• Home
  • Tips
  • Lakukan 4++ Langkah Cara Membuat Website Menjadi APK

Lakukan 4++ Langkah Cara Membuat Website Menjadi APK

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Saat ini pengguna android terus meningkat tak terbatas usia. Hal ini mendorong para pemilik website untuk memperluas jangkauan website mereka khususnya melalui aplikasi android.

Apabila kamu memiliki situs website seperti toko online, blog, portal berita dan lain sebagainya, kamu dapat membuatnya menjadi aplikasi android.

Yaitu dengan mengubah file website menjadi file yang berkestensi .APK.

Setelah itu, kamu juga dapat mendistribusikannya ke Google Play Store atau platform berbagai aplikasi lainnya agar dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Bagaimana cara membuat website menjadi apk? Simak dan ikuti langkah- langkah berikut ya DomaiNesians!

Baca Juga : Cara Membuat Website Dari Nol

Apa itu File .APK

Android application package atau disebut dengan file .apk adalah salah satu format file dalam bentuk apket aplikasi yang baisanya digunakan ketika kamu melakukan instalasi aplikasi di smartphone.

File .apk pada umumnya dapat berjalan pada sistem operasi Android. Hal ini sama seperti di sistem operasi Windows yang menggunakan format file .exe ketika melakukan instalasi software.

Mudahnya apabila Windows menggunakan .exe sedangkan Android menggunakan .apk.

Saat ingin menginstal game atau aplikasi Android, biasanya langsung dari Google Play Store.

Nah tetapi apabila kamu ingin menginstall aplikasi diluat Google Play Store, kamu akan menerima file dengan ekstensi .apk.

Format file .apk ini kebanyakan digunakan oleh developer mobile pada saat tahap testing di internal developer sebelum di upload ke Google Play Store.

Testing aplikasi yang berformat file .apk ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada bug atau error sebelum digunakan oleh banyak orang.

Cara Membuat Website Menjadi APK

Terdapat berbagai pilihan cara membuat website menjadi aplikasi android. Berikut cara yang dapat kamu ikuti untuk mengubah website kamu menjadi aplikasi android tanpa perlu keahlian pemrograman android :

Mengubah Website Menjadi APK dengan Layanan Online

Opsi pertama cara membuat website menjadi APK adalah dengan bantuan layanan online. Ada beberapa layanan atau situs online yang dapat kamu manfaatkan untuk mengubah website menjadi aplikasi android. Apa saja? Berikut adalah contoh layanan online yang menyediakan pembuatan web menjadi aplikasi Android.

AppsGeyser

Salah satu contoh layanan online yang dapat membuat website menjadi aplikasi android adalah AppsGeyser.

Appsgeyser adalah salah satu platform atau layanan berbasis web yang membantu para penggunanya dalam membuat atau mengubah sebuah website menjadi Aplikasi Android.

Appgeyser bisa disebut juga dengan launcher. Launcher sendiri merupakan sebuah aplikasi yang khusus yang didesain untuk melakukan manajemen aplikasi baik berbasis web atau mobile dengan cara merubah struktur tema atau tampilan berdasarkan perangkat Android tertentu.

Untuk itu, dengan melalui Appsgeyser kamu dapat mendistribusikan konten dari website atau blog dengan mudah dan dapat diakses oleh banyak orang melalui Aplikasi Android.

Mengakses AppsGeyser

Langkah pertama cara membuat website menjadi apk melalui AppsGeyser adalah dengan mengakses website AppsGeyser seperti gambar berikut.

Membuat APK

Setelah berhasil masuk pada website AppsGeyser klik CREAT APP FOR FREE. Lalu silakan pilih Website dan masukkan alamat URL dari website kamu yang akan diubah menjadi aplikasi android.

Setelah mengisikan website URL, scroll ke bawah halaman lalu klik NEXT dan ikuti alur pembuatan aplikasi android selanjutnya. Akan terdapat opsi untuk pengaturan App Monetization.

App Monetization dapat membuat aplikasi android yang kamu buat menjadi mesin penghasil uang. Terdapat beberapa pilihan yang disediakan yaitu Ads In-App Purchases, Ads only, dan No Monetization.

Setelah mengatur app monetization, lanjutkan dengan menuliskan nama aplikasi android yang akan kamu buat. Misalnya My Website.

Lanjutkan dengan menentukan icon. AppsGeyser memiliki icon default seperti pada gambar di atas, namun apabila kamu ingin menggunakan icon sendiri, kamu dapat memilih opsi custom icon dan pilih icon yang kamu miliki.

Setelah selesai, Klik Create. Pastikan kamu sudah memiliki akun pada AppsGeyser.

Jika belum memiliki, kamu dapat melanjutkan proses pembuatan aplikasi android kamu dengan mendaftar akun AppsGeyser dengan klik Sign Up atau langsung masuk dengan menggunakan Continue with Google kemudian login dengan akun google kamu. 

Download Aplikasi

Jika proses pembuatan aplikasi sudah selesai, kamu akan diarahkan pada dashboard AppsGeyser dari akun yang telah kamu buat. Pada bagian atas terdapat drop down aplikasi android yang pernah dibuat. Pilih aplikasi android yang kamu buat lalu klik Download. 

