• Home
  • Berita
  • JogaJS Meetup: Memaksimalkan Responsivitas dan Efisiensi dengan JavaScript Reaktif dan Monorepo

JogaJS Meetup: Memaksimalkan Responsivitas dan Efisiensi dengan JavaScript Reaktif dan Monorepo

Oleh Bimo Hutomo
No ratings yet.

Dalam era digital yang semakin maju, pemrograman JavaScript menjadi bahasa yang tak tergantikan dalam pengembangan aplikasi web. Pada tanggal 17 Juni 2023, DomaiNesia, sebagai penyedia layanan web hosting terkemuka di Indonesia, dengan bangga mensponsori kegiatan komunitas JogjaJS Meetup di Yogyakarta. Acara ini menghadirkan para ahli dan profesional di bidang pemrograman JavaScript untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang teknologi terbaru dalam industri.

JavaScript Reaktif
Tri Hargianto (Organizer Jogja JS) memberikan sambutan acara

Salah satu pembicara yang menginspirasi adalah Kalwabed Rizki, seorang Software Engineer di VNT Networks (PT. Jaringan VNT Indonesia). Dalam presentasinya yang berjudul “Reactive JavaScript: Menyingkap Sihir Sinyal Reaktif,” Kalwabed Rizki membahas konsep dan penerapan JavaScript reaktif, serta dampaknya pada pengembangan aplikasi web masa depan.

Pengenalan JavaScript Reaktif

Apa Itu JavaScript Reaktif?

JavaScript reaktif adalah paradigma pemrograman yang mengizinkan perubahan data terjadi secara otomatis dan cepat dalam aplikasi web. Ia menggunakan sinyal dan aliran data untuk mengatur dan merespons perubahan yang terjadi, tanpa harus melakukan pembaruan manual atau penanganan perubahan secara langsung. Dengan demikian, JavaScript reaktif membawa efisiensi dan fleksibilitas yang lebih besar dalam pengembangan aplikasi web.

JavaScript Reaktif
Kalwabed Rizki membahas konsep dan penerapan JavaScript reaktif

Keunggulan Sinyal Reaktif

Sinyal Reaktif memiliki beberapa keunggulan penting dalam pengembangan aplikasi web:

  • Responsif: Dengan menggunakan JavaScript reaktif, aplikasi web dapat merespons perubahan data secara langsung, memberikan pengalaman pengguna yang lebih mulus dan responsif.
  • Efisien: Paradigma pemrograman reaktif mengoptimalkan pembaruan data dengan cara yang efisien, menghindari penanganan yang berlebihan dan mempercepat waktu respon aplikasi.
  • Mudah dipelajari: Meskipun konsep JavaScript reaktif terdengar kompleks, setelah memahaminya, pengembang dapat dengan mudah menerapkannya dalam pengembangan aplikasi web mereka.

Skalabilitas: Dalam lingkungan pengembangan yang terus berubah, JavaScript reaktif memungkinkan skalabilitas aplikasi yang lebih baik, sehingga mampu menangani volume data yang semakin besar.

JavaScript Reaktif
Para peserta memperhatikan dengan seksama penjelasan yang diberikan pembicara

Memakai Monorepo dari Awal Proyek dengan Nx.js

Pada acara JogjaJS Meetup yang disponsori oleh DomaiNesia pada tanggal 17 Juni 2023, selain presentasi menarik dari Kalwabed Rizki tentang JavaScript reaktif, Manda Putra, seorang Product Engineer di Zero One Group, juga memberikan wawasan yang berharga tentang penggunaan Monorepo dalam pengembangan proyek dengan menggunakan Nx.js. Dalam presentasinya yang berjudul “Memakai Monorepo dari Awal Proyek dengan Nx.js,” Manda Putra membahas konsep Monorepo dan manfaatnya dalam mempermudah pengelolaan proyek besar.

JavaScript Reaktif
Manda Putra membahas konsep Monorepo dan manfaatnya

Memahami Konsep Monorepo

Apa Itu Monorepo?

Monorepo merupakan kependekan dari “monolithic repository” yang berarti mengelola semua kode proyek dalam satu repositori tunggal. Dalam konteks pengembangan perangkat lunak, Monorepo mengacu pada pendekatan di mana semua komponen, modul, atau paket yang terkait dengan proyek dikembangkan dan diatur dalam satu repositori utama.

Keuntungan Penggunaan Monorepo dengan Nx.js

Penggunaan Monorepo dalam pengembangan proyek dengan Nx.js memiliki beberapa keuntungan utama:

  • Pemisahan Logika Bisnis: Dengan menggunakan Monorepo, pengembang dapat dengan mudah memisahkan logika bisnis dan komponen-komponen yang terkait dalam satu tempat. Ini memungkinkan untuk membagi proyek menjadi unit-unit yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.
  • Reusabilitas: Monorepo memungkinkan pengembang untuk membagikan dan mengelola kode yang dapat digunakan kembali di seluruh proyek. Dengan adanya repositori tunggal, pengembang dapat dengan mudah mengatur dan membagikan kode yang serupa di berbagai bagian proyek.
  • Ketergantungan yang Terkelola: Dalam Monorepo, pengelolaan dependensi menjadi lebih mudah. Pengembang dapat memantau dan mengelola dependensi antar modul atau paket secara terpusat, mengurangi kemungkinan konflik dan kesalahan dependensi.

Pengujian yang Efisien: Dalam Monorepo, pengembang dapat menguji unit secara efisien dan menyeluruh. Perubahan pada satu bagian proyek dapat memicu pengujian otomatis di seluruh repositori, memastikan integritas kode secara keseluruhan.

JavaScript Reaktif
Beberapa peserta memberikan pertanyaan terkait pembahasan sebelumnya

Setelah kedua sesi presentasi selesai, para peserta acara diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan kedua pembicara. Diskusi yang animatif dan interaktif tersebut memberikan wawasan tambahan bagi peserta acara dan memperkaya pemahaman mereka tentang JavaScript reaktif, Monorepo, dan pengembangan aplikasi web secara umum.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, JogjaJS Meetup merupakan acara yang sukses dalam memberikan pengetahuan dan wawasan baru kepada komunitas pengembang di Yogyakarta. Melalui presentasi Kalwabed Rizki tentang JavaScript reaktif dan Manda Putra tentang penggunaan Monorepo dengan Nx.js, para peserta acara dapat mengambil manfaat yang signifikan dalam pengembangan aplikasi web mereka.

JavaScript Reaktif
Pembicara, peserta, dan DomaiNesia melakukan sesi foto bersama

Dukungan DomaiNesia sebagai sponsor acara juga menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan komunitas pengembang di Indonesia.

Dengan semakin berkembangnya industri teknologi, acara-acara seperti JogjaJS Meetup menjadi sarana penting bagi para pengembang untuk terus belajar dan berbagi pengetahuan. Semoga acara ini menjadi langkah awal yang menginspirasi para peserta untuk terus mengembangkan keterampilan mereka dan berkontribusi dalam memajukan dunia pemrograman di Indonesia.

Bimo Hutomo

As a marketer at DomaiNesia, I'm a fan of lego. Electrical engineer but a bit obsessed about marketing and business.


Telkom University
September 5, 2023

Are there any cost-saving strategies or tips for minimizing expenses when running an online store?

Telkom University
September 5, 2023

What are the potential legal and ethical consequences of cracking compared to hacking, and how do they vary?

Slamet Harianto
September 4, 2023

bagus mudah2an saya bisa membuat berita online sendiri. saya menekuni dunia jurnalis

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds