• Home
  • Tips
  • Simak 6 Cara Mudah Beriklan di TikTok Ads

Simak 6 Cara Mudah Beriklan di TikTok Ads

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat ini popularitas TikTok semakin meningkat, baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Hal itu juga yang menyebabkan banyak brand bisnis mulai berani untuk membuat TikTok Ads karena dianggap lebih efektif sebagai media promosi. Bagi kamu yang tertarik simak yuk, cara iklan di TikTok Ads berikut. 

Alasan kamu harus membuat iklan di TikTok Ads

Memiliki lebih dari 500 juta user atau pengguna aktif di seluruh dunia, kini TikTok menawarkan peluang sukses bagi kamu yang membuat iklan. 

TikTok sendiri adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengedit dan berbagi video dengan durasi 15 detik. Kamu juga bisa menggunakan beberapa filter, efek, dan musik yang telah disediakan. 

Adanya fitur-fitur canggih pada aplikasi TikTok ini membuat orang semakin mudah mengedit video hanya dalam hitungan menit. Selain itu, potensi videomu untuk ditonton oleh orang banyak pun juga semakin besar. Itulah yang menjadi alasan mengapa membuat iklan di TikTok Ads dianggap efektif.

Tiktok ads
Sumber: Envato

Namun, kamu harus lebih dulu untuk melihat apakah target pasar bisnis mu sesuai dengan para pengguna TikTok. Hal ini juga untuk memprediksi seberapa sukses jika kamu membuat iklan di TikTok Ads. 

Baca juga: Cara Simpel Anti Ribet Tutorial Facebook Ads untuk Pemula

Sebanyak, 66 persen pengguna TikTok berusia di bawah 30 tahun dan 41 persen berusia 16–24 tahun. Sehingga, platform ini kurang tepat untuk bisnis yang target pasarnya orang-orang berusia di atas 30 tahun. 

Adanya variasi umur dari pengguna, tentu membuat kamu harus bisa memahami mereka dengan mengetahui beberapa jenis iklan TikTok. Tujuannya, agar pesan yang disampaikan melalui iklan bisa diterima dengan baik. 

Jenis-jenis iklan di TikTok Ads

Berikut ini beberapa jenis iklan TikTok: 

1. In-feed ads

Ini adalah jenis iklan yang dapat kamu buat sendiri melalui interface TikTok Ad Manager. Selain itu, iklan tersebut akan langsung muncul dan berbaur dengan konten-konte lain halam For You Page (FYP). 

Sehingga, ketika muncul kamu sebagai pengguna juga bisa ikut serta memberikan like atau komentar pada iklannya. Jangan lupa, untuk sertakan beberapa kalimat ajakan pada iklan agar mendorong user untuk berbelanja produk-produk bisnis milikmu. 

Seperti yang kita tahu, bahwa orang-orang akan sangat cepat melihat video-video di aplikasi TikTok. Sehingga kamu hanya memiliki waktu sekitar 2-3 detik untuk menarik perhatian audiens. 

Jadi, pastikan untuk membuat In-feed ads yang menarik di  detik awal, sehingga audiens tertarik untuk menonton iklanmu sampai habis. 

2. Brand Takeover

Pernahkah kamu ketika baru membuka aplikasi TikTok dan langsung melihat iklan? Jika jawabannya ya, maka itu adalah salah satu jenis TikTok Ads brand takeover

Sederhananya, brand takeover ini adalah jenis Iklan yang akan langsung muncul saat seseorang membuka aplikasi TikTok. Biasanya akan ditampilkan kepada audiens yang memang sudah ditargetkan. 

3. TopView

Iklan TopView adalah opsi jenis periklanan baru, karena kamu bisa melihatnya di puncak feeds atau sederhananya postingan in-feed pertama setelah 3 detik kamu membuka aplikasi TikTok.

4. Hashtag challenge

Hashtag challenge adalah sebuah tantangan yang diberikan kepada para pengguna TikTok untuk membuat video tentang tema tertentu. Biasanya akan disesuaikan dengan tema promosi, karena sekaligus membangun kesadaran merek. 

Jadi, pada saat pengguna mengklik tagar yang disponsori, mereka akan langsung menemukan berbagai macam konten terkait. Sehingga, membuat pengguna menjadi lebih aware atau sadar akan produk bisnis milikmu.

Tiktok ads
Sumber: Envato

5. Branded effect

Saat ini TikTok juga menawarkan berbagai macam stiker seperti filter Augmented Reality (AR). Ini akan membantu kamu untuk merancang filter khusus yang biasanya digunakan untuk promosi brand bisnis tertentu. 

Penggunaan jenis iklan branded effect ini juga terbilang efektif karena adanya interaksi aktif secara langsung dari para pengguna TikTok. 

Baca juga: Agar Sukses Beriklan Dengan Facebook Ads, Bagaimana Caranya?

Cara Iklan di TikTok Ads 

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, kini saatnya kamu mempelajari cara menggunakan TikTok Ads: 

1. Buat akun TikTok Ads

Cara iklan di TikTok Ads yang pertama adalah membuat akunnya terlebih dahulu kemudian klik buat iklan. Karena Iklan TikTok masih dalam versi beta, proses untuk mempersiapkan iklan pun belum sepenuhnya dilakukan secara otomatis. Sehingga kamu akan diminta untuk mengisi data secara rinci terlebih dahulu melalui formulir yang disediakan. 

Setelah mengirimkan informasi ini, kamu akan dihubungi untuk melakukan verifikasi akun TikTok Ads. Dan akan membutuhkan waktu hingga 48 jam untuk menyetujui akun. 

2. Buat campaign di TIkTok Ads

Selanjutnya, saat berada dashboard TikTok Ads, klik Campaign di bagian atas halaman, lalu klik tombol Create. Selanjutnya, pilih tujuan Campaign sesuai target pembuatan iklan.

Pada tahap ini, kamu dapat memilih salah satu dari tiga opsi yang disediakan yaitu Traffic, Conversions, dan Apps Install. Untuk menetapkan budget atau anggaran campaign, kamu bisa memilih opsi Anggaran Harian atau Anggaran Total di bawah setting

3. Tetapkan penempatan, detail, dan penargetan TikTok Ads

Kemudian, buat grup untuk campaign, serta memilih penempatan dan penargetannya secara jelas. Salah satu fitur paling berguna dari dashboard di TikTok Ads adalah memungkinkan kamu untuk memilih platform mana yang sesuai. 

Ada juga opsi untuk penempatan otomatis, di mana TikTok menentukan platform yang cocok untuk iklan milikmu sehingga bisa mendapatkan hasil terbaik. 

Setelah memilih penempatan yang diinginkan, ikuti petunjuk untuk memasukkan semua detail yang diperlukan seperti URL, display name, gambar, dan kategori relevan. 

Kamu juga dapat memilih hingga 20 kata kunci atau keyword untuk mendeskripsikan situs web atau aplikasi yang kemudian akan digunakan untuk mencocokkan produk dengan audiens. 

Pada bagian penargetan, kamu akan diminta untuk memilih atau menentukan target audiens untuk iklan. Tetapkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, minat, perangkat, dan lainnya untuk mendapatkan audiens yang diinginkan.

Tiktok ads
Sumber: Envato

4. Atur pengeluaran TikTok Ads, Durasi, dan Goals

Setelah selesai melakukan beberapa cara di atas, kini saatnya kamu untuk mengatur atau mengelola pengeluaran, durasi, dan goals iklan. 

  • Tetapkan anggaran dan jadwal iklan

Di bagian ini, kamu wajib untuk segera menetapkan anggaran untuk iklan. Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya, bahwa kamu dapat memilih anggaran harian atau anggaran total. 

Selain itu, pilih juga durasi waktu dengan jadwal yang jelas. Pembagian hari memungkinkan kamu untuk memilih waktu tertentu dalam sehari atau seminggu untuk menjalankan iklan.

  • Pilih kecepatan penayangan iklan

Kecepatan penayangan iklan ini biasanya juga akan berpengaruh pada anggaran yang dikeluarkan. Opsi penayangan standar akan menghabiskan anggaran secara merata di seluruh durasi campaign

  • Pilih goals pengoptimalan iklan 

Goals atau tujuan dari pengoptimalan iklan ini akan mencerminkan metrik utama yang ingin dicapai. Kamu dapat memilih untuk mengoptimalkan iklan melalui konversi, klik, atau views dan impression

  • Atur Smart Optimization sesuai dengan kebutuhan 

TikTok menawarkan Smart Optimization yang apabila diaktifkan, maka iklan milikmu akan terus disesuaikan dan dioptimalkan untuk meningkatkan konversi. Jika memilih klik atau views sebagai goals, sebaiknya menonaktifkan fitur ini.

5. Rancang iklan menggunakan TikTok’s Video Creation Kit

Saat merancang konsep atau materi iklan, kamu bisa gunakan TikTok’s Video Creation Kit. Di mana, dapat membuat TikTok Ads berupa video dan gambar horizontal, vertikal, atau persegi. 

Selain itu, kamu juga mendapatkan beberapa pilihan template video dan gambar yang bisa disesuikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Baca juga: 9+ Cara Membuat Iklan yang Menarik Supaya Banjir Order

6. Optimalkan TikTok Ads

Saat membuat TikTok Ads ini, pastikan kamu menggunakan gambar beresolusi tinggi karena visual iklan sangat berpengaruh untuk menarik perhatian user

Kemudian, fokus pada kalimat ajakan atau Call To Action (CTA) untuk memaksimalkan tingkat keberhasilan sebuah iklan. Kamu juga harus membuat konten TikTok Ads yang masih berkaitan dengan beberapa topik viral serta menggunakan hashtag tertentu. 

Dengan adanya konten viral tersebut, kamu memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan banyak views

Sehingga, ketika semakin banyak orang yang melihat kontenmu, maka akan semakin tinggi tingkat keberhasilan iklan. Pasalnya banyak orang akan mulai sadar akan kehadiran produk bisnismu. 

Kamu juga harus meninjau kembali agar video TikTok Ads memiliki durasi singkat dan pesan yang jelas. Tujuannya agar audiens tidak merasa bosan dan tertarik menonton sampai habis.

Tiktok ads
Sumber: Envato

Oleh karena itu, kamu perlu memastikan bahwa mereka menangkap pesannya dengan jelas. Salah satu cara paling efektif adalah menyampaikan pesan iklan secara singkat dan to-the-point.

Seperti kita tahu memang ada banyak sekali format iklan, namun agar kamu bisa mendapatkan hasil terbaik, tidak ada salahnya untuk bereksperimen dengan berbagai opsi penargetan dan materi iklan. 

Semakin banyaknya pengalaman beriklan tersebut, tentu akan memberikan kamu insight format iklan mana yang paling berhasil. 

Demi Mendukung Kemajuan Bisnis, Mulai Buat Iklan di TikTok Ads Sekarang Juga!

Itulah beberapa cara iklan di TikTok Ads hingga alasan mengapa kamu harus melakukannya. Memang tidak bisa dipungkiri kehadiran TikTok saat ini sangat menarik perhatian banyak orang, sehingga membuat iklan di aplikasi tersebut akan sangat efektif. Namun, kamu juga perlu mengetahui beberapa jenis iklan di TikTok Ads agar bisa menyesuaikan dengan target audiens bisnis.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!