• Home
  • Berita
  • SSL adalah Langkah Penting untuk Tingkatkan Keamanan

SSL adalah Langkah Penting untuk Tingkatkan Keamanan

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Dewasa ini hal-hal baru semakin banyak bermunculan terutama yang berhubungan dengan teknologi. Sebagai manusia yang hidup dengan semua teknologi yang berkembang saat ini tentu kita dipaksa untuk mengikuti arus perkembangan yang cukup pesat.

Dalam dunia bisnis mengikuti perkembangan teknologi adalah sebuah keharusan. Mengapa? Karena untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis tersebut. Salah satu platform yang paling banyak digunakan dalam dunia bisnis untuk go online adalah website.

SSL adalah Sistem Keamanan Website

Website bisa diibaratkan seperti toko dalam bentuk digital. Saat ini penggunaan website bukan hanya untuk perusahaan-perusahaan yang telah berkembang saja. Banyak dari pebisnis-pebisnis pemula memanfaat platform website sebagai sarana untuk menjual produk mereka.

SSL adalah
Sumber: Freepik

Keberadaan website semakin penting untuk para pemilik bisnis. Karena kebanyakan calon konsumen akan lebih memilih untuk membeli barang online melalui website. Hal tersebut dilakukan guna untuk meminimalisir tindak penipuan yang berkedok bisnis online.

Untuk itu para pemilik bisnis mulai mengembangkan website mereka agar pembeli bisa lebih nyaman dan aman untuk berbelanja di website mereka. Caranya dengan memasangkan sertifikat SSL pada website nya. Jika kamu masih bingung tentang SSL, yuk simak penjelasannya.

SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer. SSL adalah suatu lapisan keamanan yang berfungsi untuk melindungi transaksi di sebuah website. SSL menggunakan teknologi enkripsi data yang paling mutakhir. SSL adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk sebuah website.

Dengan memasang SSL pada website maka transfer data di dalam website akan lebih aman. Bahkan Google Chrome sampai melabeli website yang tidak memiliki sertifikat SSL dengan Not Secure.

4 Alasan Pentingnya Sertifikat SSL

Mengapa kamu perlu menambahkan SSL pada website? Secara umum fungsi dari SSL adalah untuk mengamankan website kamu dari berbagai ancaman keamanan.

Karena saat ini banyak sekali kejahatan yang terjadi dalam dunia digital. Namun kamu perlu mengetahui beberapa alasan spesifik mengapa SSL adalah hal yang sangat penting untuk digunakan.

Mencegah Pencurian Data

Alasan pertama mengapa SSL adalah langkah penting untuk menghindari pencurian data pada website. SSL akan secara otomatis melindungi semua data dengan cara melakukan enkripsi atau pengecekan data sensitif. Dengan begitu data yang kamu miliki dan kirimkan tidak akan mudah dibaca oleh sembarang orang.

Mencegah Salah Kirim Data

Salah satu kemungkinan yang sering terjadi dalam bertukar informasi adalah terjadinya kesalahan pengiriman data. SSL memiliki fungsi lain, yaitu sebagai authentication yang artinya SSL akan memastikan data aman ketika kamu mengirimkan informasi atau data tersebut ke server yang ingin dituju, bukan ke tempat lain.

SSL adalah
Sumber: Freepik

Meningkatkan Reputasi

Jika sebuah website telah dipasang SSL, maka secara otomatis browser akan menunjukan notifikasi tertentu. Jika kamu lihat di Google Chrome atau Firefox notifikasi yang akan muncul yakni dalam bentuk ikon gembok yang terkunci.

Notifikasi ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung dan tentunya membuat reputasi bisnis kamu semakin meningkat. Terlebih untuk bisnis online, para calon pembeli tidak akan ragu untuk berbelanja di website tersebut.

Meningkatkan Ranking Website

Meningkatkan ranking website bisa dibilang susah-susah gampang. Banyak cara yang bisa kamu lakukan tentunya. Salah satunya dengan memasang SSL karena Algoritma Google juga lebih menyukai website yang memiliki SSL.

Bukan hanya itu bahkan Google melarang penggunanya untuk mengunjungi website-website yang tidak memiliki SSL. Sebuah riset membuktikan jika website-website yang memiliki SSL berada pada posisi yang lebih tinggi di search engine.

Cara Kerja SSL

Setelah kamu mengetahui alasan pentingnya memasang SSL, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara SSL bekerja dalam mengamankan website yang kamu miliki. Sertifikat SSL akan membantu dalam mengamankan komunikasi dua komputer yang terhubung oleh jaringan internet.

Pertukaran data yang terjadi selama terjadinya komunikasi dan transaksi seperti pembelian barang, pengiriman bukti transfer, mengirim dan menerima email termasuk data-data penting lainnya akan di enkripsi oleh SSL.

Hal ini berfungsi untuk menghindari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin mencuri dan menggunakan data-data tersebut. SLL memiliki 2 kombinasi yaitu public key dan private key.

Public key berfungsi untuk mengenkripsi data yang akan dikirim dan private key berfungsi untuk mendeskripsikan data ke format yang dapat digunakan kembali oleh si penerima data.

SSL adalah
Sumber: Freepik

SSL Demi Keamanan

Untuk mengimbangi arus bisnis di dunia digital kamu harus terus mengupgrade website yang kamu miliki. Salah satunya dengan menggunakan sertifikat SSL demi keamanan dan keberlangsungan bisnis kamu.

Namun perlu diketahui jika SSL juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah ada biaya yang perlu kamu keluarkan mungkin tidak sedikit. Walaupun demikian, beberapa perusahaan penyedia layanan website juga ada yang menyediakan sertifikat SSL secara gratis.

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!