• Home
  • Berita
  • Lokakarya Membuat Website yang Responsif dengan WordPress di DomaiNesia

Lokakarya Membuat Website yang Responsif dengan WordPress di DomaiNesia

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Di era digital yang terus berkembang, kebutuhan akan website yang responsif dan mudah diakses menjadi keharusan bagi setiap individu dan bisnis. WordPress, sebagai salah satu platform pembuatan website terpopuler, terus mengalami inovasi untuk memenuhi kebutuhan ini. 

Salah satu bukti nyata dari upaya tersebut adalah diselenggarakannya lokakarya oleh DomaiNesia di Deneva Hub, Jalan Rogoyudan, Sinduadi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Event ini bertujuan untuk mengajarkan peserta cara melakukan Full Site Editing (FSE) menggunakan block editor Gutenberg dan membuat website yang responsif untuk berbagai jenis perangkat. membuat website yang responsif

Dengan 26 peserta yang hadir, lokakarya ini menghadirkan pembicara ahli di bidangnya, yaitu Ahmad Muzaki, seorang Quality Assurance, dan Kevin Alan, WordPress Support Specialist dari Tonjoo.

Full Site Editing (FSE) dengan Gutenberg

Pengenalan FSE

Full Site Editing merupakan sebuah revolusi dalam pengeditan website, dimana pengguna dapat mengontrol dan mengedit keseluruhan aspek website, mulai dari header, konten, hingga footer, langsung dari block editor Gutenberg. Ini membuka peluang besar bagi pengguna untuk mendesain ulang tampilan website mereka dengan lebih fleksibel dan intuitif.

Keuntungan FSE

Salah satu keuntungan utama dari FSE adalah kemudahan penggunaan. Dengan FSE, pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang coding untuk membuat atau menyesuaikan desain website mereka. Ini membantu mempercepat proses pembuatan website dan memungkinkan pengguna lebih fokus pada konten.

Penerapan di Lokakarya

Dalam lokakarya ini, Ahmad Muzaki dan Kevin Alan memandu peserta melalui proses pembuatan dan pengeditan website menggunakan FSE. Peserta diajarkan cara memanfaatkan berbagai blok dan template yang disediakan oleh Gutenberg untuk membuat desain website yang unik dan sesuai dengan kebutuhan mereka.membuat website yang responsif

Membuat Website Menjadi Responsif

Pentingnya Responsivitas Website

Dengan meningkatnya penggunaan berbagai jenis perangkat untuk mengakses internet, seperti desktop, tablet, dan mobile, memiliki website yang responsif bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan. Website yang responsif dapat menyesuaikan tampilannya sesuai dengan ukuran layar perangkat, sehingga memastikan pengalaman pengguna yang konsisten dan menyenangkan.

Strategi Membuat Website Responsif

Kevin Alan membagikan strategi dan teknik dalam membuat website yang responsif. Ini termasuk penggunaan CSS Flexbox dan Grid, serta teknik media query untuk menyesuaikan layout website pada berbagai ukuran layar. Peserta juga diajarkan cara menggunakan fitur pratinjau responsif di Gutenberg untuk melihat dan menguji tampilan website mereka di berbagai perangkat secara real-time.

Praktek dan Implementasi

Peserta diberi kesempatan untuk langsung menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari dengan membuat website mereka sendiri. Dengan bimbingan langsung dari para pembicara, peserta dapat mengatasi tantangan desain responsif dan memastikan bahwa website mereka dapat diakses dengan baik dari perangkat apapun.membuat website yang responsif

Memperkaya Pemahaman dalam Desain Web

Lokakarya di Deneva Hub ini tidak hanya berhasil mengajarkan peserta cara membuat website yang responsif menggunakan WordPress DomaiNesia, tapi juga memperkaya pemahaman mereka tentang pentingnya adaptabilitas dalam desain web. 

Melalui pendekatan praktis dalam pengajaran, peserta dapat langsung menerapkan pengetahuan baru mereka dalam proyek-proyek nyata, membuka pintu ke dunia digital yang lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua orang, di mana pun mereka berada.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds