• Home
  • Berita
  • MariaDB adalah Sistem Manajemen Database Pengembangan Dari MySQL

MariaDB adalah Sistem Manajemen Database Pengembangan Dari MySQL

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Salah satu elemen penting dalam pegembangan software ialah database. Database adalah kumpulan data yang disimpan dan saling memiliki relasi sehingga dapat dikelola dengan mudah melalui suatu aplikasi. Ada beberapa jenis database diantaranya adalah relational database, distributed database, noSQL database, cloud database, dan database warehouse.

Salah satu yang paling populer digunakan adalah relational database yang memiliki contoh didalamnya adalah MariaDB. MariaDB adalah pengembangan versi dari sistem manajemen basis data relasional MySQL (RDBMS) dengan peningkatan kinerja dan keamanan yang signifikan. Matu tahu lebih lanjut tentang apa itu MariaDB dan sebenarnya apa sih perbedaan MariaDB dan MySQL? Yuk simak penjelasan selengkapnya.

mariadb adalah
Sumber: Envato

Pengertian database dan Jenis-jenis database

Pengertian database

MariaDB adalah salah satu contoh dari jenis relational database. Nah, ada baiknya sebelum melangkah lebih jauh terkait penjelasan MariaDB, simak dulu pengertian dari database dan jenis-jenis database termasuk relational database tadi. Database merupakan bagian penting dari sebuah sistem informasi atau software. Mengapa demikian? Ini karena database ibarat gudang yang menyimpan banyak barang. Jika dikaitkan dengan konteks software, maka database adalah gudang data. 

Maka dari itu database dapat didefinisikan sebagai kumpulan data yang disimpan dan saling memiliki relasi sehingga dapat dikelola dengan mudah melalui suatu aplikasi. Di database inilah data menjalankan fungsinya seperti menghindari terjadinya duplikasi data, membangun relasi antar tabel, dan mencegah terjadinya hubungan yang tidak jelas antar data. 

Jenis-jenis database

Relational database 

Dengan database relasional, informasi disimpan terstruktur tentang data lain. Relational database dirancang dengan tabel-tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Untuk dapat mengelola database jenis ini menggunakan umumnya menggunakan SQL atau Structured Query Language.

SQL adalah bahasa yang digunakan untuk identifikasi data seperti membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data pada relational database. Contoh dari relational database adalah MySQL dan MariaDB. MySQL adalah sistem manajemen database jenis ini yang paling populer sedangkan MariaDB adalah pengembangan dari MySQL yang saat ini juga mulai banyak digunakan. 

Distributed database 

Database terdistribusi adalah database yang tersebar di beberapa perangkat. Database terdistribusi akan beroperasi di beberapa mesin, seperti komputer yang berbeda dalam lokasi yang sama. Manfaat dari database terdistribusi adalah peningkatan kecepatan, kekamulan yang lebih baik, dan kemudahan ekspansi.

NoSQL database 

Database NoSQL memiliki hierarki yang mirip dengan sistem folder file dan data di dalamnya tidak terstruktur, atau non-relasional. Tidak terstrukturnya database ini memungkinkan untuk memproses data dalam jumlah yang lebih besar dengan cepat dan membuatnya lebih mudah untuk diperluas di masa mendatang. 

Cloud database 

Basis data cloud adalah basis data yang berjalan melalui Internet. Data disimpan di hard drive atau server lokal, tetapi informasinya tersedia secara online. Ini memudahkan untuk mengakses file kamu dari mana saja, selama kamu memiliki koneksi internet.

mariadb adalah
Sumber: Envato

Penjelasan tentang MariaDB

Pada bagian penjelasan jenis-jenis database diatas telah disinggung mengenai apa itu MariaDB. Nah, untuk lebih dalam memahami database yang satu ini, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

MariaDB adalah

Pertanyaan besarnya adalah: apa itu MariaDB? Melansir dari website TechTarget, MariaDB adalah sistem manajemen basis data relasional sumber terbuka yang kompatibel untuk teknologi basis data MySQL yang banyak digunakan. Itu dibuat sebagai pengembangan perangkat lunak MySQL oleh pengembang aslinya. Mereka merancang MariaDB pada tahun 2009 sebagai tanggapan atas akuisisi MySQL oleh Oracle Corp. MariaDB didasarkan pada SQL dan mendukung pemrosesan data gaya ACID, konsistensi, isolasi, dan daya tahan yang terjamin. 

