• Home
  • Berita
  • Digital Day DomaiNesia: Navigating The Future with AI Trends and Digital Marketing

Digital Day DomaiNesia: Navigating The Future with AI Trends and Digital Marketing

Oleh Bimo Hutomo
No ratings yet.

Pada hari Sabtu, 18 Mei 2024, diadakan acara Digital Day DomaiNesia yang berlangsung di Deneva Hub, Jalan Rogoyudan 1 No.2, Rogoyudan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55242. Acara ini mengangkat topik “Navigating The Future: AI Trends and Digital Marketing” dan berhasil menarik perhatian 66 partisipan yang antusias.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dibagi menjadi dua sesi utama yang berlangsung hingga pukul 12.00 WIB. Sesi pertama mengusung konsep Talk-Discussion dengan judul “Preparation The Shifting Landscape of Marketing: AI’s Role in Evolution, AI Tools and Prompt”.

Digital Day DomaiNesia

Dalam sesi ini, Ganjar Widiatmansyah, seorang Engineering Manager di Qiscus, bersama Thatit Argadahana, seorang Digital Marketing Specialist di Nevacloud, berbagi wawasan mengenai peran penting AI dalam evolusi pemasaran. Mereka membahas berbagai alat AI yang dapat digunakan dalam strategi pemasaran serta cara efektif untuk memanfaatkan prompt AI dalam kampanye digital.

Sesi 1: Talk-Discussion

Ganjar Widiatmansyah menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang bagaimana AI dapat mengubah lanskap pemasaran saat ini. Dengan AI, kita tidak hanya mampu meningkatkan efisiensi, tetapi juga menciptakan strategi pemasaran yang lebih personal dan relevan bagi konsumen. Sementara itu, Thatit Argadahana membagikan topik diskusi mengenai prompt seperti apa yang bisa kita coba agar hasilnya lebih personal atau seperti gaya tulisan masing-masing.

Diskusi yang berlangsung sangat interaktif, dengan partisipan yang aktif bertanya dan berbagi pandangan mereka sendiri. Ganjar dan Thatit dengan cermat menjawab setiap pertanyaan, memberikan penjelasan yang mendalam dan aplikatif tentang bagaimana AI dapat diterapkan dalam skenario bisnis nyata. 

Digital Day DomaiNesia

Sesi 2: Seminar

Setelah sesi pertama yang interaktif dan penuh diskusi, acara dilanjutkan dengan sesi kedua yang berbentuk Seminar dengan judul “The Future of AI in WordPress”. Seminar ini menghadirkan Ivan Kristianto, seorang Google Developer Expert in Web Technologies, sebagai pembicara utama. Ivan membahas masa depan penggunaan AI dalam platform WordPress, serta bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dan pengalaman pengguna di situs web.

Ivan Kristianto menjelaskan, “Integrasi AI dalam WordPress membuka peluang baru untuk optimasi situs web. Dengan AI, kita bisa otomatisasi banyak proses seperti SEO, konten personalisasi, dan analisis pengguna, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan traffic dan engagement.” Partisipan juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan Ivan, menciptakan suasana yang sangat informatif dan inspiratif.

Digital Day DomaiNesia

Demonstrasi Praktis dan Tren Masa Depan

Selama sesi seminar, Ivan menunjukkan beberapa demo praktis tentang cara mengintegrasikan alat-alat AI ke dalam WordPress, termasuk plugin dan aplikasi yang dapat membantu mengotomatisasi tugas-tugas rutin dan meningkatkan efektivitas situs web. Dia juga membahas tren masa depan dalam pengembangan web, seperti penggunaan AI untuk prediksi konten dan analisis sentimen pengguna, yang dapat membantu pemilik situs web memahami lebih baik kebutuhan dan preferensi audiens mereka.

Tujuan Acara Digital Day DomaiNesia

Acara Digital Day DomaiNesia ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru tentang tren AI dan pemasaran digital, tetapi juga membuka wawasan peserta tentang bagaimana mempersiapkan diri menghadapi perubahan teknologi yang cepat. Partisipan memberikan respon positif dan berharap acara serupa dapat diadakan kembali di masa mendatang.

Lebih lanjut, penyelenggaraan acara di Deneva Hub juga patut diapresiasi. Tempat yang modern dan dilengkapi dengan fasilitas teknologi yang canggih ini memberikan kenyamanan bagi para peserta dan mendukung kelancaran berlangsungnya acara. Lokasi strategis di Sleman, Yogyakarta, juga memudahkan akses bagi peserta dari berbagai daerah.

Digital Day DomaiNesia

Sesi Networking

Selain dua sesi utama, acara ini juga menyediakan sesi networking di akhir acara. Ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertemu dan berinteraksi dengan para ahli serta sesama profesional di bidang digital marketing dan teknologi. Banyak peserta yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun koneksi baru, berbagi pengalaman, dan mendiskusikan potensi kolaborasi di masa depan.

Digital Day DomaiNesia

Kolaborasi dengan .CLOUD

Dalam acara ini, DomaiNesia juga berkolaborasi dengan domain .CLOUD, menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung perkembangan teknologi digital dan cloud computing di Indonesia. Kolaborasi ini memperkuat tema acara dan memberikan tambahan wawasan tentang pentingnya adopsi teknologi cloud dalam strategi digital masa kini.

Penutup

Secara keseluruhan, Digital Day DomaiNesia berjalan sukses dan memberikan dampak positif bagi semua yang hadir. Dengan topik yang relevan dan pembicara yang kompeten, acara ini menjadi salah satu event penting dalam kalender teknologi dan digital marketing di Yogyakarta. Para peserta meninggalkan acara dengan pengetahuan baru, inspirasi, dan semangat untuk menerapkan apa yang mereka pelajari dalam pekerjaan mereka sehari-hari.

Digital Day DomaiNesia tidak hanya menjadi ajang belajar, tetapi juga menjadi platform untuk berbagi ide dan inovasi, yang pada akhirnya akan mendorong perkembangan industri digital marketing di Indonesia. Dengan acara seperti ini, diharapkan semakin banyak profesional yang siap menghadapi tantangan dan peluang di era digital yang terus berkembang.

Bimo Hutomo

As a marketer at DomaiNesia, I'm a fan of lego. Electrical engineer but a bit obsessed about marketing and business.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds