• Home
  • Berita
  • 7 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menyambut Asian Games 2018!

7 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menyambut Asian Games 2018!

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Tahukah kamu bahwa sebentar lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah dari perhelatan terbesar di bidang olahraga se Asia? Yaps, pada tanggal 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 nanti akan diadakan Asian Games 2018 yang bertempat di Indonesia lho! Tepatnya di kota Jakarta dan Palembang. Asian Games adalah pesta olahraga yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali dan diikuti oleh atlet-atlet dari seluruh Asia. Kita sebagai warga negara yang baik, harusnya turut bangga dan ikut andil dalam mensukseskan asian games Indonesia. Mau tahu apa yang bisa kamu lakukan di asian games Indonesia tahun ini? Yuk ketahui 7 hal yang bisa dilakukan untuk menyambut Asian Games 2018!

1. Ketahui Sejarah Asian Games

Agar lebih mengerti tentang Asian Games, kamu wajib tahu bagaimana sejarah dan asal mula dilaksanakan Asian Games. Dikutip dari website resminya asiangames2018.id, Asian Games pertama kali digelar pada tahun 1951 di New Delhi, India. Ajang Asian Games pertama kali diikuti oleh 491 atlet dari 11 Komite Olimpiade Nasional (NOC) yaitu Afganistan, Burma, Srilangka, India, Indonesia, Iran, Jepang , Nepal, Filipina, Singapura, dan Thailand. Ajang Asian Games pertama kali memperebutkan 169 medali emas dan mempertandingkan enam cabang olahraga. Seperti atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, balap sepeda (jalan raya dan trek), sepak bola, serta angkat besi.

asian games 2018
Sumber: merdeka

Sedangkan di Indonesia sendiri, Asian Games pernah dilangsungkan pada tahun 1962. Ajang yang berlangsung pada tanggal 24 Agustus hingga 4 September 1962 itu dibuka secara resmi oleh Presiden Soekarno di Stadion Gelora Bung Karno. Asian Games Indonesia ini diikuti oleh 1.460 atlet yang mewakili 17 kontingen dari Asia. Berbeda dengan Asian Games I di India yang hanya mempertandingkan 6 cabang olahraga. Di Asian Games 1962 terdapat 13 cabang olahraga meliputi atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, tinju, balap sepeda (jalan raya dan trek), hoki, sepak bola, menembak, tenis meja, tenis, bola voli, dan gulat. Jadi, Asian Games 2018 ini adalah kali kedua Indonesia sebagai tuan rumah.

2. Catat Tanggal Dimulai Asian Games 2018

Asian Games 2018 akan diadakan pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018. Acara akan dibuka dengan opening ceremony di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 18 Agustus 2018. Saat opening ceremony akan ditampilkan keragaman budaya Indonesia dalam pertunjukan seni yang menarik. Pertunjukan akan memadukan empat elemen alam, budaya modern, serta energi Asia dalam satu balutan tari-tarian dan teknologi mutakhir. Asian Games 2018 di Indonesia ini akan diselenggarakan di 2 kota utama yaitu Jakarta dan Palembang. Ada juga beberapa lokasi sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten.

Sumber: asiangames2018.id

Di Jakarta sendiri perlombaan akan diadakan di Gelora Bung Karno, Istora Senayan, Jakarta International Velodrome, Jakarta Convention Center, Pondok Indah Golf Course hingga Jakarta International Expo. Untuk beberapa cabang olahraga seperti tenis, kano, dayung, bowling, panjat tebing dan sepak bola wanita akan diselenggarakan di Palembang. Tepatnya di Kompleks Jakabaring Sport City serta Stadion Gelora Sriwijaya.

3. Ketahui Olahraga Yang Dipertandingkan

Dari mulai pertama hingga sekarang, sudah semakin banyak cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada tahun 1951 di New Delhi, India hanya mempertandingkan 6 cabang olahraga. Sedangkan untuk Asian Games 2018 di Indonesia, akan mempertandingkan 40 cabang olahraga atau sekitar 462 sports events. Antara lain:
Anggar, Angkat Besi, Atletik, Balap Sepeda BMX, Balap Sepeda Gunung, Balap Sepeda Trek, Basket, Basket 3×3, Berkuda, Bisbol, Bola Tangan, Bola Voli, Bowling, Bridge, Bulutangkis, Dayung, Golf, Gulat, Hoki, Jet Ski, Judo, Ju-Jitsu, Kabaddi, Kayak Slalom, Kayak Sprint, Karate, Kurash, Layar, Lompat Indah, Menembak, Modern Pentathlon, Panahan, Panjat Tebing, Paralayang, Pencak Silat, Polo Air, Renang, Renang Artistik, Rugby 7, Sambo, Senam Artistik, Senam Ritmik, Senam Trampolin, Sepak Takraw, Sepak Bola, Sepatu Roda, Balap Sepeda Jalan Raya, Skateboard, Squash, Softbol, Soft Tenis, Taekwondo, Tenis, Tenis Meja, Triathlon, Tinju, Voli Pantai serta Wushu.

asian games 2018
Sumber: asiangames2018.id

Ada juga 10 cabang olahraga baru yang ikut memeriahkan Asian Games 2018 salah satunya E Sports. E Sports adalah cabang olahraga dengan menggunakan media elektronik dan video games. Jadi, atlet Esports akan berkompetisi untuk memenangkan pertandingan di suatu video games. Cabang olahraga eSports akan ikut meramaikan Asian Games 2018 Jakarta Palembang, namun statusnya sebagai cabang olahraga ekshibisi. Deputi I Bidang Games Operations INASGOC, Harry Warganegara mengatakan bahwa akan ada dua cabang olahraga yang masuk demosport, sebagai ekshibisi yaitu, eSports dan kano polo di Asian Games 2018. Cabang olahraga ekshibisi tetap memperebutkan medali, namun tak akan masuk perhitungan dalam kontingen pemenang. Adapun beberapa video games yang dimainkan dalam ESport Asian Games 2018 yaitu:
– HearthStone
– Start Craft
– Pro Evolution Soccer 2018
– League of Legends
– Clash Royale
– Arena of Valor

asian games 2018
Sumber: aov.garena

4. Sambut Pawai Obor Asian Games 2018

Pernahkah kamu mendengar bahwa sebelum perhelatan besar Asian Games, biasanya akan ada pawai obor yang berjalan dari negara-negara di seluruh Asia? Nah, pawai obor dimulai di Stadion Nasional Dhyan Chand New Delhi sebagai tuan rumah Asian Games pertama pada 17 Juni 2018. Kemudian obor akan dibawa ke api abadi yang terletak di Mrapen, Jawa Tengah lalu dilanjutkan dengan berkeliling Indonesia dengan mengeilingi 7 pulau, 18 provinsi, dan 54 kota. Kemudian akan selesai pada 17 Agustus 2018 di Monumen Nasional lalu selanjutnya dibawa ke Gelora Bung Karo pada pelaksanaan Opening Ceremony. Api Asian Games melambangkan semangat dan gelora prestasi setiap atlet yang melangsungkan pertandingan. Pada tahun 2018 ini, Asian Games akan menghadirkan sekitar 10 ribu atlet terbaik dari 45 negara se Asia.

asian games 2018
Sumber: asiangames2018.id

5. Cari Tahu Maskot Asian Games Indonesia

Nah selain tanggal, tempat serta olahraga yang dipertandingkan, kamu harus tahu ada 3 maskot Asian Games 2018 kali ini lho. Mereka adalah:

Bhin Bhin

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

asian games 2018
Sumber: asiangames2018.id

Atung

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

asian games 2018
Sumber: asiangames2018.id

Kaka

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

asian games 2018
Sumber: asiangames2018.id

Ketiga maskot tersebut mencerminkan keberagaman Indonesia dengan tiga hewan dari berbagai daerah serta jiwa dari “Energy of Asia” yang diusung dalam Asian Games 2018.

6. Ikut Mendukung Atlet Indonesia

Lalu apakah Asian Games Indonesia 2018 ini bisa ditonton secara langsung? Bisa dong! Kamu bisa beli tiket Asian Games di https://asiangames2018.id/ lalu klik Tiket. Ada berbagai cabang olahraga yang bisa kamu tonton. Dengan membeli tiket Asian Games ini, kamu bisa memberi dukungan dan semangat untuk para atlet yang berjuang mengharumkan nama bangsa. Kalau kamu ingin menyaksikan betapa megahnya Opening Ceremony dan Closing Ceremony, kamu juga bisa beli tiketnya lho!

asian games 2018
Sumber: kiostix.com/id/AsianGames2018

7. Menjaga Ketertiban dan Keamanan

Nah ini nih salah satu hal yang wajib kamu pahami. Selalu jaga ketertiban dan keamanan selama Asian Games 2018 berlangsung. Bukan hanya ketika sedang menonton perlombaan saja ya. Kamu wajib menghormati dan menghargai setiap atlet dari berbeda negara. Kita buktikan kepada dunia bahwa Indonesia adalah destinasi negara yang aman, bersih dan layak untuk dikunjungi. Jangan membuat kekacauan dan kegaduhan di asrama atlet ataupun di beberapa lokasi perlombaan. Pastikan tetap tertib, jangan membuang sampah sembarangan dan selalu tersenyum ya! Indonesia terkenal dengan orangnya yang ramah-ramah lho!

Bagaimana? Sudah siapkah kamu menyambut Asian Games 2018? Ada banyak hal yang bisa kamu siapkan sebelum pertandingan olahraga se Asia itu berlangsung. Yuk dukung atlet-atlet Indonesia yang akan berjuang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional! Tertarik memiliki website agar dapat dikenal dunia? Yuk cek Hosting Terbaik DomaiNesia!

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Artikel

Lainnya


Diskon Asian Games 2018: Dapatkan Diskon Hosting 25% - DomaiNesia
April 28, 2020

[…] Tidak ketinggalan beberapa cabang olahraga baru yang ikut memeriahkan Asian Games 2018 salah satunya E Sports. E Sports adalah cabang olahraga untuk memenangkan kompetisi di suatu video games. Cabang olahraga eSports akan ikut meramaikan Asian Games 2018 Jakarta Palembang, namun statusnya sebagai cabang olahraga ekshibisi. Cabang olahraga ekshibisi tetap memperebutkan medali, namun tak akan masuk perhitungan dalam kontingen pemenang. Pengen tahu lebih detail tentang serba-serbi Asian Games 2018? Apa yang harus kamu persiapkan dalam menyambut perhelatan olahraga terbesar se Asia ini? Baca aja 7 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menyambut Asian Games 2018! […]

Dirgahayu Indonesia 2018: Dapatkan Promo Merah Putih di DomaiNesia!
April 25, 2020

[…] mensukseskan Asian Games Indonesia. Ingin tahu semua hal tentang Asian Games 2018? Kamu bisa baca Serba-serbi Asian Games 2018. Hayo, siapa yang tahu kapan Asian Games 2018 diadakan? Asian Games 2018 akan diadakan pada tanggal […]

darmawan
April 17, 2020

Check lah Driver Wifi nya. Gada akhlak wkwkw canda gpp santuy makasih ya wkwkw

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!