengan memiliki website, kamu bisa lebih terlihat profesional dan ini akan berpeluang mendatangkan banyak projek lain.

Website tersebut kamu dapat gunakan untuk pusat informasi bagi komunitasmu, berbagi hal kreatif, kumpulan portofolio, dokumentasi pribadi, menghubungkan komunitasmu, membuat kompetisi online bahkan bisa untuk berjualan online.

domain XYZ
Sumber: Freepik

Ibarat alamat rumah, gunakanlah domain yang terpercaya, jelas dan mudah diingat seperti domain XYZ agar audiens tidak kesulitan mencari websitemu.

Nama domain yang kamu pilih perlu disesuaikan juga dengan isi konten website. Setelah membaca artikel ini, side projek apa yang ingin kamu coba?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!