• Home
  • Berita
  • Cara Membuat Pengunjung Betah di Blog

Cara Membuat Pengunjung Betah di Blog

Oleh Ratna Patria

Selain jumlah pengunjung yang banyak, salah satu mimpi seorang blogger pasti ingin pengunjung betah berada di blog. Biasanya banyaknya dan lamanya pengunjung berada di blog kamu bisa dilihat di dashboard statistik dan alat analisis lainnya. Kamu pasti ingin membuat pengunjung berlama-lama di blog kamu, kan?

Namun sayangnya ada banyak faktor yang membuat pengunjung blog enggan untuk berlama-lama di blog kamu. Nah, kali ini DomaiNesia akan kasih tips agar pengunjung blog betah di blog kamu. Simak tipsnya berikut ini ya.

1. Loading blog cepat

Salah satu faktor pendukung yang membuat pengunjung betah untuk berada di blog adalah karena loading blog yang cepat. Pengunjung malah akan sangat jengkel jika loading blog sangat lama. Bahkan jika loading blog terlalu lama, pengunjung pasti akan langsung keluar dari blog kamu.

Untuk itu pastikan blog selalu dalam performance yang maksimal ya. Dengan loading blog yang cepat, kamu juga berpotensi untuk membuat blog ramai dikunjungi. Untuk mengetahui seberapa cepat blog kamu, kamu bisa mengunjungi Google Page Speed Insight.

Berikut ini beberapa tips agar loading blog semakin cepat

  • Pilih tema blog yang efisien
  • Kompres gambar sebelum diupload
  • Uninstall plugin yang tidak penting
  • Gunakan plugin W3 Total Cache Plugin
  • Pilih penyedia layanan hosting yang berkualitas

    blog ramai dikunjungi
    Sumber: Pixabay

2. Tampilan responsif

Selanjutnya, blog harus responsif. Sehingga blog bisa diakses kapanpun menggunakan perangkat apapun. Cara mengecek apakah blog responsif atau tidak adalah dengan membuka website pada berbagai perangkat. Apakah tampilannya menyesuaikan dengan perangkat yang kamu pakai atau tidak. Jika tampilan blog menyesuaikan dengan perangkat yang kamu gunakan, itu berarti blog kamu responsif.

Selain itu membuat blog ramai dikunjungi. Dengan tampilan yang responsif dan bisa menyesuaikan berbagai gadget, maka pengunjung blog akan betah berada di blog kamu.

3. Desain yang menarik

Harus diakui bahwa desain blog merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik blog. Desain blog yang menarik bukan yang menampilkan banyak atribut, animasi, warna, dan lain sebagainya. Melainkan desain yang bisa menempatkan fitur-fitur pada blog sesuai porsi dan tempatnya.

Justru blog yang dipenuhi dengan animasi, widget, dan fitur tidak jelas kegunaannya malah tidak akan membuat blog ramai dikunjungi apalagi untuk berlama-lama di blog kamu. Tentu saja tidak! Karena hal itu hanya akan mengganggu mereka membaca konten yang blog kamu miliki.

Desain blog yang menarik harus memiliki beberapa poin berikut

  • Simpel, tidak terlalu banyak warna, menempatkan animasi sesuai
    tempatnya, dan memasang widget berdasarkan kebutuhannya.
  • Terstruktur, memiliki susunan Head, Body, Sidebar, dan Footer yang
    jelas.
  • Responsive, tampilan bisa menyesuaikan di berbagai perangkat.
  • Penempatan iklan yang tepat, Iklan yang menutupi isi konten sangatlah
    mengganggu. Hindari iklan pop-up dan sejenisnya. Pilihlah penyedia
    layanan periklanan yang bisa menyesuaikan dengan blog kamu.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Profesional Tanpa Ribet

4. Font mudah dibaca

Faktor lain yang membuat blog ramai dikunjungi dan tentu saja pengunjung betah di blog kamu adalah dengan memilih font konten atau artikel dengan font yang mudah dibaca. Usahakan ukuran font tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Untuk membuat tulisan semakin enak dibaca, gunakan juga subheading di setiap artikel yang kamu tulis.

Font H1 untuk judul

Font H2 untuk subjudul

Font H3 untuk judul 1

Font H4 untuk judul 2

Font H5 untuk judul 3

dan seterusnya.

blog ramai dikunjungi
Sumber: Pixabay

5. Mudah dinavigasi

Selanjutnya, blog mudah untuk dinavigasi. Ketika pengunjung berada di blog kamu dan ingin membaca artikel lainnya, mereka tahu harus melakukan apa, bagaimana, dan sebagainya. Begitupun ketika mencari kategori artikel lainnya atau ingin kembali ke menu utama.

Dengan struktur tampilan yang memudahkan, pengunjung akan lebih lama lagi berada di blog kamu. Karena mereka mengenali fitur apa saja yang blog kamu miliki dan cara penggunaannya. Bahkan mereka akan datang dan datang lagi ke blog kamu untuk membaca konten lainnya. Hal ini tentu saja akan membuat blog ramai dikunjungi.

6. Fokus pada topik tertentu

Salah satu cara agar pengunjung betah berada di blog kamu adalah dengan membuat konten dengan topik yang sama. Hal ini akan membuat pengunjung blog terus-menerus membaca artikel yang kamu miliki. Semakin fokus topik pada setiap artikel, maka akan semakin banyak juga kesempatan pengunjung blog membaca artikel-artikelmu. Yang artinya, mereka akan meluangkan waktu lebih lama berada di blog kamu.

7. Perbanyak konten berkualitas

Memperbanyak konten berkualitas juga berpengaruh agar pengunjung blog betah berlama-lama dan membuat blog ramai dikunjungi, bahkan akan terjadi peningkatan pengunjung yang signifikan apabila blog dipenuhi dengan berbagai konten. Maka dari itu buatlah konten yang berkualitas.

Berikut ini tips untuk membuat konten berkualitas

  • Panjang artikel minimal 300 kata
  • Enak untuk dibaca
  • Judul sesuai dengan isi
  • Artikel memberikan jawaban dan solusi
  • Mengedukasi (memberikan informasi yang akurat, relevan, dan bisa
    dipertanggungjawabkan)

Akan percuma jika konten artikel yang kamu miliki di blog tidaklah original. Selain karena melanggar hak cipta, tulisan yang tidak original membuat pengunjung merasa tidak betah berlama-lama berada di blog kamu. Hal ini lantaran mereka bisa membaca artikel tersebut langsung melalui website aslinya. Bahkan parahnya, Google bisa memberikan penalti jika artikelmu terindeks sebagai konten duplikat.

Akan sangat banyak keuntungan jika kamu menulis konten original yang berkualitas. Google akan membantu kamu untuk mendapat rank tinggi di mesin pencari. Kalau beruntung blog kamu juga bisa menjadi referensi penulisan artikel di blog orang lain lho. Yang tentu saja mereka akan mencantumkan sumber referensinya, yaitu alamat blog kamu. Jadinya akan membuat blog ramai dikunjungi.

blog ramai dikunjungi
Sumber: Pixabay

Blog adalah rumah virtual

Membuat blog ramai dikunjungi dan membuat pengunjung betah berada di blog sebenarnya tidak terlalu susah. Pastikan kamu sudah menerapkan semua langkah-langkah di atas ya. Jadikan blog seperti rumahmu sendiri, buat pengunjung blog merasa nyaman setiap kali mereka datang. Suguhkan mereka dengan konten-konten yang berkualitas. Dan buatlah mereka terkesan. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


leboy
October 12, 2021

terimakasih atas ilmu yang bermanfaat ini

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!