Aplikasi android kamu akan dikirimkan melalui email, kemudian kamu dapat mulai membuka aplikasi tersebut melalui email yang ada di android kamu.

Membuka Email

Selanjutnya bisa buka email kamu kemudian klik Download lalu install aplikasi website di android kamu, dengan begitu website versi aplikasi android kamu sudah siap dipakai.

Webintoapp

Layanan online yang menyediakan pembuatan website menjadi aplikasi android selanjutnya adalah Webintoapp. WebIntoApp adalah platform aplikasi online yang membantu kamu untuk mengubah situs web apa pun menjadi apliklasi Android dan iOS dengan gratis, cepat dan mudah. 

Mengakses Webintoapp

Langkah pertama cara membuat website menjadi apk melalui Webintoapp adalah dengan mengakses website Webintoapp seperti gambar berikut. Lalu dilanjutkan untuk klik Get Started untuk memulai membuat website versi aplikasi android.

Setting URL, Nama, dan Ikon

Selanjutnya, kamu akan  diarahkan pada alur pembuatan aplikasi android untuk website kamu.

Isikan informasi yang dibutuhkan seperti alamat URL website kamu, App Name untuk nama atau judul aplikasi android yang akan kamu buat, hingga Brand Name atau nama Company kamu.

Selain itu kamu juga dapat memilih gambar icon dari aplikasi kamu. Pastikan kamu menggunakan gambar untuk icon dengan ukuran maksimal 200×200 pixel. Jika sudah, klik Next >>.

cara membuat website menjadi apk

Pilih Layanan

Pilih layanan Free Android App (Free). Kamu juga dapat memilih opsi Dedicated iOS & Android dengan membayar sejumlah biaya yang ditentukan. Pastikan kembali informasi aplikasi yang kamu tuliskan sudah benar. Jika sudah klik Make App.

Register Akun Webintoapp

Jika kamu belum memiliki akun pada webintoapp, isikan form registrasi yang muncul mulai dari Nama, Email, dan Password. Namun jika sudah memiliki akun, langsung klik Login.

Proses Perubahan

Tunggu proses pembuatan aplikasi android hingga selesai. Jika sudah, kamu akan diarahkan pada dashboard akun webintoapp kamu.

Download Aplikasi

Pada tampilan dashboard akan muncul list aplikasi android yang pernah dibuat. Klik pada icon download untuk mendapatkan aplikasi android kamu.

Pada pop-up yang muncul pilih Download | Free, tunggu hingga file zip aplikasi android terunduh. Setelah itu, kamu dapat memindahkan file tersebut pada android kamu untuk diinstall.

Selain layanan online, kamu juga dapat menggunakan software khusus yang dapat kamu install pada laptop atau PC kamu.

Terdapat berbagai software yang dapat diunduh langsung melalui website resmi mereka seperti Website 2 APK builder Pro.

Software pembuatan aplikasi website untuk android ini menawarkan lebih banyak fitur yang lengkap untuk menghasilkan aplikasi android sesuai dengan kebutuhan kamu.

Mengubah Website Menjadi APK dengan Aplikasi Android

Jika kamu tipe orang yang tidak mau repot memindah aplikasi dari laptop atau PC ke android, kamu dapat mencoba membuat website menjadi aplikasi melalui aplikasi android.

Salah satu aplikasi yang dapat kamu coba adalah Hermit – Lite Apps Browser. Berikut ini cara membuat website menjadi apk dengan aplikasi android, antara lain : 

Install Aplikasi Hermit-Lite Apps Browser

Kamu dapat mengakses aplikasi tersebut pada Playstore kamu, kemudian klik install untuk memulai instalasi aplikasi pada android kamu.

Membuat Aplikasi

Setelah itu, klik icon + lalu pilih Create Your Own untuk mulai membuat aplikasi.

Cari atau ketik alamat URL website kamu pada kolom Search or type URL, lalu klik Create a Lite App untuk memulai membuat aplikasinya.

Menuliskan Nama Aplikasi

Beri nama aplikasi yang kamu buat, misalnya My Website.  Pastikan alamat URL website yang kamu ketik sudah benar.

Kemudian kamu dapat memilih untuk menambahkan aplikasi kamu pada home screen dengan klik centang pada Add to Home Screen lalu klik OK.

Menambahkan Aplikasi ke Layar

Terakhir akan terdapat pop up konfirmasi untuk menambahkan aplikasi yang kamu buat pada home screen.

Klik Tambah dan akhirnya website versi aplikasi android kamu sudah dapat digunakan.

Segera Buat Websitemu Dalam Bentuk Aplikasi Android!

Cara membuat website menjadi apk dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui layanan online atau aplikasi android yang didownload pada Google Play Store.

Keduanya memiliki langkah-langkah yang mudah untuk dilakukan. Jadi kamu tidak pelru khawatir lagi apabila suatu saat ingin mengubah website menjadi aplikasi android.

Hal ini karena memang banyaknya penggunaan smartphone, sehingga mau tidak mau website harus responsif ketika diakses melalui smartphone.

Buat kamu yang ingin membuat aplikasi android, kamu bisa mengikuti cara membuat aplikasi android dengan mudah.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah