• Home
  • Berita
  • Cara Mengaktifkan XML-RPC Otomatis di Hosting

Cara Mengaktifkan XML-RPC Otomatis di Hosting

Oleh Mutiara Auliya

XML-RPC adalah suatu modul bahasa pemrograman php yang memungkinkan suatu software dapat berjalan pada sistem operasi yang berbeda dan pada environment yang berbeda pula melalui media internet. Sehingga, kamu dapat melakukan remote website dari jarak jauh melalui smartphone. Terkadang, XMLRPC diperlukan untuk suatu hal, namun kadang XMLRPC dapat menyebabkan malapetaka. Sebenarnya apa itu XML-RPC, apa manfaatnya dan haruskan mengaktfkan XML-RPC di Hosting? Yuk ikuti penjelasan berikut.

Apa itu XMLRPC ?

XMLRPC adalah modul bahasa pemrograman PHP yang memperbolehkan suatu software dapat dikendalikan dari mana saja. XMLRPC akan mengizinkan suatu website/ software agar dapat di “remote” melalui range IP internet yang berbeda, melalui aplikasi yang berbeda hingga media yang berbeda.
XMLRPC menggunakan HTTP sebagai media transport dan XML sebagai encoding. Sehingga dinamakan XML-RPC (XML- Remote Procedure Calling). XMLRPC dirancang sesederhana mungkin sehingga software dengan struktur data kompleks dapat dikirim, diproses dan dikembalikan dari client ke server atau sebaliknya.

XMLRPC biasanya digunakan sebagian orang untuk mengendalikan website dari aplikasi pihak ketiga. Misalnya, kamu ingin menerbitkan post artikel melalui smartphone, membuat aplikasi blogging offline lalu melakukan schedulling post atau mengakses software melalui android.

Apa Manfaat XMLRPC?

XMLRPC bermanfaat untuk:

  • agar smartphone android dapat mengakses website/ aplikasi
  • agar smartphone dapat mengakses semua informasi dan pengaturan website (seperti pengaturan cronjob, backup, dll)
  • agar dapat melakukan scheduling post
  • login WordPress dari smartphone
  • mempermudah developer untuk mengaktifkan fitur yang ada di suatu software/ aplikasi
  • melakukan pingback koneksi

Haruskah Mengaktifkan XMLRPC di Hosting?

Semua tergantung kebutuhan kamu. Untuk kamu yang butuh adanya koneksi atau remote dari smartphone atau aplikasi pihak ketiga ke website melalui XMLRPC, sebaiknya diaktifkan saja. Karena ada beberapa aplikasi android berbasis XML yang masih membutuhkan modul XMLRPC ini. Jika tidak diaktifkan, ada fitur tertentu yang tidak dapat berjalan.

Namun, untuk kamu yang tidak membutuhkan fungsi XMLRPC, sebaiknya di nonaktifkan saja. Mengapa? Karena XMlRPC ini rentan akan serangan malware. Ada kelemahan XMLRPC di website (khususnya pengguna WordPress) yaitu:

  1. File dapat dimanfaatkan hacker untuk mengumpulkan informasi login pengguna. Sehingga hacker dapat dengan mudah menggunakan username dan password untuk login ke website. Walaupun sudah menggunakan berbagai macam tools keamanan, dengan file XMLRPC ini si hacker dapat melakukan bruteforce langsung.
  2. XMLRPC juga memungkinkan user untuk dapat melakukan pingback dari aplikasi android ke website. Nah, pingback ini dapat dimanfaatkan hacker untuk melakukan serangan DDOS. Sehingga, server menjadi down dan website tidak dapat diakses.

Jadi, sekarang tergantung pilihan kamu ya. Kalau kamu tidak memerlukan fitur XMLRPC, kami sarankan tetap di nonaktifkan saja. Pada dasarkan Hosting adalah suatu server yang digunakan secara bersamaan untuk menampung sebuah website. Apabila XMLRPC dimanfaatkan oleh hacker, maka semua user yang menempati suatu server yang sama maka akan terdampak. Jadi, pilih pilihan kamu secara bijak ya!

Baca Juga : Apa Itu SSL? Manfaatnya Bagi Website Bisnis

Cara Mengaktifkan XMLRPC

Ketika kamu mendeploy suatu website di localhost, kamu dapat mengaktifkan pengaturan XMLRPC melalui pengaturan konsol. Kamu dapat menginstalnya secara manual. Apabila menggunakan server CentOS, kamu dapat menggunakan
yum install php-xmlrpc

Nah ketika website sudah diletakkan di hosting, XMLRPC juga dapat diaktifkan. Dulu, kamu harus mengirimkan via tiket agar dapat diaktifkan oleh Tim Support DomaiNesia. Namun sekarang, kamu dapat mengaktifkan XMLRPC sendiri secara otomatis melalui cPanel.

Adapun cara mengaktifkan XMLRPC di Hosting yaitu:

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

cara menggunakan git version control di cpanel

2. Memilih Menu XML-RPC

Setelah berhasil, maka kamu akan masuk pada halaman cPanel. Fitur XML-RPC ini tersedia di kolom DomaiNesia. Semua fitur terbaru dan unggulan dari Tim DomaiNesia tersedia disini. Kamu juga bisa cek status server realtime.

 

3. Mengaktifkan XML-RPC

Secara default, XMLRPC memang dinon-aktifkan. Untuk mengaktifkan XMLRPC, silakan klik Enable. Jika sudah berwarna merah, maka artinya XMLRPC sudah otomatis aktif. Jika ingin menonaktifkan silahkan klik Disable.

 

Kesimpulan

XMLRPC adalah modul yang berfungsi untuk menghubungkan smartphone ke website melalui koneksi HTTP dan XML sebagai encodingnya. Jika kamu tidak memiliki kebutuhan tertentu menggunakan XMLRPC, silakan di nonaktifkan saja ya. Biasanya XMLRPC ini digunakan untuk user WordPress yang ingin melakukan remote via smartphone android.

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


ronandonando
August 28, 2021

Flashcom Indonesia berdiri sejak tahun 2013 dan telah meluluskan puluhan ribu Alumni. Jika Anda ingin belajar seputar pemrograman, dapat kunjungi: https://flashcomindonesia.com/kursus-web-programming

rudi
May 5, 2021

Terima kasih tipsnya semoga bermanfaat

Solehudi
May 5, 2021

bantu ya kawan nama chanel : sholeh krunz membahas seputar tutorial office dan lainya link : https://www.youtube.com/results?search_query=sholeh+krunz

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!