• Home
  • Berita
  • Apa itu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) ?

Apa itu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) ?

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Kamu pengguna kartu ATM atau Kartu Debet? Suka melakukan transaksi cashless? Sepertinya kamu harus banyak-banyak membaca berita tentang hadirnya GPN ya. Pada tanggal 29 Juli hingga 3 Agustus 2018 kemarin, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan menyelenggarakan Pekan Penukaran Kartu Berlogo GPN di 17 wilayah yang tersebar di Indonesia. Jadi, buat kamu yang masih memiliki kartu ATM/ Debit lama berlogo Visa atau Master Card bisa langsung ke bank untuk menukarkan kartu berlogo GPN. Lalu sebenarnya apa itu GPN? Haruskah kartu ATM/ Debet lama ditukar dengan kartu baru berlogo GPN? Seberapa amankah GPN? Oke, mari ikuti penelusuran Kami berikut ini.

Apa itu GPN?

GPN adalah singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional. Dikutip dari Bank Indonesia, GPN adalah suatu sistem yang menghubungkan berbagai pembayaran elektronik atau transaksi non tunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran. Masyarakat tidak perlu lagi mencari mesin EDC dari bank yang sama dengan kartu yang dimiliki. Mengapa? Karena kartu yang diterbitkan oleh penerbit domestik dapat terhubung dengan satu mesin EDC. GPN memiliki 2 karakteristik yaitu interkoneksi dan interoperabilitas. Interkoneksi artinya GPN sudah saling terkoneksi dengan seluruh kanal pembayaran di seluruh Indonesia. Sedangkan interoperabilitas artinya adalah saling dapat diwujudkan (kondisi dimana instrumen pembayaran dapat digunakan pada infrastruktur lain). GPN nantinya juga akan digunakan pemerintah untuk memfasilitasi beberapa program penting seperti penyaluran bantuan sosial nontunai, P2G, eletronifikasi jalan tol, serta mendukung ecommerce nasional.

apa itu gpn
Sumber: Pexels

GPN diterbitkan oleh Bank Indonesia pada tanggal 21 Juni 2017 dengan dasar hukum PBI No. 19/8/PBI/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional (National Payment Gateway) serta pada tanggal 20 September 2017 dengan dasar hukum PADG No. 19/10/PADG/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional (National Payment Gateway). Dua ketentuan tersebut mengatur tentang penyelenggaraan GPN, pihak-pihak dalam GPN, branding nasional serta skema harga dalam penyelenggaraan Gerbang Pembayaran Nasional.

Jadi, intinya kalau kamu menggunakan kartu berlogo GPN, kamu dapat melakukan transaksi di manapun selama masih di Indonesia. Kamu bisa bertransaksi melalui ATM, mesin EDC, payment gateway serta kanal pembayaran lainnya. Kamu bisa menggunakan kartu ATM, kartu Debet, kartu kredit serta uang elektronik. Mudah, cepat dan pastinya biaya administrasi lebih murah.

Apa Manfaat GPN?

GPN adalah Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional, seperti tema kampanye kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN yang diselenggarakan serentak pada hari Minggu, 29 Juli 2018. Nah, sudah tahu apa itu GPN, sekarang kamu harus tahu apa manfaat GPN.

Adapun manfaat adanya GPN menurut Bank Indonesia yaitu:
1. Masyarakat dapat menggunakan kartu ATM atau Debet berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia
2. Masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM atau Debet GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik
3. Masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR)
4. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar
5. Biaya administrasi menjadi lebih murah
6. Tidak diperlukan jumlah mesin EDC dalam jumlah banyak. Dengan kartu ATM/ Debet berlogo GPN, kamu bisa “gesek” di mesin EDC bank lain (tidak harus menggunakan EDC dari bank penerbit kartu debet tersebut)

Apa Arti Logo GPN?

Oke, sekarang kamu sudah tau apa itu GPN dan manfaat GPN. Saatnya kamu tahu arti logo GPN itu sendiri. Dikutip dari website resmi Bank Indonesia, GPN memiliki logo gambar Garuda terbang di atas gerbang (huruf G dalam kata GPN) melanglang nusantara. Hal ini melambangkan sistem pembayaran ritel Indonesia yang siap untuk tumbuh, berkembang dan dan siap berdaya saing dalam layanan transaksi elektronik nasional.

apa itu gpn
Sumber: www.bi.go.id

Helai bulu utama berjumlah 8 helai memberikan arti bahwa GPN siap memberikan layanan dan manfaat kepada masyarakat tanpa batas di masa sekarang dan masa datang.
Huruf G di depan kata GPN diibaratkan suatu gerbang yang terbuka. Hal ini memiliki makna awal keterbukaan untuk memajukan sistem pembayaran ritel di Indonesia.
Simbol Garuda terbang ke arah atas dengan kemiringan terbang 28 derajat melambangkan angka awal terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1828. Bank Indonesia selalu siap mengawal sistem pembayaran nasional sejak pertama didirikan.

Haruskah Melakukan Penukaran Kartu Berlogo GPN?

Ya! Sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kita turut mendukung keputusan pemerintah untuk terus memajukan sistem perekonomian dan perbankan di Indonesia dong! Pastikan minimal kamu memiliki 1 kartu berlogo GPN untuk bertransaksi di dalam negeri ya. Untuk transaksi di luar negeri, kamu tetap menggunakan kartu berlogo internasional seperti VISA dan Mastercard. Bagaimana cara memperoleh kartu berlogo GPN? Langsung datang ke bank terdekat saja! Silakan bawa kartu identitas, buku tabungan serta kartu debet yang akan diganti.

apa itu gpn
Sumber: www.bi.go.id

Apakah GPN Aman?

Dikutip dari Bank Indonesia, kartu dan kanal pada GPN telah menerapkan standar keamanan international best practices yang telah tersertifikasi. Kartu GPN dilengkapi dengan chip dan pin 6 digit. Dalam proses transaksi juga telah diterapkan end to end encryption. Hal tersebut sebagai upaya pencegahan fraud pada transaksi menggunakan kartu. GPN juga memiliki lembaga standar dan lembaga service untuk melindungi data konsumen. Lembaga Standar berfungsi untuk menetapkan standar yang digunakan oleh industri untuk memenuhi karakteristik dari GPN itu sendiri yaitu interkoneksi dan interoperabilitas pada intrumen pembayaran (kartu ATM, kartu Debet, Kartu Kredit, uang elektronik), kanal pembayaran (ATM dan mesin EDC), switching serta security. Sedangkan lembaga service berfungsi untuk menjaga keamanan transaksi pembayaran dan kerahasiaan data nasabah. Memang tidak ada sistem yang 100% aman. Yanga ada hanyalah melakukan tindakan preventif untuk mencegah beberapa kasus fraud yang ada. Bank Indonesia akan berusaha untuk menjaga keamanan nasabah pengguna kartu GPN. Seperti slogan yang diusung GPN yaitu aman, andal, terpercaya.

Kesimpulan

Sebagai generasi pemersatu bangsa, kamu harus turut andil dalam memajukan proses perbankan di Indonesia. Kamu harus tahu apa itu GPN, apa manfaatnya, bagaimana Bank Indonesia menjamin keamanan GPN dan sebagainya. Pastikan kamu minimal memiliki satu kartu berlogo GPN ya! Lumayan kan, kamu dapat melakukan transaksi dalam negeri dengan mudah dan murah. Jika kamu ingin membeli domain dan hosting murah di DomaiNesia menggunakan transfer melalui ATM bisa lho! DomaiNesia memiliki berbagai metode pembayaran seperti virtual account, transfer ke bank, PayPal dan kartu kredit. Jika kamu ingin berkonsultasi langsung mengenai hosting dan domain yang harus dibeli, kamu bisa main ke kantor DomaiNesia aja! Tersedia mesin EDC juga lho! Jangan khawatir!

Salam,
Tim DomaiNesia

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


maschasil.com
April 20, 2020

bang mau tanaya niih apakah disini ada backlink.. kalau ada bagaimana caranya agar mendapatkan backlink. maschasil.com

maschasil.com
April 20, 2020

semoga dengan adanya komentar ini anda semua bisa saling berbagi ilmu antara satu dengan yang lainnya. aku yakin anda semua pasti akan penasaran heheh jangan lupa mampir ya... terima kasih.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!