• Home
  • Berita
  • Repository adalah: Temukan Daftar Repository Linux Indonesia!

Repository adalah: Temukan Daftar Repository Linux Indonesia!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat ingin menyimpan sesuatu pasti kita mempertimbangkan banyak wadah penyimpanan untuk digunakan. Penyimpanan tersebut bertujuan agar semua data kita tersimpan dengan baik dan jika terdapat perubahan data, dapat terlacak secara signifikan. Penyimpanan tersebut memiliki banyak istilah. Istilah yang sering digunakan oleh orang-orang IT adalah repository. Namun ternyata tidak hanya pada dunia IT repository digunakan, mari kita ketahui lebih dalam!

Repository adalah
Sumber: Envato

Pengertian Repository

Jika berbicara dalam konteks IT, saat memiliki sebuah sistem operasi, dalam jangka waktu tertentu pastinya akan ada pembaharuan yang terkadang di luar prediksi kita. Hal ini menjadikan para pengguna ingin mempelajari terlebih dahulu apa yang baru dari pembaharuan tersebut. Pembaharuan berupa pengembangan sebuah software tersebut akan disimpan di penyimpanan yang mudah dijangkau oleh para pengguna, penyimpanan ini lebih sering kita dengar sebagai repository

Jadi, sebenarnya apa pengertian repository?

Dalam dunia teknologi, pengertian repository adalah sebuah penyimpanan yang berisikan pengembangan perangkat lunak (software development), dan manajemen versi yang terus diperbarui. Secara umum, repository mengacu pada tempat penyimpanan data atau informasi. 

Repository sering digunakan oleh para developer untuk menyebutkan segala pembaruan perangkat lunak yang sedang dikembangkan. Jadi, repository mencakup apa saja? Berikut merupakan macam-macam istilah repository berdasarkan konteks penggunaannya.

1. Repository dalam Konteks Software Development

Sebagai pengembang, pasti kamu sudah tidak asing dengan repository dalam konteks software development. Pada software development lebih detailnya sering disebut sebagai VCS (Version Control System) yang akan mengacu kepada beberapa tools seperti Git, SVN (Subversion), atau Mercurial. Pada konteks ini, pengertian repository adalah wadah yang berisikan kode-kode, riwayat perubahan, konfigurasi yang dapat dilihat oleh orang-orang yang sedang berkolaborasi, tujuannya agar semua perubahan yang terjadi dapat dilacak dan meningkatkan efisiensi dalam bekerja pada tim.

Repository adalah
Sumber: Envato

2. Repository dalam Konteks Penyimpanan

Dalam konteks penyimpanan terdapat dua jenis repository yang digunakan, yaitu Data Repository dan Artifact Repository. Keduanya memiliki tujuan untuk penyimpanan, namun terdapat perbedaan objek yang disimpan, berikut masing-masing pengertian repository dalam konteks penyimpanan.

  1. Data Repository adalah tempat informasi digital yang mencakup berkas, basis data yang mudah untuk dikonfigurasi dan diakses oleh pihak-pihak tertentu.
  2. Artifact Repository adalah repository yang berada pada lingkup pengembangan, Artifact Repository adalah tempat penyimpanan library yang digunakan pada bahasa-bahasa pemrograman tertentu, seperti Python yang memiliki library pandas, dan sebagainya.

3. Repository dalam Konteks Penelitian

Pada konteks penelitian terdapat Academic Repository. Academic Repository adalah tempat penyimpanan untuk jurnal ilmiah, karya tulis, penelitian dan sebagainya. Academic Repository adalah tempat dimana seluruh peneliti dapat menyatukan penelitian-penelitiannya dari penjuru dunia untuk meningkatkan pengetahuan terkait penelitian terbaru.

Tiga konteks diatas mewakili beberapa penyebutan repository sesuai dengan bidangnya. Masih banyak lagi bidang yang menggunakan kata repository. Pada intinya repository adalah istilah yang mewakili sebuah wadah penyimpanan yang berisikan riwayat, data-data sebelumnya yang bisa kita akses dengan mudah. Pada dunia digital saat ini, repository bisa kita temukan dimana-mana dan berisikan berbagai macam jenis data. 

Apakah kamu pernah mendengar terkait linux repository? Linux Repository adalah repository yang berisikan segala data pembaruan yang berisi kumpulan perangkat lunak yang di-host remote server dan dimaksudkan untuk install dan memperbarui packet perangkat lunak pada sistem linux. Untuk lebih detailnya mari kita bahas!

Repository adalah
Sumber: Envato

Daftar Repository Linux Indonesia

Pada penginstalan pembaruan perangkat lunak pada linux untuk pengguna Ubuntu atau Debian, biasanya kamu akan melakukan penginstalan versi terbaru melalui perintah ini sudo apt updateatau sudo apt upgrade“. Kamu akan menarik informasi packet dari remote server dan akan memperbarui packet dari repository. Terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama, karena setiap versinya pasti memiliki pembaruan yang berbeda-beda. 

Untuk menangani masalah tersebut, sesuai dengan jenis linux yang kamu pakai, kamu bisa melakukan penginstalan dengan menyesuaikan lokasi geografis kamu saat ini. Linux meresmikan beberapa repository lokal milik Indonesia yang dapat kamu andalkan untuk lebih cepat melakukan pembaharuan, berikut merupakan daftar repository linux indonesia resmi

  1. Daftar Repository Linux Indonesia Almalinux
  2. Daftar Repository Linux Indonesia Centos
  3. Daftar Repository Linux Indonesia Debian
  4. Daftar Repository Linux Indonesia Ubuntu
  5. Daftar Repository Linux Indonesia Rockylinux
  6. Daftar Repository Linux Indonesia Openbsd
  7. Daftar Repository Linux Indonesia Nomadbsd
  8. Daftar Repository Linux Indonesia Fedora

Jika kamu seorang developer atau seseorang yang bekerja pada bidang IT terutama berhubungan dengan linux, server, website dan sebagainya, sangat disarankan untuk kamu beli VPS DomaiNesia agar memiliki virtual server yang dapat lebih efektif serta efisien, dengan menggunakan VPS jika terdapat masalah tidak akan berimbas ke server lain yang berada di tempat yang sama. Selain meningkatkan performa, VPS juga menjadi solusi keamanan yang menjanjikan.

Beli VPS Murah

Repository adalah
Sumber: Envato

Repository adalah Sebuah Penyimpanan

Repository dapat berada pada banyak konteks di berbagai macam bidang. Namun pada dasarnya pengertian repository adalah sebuah penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data-data yang akan terus diperbaharui, seperti update dari sebuah software, sistem operasi hingga pada penelitian atau jurnal ilmiah yang akan terus ditambahkan setiap harinya. 

Repository lebih umum didengar oleh orang IT yang sedang mengembangkan sebuah perangkat lunak dan menyimpan segala perubahan yang terjadi di dalamnya. Repository hadir agar segala perubahan data di dalamnya dapat dilacak dengan mudah. Salah satu repository yang populer di kalangan IT adalah Daftar Repository Linux Indonesia, yang resmi di distribusikan oleh linux pada setiap negara agar jika terdapat perubahan, secara geografis akan lebih cepat jika mengunduh sebuah pembaharuan yang lebih dekat dengan posisi saat ini.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds