5 Hal Yang Bikin Kangen Pas Lebaran

suasana lebaran di Indonesia

Hi DomaiNesians! Lebaran tinggal menghitung hari. Kurang dari seminggu, gemuruh takbir akan berkumandang di seantero jagad raya. Kamu sudah mudik belum DomaiNesians? Bagi yang belum berangkat, hati-hati ya! Selalu ingat bahwa ada keluarga yang menunggu di kampung halaman. Suasana lebaran memang sangat dinantikan oleh tiap umat muslim. Apalagi suasana lebaran di Indonesia, yang cukup identik dengan acara kumpul-kumpul. Lebaran identik dengan beberapa hal yang selalu bikin kangen karena hanya datang tiap setahun sekali. Apa saja yang bikin kamu kangen? Yuk ketahui 5 hal yang bikin kangen pas lebaran!

1. Baju Baru

Sumber: Pexels

Baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya. Itulah sepenggal lirik lagu anak-anak yang dipopulerkan oleh Dhea Ananda. Lebaran memang didentik dengan semua hal yang serba baru. Baju baru, mukena baru, hingga kebutuhan lainnya. Inginnya pada waktu lebaran, semua yang digunakan serba baru. Namun, jangan sampai lupa esensi hari raya idul fitri ya. Setelah kita berpuasa selama sebulan penuh, saatnya kembali ke fitri untuk menuju kemenangan. Layaknya baju baru, hati kamu juga harus baru juga. Putih, bersih tanpa noda sedikitpun untuk kembali menginkhlaskan kesalahan yang pernah dilakukan orang lain.

2. Suasana Takbiran dan Sholat Ied

Sumber: Pexels

Satu hal yang bikin kangen suasana lebaran di Indonesia adalah suara gemuruh takbir yang menghiasi jagad raya. Pada malam takbiran, biasanya diisi dengan kegiatan tarling alias “takbir keliling”. Anak-anak biasa berkeliling kompleks untuk menggemakan takbir sambil membawa bedug atau sejenis obor. Di pagi harinya, semua umat muslim pergi ke tanah lapang untuk menunaikan ibadah sholat ied bersama-sama. Semua makhluk bersuka cita menyambut datangnya hari kemenangan setelah sebulan berpuasa.

3. Mudik

Sumber: Pexels

Inilah yang sudah jadi kebiasaan dan adat orang Indonesia saat lebaran. Yaitu mudik! Ya, mudik adalah salah satu kegiatan pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Biasanya dilakukan pada saat menjelang lebaran atau libur panjang. Mudik seakan-akan menjadi hal yang wajib dilakukan pada saat lebaran. Mengingat lebaran menjadi ajang berkumpul keluarga setahun sekali. Mudik juga merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh orang tua yang rindu dengan anaknya lho. Kamu sudah mudik belum?

4. Silaturahmi

Sumber: Pexels

Setelah sholat idul fitri, biasanya diisi dengan berkunjung untuk silaturahmi ke sanak saudara. Kamu bisa bercengkrama dengan keluarga besar sambil menikmati makanan khas lebaran seperti ketupat, opor ayam ataupun rendang. Tidak lupa kamu bisa menikmati aneka kue kering seperti nastar atau kastengel. Hati-hati kolesterol ya setelah lebaran!

5. THR

Sumber: Pexels

Ini nih yang biasa ditunggu-tunggu saat suasana lebaran di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan uang THR atau angpau dari sanak saudara. Untuk para pegawai, kamu juga akan mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya yang hanya ada setahun sekali.

Gimana? Kangen suasana lebaran di Indonesia ? Tenang! Beberapa hari lagi kamu bisa merasakan suasana hari raya idul fitri. Sudah siapin makanan belum? Kue keringnya juga sudah? Eitss.. yang paling penting siapin hati kamu dulu ya. Jangan sampai semua kebutuhan lebaran sudah terpenuhi tetapi hati kamu belum bersih. Sucikan hati, satukan tangan dan jalin silaturahmi dalam kemenangan di hari yang fitri ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H Mohon Maaf Lahir dan Batin! Ingin memberikan ucapan selamat lebaran kepada orang lain dengan website? Tenang! Kamu bisa order Paket Hemat Hosting dan Domain di Flash Sale DomaiNesia dengan Harga Termurah!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!