Salah satu kemungkinan implementasi aplikasi database MariaDB yang paling populer adalah sistem manajemen konten, juga dikenal sebagai CMS. CMS adalah sistem publikasi yang memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan dan mengelola konten dalam jumlah besar di situs web. MariaDB adalah sistem manajemen basis data yang menawarkan beberapa fitur unggulan yang diantaranya adalah:

  • Open source software
  • Ini didasarkan pada Versi Komunitas MySQL sebagai pendahulunya
  • New Storage Engine (PBXT, XtraDB, Maria, FederatedX)

Barikut ini adalah beberapa versi history dari MariaDB hingga tahun 2021: 

  • 5.1, GA released by MariaDB foundation on February 2010 
  • November 2010 MariaDB 5.3 
  • February 2012 MariaDB 5.5 
  • April 2012 MariaDB Galera Cluster 
  • MariaDB 10.0.10 (March 2014) 
  • MariaDB 10.1.8 (October 2015) 
  • Maria DB 10.2: 8 April 2016 
  • Maria DB 10.3: 16 April 2017 
  • Maria DB 10.4: 9 November 2018 
  • Maria DB 10.5: 3 December 2019 
  • Maria DB 10.6: 26 April 2021

    mariadb adalah
    Sumber: Envato

Kelebihan MariaDB

MariaDB adalah sistem basis data yang populer saat ini. Tentu bukan tanpa alasan. MariaDB memberikan banyak kelebihan. Beberapa kelebihan MariaDB adalah sebagai berikut: 

  • MariaDB mendukung bahasa query yang populer dan standar.  
  • Muncul dengan banyak storage engine, termasuk yang berkinerja tinggi yang dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen basis data relasional lainnya.
  • MariaDB mendukung PHP, bahasa populer untuk pengembangan web.
  • Beroperasi di bawah lisensi GPL, BSD, atau LGPL.

Kekurangan MariaDB

Namun tentunya masih ada beberapa kekurangan MariaDB yang mau tidak mau masih harus dirasakan oleh penggunanya. Salah satu kekurangan MariaDB adalah terkait versi. MariaDB mesinnya masih cukup baru, jadi tidak ada jaminan pembaruan dan versi lebih lanjut akan datang.

Pengertian MySQL

Dua sistem manajemen basis data relasional atau relational database selain MariaDB adalah MySQL. Dikembangkan pada pertengahan 90-an., MySQL adalah salah satu database open-source pertama yang tersedia di pasar. Saat ini ada banyak alternatif varian MySQL. Namun, perbedaan antara varian tidak signifikan karena menggunakan sintaks yang sama, dan fungsi dasar juga tetap sama.

MySQL adalah database open source paling populer di dunia. Menurut DB-Engine, MySQL menempati urutan kedua sebagai database terpopuler setelah Oracle Database. MySQL mendukung banyak aplikasi yang paling banyak diakses, termasuk Facebook, Twitter, Netflix, Uber, Airbnb, Shopify, dan Booking.com.

Perbedaan MariaDB dan MySQL

Untuk dapat memahami kedua sistem manajemen database tersebut, table perbedaan MariaDB dan MySQL dibawah ini akan memudahkanmu. Berikut ini adalah beberapa perbedaan MariaDB dan MySQL:

mariadb adalah

mariadb adalahTingkatkan performa database dengan MariaDB

MariaDB dan MySQL merupakan dua sistem manajemen database yang populer saat ini. Dari perbedaan MariaDB dan MySQL memang terlihat bahwa MariaDB mulai mengungguli MySQL dari perbedaan MariaDB dan MySQL terutama dalam sisi performa. MariaDB adalah pengembangan perangkat lunak MySQL oleh pengembang aslinya.

Mereka merancang MariaDB pada tahun 2009 sebagai tanggapan atas akuisisi MySQL oleh Oracle Corp. Kelebihan MariaDB diantaranya adalah MariaDB mendukung bahasa query yang populer dan standar, muncul dengan banyak storage engine, termasuk yang berkinerja tinggi yang dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen basis data relasional lainnya, mariaDB mendukung PHP, bahasa populer untuk pengembangan web. Saatnya tingkatkan performa database dengan MariaDB!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah